Sayonara Elegy

Wednesday, December 9, 2020


Sebagai orang yang ngakunya jarang dengerin musisi Jepang, kaget juga ternyata menurut Spotify Wrapped, genre lagu yang paling sering aku dengar ternyata adalah J-Pop hahaha!

Sebenarnya setahun ke belakang ini aku agak jarang dengerin musik. Spotify di hapeku lebih sering berguna buat dengerin podcast daripada muter lagu. Saat-saat tertentu doang dengerin musik. Tapi mungkin karena tahun ini aku baru kenalan dan jatuh cinta sama SPYAIR jadi lagu-lagu mereka yang masuknya ke genre J-Pop berpengaruh besar.

Eh tapi tulisan ini bukan mau ngomongin SPYAIR sih, bukan ngomongin Spotify Wrapped juga walaupun ada hubungannya sedikit. Tapi mau ngomongin...


Sayonara Elegy by Suda Masaki

Aku kenal lagu ini udah cukup lama, dari tahun 2018 kalau enggak salah, gara-gara nonton dorama Todome no Kiss di mana lagu ini menjadi salah satu soundtrack-nya. Dan surprise juga karena gara-gara dorama ini jadi tahu kalau Suda Masaki bisa nyanyi hahaha.

Sebelumnya aku cuma kenal Sudacchi dari dorama dan film (terutama yang bikin aku naksir berat sama dia adalah live action Gintama di mana dia berperan sebagai Shinpachi yang hobi teriak-teriak wkwk). Jadi surprise banget tahu Masnya bukan cuma sekedar bisa nyanyi, tapi memang suaranya pun baguuus dan enak didenger banget. Terbukti dari video-video live-nya.

Oh ya, menurut Spotify 2020 Wrapped, lagu ini menduduki urutan kelima lagu yang paling sering aku dengerin. Hahaha terus kenapa deh, lo malah ngebahas lagu di urutan kelima bukannya yang pertama aja? 😂

Karena lagu ini tuh, spesial. Itu sih, jawabannya. Spesialnya karena...

Satu, setelah dua tahun dari pertama rilis, aku masih terus-terusan dengerin. Tahun 2019 juga lagu ini masuk top 5 songs Spotify Wrapped aku btw. Aku jarang melakukan hal kayak gini kecuali ke penyanyi-penyanyi yang udah aku kenal dari lama, dan biasanya lagu mereka yang aku dengerin yaa ganti-ganti, bukan cuma satu lagu aja. Tapi dibanding lagu-lagu Sudacchi yang lain, Sayonara Elegy adalah lagu yang paling sering (kalau enggak mau dibilang selalu) aku dengerin.

Dua, yaa karena berkat lagu ini aku jadi tahu Sudacchi punya suara yang bagus. bisa main gitar pula! Selain sebelumnya tahu dia sebagai aktor pun sangat luar biasa berbakat, dari meranin karakter cool dan sinis kayak Hasegawa Koichiro sampai Shimura Shinpachi yang keterlaluan dongonya wkwk, semua dia bawakan dengan sangat baik. Enggak heran awards yang dia terima pun bejibun!

Uuuw makin sayang deh, sama pacarnya Mbak Konichan ini wkwkwk.

harus disertakan karena aku sayang mereka berdua huhu

Tiga, dari English Translation yang aku dapet dari KnitChick's Tumblr ini, arti dari lagunya pun sangat emosional. Kelihatan sih, dari suara Sudacchi yang juga terdengar emosional di bagian reff. Lagunya tuh menggambarkan orang yang ingin say goodbye sama patah hati yang mengikat dia sekian lama. Kenapa  hal ini aja spesial, karena been there, done that.

Empat, ada bagian yang aku sukaaaa banget sampai kebayang-kebayang dari lagu ini!

Lyric:
Boku ga ai wo shinjite mo kitto inaku narun daro
Sore nara iranai kanashi sugiru kara
Sayonara sae mo umaku iena sou dakara
Te wo furu kawari ni dakishimete mita yo

Translation:
I wonder if I believe in love?
Because if it disappeared, it would be too sad
But it seems that there is even a good in goodbye
I tried to hug you instead of drifting away

Kayaknya aku sedang dalam masa mengalami bagian "I wonder if I believe in love? Because if it disappeared, it would be too sad." deh HAHAHAHAHA...

**

Btw aku tiba-tiba ingin bahas lagu ini karena belum lama ini nemu video live lagu ini dari salah satu konsernya Sudacchi dengan bintang tamu... Yamazaki Kento!


Yamazaki Kento juga salah satu aktor papan atas Jepang yang jadi pemeran utama di Todome no Kiss. Di kehidupan nyata, mereka memang sahabatan sih, makanya Yamaken diundang ke konsernya Sudacchi. Dan lucu banget mereka berdua pas duet nyanyiin lagu ini UwU. Eh btw di official MV Sayonara Elegy juga modelnya Yamaken, sekilas info wkwk.

Suaranya Yamaken tuh lebih ngebass pas dia nyanyi hahaha, dan entah kenapa lagu ini jadi terdengar lebih asik dibawain berdua.

Belakangan aku lagi naksir juga sama Yamaken siih (ke mana aja luu) gara-gara lihat trailer Alice in Borderland yang bakal tayang sebentar lagi di Netflix hahaha. Kenapa aku baru tertarik sama pesonanya dia di situuu hahaha.

Oke, balik lagi ke Sayonara Elegy!

Sebenernya live dari Sayonara Elegy yang paling aku suka tuh ada pas Sudacchi konser/gig di Shibuya. Enggak tahu tanggal pastinya kapan, tapi kayaknya sekitar Januari 2019? Di situ dia gemesin banget dooong, pas rambutnya lagi gondrong (kayaknya jamannya syuting Dele) dan bawain Sayonara Elegy sambil cengar-cengir haaaa lucuuuuu 🥰


**

Yaaaak, begitulah cerita di hari libur dadakan ini yang tiba-tiba pengin ngomongin Sayonara Elegy dan Sudacchi hehehehe.

Btw label Today's Song itu awalnya aku bikin buat ngomongin lagu-lagu yang lagi aku suka. Baik lagu baru maupun lagu lama yang tiba-tiba keingetan lagi. Seiring berjalannya blog ini, labelnya lebih sering aku pakai buat segala tulisan yang ngomongin musik hahaha.

Tapi untuk tulisan yang ini, labelnya kembali dulu ke fungsi semula hehehehe.

Oh ya, buat yang ingin mengenal Suda Masaki, coba nonton dorama-doramanya kayak Dele atau Mr. Hiiragi's Homeroom, atau filmnya Oboreru Knife, Destruction Babies dan Gintama Live Action.

Kalau dari lagu-lagunya, selain Sayonara Elegy aku suka Long Hope Philia, Machigai Sagashi, dan duetnya sama Yonezu Kenshi, Hairoo to Ao. Oh ya, yang terbaru tuh Sudacchi nyanyiin lagu yang jadi soundtrack Doraemon Stand By Me 2, judulnya Niji dan meeeewww MV-nya gemes sekaliiii 🥰

Udah ah, panjang kali ini tulisan iseng doang hahaha!

eya.

26 comments

  1. aku juga loh gara2 nonton drama todome no kiss dan nyari soundtracknya, ketemu sayonara elegy dan tau sudacchi bisa nyanyi XD dan setelah itu masuk playlist spotifyku juga tapi belum pernah nyari tau lirik dan artinya hahaha malah baru tau dari sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akutu gemees kalo suka sama lagu harus nyari-nyari artinya apa hahaha soalnya kayak ada panggilan ini artinya pasti bagus wkwkwk

      Delete
  2. Karena belum mengenal siapa Sudacchi ini, aku manggut-manggut aja. Pokoknya yang aku dapet, Eya suka sama mas ini karena selain bisa akting, doi pinter nyanyi juga.

    Yang lebih menarik, spotify wrapped nya sih. Aku mau nanya, kenapa spotify wrapped aku kalau di share g kayak punya orang-orang sih?
    *Pit, Eya bukan CS nya spotify, jangan sambat di sini* 😆

    Kalau kamu lebih sering dengerin podcast, aku kebanyakan dengerin lagu. Tapi bukan tipikal lagu update gitu sih. Dan pas buka rangkuman tahun ini beda banget sama tahun lalu. Tahun 2019, Honne sama Niki sealbumnya merajai chart versiku. Tahun ini geser ke genre hip hop, gara-gara selama pandemi balik ngedance lagi, jadi lah yang muncul nama-nama penyanyi kayak Ella Mai, Kiana Lede, sama Kehlani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka masnya soalnya dia gemesin Pit hahahaa

      Eh ga kayak punya orang-orangnya gimana? Tampilannya beda atau wrapped-nya ada yang salah? *menjelma jadi CS Spotify wkwkwk*

      Kayaknya sejak pandemi ada beberapa orang yang playlist-nya jadi berubah haluan yaa? Karena ada hobi baru atau melirik kembali hobi lama kayak kamu misalnya. Aku kayak ga asing sama nama Kehlani tapi ga ngeh lagunya yang mana sih, mungkin pernah baca beberapa berita atau ga sengaja liat yang ngomongin di twitter hehe

      Delete
  3. astaga kak Eya!!! Aku pun sama pisuunn. Eh tapi bedanya aku malah ngira Sudacchi ini tuh penyanyi yang main dorama. Taunya malah sebaliknya yak!! HAHAHAHA. Pas kak Eya bikin postingan berjudul Sayonara Elegy, aku langsung kepo dooong!!! Hehehehe
    Ulasan kak Eya tentang ni lagu panjang bangeett tapi bikin nambah pengetahuanku tentang Suddachi dan Yamatoken hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiyaa aku inget kamu bahas di tulisan kamu yang Todome no Kiss yaa Fris :D

      Iyaa entah kenapa hari ini kayak kesambet tau-tau pengin ngomongin lagu ini dan Sudacchi-nya juga hahaha. Btw udah lihat trailer Alice in Borderland, serial barunya Yamaken? Aku lagi naksir dia gara-gara trailer ituu hahaha baru trailer doang padahal wkwkwk

      Delete
    2. Iyaa aku pernah bahas di situ hehehe
      Untuk pertama kalinya aku kenal Suddachi ya di situuu 😅😅 Telat banget yak aku

      Waduh waduh belooom, film Suddachi yang Dale (eh bener ga si) ini pun belom aku cek huhu masih asik lanjutin series Million Joe sama Miman Keisatsu hahaha
      Itu uda tayang kak? Atau baru keluarin trailer doang nih? hahaha

      Delete
    3. Gapapa Sudacchi juga baru merangkak jadi top actor kan sekarang-sekarang hahaha

      Dele Fris, pake e wkwk... Tapi itu serial sih bukan film. Ceritanya bagus, bikin heartwarming nontonnya.

      Kebetulan baru tayang di Netflix hari ini Friiss langsung lengkap 10 episode deh kalau ga salah, aku belum cek lagi 😁

      Delete
    4. oh masih belom telat yak aku hahaha

      EEEEHHHH moon maap kak hahaha. Aku ingetnya dale (dibaca dele), jadi sama aja lah kak #ngeles 😆
      Siap kak siap, itu masuk dalam listku hehehe

      Oh gituuuh, wah kalo di netflix bisa minta bantuan yayang buat donlodin hahaha

      Delete
  4. Belum pernah dengar lagunya, tapi lumayan enak juga teryata ya. Lagu Jepang memang paling enak! Terimakasih postnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa lagu dan suaranya dia enak menurutku haha. Coba dengerin lagu-lagunya yang lain deeh mungkin bakal suka juga :D Makasih juga udah mampir komeen :D

      Delete
  5. Todome no Kiss kirain sama dengan Itazura na Kiss HAHAHAHAH beda ternyata. Waktu baca Konichan aku kayak...ha ini siapa kok kayak Komatsu Nana, LHA EMANG IYA xD
    Kalo kak Eya isi spotifynya J-Pop, kalo ada K-Pop tentu saja wkwkwkwk. Sama sih kak spotify lebih banyak aku pake buat dengerin podcast juga.
    Dan video terakhir itu aku salfok sama tulisan hangulnya dong xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. *kalo aku (astagaaa napa typonya jadi kalo ada dah -_____-

      Delete
    2. Bukaaan wkwkwk jauh soalnya Todome no Kiss ini ceritanya cukup dark dan ada fantasi-fantasinya gitu Endaah wkwk kalau Itazura na Kiss kan shoujo manga sekaliii 😂

      Eh di top genre aku juga ada K-pop di urutan ketiga lho, padahal dengerinnya cuma lagunya om-om aja wkwkwk.. Karena kalau dengerin podcast ga perlu premium ga pakai iklan yaaa wkwkwk

      Itu kayaknya yang upload emang fans dari Korea deh jadi dia kasih translate lagunya juga pakai hagul 😄

      Delete
  6. aku bukan penggemar j-pop kak. Tapi entah kemarin lusa tiba-tiba aku pengen dengerin ost anime-anime. Beat ost anime seringnya bikin semangat. Tiap minggu nonton boruto, ost-nya juga sangat semangat..hahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau anime shonen yaaa pasti soundtrack-nya tuh tipe yang bikin semangat, kayaknya kebawa sama tema animenya sih yaa 😄 Belum pernah nonton Boruto, tapi dulu pas ngikutin Naruto pun soundtrack-nya bagus-bagus yaa hahaha

      Delete
  7. Kyaa kyaa ada YamaKen *eaaa fangirl-nya langsung histeris*

    Aku tau Sudacchi dari dorama Pretty Proofreader. Di sini dia jadi cowok yg fuwafuwa (duh, bingung nyari padanan katanya wkwk), main bareng Ishihara Satomi.

    Sepenglihatanku selama jadi jdorama mania, aktor cowo tu jarang yang bagus dari muda (kalau aktris lumayan banyak), mungkin karena budaya Jepang yg tidak ekspresif, bikin mereka agak kesulitan buat akting. Tapi Sudacchi dari usia belasan pun aktingnya udah oke banget *kasih empat jempol*

    Anyway, balik ke YamaKen, aku baru nonton Alice in Borderland, nih... Baru dua episode dan berhenti dulu karena terlalu seruuuu... Keingetan besok masih ngantor, gawat kalau jadi begadang gegara nonton wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah aku kok bisa lupa Pretty Proofreader padahal di situ ada Mbak favorit Ishihara Satomi huhu.. Gemes banget sih dia di situ emang 🥺

      Bener banget Mba Hicha, jarang lihat aktor Jepang yang masih baru-baru aktingnya langsung enak. Even Tomohisa Yamashita dulu pas remaja aktingnya datar banget wkwkwk.. Makanya ga heran Sudacchi masih muda udah banyak nyabet penghargaan, dia meranin apa aja bisa, kayaknya bakal jadi the next Oguri Shun 😆

      Aaak iya yaa udah tayang kemarin malam! Aku bakal segera nonton jugaa soalnya selain Yamaken, Tsuchiya Tao di trailer juga kelihatan badass, biasa lihat dia jadi cewek manis jadi excited banget mau lihat dia jadi heroine 😆

      Delete
  8. Kayaknya saya lebih sering nonton drakor ketimbang dorama, jadi ngga tau banyak siapa Sudachi dan Yamaken itu. Tapi kalo bahas film atau serial, saya bisa agak nyambung, apalagi sebut judul. Alice in Bonderland itu salah satu yang cukup narik perhatian saya.

    Kalau tak ada halangan, kayaknya tahun 2021 saya akan lebih banyak explore hal baru. Salah satunya dorama itu. Setelah diingat-ingat, kayaknya saya cuma pernah nonton Ano Hana LA. Itupun karena sudah kepincut dengan animenya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya orang-orang yang udah nonton Alice in Borderland baguuus lho Rahul. Kayaknya cukup wajib ditonton yaa 😆

      Ano Hana malah ga tau doong ada LA-nya 🙈 Kalau mau coba explore dorama, boleh coba nonton Crisis. Ini dorama yang seru banget aksinya, ceritanya pun bagus 😁

      Delete
  9. Aku bingung mau komen apa,
    tapi aku jg termasuk orang yg suka nonton film-film jepang, makanya muka-muka di atas ga asing buatku, dan untuk urusan wajah, aku lebih suka paras cantik perempuan Jepang daripada Korea meskipun kecantikan perempuan Koreapun tak mudah ditolak, hehehe... *naonsih

    Terakhir nonton film jepang itu yg our little sister sama the little forest dengan kedua serinya. dari kedua film itu, ngefans sama cinematografinya, oh iya dan restaurant from the sky juga suka.

    film jepang itu paling jago membuat sesuatu yg sederhana tapi jadi penuh makna. herann...

    btw, Eya punya rekomendasi film jepang yg sejenis yg kusebut di atas gak? baik dari sisi cerita ataupun cinematografinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha kalau menurutku kebanyakan cewek Jepang itu dandanannya imut sementara cewek Korea lebih dewasa. Kalau Ady suka yang imut mungkin memang jadinya lebih suka lihat cewek Jepang 😆

      Waaah itu baguuss dua-duanya yaaa film-film yang ditontonnya nyaman dan bikin hati hangat.

      Betul, yang aku suka dari film Jepang juga itu, kesederhanaannya itu huhu.

      Hmmm mungkin bisa cobain dari sutradara yang sama dengan Our Little Sister, ada Shoplifters (ini sering dibandingkan dengan Parasite karena mengusung tema yang mirip, tapi aku pribadi lebih suka Shoplifters), atau kalau mau tontonan ringan yang menghangatkan hati bisa coba nonton Bunny Drop, Like Father Like Son, Kidnap Tour

      Delete
  10. Jarang loh yang masih suka J-Pop di arus deras K-Pop sekarang.

    Saya sendiri kadang menikmati J-Pop juga. Kelebihan mereka liriknya sering unik-unik dan gaya musiknya beda2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suaranya memang kalah banyak sama fans Kpop tapi aku sendiri masih sering ketemu yang suka Jpop atau Jrock sih..

      Iya genre lagu mereka tuh macam-macam, style penyanyinya pun asik-asik buat dilihat ga bosenin 😊

      Delete
  11. sekarang aku kudet soal artis penyanyi Jepang. Kecuali yang cewek yang duluuu hitss itu, jang na ra apa utada hikaru bukan ya, kok lupa :D
    tapi kalau drama jepang atau komiknya aku suka.
    baca post ini terutama saat liat foto pertama diatas, jadi keinget sama drama hits jepang waktu aku masih piyik, artis cowoknya model rambutnya begini, ahhh pokoknya yang manis kiyut,salah satunya main di drama anchor..... yang tentang penyiar berita. omaigodd aku masih inget dikit dikit.
    demenn sama nih drama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utada Hikaru sampai sekarang pun masih jadi diva di Jepamg Mbaa, kalau Jang Nara itu dari Korea hehe..

      Waaah aku tau dorama yang Mba Ainun maksud, Anchor Woman yaa? Dulu waktu kecil nonton jugaa 😆 dan aktornya Takizawa Hideaki mungkin udah ga pernah nongol di dorama dan film lagi sekarang, soalnya udah jadi salah satu direktur di perusahaan agensinya, lebih banyak produserin di balik layar jadinya 😁

      Delete