Masih Betah Mainan Twitter?

Thursday, November 19, 2020

credit to @ravinepz from Unsplash

Apa sih, yang enggak jadi bahan keributan di Twitter? Hal-hal berat kayak politik atau SARA? Uh, makanan empuk itu. Feminisme dan patriarki? Masih makanan empuk doong. Kesehatan mental? Masiiih makanan empuk banget ini. Sampai masalah fandom yang buat sebagian besar orang remeh temeh pun bisa jadi bahan keributan di Twitter.

Enggak ada yang enggak bisa diributin di Twitter. Iyes, sehebat itu.

Beberapa orang bahkan menyebut Twitter itu sebagai media sosial paling toxic. Kayak semua isi kepala orang bisa tumpah ruah di sini. Siapapun bisa nyamber tweet yang lewat di timeline mereka (kalau enggak digembok). Apalagi semua orang bisa memilih untuk jadi anonim di Twitter. Makin-makin orang-orang enggak tahu diri pada berani ngata-ngatain orang lain kan?

Terus, kalau toxic, kenapa lo masih betah mainan Twitter, Ya?

Yaa gimana dong, Twitter itu tempat paling sempurna buat gue fangirling. Cuma di sini bisa puas fangirling tanpa diprotes. Yaa pernah sih, diprotes tapi cuma satu/dua orang jadi yaa bodo amat cuekin aja :p

Kalau ngomongin toxic, Instagram dan media sosial lainnya emang enggak toxic juga? Apa kabar tuh, orang-orang enggak jelas yang suka komentar nyebelin di akun Instagram selebritis? Atau apa kabar tuh almarhum Path yang kutinggalin karena luar biasa toxic isinya?

Menurut aku sih yaa, ke-toxic-an (ini bahasa apa dah wkwk) suatu media sosial itu tergantung pemakainya enggak sih?

Kayak misalnya nih, dulu aku mainan Path dan akhirnya memutuskan uninstall karena aku enggak kuat sama isinya yang lebih sering bikin aku emosi atau marah-marah daripada dapet hiburan. Yang aku ingat (CMIIW) di Path itu kontennya enggak bisa semudah itu kita atur, kayaknya fitur mute akun tuh enggak ada yaa? Lupa sih, tapi kayaknya dulu aku enggak menemukan fitur itu jadi akhirnya ya aku aja deh yang ngalah pergi daripada lihat timeline yang isinya bikin kepala panas.

Sementara di Twitter dan Instagram tuh, aku bisa memfilter apa aja yang mau aku lihat dan apa yang harus aku hindari.

Aku sempat 'pergi' dari Instagram juga sih, karena beberapa post dari teman-temanku dan beberapa komentar mereka di akunku bikin aku kesal hahaha. Tapi ada untungnya juga algoritma Instagram jadi enggak jelas kayak sekarang, yang muncul paling awal di feed biasanya akun-akun yang sering aku kasih like aja. Yang jarang dan enggak pernah aku like yaa enggak pernah muncul hahaha!

Hal ini bikin aku jadi sedikit lega karena enggak perlu overwhelmed dengan teman-teman yang sekali ngepost bisa puluhan foto sekaligus yang mana sebenernya enggak ada pengaruhnya buatku. No offense tapi kadang itu bikin aku capek hahaha. Dan sekarang aku jarang banget scrolling feeds, kalau ada yang mau dilihat biasanya aku langsung cari akunnya aja. Lagian sekarang lebih sering pakai Instagram buat kerjaan sih, udah jarang buat pribadi.


Sekarang balik lagi ke Twitter yang kata orang sangat toxic ini, tapi kenapa aku bisa betah mainan Twitter dari 2009 sampai sekarang? Tentu saja ada hal-hal yang aku lakukan supaya timeline-ku aman sentosa jauh dari toxic.

1. Mute
Yes, mute sebanyak mungkin akun dan keywords yang men-trigger kita untuk ikutan toxic. Aku enggak pernah ngecek lagi sih, tapi kalau lihat daftar muted account dan keyword di Twitter-ku pasti udah lebih dari seratus tuh wkwk. Ribet? Yaa lumayan, tapi seenggaknya timeline jadi jauh lebih adem. 

2. Block
Ada yang tiba-tiba nyamber tweet kita atau malah DM, ngomel-ngomel atau just being annoying? Enggak usah ladenin, block aja langsung. Atau kalau benar-benar mengganggu, report aja akunnya biar hilang sekalian.

3. Follow akun yang perlu difollow aja
Misalnya nih, aku sukanya anime, yaa banyak-banyaklah memfollow akun yang bahas anime atau simply ngasih screen capture out of context dari anime aja. Lebih enak timeline rame sama screencap potongan-potongan scene film yang kita suka kaan daripada orang ngajak ribut?

Terus apakah dengan tiga hal itu semuanya kelar? Enggak bakal muncul sama sekali itu tweet yang toxic-toxic?

Enggak menjamin sih, sebenarnya. Kadang yaa masih aja muncul tweet-tweet nyebelin itu. Tapi buat aku sendiri, kembali ke tujuan aku di Twitter buat ngapain? Fangirling. Apakah keributan politik dan SARA dan apapun lainnya itu berguna untuk kegiatan fangirling-ku? Tidak. Jadi perlukah ditanggapi? Ya enggak laah cuekin aja wkwkwk.

Tapi jujur aja sih, kadang aku juga kalau udah gatel banget ini jari pengin komentar yaa komentarin aja sih, tapi udah cukup sampai situ. Kalau kemudian ada yang reply ngajak ribut? Cuekin aja, block sama report aja kalau perlu!

Pernah ada satu kejadian nih. Aku nge-reply salah satu tweet-nya aMrazing, lupa dia bahas apaan tapi aku balasnya soal salah satu keanehan Bapak aku. Terus ada yang reply niih nyambungin ke zodiak. Karena aku enggak paham zodiak, kira-kira waktu itu aku balas "Enggak paham zodiak tapi bisa jadi siih." gituuu... Eeeh ada yang nyamber kira-kira gini "Musrik kalian percaya zodiak!" terus lanjutannya dia komen marah-marah gitu, lupa apaan isinya karena udah langsung aku block aja orangnya wkwkwk. Tweet aku dan si Mbak yang reply aku itu harmless lhoo, kenapa tahu-tahu kita diomelin weeey kocak!

Sebagai orang yang dari awal mainan Twitter buat fangirling, aku sungguh bingung sih sama orang-orang yang main Twitter buat cari keributan atau sekedar nontonin keributan. Hidup lo se-woles apa siih sampai mainan Twitter buat nyari keributan?

credit to @markadriane from Unsplash

Tapi kembali lagi ke masalah toxic-nya media sosial itu tergantung pemakainya. Kalau media sosial yang kalian pakai terasa toxic, ada baiknya kalian tinggalin aja. Hidup tenang itu, baik di real life maupun dunia maya, kita sendiri yang menciptakan. Media sosial enggak akan jadi toxic kalau kitanya bisa memfilter apa yang harus kita lihat, apa yang bisa kita komentari, apa yang enggak perlu dilihat. Juga kapan kita bisa berkeliaran di media sosial dan kapan kita harus istirahat.

Ceileeeh sok bijak amat anda, kayak sendirinya enggak pernah ke-trigger aja wkwkwk...

Entah bakal sampai kapan aku betah mainan Twitter. Karena menurutku, Twitter itu masih jadi tempat paling asik buat fangirling. Bisa dapet banyak konten, baik yang official maupun fanwork, dapet teman sesama fandom, bisa komen-komen di tweet orang atau fanbase yang ngomongin hal-hal yang kita suka.

Enggak tahu sih, kalau di media sosial lain, apakah asik juga apa enggak. Aku hampir enggak pernah fangirling di media sosial lain soalnya isinya teman-teman real life yang enggak paham apa yang aku fangirlingin hahaha.

Kalau di Twitter, aku lebih banyak berteman sama teman yang punya interest sama, sebagian besar dari mereka belum pernah kutemui di dunia nyata. Bahkan banyak juga yang aku enggak tahu wajah asli mereka gimana. But this is fun, at least in my eyes.

Walaupun kadang Twitter sendiri suka enggak tahu diri yee... Sekarang pakai ada Fleets atau apalah itu yang mirip dengan fitur Instagram Story (yang nyebut snaptweet gue timpuk lo yee). Rada enggak guna karena kayak enggak ada beda fungsinya sama tweet biasa, tapi ya udahlah yaa terserah Twitter aja mau bikin apaan. Selama aku masih bisa menikmati konten fandom yaa aku masih betah wkwkwk.

Tapi kalau buat yang merasa Twitter terlalu toxic buat kalian, yaa enggak apa-apa, ditinggalin aja. Ciptakan dunia yang aman untukmu sendiri hahaha masih aja ini sok bijak :D

eya.

35 comments

  1. Berhubung nggak main Twitter, jadi nggak tau seberapa toxic-nya, mba 😂 hahahahaha. So far buat saya sosmed yang paling nyaman masih blog, well, though sebetulnya Instagram juga nyaman tapi berhubung isinya mostly relasi Korea jadi nggak begitu fun dimainkan hahahaha. Saya ended up tutup akun deh akhirnya 🤪

    Eniho, saya tau fangirling lebih enak di tweet tuh dulu setelah baca tulisannya Lia atau mba Jane gitu yaaah, lupa 🙈 Which is awalnya saya nggak paham kenapa enak. Soalnya saya hanya pernah lihat yang fangirling lewat IG. Namun sekarang saya paham alasannya 😁 Wk. Ternyata fangirling pun punya tempat paling nyaman 😂

    Bicara soal orang yang suka samber ucapan kita macam gledek memang kadang nggak enak. Sepertinya semakin terbuka sosmed, semakin banyak 'hakim' bertebaran modal jempol yah 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya bener banget Mba Eno, blog tuh emang media sosial ter-the best yaa? Sejauh ini aku sendiri belum menemukan yang negatif selama nge-blog 😆 Dan kalau lihat di bloge teman-teman lainnya juga kadang ada perdebatan tapi yaa jadinya diskusi dan bisa berakhir dengan damai jugaa yaa seneng deeh 😄

      Kalau Instagram itu mungkin kebanyakan kan follow-memfollow sama teman-teman yang memang kenal secara pribadi yaa? Atau kalau ga ya follow selebgram atau orang terkenal haha jadi menurutku kesempatan untuk dapat info atau teman-teman se-perfandoman lebih kecil. Menurut aku siih yaa Mba 😂

      Bener sih yaa, jadi kayak ada celah untuk orang-orang ini buat menghakimi orang lain. Coba kalau ga ada sosmed, mereka kayaknya ga akan cukup berani juga menghakimi secara langsung 😅

      Delete
  2. Ini kayak pas nonton the social dilemma..
    Setelah nonton itu, aku berusaha memprotek diriku yah walaupun masih kebobolan, cuman nggak separah dulu.
    Aku matiin notif sosmedku, biar nggak buka-buka mulu. Jadi pas sekali buka emang ada niat dan siap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah Pipit, aku jadi inget belum nonton aja niih Social Dilemma! Gonna watch it soon karena udah direkomendasikan semua orang ahaha..
      Setuju, buka sosmed itu memang perlu kesiapan. Coba kalau bangun tidur langsung buka sosmed, kebayang masih belum kekumpul nyawa udah lihat yang triggering... udah deh bye 😅

      Delete
  3. FLEET MALESIN😭😭😭😭😭 kayak apaan sih astagaaa, fitur yang sesungguhnya tidak perlu karena nggak bisa di-RT juga kan mau bagi apa di sanaaa :(((
    Tapi ya gatau lagi sih nantinya gimana heheh, untuk sekarang aku nggak suka fitur baru itu.
    Dan yes kak Eya aku setuju twitter itu platform paling bagus dan cepet buat dapat info seputar fangirlingan, aku dapat beberapa teman baru juga dari twitter, teman-teman sesama fangirl hehehe.
    Setuju juga sama cara biar nggak dapat konten ribut atau lainnya yang nggak kita inginkan: mute dan/atau block😙
    Bahkan see fewer likes from someone juga bisa, see fewer reply from someone juga bisa.
    Yang belum bisa adalah arrange bookmark sesuai kategori, search keyword di DM, reply DM per chat balloon, dan voice note DM. EH DIANYA MALAH BIKIN FLEET😑😑😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah dateng inii orang yang dari kemaren julid banget sama fleet wkwkwkwk sabar Endah sabaaarr *pukpuk*
      Sama kayak yang Endah mau, sesungguhnya ku lebih butuh fitur buat mengkategorikan bookmark, atau minimal search untuk bookmark lah, dan search DM tentu saja wkwkwk tapi kenapa sih Twitter tidak mengerti 😂😂

      Dari awal aku main twitter buat fangirling om-om girang sampai sekarang fangirlingnya ke anak-anak volly wkwkwk dan yes, selalu dapet temen baru dari sana ☺️

      Btw aku ga tau di orang lain gimana, tapi timeline twitter aku ga pernah menampilkan like dari orang lain lho.. Makanya aku kaget pas ada temenku yang protes gara-gara lihat apa yang aku like HAHAHAHAHA

      Delete
  4. HAHAHAHHA SNAPTWEET NGAKAK 🤣🤣🤣 Kenapa orang-orang suka seenaknya waeee, semua yang mirip Snapchat, disebutnya pakai Snap-snap juga diawaln 🤣🤣🤣 untuk nggak disebut Snapfb atau snapwa astaga 🤣🤣🤣
    Menurutku fitur story di Twitter mengurangi keasikan dari Twitter itu sendiri deh 😂 kenapa ya sekarang semuanya ada model story gitu? 😂

    Perihal orang yang suka nyamber nggak jelas, aku ngakak juga karena sering lihat yang seperti itu 🤣🤣 bahkan sebenarnya di medsos manapun banyak yang seperti ini, terus di awalan atau akhirannya ditulis "sekedar mengingatkan" 🤣 aku kalau lihat yang kayak gini cuma ketawain aja soalnya kalau diajak debat, capek-capek-in hati kita, Kak. Kan udah ketahuan level pemikirannya udah berbeda, nggak akan nemu titik terang deh 😂😂

    Kehidupan Twitter di Indonesia ada kalanya sepi banget ya. Aku ingat saat IG dan Path hitz banget, teman-temanku semua menghilang, jadi aku hapus akun twitter aku karena timeline isinya cuma share-an dari Path atau "5 persons unfollowed me today" 🤣🤣🤣 sepi banget saat itu. 2 tahun belakangan, Twitter mulai bangkit lagi sampai sekarang ya. Eh, aku jadi kangen masa-masa Radit dan Poconggg di Twitter deh. Hiburanku saat itu ya cuma mereka 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeeh Liaa jangan salah, aku pernah ga sengaja lihat ada yang nyebut snapwa lhoo like heeeeyy beda franchise ituuuu 😂😂

      Jadi kayak ikutan latah yaa? Padahal twitter sebelumnya spesial karena ga ada fitur story, lagian yaa buat apa juga karena fungsinya ga jauh beda sama tweet biasa kan? 😅

      HAHAHAHAHA Lia aku udah auto blacklist yang pakai "sekedar mengingatkan" karena sebenarnya arti dari kalimat itu adalah "opini luu ga valid, dengerin nih opini gueee" wkwkwkwk sebel lah pokoknya 😂 Bener Lia, capek banget debat sama yang begini, ga akan ada abisnya yang ada kita malah kesel jadinya kan?

      Iyaa sekitar tahun-tahun 2014-2016an itu aku ngerasain yang namanya twitter sepiii banget. Sampai aku sendiri pun jarang ngetweet karena emang ga ada teman hahaha.. Baru setelah memutuskan uninstall path, aku fulltime lagi di twitter wkwkwk

      Ya ampun beneeerr jaman dulu aku juga follow Poconggg dan dia menghibur banget sekedar ngetweet "lompat lompat" aja aku udah ngakak doong 😂😂 udah jadi selebgram tapi sekarang orangnya huhu ga seru lagi kalaupun main twitter 🙃

      Delete
    2. SIAPA YANG MENYEBUT SNAPWA?! MAU AKU GETOK YA?! WKWKWK beda franchise euy. Sebut-sebut "snap" nanti dituntut royalti aja 🤣

      Yang seperti itu memang harus diblock, Kak Eya 🤣 sekedar mengingatkan tapi kalau dibalas dan nggak sesuai harapan dia, orangnya malah diajak debat 😂

      Seingatku, saat Radit udah nggak terlalu aktif dan Poconggg udah ketahuan siapa orang sebenarnya, itu Twitter mulai sepi dan saat itu banyak medsos lain bermunculan, jadi semakin ditinggalkan deh Twitter 😂

      I feel you, Kak Eya!! Suasananya udah berbeda, nggak se-seru dulu pas doi masih anonim 😂 bahkan sekedar dengar suara doi sebelum ketahuan aslinya, bikin ciwik-ciwik pada naksir hiahahahah

      Delete
    3. AYO LIA KITA SAMA-SAMA GETOK MEREKA 😂😂 Iyaa nanti dimarahin bosnya Snapchat lhooo bawa-bawa snap buat fitur sosmed lain wkwkwk

      Bener Lia, intinya mereka cuma mau memaksakan opini, cuma biar awalnya ga kerasa terlalu keras jadi pakai "sekedar mengingatkan" ini deeh, padahal kalau yang "diingatkan" ga mau ujungnya dicaci-maki wkwkwk

      Iyaa yaa kayaknya? Dan ramai lagi waktu rame pilkada dan pemilu, semua orang malah jadi berdebat di Twitter wkwkwk

      Ohiyaaa inget pas baru suaranya doang kedengeran, terus pada kayak "hah suara lo kok kayak yang ganteng conggg?" wkwkwk sayangnya dia harus nunjukin jati diri sih ujungnya, padahal lebih seru waktu masih jadi poconggg aja yaa?

      Delete
  5. Main twitter enak sih, dia app nya enteng dan ada fitur mute nya (walaupun masih tdk ada fitur search bookmark/like dan fitur pengorganisasian yg sebagus instagram hehe).

    Tapi kalau ada topik yg ngeselin kadang tak biarin sambil lanjut scroll eh tau2 ntar ketemu sama meme2 lucu wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, app-nya enteng banget dan ga makan banyak kuota ga kayak instagram 🙈 Nah ituu padahal aku berharap di twitter ada fitur untuk pengorganisasian bookmark, karena lumayan sering ngebookmark anaknya tuuh jadi pusing kalau bukan bookmark harus scrooolll wkwkwkwk

      Emang yaaa twitter tuh selain sumber keributan jadi sumber meme lucu jugaa wkwkwk hiburan sendiri siih kadang ga jadi kesel karena terpapar meme 😂😂

      Delete
  6. kalo soal bikin Viral memang twitter jagonya sih, fitur hashtag nya nomor satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya tentu saja, makanya buat kampanye atau apapun gampang banget kan?

      Delete
  7. Aduhhh, balik Twitter jangan yaa? 😜

    Sejak awal PSBB pertama aku udah cabut dari Twitter, Eyaa. Awalnya cuma sign out, sekarang udah bener-bener di-uninstall dari hape wkwkwk alasannya karena yaa toxic itu lah, entah kenapa begitu Indonesia kena pandemi kok netizen Twitter kayaknya pada kepahitan gitu 🙄 selain itu, fangirling itu sangat menyita waktu ya bok BAHAHA *baru sadar Jenn? XD* jadi sekarang fokus main IG aja deh. Meski kadang kangen juga sih curcol sebagai fangirl di Twitter, soalnya di IG tuh kayak berasanya di-judge aja 🤣 Ehhh untungnya gara-gara Corona banyak Army baru lahir termasuk beberapa teman aku, yawis fangirling dilanjotkannn di DM dan story 🤣

    Btw, sekarang aku hijrah ke Quora, Eyaa. Di sana lebih seru lagiii forum diskusinya 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalaah pantesan udah ga pernah lihat kamu nongol di twitter Jane, biasanya sekali-dua kali suka ada kan? 😅

      Ribut terus yaa bawaannya orang-orang, segala apa didebatin terus. Memang Jane, kalau kitanya sendiri merasa ga kuat dan capek, ya emang lebih baik cabut ajaa 🙈Ih samaaa akupun kalau fangirling di IG berasa kayak di-judge hahaha dan emang pernah ditegur secara langsung siih makanya mikir 2x kalau mau fangirling di IG 😅😅

      Wah iyaaa aku beberapa kali juga sempat nengok-nengok Quora, apalagi pas nyari materi buat podcast tuh lumayan banget diskusi-diskusi di sana yaa, tapi aku sendiri belum pernah nyoba ikutan diskusi di Quora 🙈

      Delete
    2. Ditegur langsung saat fangirling tuh kayak apa, Eya? 😱

      Hayukkk coba main Quora! Sebenernya itu kayak forum juga sih jatuhnya, kita bisa nge-follow ruang diskusi sesuai topik yang kita suka. Kayaknya kamu bakal betah juga deh sekali main ke sana hihi *malah ngeracun* 😝

      Delete
    3. Enggak yang ditegur galak gitu sih, cuma karena aku fangirling komik jadi kayak ditegur "udah gede kok masih begini aja sih?" gituuu wkwkwk

      Janeee kamu jangan-jangan tim marketingnya Quora yaa lagi gerilya merekrut anggota? Wkwkwkwk iyaa aku sering kok baca-baca topik di sana, jadi kayak semacam forum yang dulu kita sering datengin yaa? Wkwkwk... Nanti deh mau mulai ikutan diskusinya juga 😆

      Delete
  8. Waaah, mbak Eya udah sepuh nih di twitter. Sejak 2009 yaa. Kalo aku baru sejak 2012.
    Dulu aktif di twitter, ketika SMP n SMA sih. Ketika kuliah ga aktif lagi. Selepas lulus kuliah, banyak isu2 yg dibicarakan (terutama politik dan sara), aku coba ikutin baca2di twitter. Ternyata asyik jg yaa mbak ikut bacain perdebatan di sana wkqkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha iyaa nih dari awal Twitter baru mulai ramai di Indonesia, abisnya dulu kayak nemu tempat buat nge-rant ajaaa 😂

      Hahahaha sejak rame pilkada Jakarta dan akhirnya pemilu yaa kayaknya orang-orang pada mulai balik ke Twitter? Buat apa? Yaa buat heboh-heboh debat wkwkwk... ada masanya sih aku juga menikmati drama perpolitikan di Twitter, tapi sekarang mah capeeek 😂

      Delete
    2. satu lagi, di sana banyak kaum "open-minded", hahaa

      Delete
    3. Hahahaa open minded-nya yang pake ("") yaa bukan yang beneran open minded? wkwkwk

      Delete
  9. Sebagai pengguna twitter merasakan apa yang ditulis di artikel ini..hahhaha
    aku juga termasuk bagian yang ga suka keributan. Terlalu menghabiskan waktu dan tenaga. tapi aku suka baca tweet yang mengandung unsur ribut-ribut. Bukan karena keributan yang ada, tapi tertarik untuk melihat cara bangun konspirasi dan cocokloginya...hahahhaa

    Yaa tidak salah sih kalau mbak eya dikomentari tentang zodiak di tweetnya amrazing, khan amrazing sering bahas zodiak. bahkan sebagian besar followersnya selalu mengaitkan banyak hal dengan zodiak seseorang. Samber-menyamber memang jadi hal biasa di twitter. hahhahaha

    Aku juga masih bertahan dengan twitter dan pinterest. Punya pinterest untuk liat gambar-gambar aja. Sedangkan IG masih diistirahatkan. Belum tahu kapan bakal dihidupkan lagi..wkwkwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lho akupun amaze banget sama gimana cara orang-orang ini bikin tweet/opini yang bisa memancing orang lain untuk berdebat? Luar biasa sih emang wkwkwk

      Iyaa bener, dia kayak udah brandingnya zodiak bikin merch aja hubungannya sama zodiak wkwkwk.. cuma kaget ajaa ada yang nyamber tau-tau ngomelin gituuu hahaha

      Eh lho, kirain Mas Rivai rajin hunting foto pasti aktif di Instagram, ternyata enggak juga yaa? 😅 Pinterest tuh emang surga buat liat-liat gambar siih, sama buat cari ide juga udah paling lengkap

      Delete
  10. Aku ga main di Twitter mba :D. Udah lama sih. Tp sejujurnya bukan Krn toxic nya yg bikin aku cabut. Tp Krn ga nyaman Ama tampilan hahahhaah. Dulu aku mainnya di Uber Twitter, LBH user friendly tampilan drpd si Twitter beneran. Eh Uber kayaknya udh g bisa, trus pindah ke Twitter, kok ya mata ga nyaman. Yo wis, aku uninstall :p. Skr hanya main di FB dan IG. Udhlaag g ush banyak2 hahahahaha. Tp aku tipe yg kalo ketemu toxic, gampaaang, tinggal aku delete ato Block sekalian. Ga ush tergoda ikutan war :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener, Uber tuh kayaknya dulu sangat membantu siih karena tampilan Twitter basic dulu ga bisa Quote RT, reply dkk juga masih terbatas banget. Menurutku sendiri tampilan yang sekarang udah cukup simple juga sih, tapi emang ga ada yang bisa mengalahkan kesuperioran Uber wkwkwk 😝

      Betul banget Mba Fannyyy cara paling mujarab kalo ketemu yang toxic, langsung block ajaaa wkwkwk udah bukan masanya yaa kita ikut-ikutan ribut 😆

      Delete
  11. Apa? twitter?
    Sangat sangat toxic hahaha.

    Saya selalu nggak tahan lebih dari 5 menit di twitter, seram abis isinya, semua orang (merasa) hebat, dan merasa orang lain hina dan kotor, ada di sana, hahaha.

    Semua berlomba menunjukan betapa kerennya dia, dan betapa rendahnya yang lain.

    Astagaaa..
    Padahal saya cuman follow blogger loh di sana, tapi sungguh kutaktahan.

    Tapi juga nggak bisa cuek, soalnya sering juga dapat job di sana, lumayan banget feenya buat jajan cilok hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadiii Mba Rey masih buka Twitter karena buat jajan cilok yaaa 😝

      Memang siih susah banget menghindari yang begitu-begitu. Kadang kita ga follow ini-itu, udah block dan mute sana-sini pun masiiih aja muncul ini yang toxic-toxic wkwkwk tinggal dari kitanya aja yang membatasi diri, buka seperlunya aja yaa

      Delete
  12. Saya sempat berada difase itu, fase merasa terlalu banyak yang toxic. Sekarang, sudah jarang main sosial media. Paling hanya sesekali update Instastory. Ngomongin Instastory, saya juga agak kaget Twitter mengeluarkan fitur serupa. Meski sudah sangat terlambat, tapi bagi beberapa orang fitur ini lumayan worth it. Misalnya lagi ngetweet sesuatu, atau ada tweet yang mau dinaikkan kembali, tinggal direpost pake Fleet itu.

    Sekarang, saya menggunakan Twitter, dan aplikasi sosial media yang lain kebanyakan hanya untuk baca berita dan informasi. Kebanyakan buat ngecek info seputar film baru dan buku. Selebihnya, saya mending nonton YouTube atau Netflix, daripada baca ocehan orang di Twitter, saya malah lebih sering mengalihkannya dengan baca blog teman-teman. Menurut saya blog lebih efektif kalau mau menyampaikan pesan dan opini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa aku juga baru lihat ada gunanya fitur Fleet ini setelah belakangan memantau *gaya luu memantau* ternyata memang di beberapa orang bisa cukup berguna. Terutama karena banyak follow artist, jadi ajang mereka buat promosiin art mereka atau akun art lainnya.

      Betul banget Mas Rahul, soal menyampaikan opini akupun masih merasa blog lebih efektif. Dan kalaupun ada diskusi atau debat, pasti jalannya juga lebih adem, enggak seribut kalau orang debat di Twitter atau sosial media lainnya yaa.

      Delete
  13. benera sekali, yang membuat kita tetap waras bermain media sosial ya kita sendiri. platform ngga bisa disalahkan, walau akan lebih asyik kalo ada tools-nya.

    aku sendiri mainan Twitter buat nyari info dan terhubung dengan teman-teman, dan tentu saja nyampah (buang lah sampah pada tempatnya!). Instagram, aku pake buat posting yang asyik-asyik (pamer, dan riya!) dan menyalurkan hobi foto-fotoku.

    aku jujur kangen dengan timeline Twitter jaman dulu, yang isinya guyon, lucu-lucuan, dan seru-seruan, tidacc ada keributan.. tapii.. kalo ngga ribut kok ya kayanya ngga seru.. lagi-lagi kembali ke diri kita.. mau cari porsi keributan dan keterlibatan seperti apa?

    aku ada trik kalo gemes baca twit dan pengen nyamber: tulisa semua sumpah serapah dan komentar di twit, lalu alih-alih menekan tombol post, tekan tombol hapus. emosi tersalurkan, tapi tidak terpublikasikan.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, tools akan sangat membantu sih sebenernya. Makanya sangat berterimakasih sama tombol mute dan block di Twitter ahaha.

      That buanglah sampah pada tempatnya 😂😂 kayaknya memang paling enak sih nyampah di Twitter soalnya yaa hampir semua orang nyampah di sana dan ga perlu saling peduli (dengan tanda kutip seharusnya). Paling pas main Instagram memang kalo punya hobi foto-foto yaa, jadi sekalian buat album digital aja 😆

      Samaa aku juga kangen, kayak semua orang ngelucu dan ya udah semua yang baca terhibur aja gitu. Ga perlu ditambah-tambahi ribut ini-itu.

      Waaah aku juga cukup sering niih, tapi lebih ke gemes komentar tapi setelah beres diketik malah langsung ngerasa "kayaknya ga perlu deh gue komenin" wkwkwk bener sih, mungkin emosinya udah tersalurkan pas ngetik yaa jadi sebelum dipublish udah meluap duluan 😅 Trik yang bagus btw

      Delete
  14. Yap, bicara sosial media memang akan selalu ada dua sisi, tinggal kitanya aja mau memanage-nya seperti apa. dan aku masih menggunakan twitter dan instagram. IG karena visual. twitter karena sesimpel itu. ngoceh ga jelaspun ga ada yg nanggepin, hehe.. dan mungkin itulah salahsatu privilege bersosial media dan tidak berfollower banyak, bebas berekspresi. hehe

    btw, first time blogwalking here! stumble upon from Lia's blog!
    adynura.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali lagi ke kitanya yaa? Ahahaa bener banget ga punya banyak follower itu satu hal yang perlu disyukuri karena ga perlu terlalu mikir buat nge-rant, takut dikomen lah, atau apa lah. Itu yang bikin aku betah fangirling lewat Twitter juga sih 😅

      Thank you udah mampir Kak Adynura 😆
      gonna visit yours soon!

      Delete
  15. aku masih twitteran mbak, soalnya lebih cepet cari berita dari sana.
    kalau soal timeline isinya toxic, kayaknya nggak banyak juga, rata-rata temennya juga temen blogger dan temen sendiri
    cuman kadang, ada temen yang nge-reply postnya orang lain muncul di timeline kita, jadi suka cari tau aja, scroll scroll, kalau ternyata isiannya kayak hujat hujatan melulu, nggak aku terusin baca mba

    ReplyDelete