Masaki Suda Live Streaming 20210221,

Wednesday, March 24, 2021


Yah ternyata udah lewat sebulan sejak tanggal 21 Februari 2021. Eh, kalau ditulis 21 Februari 2021 mah enggak kerasa tanggal cantiknya yaa? Jadi ditulisnya harus 20210221 seperti yang tertera di title konsernya sendiri, Masaki Suda Live Streaming 20210221 (菅田将暉 LIVE STREAMING 20210221).

Untung yaaa waktu itu sempat lihat tweetnya Zi soal konser online-nya Sudacchi ini, jadi aku langsung nge-dm Zi dan nanya-nanya gimana caranya mau ikutan nonton juga wkwkwk maklum yee enggak ada pengalaman nonton konser Jepang walaupun online juga. Dan jadilaaah tanggal 21 Februari kemarin kesampaian nonton konser online-nya Sudacchi 🤩

Aku bukan concert goers yang setiap saat datengin konser tapi sungguh yaa pandemi gini malah bikin kangen nonton konser! Kangen banget sama euphoria di venue konser, energi yang membuncah-buncah baik dari artist sampai para penontonnya.

Yah, konser online memang enggak bisa dibandingkan dengan konser beneran di venue sih, tapi seenggaknya aku masih bisa ngerasain gimana perasaan bahagianya pas nonton konser online Sudacchi bulan lalu.

Oh ya, konsernya Sudacchi ini bertepatan dengan hari ulang tahunnya dia lho, jadi konser bulan lalu tuh kayak sekalian ngerayain ulang tahunnya yang ke 28. Btw aku salah nulis jadi ulang tahun ke 30 pas bahas secimit soal konser ini di postingan Warna Pink di Bulan Februari wkwkwk maaf yaa Sudacchi bukan maksud naik-naikin umur kamu.

Bahagia enggak sih, jadi fansnya Sudacchi? Ulang tahun aja ngerayainnya bareng fans lho huhuhu... mulai lebay 🙈


Konser dimulai pukul 18.00 dan enggak pakai molor. Aku sih udah standby di depan laptop, lengkap pakai baju bagus plus dandan wkwkwk. Dan langsung disambut sama pemandangan di atas. Yep, itu venue konsernya Sudacchi malam itu.

Homey dan syahdu banget enggak siih? Aku mikir ini kalau kita beneran nonton di sana kayaknya bakal berasa intimate banget deeeh 😭😭😭

Terus satu-persatu pengiring mulai masuk ke venue. Tentu aja Suda enggak sendirian di konser, ditemenin seorang pianis, seorang violinis, dan seorang gitaris (kalau enggak salah nangkep, nama mereka Tomi-san, Akiko-san dan Ishinari-san). Setelah ketiga pengiringnya masuk dan musik intro mulai dimainkan, baru deh Suda masuk ke venue dengan setelan cokelat dan coat cokelat juga, dengan rambutnya yang lagi keribo (kalau kata Zi mirip mahasiswa ISI wkwkwk). Dan lagu pertama yang dibawain adalah Machigai Sagashi, salah satu lagu kesukaanku 💖

HE LOOKS SO WARM I WANNA HUG HIM AAAAAAAAAAA

lucu banget kamu tuuh 🥺

Habis bawain 3 lagu (Machigai Sagashi, Iindayo Kitto dan 7.1oz) baru deh Suda mulai menyapa kita semua. Dan aku tentu saja teriak pas dia nyebut namanya "Suda Masaki desu~" dengan senyumnya yang lucu itu. 

MAMAAA GEMES BANGET PACAR ORANG! 😭😭😭

Suda juga bawain lagu Kisudake De (Just A Kiss) yang seharusnya duet sama Aimyon. Tapi malem itu Aimyon enggak dateng jadi Suda nyanyiin Kisudake De sendirian wkwk. Baru setelah lagu ini beres, Sudah manggil bintang tamu di konsernya malem itu, Ishizaki Huwie.

Thanks to Suda's concert, aku jadi develop Ishizaki Huwie, penyanyi dan pencipta lagu yang ternyata udah cukup lama kerja bareng Sudacchi. Dia yang nyiptain lagu Sayonara Elegy btw, juga Iindayo Kitto dan lagu terbarunya Suda yang jadi soundtrack filmnya bersama Mbak Pacar, Ito.

Suda with Ishizaki Huwie-san | pic from @sudamasakimusic

Suda bawain tiga lagu bareng Ishizaki Huwie dan dari keseluruhan konser malem itu, ketiga lagu ini semuanya masuk jadi performance favoritku.

Lagu pertama tentu saja Sayonara Elegy, lagu yang bikin aku naksir berat sama Sudacchi heuu, dan lagu ini dibawain dengan melodi mellow (aslinya cukup nge-rock gitu) dan dengan tambahan suara Ishizaki Huwie tuh kerasanya jadi naik another level banget deh! Jadi lebih ngena bangeeett sampai nangis aku pas mereka bawain lagu ini 😭

Terus mereka juga bawain Ito, yang mana sebelum dengerin di konser tuh aku cuma dengerin selewat, terus sekarang lagunya ada di no.1 playlist On Repeat aku di Spotify wkwkwk. Sengaruh itu konsernya tuuh! Lagunya senduuu banget, kayaknya sesuai sama filmnya yang kalau dilihat dari trailer kayak sedih dan banyak tragedi gitu. Belum sempat nonton karena belum nemu filmnya huhuhu padahal mau lihat Sudacchi beradu akting sama Komatsu Nana lagi kaaan 😭

Lagu ketiga yang mereka bawain bareng adalah lagunya Ishizaki Huwie yang judulnya Bokudakeno Rakuen. Aku pertama kali denger lagu ini di sini tapi karena lagunya asiiiik banget, jadi selama mereka nyanyiin lagu ini tuh aku enggak berhenti tepuk tangan dan jejingkrakan. Terus pas mereka teriak sahut-sahutan "IYEAAAH~" aku ikutan teriak "IYEAAAAAHHH" wkwkwk untung kagak ada drama disamperin Ibu kost kan gara-gara bikin gaduh malem-malem 😌

Kebayang banget iniiii kalau nonton di venue, pas bagian ini pasti penonton pada jejingkrakan dan teriak-teriak juga. Terus Suda pasti cengengesannya lebih lebar lihat reaksi langsung penonton huhuhu...

Seandainya bisa bikin gif pas Sudacchi sama Ishizaki Huwie teriak-teriakan sampai mau loncat dari kursi mereka, pengin deh rasanya diabadikan, gemes soalnya wkwkwk.

look at his happy face!

Ooh iya mereka ada ngobrol-ngobrol yang tentu saja pakai Bahasa Jepang di mana aku sama sekali tidak menguasai wkwkwk. Tapi ada lah sedikit-sedikit nangkep berkat pengalaman nonton dorama dan anime sejak kecil ehe. Paling memorable pas Mas Pianisnya bilang kalau anak perempuannya ngefans sama Suda dan nyeritain sesuatu (entahlah mungkin pengalaman si anak perempuannya terkait Suda) terus Suda kayak yang cengar-cengir gitu nanya "gimana gimana?" hahaha gemes banget.

Terus habis nyanyi Ito, Suda lepas coat terus pakai ada acara bingung mau nyimpen coat-nya di mana wkwkwk akhirnya ada crew yang nyamperin buat ngambil coat-nya dia 😂

Jangan bosen pls aku bilang gemes terus, gimana lagi memang Sudanya gemesin banget 😭

Ngobrol-ngobrolnya mereka tuh berasa santai dan homey banget. Kayak lagi ngobrol-ngobrol di tongkrongan gitu, bukan di konser wkwk. Makanya kan berasa banget ini konsernya syahdu dan intimate. Aku ngebayangin kalau nonton di venue, pasti enggak jarang deh Suda ngajak ngobrol penonton yang ada di sana.

CORONA CEPETAN PERGI GUE MAU NONTON KONSER DI VENUE LAGI HOI!

Dan setelah Ishizaki Huwie pamit, Suda mulai deeeh nyanyi sambil bawa gitar. Aaaaaa lemah udah gueee lihat dia nyanyi sambil gitaran. Pusing pengin masuk ke dalem layar aja rasanya 😭😭

Total lagu yang dibawain Suda malem itu ada 10 lagu. Dan konser ditutup dengan lagu andalan Suda saat ini, Niji yang jadi soundtrack Stand By Me Doraemon 2. Dan entah kenapa aku merasa Suda pas nyanyiin Niji kayak emosional banget ekspresinya doong! Kan jadi menyentuh hati sanubari yaaa huhuhu.

Dari pertama kali aku denger Niji, ditambah nonton MV-nya yang luar biasa manis dan gemesin, aku biasanya selalu senyum-senyum tiap dengerin lagu ini. Eeh gara-gara Suda nyanyiinnya seemosional itu di konser, sekarang tiap dengerin Niji jadi emosional juga wkwkwk.

Dan btw memang arti dari lagu Niji ini cukup deep. Ini aku sertain link yang ada terjemahan Bahasa Indonesia lagunya, di bawahnya banyak yang komen juga pas nonton Stand By Me Doraemon 2 dan denger lagu ini berasa banget feel-nya. Belum nonton Stand By Me Doraemon 2 sih, tapi tahu lah kira-kira ceritanya gimana. Dan Niji-nya Sudacchi ini kayak menggambarkan banget perasaannya Nobita kalau menurutku heuu~

Oh iyaaa pas masih ada Ishizaki Huwie, mereka sempat ngobrolin Doraemon jugaa, sempat aku kira Niji bakal dibawain secara duet tapi ternyata enggak wkwkwk. Mereka cuma ngobrolin doang karena Suda ngisi soundtrack-nya wkwk.

Suda and the team | pic from @sudamasakimusic

Konser berlangsung selama sekitar 1 jam lebih. Cukup pendek sih memang, tapi kita juga dapet sesi ngobrol-ngobrol alias Suda bacain dan jawabin pertanyaan dari para fans. Kayaknya ini yang tergabung fansclub kali yaa yang bisa kirim-kirim pertanyaan.

Karena aku enggak menguasai Bahasa Jepang, sepanjang sesi ini aku cuma bisa ketawa-ketawa gara-gara ekspresinya Suda aja. Sumpah ini bocah ekspresif banget, enggak heran sih dia bisa dapet award aktor terbaik juga.

Ada yang lucu, kayaknya ada fans yang nanyain model rambut Suda sekarang, apakah itu model afro. Terus sama Suda dijawab ini namanya popcorn perm, beda sama afro wkwkwk lumayan panjang dia jelasin bagian ini, mana mukanya ngotot hahaha. Terus ada yang nanya lagi "rasa apa popcorn-nya?" terus si jahil jawabnya kira-kira "Ooh kalau rambut gue rasa caramel enak kali yaa?" WKWKWKWK KAMU KENAPA GEMES SINI AKU CUBIT!!

Terus ada drama dia enggak bisa baca pesan yang bergerak karena terlalu cepat WKWKWKWK padahal bisa di-pause. Dan giliran udah di-pause dia enggak ngerti cara balikinnya lagi aduuh ngakak banget!

Dan selama duduk jawabin pertanyaan fans tuh, nih anak enggak bisa dieeemm! Kursinya digerak-gerakin terus, segala ngambil gitar dia ngepot pakai kursinya, terus mau nyanyi pakai banyak cingcong dulu. Udah genjreng, kirain mau nyanyi eeeh malah ngomong lagi. Duh, Mbak Nana tolong pacarnya dikondisikan!

Suda and his popcorn perm | pic from @sudamasakimusic

Inti dari konser ini adalah: SUDA MASAKI SUPER MENGGEMASKAN MINTA DIBAWA PULANG WKWKWKWK. 

Haaa pengin banget rasanya suatu hari nanti bisa nonton konsernya Suda secara langsung, di venue, suasananya syahdu dan intimate, di Jepang pastinya karena artist Jepang konser di luar negeri apalagi di Indonesia itu kayaknya kecil banget kemungkinannya.

Apalagi Suda nih kayaknya masih banyak yang underestimate skill nyanyi dia. Banyak yang suka actor Suda tapi enggak tertarik dengerin musiknya Suda. Padahal menurutku Suda ini salah satu aktor yang merambah ke dunia musik dan berhasil di kedua-duanya. Akting bagus, nyanyi bagus juga.

Habis nonton konser Sudacchi malem itu, tentu aja tidurnya nyenyak, walaupun enggak inget mimpi apaan, terus besoknya Senin jadi lebih segar aja. Enak banget Minggu malemnya di-recharge pakai konser huhuhu.

Terima kasih banyak banyak buat Zi dan Kak Mitla yang mewujudkan keinginanku nonton konsernya Sudacchi. Pertama kali juga niih nonton konser Jepang yang katanya buat beli tiket aja tuh udah ribet wkwkwk.

Temen-temen ada yang udah ngerasain nonton konser online juga? Semoga enggak lama lagi kita bisa kembali nonton konser di venue yaaa 🥰

note: foto yang enggak pakai credit hasil capture selama nonton konser

eya.

14 comments

  1. Aku bisa ngerasain se-Excited apa Mba Eya lewat tulisan ini..
    Yuklah Mba, kita labrak si Corona bareng-bareng. Sumpah sebel banget soalnya bikin kita susah... Bikin kita kudu sering ngedekem dirumah, dan sekalinya keluar ada Was2.

    Btw Mba. Aku baru tau kalau soundtrack Doraemon Stand by Me 2 ini yang nyanyiin Mas Suda. Lagu ini earworm banget di saya karena kalau kerja sensei saya sering banget dngerin lagu ini.. Jadi nadanya udh masuk ke kepala.. heheh

    Semoga corona bisa cepat2 mabur, biar Mba Eya bisa nonton konser langsung ke Venuenya.. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Bayu. Aku juga bisa ngerasain gimana excited dan gemesnya Kak Eya pas nonton konser online ini 🤣, kayaknya aku bakal kayak gini juga kalau nonton konser online BTS yang sayangnya waktu itu pernah diadakan tapi harga tiketnya lumayan mahal 🤣.

      I can relate sama Kak Eya yang nggak ngerti lagi bahas apa, tapi ikutan ngikik pas lihat ekspresi sang idola 🤣 aku juga begitu dong kalau lagi nonton tanpa subs 🤣 bermodal ekspresi sang artis aja yang kadang bikin lebih ngakak 🤣

      Semoga pandemi segera selesai di tahun ini ya, Kak Eya 😢 supaya tahun depan kita bisa nonton konser live di venue 🙈

      Delete
    2. @ Mas Bayu: Seandainya yaaa si corona ini bisa dilabrak atau diusir kayak kita ngusir ayam yang suka ngerecokin teras rumah, damai kayaknya hidup 😂😂😂

      Iyaa lagu Niji ost Stand By Me 2 itu Suda yang nyanyi. Kayaknya karena lagu ini jadi soundtrack Doraemon jadinya banyak yang tau, bukan cuma fans J-pop aja yaa? Waah terima kasih Sensei-nya Mas Bayu sering muter lagu ini jadi nempel di kepala para rekan kerja yaaa 😆

      Ayoo kita sama-sama berdoa biar si corona cepet pergi, biar kalau keluar rumah ga pakai was-was lagiii 😔

      Delete
    3. @ Lia: BTS kalau online concert jatuhnya jadi berapa Li? Wkwkwk mungkin bisa cari sesama fans yang bisa diajak patungan Lii 😉

      Untungnya kita punya idola yang ekspresif yaaa jadi dari mimik wajahnya aja kita udah bisa ketawa, gimana kalau kita ngerti kaan pasti lebih puas ketawanya 🙈

      Aamin aamin kita kan mau nonton konser Tulus barengan juga yaa Lii? 😆

      Delete
    4. Aku lupa persisnya berapa, tapi kalau nggak salah di atas 500rb Kakkk dan itu aku agak nggak ikhlas bayarnya 🤣 mending nabung untuk nonton konser offline karena nambah dikit bisa lihat langsung #plakk
      Oiyaa katanya bisa sih join group di Discord gitu untuk nobar, tapi aku belum pernah coba 😂

      Betul sekaliii wkwkwk kalau idola kita datar-datar aja mukanya, jadi bosan pasti nontonnya 🤣

      Aminnnn! Kalau nggak ada halangan, let's goo 🙈

      Delete
    5. Weeh kalau udah di atas 500ribu sih mending sekalian nabung buat konser offline nanti yaaa huhu..

      Nobar di discord lumayan enak, asal internetnya bagus aja hahaha

      Betuul wkwkwk jadi inget dulu ada penyanyi barat yang sepanjang konser mukanya datar, fansnya sampe pada kesel 😂

      Delete
  2. Aku suka banget baca-baca cerita konser yang lengkap kayak begini, mau konser online atau di venue langsung. Bisa tau gimana perasaan serunya si penulis. Mutualku di Twitter cuma segelintirrrrrr banget yang membuka pengalamannya tentang nonton-nonton konser huhu.

    Aku tadi udah mau nanya lho Kak itu rambutnya asli apa dikeriting, udah kejawab😂😂😂 BTW DIA PACARNYA KOMATSU NANA???

    Perbedaan artis Jepang sama Korea tuh gini ya, kalau artis Jepang mau ada pacar yaudah pacaran aja nggak sembunyi-sembunyi wkwk. Walaupun negaranya sama-sama Asia Timur tapi budayanya beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal seru yaa ngebahas soal konser gini, hitung2 melampiaskan perasaan daripada dipendem doang wkwkwk

      Aslinya rambut dia lurus sih, biasa dia gondrong juga lurus rambutnya 😄 Iyaaa gemes banget mereka tuh sering dapet project bareng tapi baru konfirm pacaran tahun 2019 gemes banget mereka tuuj 😭

      Sebenernya aku juga ga terlalu tau sih kultur fandom aktor/idol Jepang. Soalnya banyak agensi yang ngelarang astisnya pacaran juga. Tapi SudaNana ini termasuk pasangan yang direstui semua orang, sebelum konfirm pacaran juga banyak yang pengin mereka pacaran wkwkwk

      Delete
  3. Eya, aku sampe cari di YouTube gimana suara si masaki suda ini :). Krn jujur baru tahu setelah baca tulisanmu :D.

    Aku suka lagu yg ost Doraemon . Tp lagu2 lainnya aku blm denger :D

    Seumur2 yaa aku blm prnh ngikutin konser ntah itu on spot ato online :D. Walopun aku punya bbrp penyanyi favorit, tp ntah kenapa ga sampe segitunya yg bikin aku rela DTG ke konser. Buatku dengerin musiknya di CD ato Spotify kayak skr, udh puas hahahaha. Beda cara menikmati musik aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa yeaay asiik Mba Fanny sampe nyari suaranya Sudacchi hehehe... suaranya bagus kan Mbaa? 😁

      Kalau Mba Fanny suka lagu yang os Doraemon, mungkin bakal suka juga sama yang judulnya Ito.

      Iya Mba Fanny, aku juga ada teman yang suka banget sama beberapa musisi tapi dia udah merasa cukup dengan dengerin via Spotify aja, ga pernah merasa perlu nonton konser. Memang setiap orang punya cara masing-masing yaa buat mengekspresikan kekagumannya ke musisi 😆

      Delete
  4. yampun itu kenapa muka bening banget mulus kayak jalan tol hahaha
    langsung buka yutub dong aku saking penasarannya.
    soalnya belum nonton doraemon nih, kemarin pas tiket dijual pre-sale, nyantai aja, pas sekarang udah tayang, malah ga kebeli juga tiket bioskopnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa maklum Mba mau ngonser harus dipoles dulu biar ca'em 😂😂
      Eh Doraemon masih tayang ya Mba di bioskop? Aku belum ada ke bioskop lagi niih huhu... Katanya sih lagu ini diputer di akhir film 😁

      Delete
  5. Maaf kalau salah fokus, tapi aku ingin tahu apa yang salah umur di postingan sebelumnya itu akan diganti? Entah kenapa aku penasaran sama itu.

    Aku belum pernah nonton konser online, tapi bisa merasakan senangnya Kak Eya di postingan ini. Kalau boleh nanya, apa ada tips untuk nonton konser online? Karena baca postingan ini aku jadi ingat kalau Mafumafu akan mengadakan konser online di Tokyo Dome gratis. Persiapanku baru memastikan waktu Jepang untuk konsernya dengan waktu Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa Sellaaa kamu mengingatkanku kalau aku belum ganti yang salah umur di postingan sebelumnya wkwkwkwk semoga ini menjawab penasarannya Sella yaa 😂😂

      Hmmm yang utama sih koneksi internetnya Sella, pastikan udah oke dan ga ada kendala apapun. Sama sound-nya kali yaa? Karena aku tinggal di kostan, aku ga berani pakai sound terlalu besar, takut ganggu tetangga wkwk... Mungkin kalau ga ada yang masalah sama suara di rumah, Sella bisa pakai sound yang kencang biar lebih nampol konsernya 😁 Semoga membantu yaa?

      Delete