G a t e k e e p i n g

Thursday, January 14, 2021


Aku udah gatel banget sebenernya pengin ngomongin ini sejak akhir tahun lalu. Tapi terus males karena sibuk hahaha. Eeeh terus ter-trigger lagi gara-gara lihat sendiri ada kejadiannya di timeline twitter  kemarinan wkwkwk.

Belakangan ini lagi cukup ramai istilah "gatekeeping" dalam dunia per-pop culture-an. Gatekeeping sendiri artinya adalah membatasi/mengontrol suatu hal ke orang lain. Yang mana kalau dihubungkan ke pop culture itu kayak membatasi siapa-siapa aja yang mereka anggap boleh atau bisa menikmati pop culture tersebut.

Contohnya yang pernah aku alami sendiri, waktu aku lagi gila-gilanya sama Game of Thrones tapi aku adalah penikmat serialnya aja, dan enggak baca bukunya. Seperti yang hampir semua orang tahu, Game of Thrones adalah salah satu serial paling populer di dunia, dan dia diadaptasi dari buku seri karangan George R. R. Martin. Nah, fandom GoT ini pun kemudian terbagi antara penikmat serial dan penikmat buku. Gatekeeping yang terjadi dalam fandom ini adalah, para penikmat bukunya merasa kalau kita-kita yang cuma menikmati GoT dari serialnya ini enggak valid, pendapatnya enggak relevan karena enggak baca buku. 

Kira-kira gini dulu komentar yang sering muncul "Oh lo enggak baca bukunya? Ya udah enggak usah komentar, nonton serialnya doang mah enggak berhak ngomongin si karakter ini." Nyebelin kan?

Lord Varys hanya bisa menggeleng-geleng

Kalau yang sekarang lagi ramai diributin (dan yang men-trigger aku buat akhirnya nulis soal ini) adalah gatekeeping di dunia perwibuan wkwkwk.

Entahlah yaa aku juga enggak ngeh ini awalnya muncul dari mana, jadi kabarnya para pecinta anime banyak yang kebakaran jenggot gara-gara makin banyak orang nonton anime karena aksesnya sekarang udah makin mudah. Jadilah muncul istilah-istilah wibu noob, wibu jalur pandemi, wibu netflix, kayak apaan siih enggak penting banget.

Sebenernya mungkin ini awalnya buat lucu-lucuan aja yaa, tapi jatuhnya udah annoying banget kalau terus ada orang update nonton anime terus dikomentarin "Ke mana aja lo baru nonton? Gue sih udah dari dulu nonton ini bla bla bla" mon maap Mas, enggak ada yang nanya.

Bukan cuma di anime sih, kemarinan pas ada drama Korea Start-Up yang sangat booming sampai Team Jipyeong dan Team Dosan dipakai buat berbagai macam promo di beberapa restoran pun, aku sempat lihat beberapa orang yang ngakunya fans K-drama sejak dulu ngomel-ngomel sampai ngatain yang baru-baru suka K-drama gara-gara Start-Up ini adalah karbitan.

Menurutku, it's not that deep gitu lho. Ya kenapa juga emangnya kalau karbitan? Anime, K-drama, atau apapun itu kan ada untuk hiburan, bukan untuk jadi kompetisi siapa yang udah nonton dari belum lahir atau baru nonton 5 menit yang lalu.

Orang yang enggak biasa nonton K-drama terus tertarik nonton Start-Up karena entah itu ceritanya atau karena aktor-aktrisnya good looking, terus abis itu enggak tertarik sama K-drama lainnya kan sah-sah aja. Orang yang enggak biasa nonton anime, terus tertarik nonton Attack on Titan karena jalan ceritanya yang bikin panas-dingin tiap nonton, tapi enggak tertarik sama anime lainnya juga sah-sah aja.

Yang nyebelin kalau lo nonton Attack on Titan cuma dari season 4 terus berisik enggak kenal ini siapa itu siapa, yaaa ditonton dulu itu 3 season sebelumnya dong biar paham 😌 *eh ini termasuk gatekeeping enggak? hahaha*

Awas lo dimarahin Kapten Levi 😒

Ada yang berteori juga, katanya gatekeeping ini biasanya terjadi karena adanya kepahitan di masa lalu. Jadi misalnya dulu pas dia baru suka, orang-orang masih meremehkan, terus giliran mulai booming, orang-orang berbondong-bondong datang ikutan suka.

Menurutku lagi, ikut-ikutan nonton karena hype juga sah-sah aja. Ketahuilah para kreator di balik serial-serial ini bakalan happy kok kalau makin banyak yang nonton serial buatan mereka. Entah itu memang menikmati atau karena ikut-ikutan hype doang. Kagak ngaruh ke mereka bos!

Dan yaa dulu aku juga sempat sih merasakan kepahitan sejenis. Pas jaman dulu aku suka Kpop, itu temen-temenku banyak banget yang ngeledekin sampai dibilang norak segala, eeh sekarang kebanyakan yang dulu pada ngeledek ini malah jadi yang paling update soal K-drama wkwkwk.

Yaa merasa sebel banget sih pernah, tapi bodo amat lah merekanya juga kalau diingetin dulu ngeledekin aku udah pada enggak inget, atau pembelaan lainnya "Beda lah Kpop sama drakor" OK 👍

Jadi yaa menurutku kepahitan masa lalu gini enggak seharusnya dijadikan alasan buat membatasi kesukaan kita ke orang lain sih. 

Merasa seleranya enggak keren lagi karena jadi banyak yang suka? Mendingan jauh-jauhin aja deh, pikiran kayak gini. Kita kan enggak punya hak dong, ngelarang orang buat ikutan suka apa yang kita suka? Kreatornya aja enggak ngelarang kok.

Aku malah jadinya sedih kalau ada orang yang enggak jadi menikmati sebuah karya gara-gara terhalang sama gatekeeping ini. Yaa udah kejadian kan itu kemarin yang tahu-tahu disemprot karbitan padahal baru mulai nonton jadi males ngelanjutin?

Padahal kalau aku sih, malah seneng kalau karya yang aku suka disukain banyak orang juga.

Akhir kata, please kalau kalian baru tertarik sama sesuatu udah cuekin aja yang pada gatekeeping. Sayang banget kalau jadi enggak menikmati karya cuma gara-gara orang-orang sok edgy yang enggak penting ini. Mau penggemar baru, penggemar lama, penikmat biasa, atau nikmatin cuma gara-gara hype aja semuanya valid, enggak ada yang lebih keren dari satu sama lain. Sama aja, sama-sama berkontribusi ke kreatornya.

Btw judulnya aku bikin begitu bukan biar aesthetic, biar makin kerasa aja yang namanya gatekeeping itu kerasanya nyebelin. Sebel kan lihat tulisan dipisah-pisah gitu? Wkwkwkwk.

eya.

30 comments

  1. people need to chill *sambil gelar lapak melihat keributan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heey anda yaaa Intan malah gelar tikaar *ikutan duduk sambil nyemil* 😂😂

      Delete
  2. Setujuuuu mba.. aku paliiing sebel Ama orang yg merasa paling tau segalanya ttg suatu trend, trus bisa seenaknya menjudge org lain yg baru ikutan suka, bukan fans beneran, ato hanya karbitan kayak istilahmu.

    Aku juga prnh disindir, penggemar drakor palsu, Krn ga bisa apal nama2 pemerannya, suka lupa muka pemain2nya, dan sukanya baru2 ini aja -_- . So what gituuu .. walopun aku tau dia fans garis keras Drakor dan bisa apal serta fasih ngucapin nama2 Korea yg belibet dan susah diinget itu, tapi siapa diaaa bisa nyebut aku penggemar palsu Drakor , hiiiih, pengen dipites ketemu org begitu :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh mba fanny, berarti aku juga penggmar drakor palsu dwong 🙈🙈🙈

      Btw, sepakat sama Eya, duh, biasa aja kali yaaa.. wong tontonan aja kok jadi ribut sih. Mau duluan, mau nggak, bebas lah ya.

      Kuakui aku juga sering telat ya dengan ke-hype-an yg kekinian 😅😅, tapiii gak papa jugaaa, emang sekarang semua serba cepat sih, jd kesannya ketinggalan. But hey, everyone has priority, rite! Sans ajaaa 🤠🤠

      Delete
    2. @ Mba Fanny: kesel yaa padahal ga semua orang kan nonton buat jadi fans, ada yang cuma untuk cari hiburan atau menikmati ceritanya. Dan ga semua orang bisa nyebut nama Korea dengan bener juga, secara ada beberapa huruf yang cara pengucapannya cukup sulit untuk lidah kita.

      Cuma beda waktu kenal aja ga seharusnya bikin orang jadi merasa superior kaan? Kenapa ga bantu yang baru kenal ini buat tahu lebih lanjut kan enak yaa?

      @ Mba Tika: Bener banget niih everyone has priority. Mana tau pas serialnya baru muncul dia lagi sibuk jadi ga sempat kenal, pas lagi booming-boomingnya pas dia ada waktu jadi kenalan. Lah kok malah dibilang karbitan wkwkwk

      Delete
  3. Pas baca judulnya, saya langsung mikir,"oke, siap-siap spoiler, kayaknya kak Eya mau bahas AoT"

    Ternyata bahas istilah gatekeeping yang istilahnya baru saya dengar, tapi saya pernah membahas hal serupa. Saya pernah membahas kenapa sesuatu hal yang populer dan mainstream ada kesan seakan,"kayaknya ini sudah ngga keren lagi karena sudah banyak yang tau". Saya membahas itu dengan menjadikan lagu-lagu Pamungkas sebagai objek kajiannya. Kesimpulannya, hal itu hanyalah ego. Orang-orang (yang merasa) lebih dulu dengar Pamungkas, lebih dulu nonton AoT atau GoT, merasa bahwa lagu-lagu yang mereka dengarkan sebagai perwakilan perasaannya sudah didengarkan oleh Ibu-Ibu di angkot yang baru pulan dari belanja, didengarkan oleh bocil yang baru saja habis mabar. Orang-orang yang mengagung-agungkan AoT dan GoT, melihat itu sebagai magnum opus dan sesuatu yang hanya mereka saja yang tau dan ngerti, ketika bisa diakses oleh orang-orang dan (merasa) bahwa mereka sok ngerti dan istilahnya karbitan dan ikutan hype saja, itu adalah penonton karbitan yang merusak citra tontonan favorit mereka. Ini hanya masalah ego saja. Hal yang dulunya sangat personal untuk mereka, saat sudah didengarkan orang banyak, ditonton orang banyak, tentu saja melukai harga diri mereka. Ha ha ha. Canda harga diri.

    Saya juga pernah berada difase itu. Saat SD, mendengarkan lagu SNSD, dan teman-teman saya ngga ada yang mau peduli. Pas saya kirimin satu orang dan yang sempat tidak peduli ikut mendengarkan, saya merasa mereka menjijikkan. Kalo diingat-ingat, lucu juga. Ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahul baca judulnya kenapa kepikiran mau bahas AoT? Hahaha aku ada rencana sih bahas AoT tapi kayaknya nanti-nanti dulu, masih banyak yang bikin puyeng soalnya dari AoT niih 🙈

      Eeeh iyaaa aku jadi inget kamu pernah bahas soal iniiii (aku komen juga kalo ga salah dulu). Betul setuju, semua ini karena ego sih ahahaha.. tapi bener juga, aku saking keselnya sampai lupa nih menyertakan sisi personal mereka terhadap karya-karya ini nih. Mungkin siih mereka merasa harga diri mereka terluka karena hal kesukaan yang sangat personal buat mereka akhirnya disukai banyak orang hahaha.

      Kita pasti pernah yaa mengalami juga yang namanya kepahitan itu, kayak Rahul yang kesel karena teman-teman yang dulu ga peduli eeh jadi ikut mendengarkan, aku pun pernah ngerasain. Semakin kita paham ternyata hal-hal itu menggelikan yaa? Hahaha

      Delete
    2. Pertama, saya taunya kak Eya cukup senang dengan anime meski saya ngga tau apakah kak Eya nonton AoT atau tidak. Kedua, kata 'gatekeeping' dikepala saya itu identik dengan AoT sebelum tau ada istilah tersebut.

      Betul, sebenarnya tidak ada yang salah kalau kadarnya masih sebatas sebal-sebal semata. Itu wajar. Bagaimana perasaan seseorang yang dulu mencintai museum tidak dinotice sampai akhirnya museum jadi tempat wisata yang ramai. Mungkin ada yang senang, tapi tidak sedikit juga yang tidak. Ha ha ha

      Delete
    3. Nonton doong hehehe walaupun baru bisa disebut ngikutin sejak awal-awal tahun lalu 😁 Mungkin karena kesan gate kali ya? Tapi fun fact nih, fans AoT tuh termasuk yang banyak melakukan gatekeeping juga belakangan ini ahaha.

      Yes, aku pun masih memaklumi karena memang kadang ada aja newbie yang suka songong atau ga jelas tingkahnya, asal kesebalan itu ga membuat kita ikut jadi orang menyebalkan juga dengan melarang mereka suka apa yang kita sukai 😊

      Delete
  4. Sedih banget udah komentar panjang-panjang barusan ilang kepencet😭😭😭

    Anyways kak Eya, soal gatekeeping ini aku udah sering temuin juga nih, tapi nggak tau kalau ternyata ada istilahnya😂

    Biasanya aku temuin antar sesama Potterhead. Biasalah yaa, kayak GoT, pasti ada penggemar film sama penggemar yang baca bukunya. Kadang para potternerd yang khatam sama Harry Potter book pasti suka nyinyirin mereka yang bertingkah sok tau padahal cuma nonton film seriesnya aja. Aku pun dulu termasuk yang suka nyinyir sih🤣 Kalau ada temen yang sok-sokan ngasih tau orang lain tentang wizarding world padahal referensinya sebata dari film aja, dalam hati suka membatin *padahal bukan begitu maliih😒*, wk. Kalau sekarang sih udah ngga, karena toh interpretasi dan perspektif orang sebagai penikmat suatu karya kan bisa beda-beda. Apa yang aku lalui prosesnya nggak sama dengan mereka-mereka, jadi interpretasinya pun akan berbeda dan harus maklum dengan itu. Who are we to judge? Apalagi cuma karena masalah sepele, skwk. Jadi, kak Eya masih mau temenan sama aku kaaan?🤣

    Eh iya, sebagai k-drama lovers dan ex-kpopers, aku juga pernah merasakan gatekeeping karena kepahitan. Dulu waktu SMP kelas 1, kalau nggak salah tahun 2010, pas lagi seneng-senengnya drakor dan kpop sering diledekin sama temen-temen, ngapain sih nonton anu, dengerin anu itu, nggak cinta tanah air dan blablabla, terus pas tiba-tiba berapa tahun kemudian booming BTS dan drakor DOTS, langsung pada hype gitu kan yaa, aku juga sempet kesel sih HUAHAHA. Tapi udahannya sih bodo amat nggak ngurus, wk. Mungkin karena permasalahan hidup yang udah semakin kompleks😂

    Kayaknya orang-orang yang sering ngatain orang lain fans karbitan harus cepet-cepet sadar juga deh, proses setiap orang itu berbeda, nggak bisa disamain. Even point point of view kita akan suatu hal aja pasti beda-beda, kenapa masalah sesederhana kpop dan kdrama aja diributin🤦🏻‍♀️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhooo itu sih nyebelin yaaa udah ngetik panjang eeh hilang 😭

      Istilah ini kayakya memang baru-baru populer belakangan ini Awl, padahal fenomenanya sendiri udah ada dari dulu yaa? Dan benaar, gatekeeping ini terjadi di mana-mana. Di setiap fandom, pasti adaaaa aja orang yang merasa lebih superior dari yang baru-baru berdatangan. Ehm kita pun mungkin tanpa sadar pernah jadi salah satunya yaa? 😅

      Aku setuju banget nih soal interpretasi berbeda sesuai dari mana sumber yang didapatkan. Mungkin beberapa orang memilih untuk milih salah satu antara baca atau nonton, dan bukan keduanya karena mereka udah merasa cukup dapat apa yang mereka inginkan dari salah satunya. Dan itu sah-sah aja sih.

      Iiih tentu doong aku anaknya baik Awl, ga pilih-pilih teman wwkwkwk

      Kadang heran yaaa orang-orang yang ngeributin kayak ginian apakah masalah hidupnya kurang kompleks? Kok yaa hal-hal sesederhana hiburan juga dijadiin masalah? Hahahaha

      Delete
  5. Wah ada Om Leviiiii hihihi

    Eh yang kayk gini banyak deh kak di twitter. Wibu jalur pandemi 😂😂 apa-apaan itu. Tapi emang banyak sih kasus (?) kayak gini terutama di medsos, malahan kayaknya udah kubu-kubuan, tim Manga Tim anime atau tim Fiksi dan Nonfiksi untuk perbukuan, atau apalagi tuh banyak.

    Untuk yang kpop aku paham banget apa itu rasanya dulu ada istilah fans abal-abal, yang lebih tau boyben A berasa paling senior karena udah ngikutin kpop dari jaman DBSK debut, aha dan meremehkan orang-orang pendatang baru yang suka sama Kpop, dibilang wkwk oke lah tapi yg kayak gini masih banyak sih sptnya..gemes juga liatnya tuh.

    Btw kak wibu jalur pandemi tuh kayak gimana kok aku ngakak ya bacanya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om Levi says hiiii Rekaa *mewakili*

      Iyaaa banyak di segala bidang ada yang begini sih emang, susah yaa ternyata dihindarinya 😅 Kenapa tidak saling merangkul saja siih, saling menikmati gitu lhooo wkwkwk

      Kadang yang baru-baru juga banyak yang jadi meremehkan yang senior apakah karena dulunya kena gatekeeping gini yaa? 🤔 Kok jadi kepikiran akuuu hahaha..

      Hahahaha itu istilah yang belakangan muncul, ditujukan buat orang-orang yang jadi nonton anime gara-gara pandemi dan harus di rumah aja, gitu Rekaaa wkwkwk

      Delete
  6. Can't agree moreeee...

    Ga cuma buat gatekeeping, tapi tentang apapun tu kalau ada orang yang njelekin selera orang lain itu bikin gimana gitu, ya...
    Walaupun sejujurnya kadang aku sendiri juga masih keluar ngenyeknya, terutama sama yg annoying sama yg milih ga ikutin trend.

    Sayangnya, saat ini kebanyakan yang annoying itu fans drakor sm k-pop. tentu saja ga semua, tapi ada yang begitu... jadi aku kadang ikut ke-triggered buat ngenyekin balik ^___^"

    Untuk persoalan gatekeeping sendiri, berhubung smp sekarang masih golongan minoritas (siapa suruh jdorama, jpop, itu sok2 eksklusif jadi sulit diakses... -____-"), aku malah seneng kalau ada yang jadi demen sama yang aku juga suka. Mungkin rada sebel kalau sebelumnya dia njelek2in tapi kena batunya terus malah suka, cuma berhubung belum pernah kejadian di dunia nyata, jadi belum tau juga bakal sebel kayak gimananya... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama yaa nyebelinnya sama gatekeeping, yang ga menghargai selera orang lain tapi ingin seleranya sendiri dihargai. Heeey anda siapa? wkwkwkwk

      Aku dulu pernah jadi orang yang sok eksklusif ga mau ikutin trend hahaha kalau dipikir-pikir lagi, ngapain yaaa kayak begitu? Keren enggak, nyebelin iya hahahah.. Ngikutin trend atau enggak sebenernya yaa sama-sama aja yaa, ga ada yang lebih superior dari satu sama lain.

      Sejauh ini emang seringnya nemu di kalangan sana siih, tapi belakangan nemu juga di kalangan peranimean ada yang begini hadeeeh kirain fokus ngefandom di animanga ga bakal ketemu yang begini eeh ternyata mereka ada di mana-mana huhuhu

      Tos dulu dong Mba Hicha sesama minoritas wkwkwkwk... samaa akupun seneng banget kalo ketemu sesama fans dorama atau animanga, karena biasanya mereka pun susah ditemukan, sama eksklusifnya kayak tontonannya wkwkwk.

      Bener niiih aku masih suka sebel sih kalau ada temen yang bilang "kok suka drama Jepang, cowoknya pada ga ganteng gitu" weeeyy tolong anda belum kenal Arata Mackenyu yaa ga kalah ganteng dari aktor Korea niih wkwkwk

      Delete
  7. Sebagai orang yang dikenal kudet di circle saya hahaha *ketawa duluuu, malu soalnya*, bisa dibilang, saya ini segala sesuatunya terlambat mba, cocok disebut karbitan 😂

    Orang-orang sudah mulai hits minum Boba, saya masih minum ice chocolate. Orang-orang sudah update minum kopi kekinian, saya masih Sbucks. Orang-orang buat Dalgona, saya taunya setelah beberapa bulan 😅 Asli deh, sampai sering dibilang hidup di goa, makanya sohibul atau mates bahkan asisten saya tuuuh hobi banget kirim screen capt apa yang viral sekarang biar saya nggak kudet-kudet amat 😂 Sudah begitu pun kadang nggak saya download apa yang mereka kirimkan. Jadi yaaah, saya termasuk yang hobi diledek, "Ke mana saja luuuu." sama mereka. Thankfully, karena yang bilang begitu orang dekat, jadi saya tau mereka bercanda. Kalau sudah begitu, biasanya saya becanda balik dengan jawab, "Dari kamar mandi." atau, "Baru balik dari Eropa." 🤪 hehehehehe.

    Saya tau bangettt gatekeeping (duh baru tau istilah ini, wk) kayaknya lagi semakin merajalela sejak Corona merebak, di mana istilah Kpop karbitan, anime karbitan bertebaran di mana-mana. Sampai ada istilah generasi Netflix era Corona segala 😂 Kalau sudah begini hanya bisa geleng-geleng kepala, padahal nggak guna saling mengkotakkan. Bukannya justru bagus kalau semakin banyak orang yang suka dengan yang kita idolakan (?) Mungkin yang gatekeeping ini merasa eksklusifitasnya hilang kali ya, mba 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa gapapa Mba Eno, soal ikut atau enggak ikut trend tuh pilihan masing-masing orang, kalo emang dirasa lebih nyaman ga ngikutin trend (atau hidup di goa seperti yang sohibul Mba Eno bilang wkwk) enggak masalah sama sekali. Pengetahuan tiap orang ga terbatas dari yang lagi trend aja kan Mba Eno hehehe

      Generasi Netflix Corona ini kayaknya sejenis sama istilah wibu jalur pandemi yaa? Hahaha iyaa... lagian juga kemungkinan banyak yang punya waktu luang sejak pandemi dan bosen kaan di rumah terus-terusan jadinya menjelajah hal-hal yang sama sekali baru buat mereka. Eeh sama yang udah tau dari dulu malah dikatain bukannya disambuk hadeeeh..

      Kalau kayak kata Rahul, mungkin mereka merasa harga dirinya terlukai karena hal-hal yang mewakili perasaan mereka jadi dinikmati orang banyak, bukan cuma sebagian kecilnya mereka aja hehehe

      Delete
  8. Kalau di dunia perbukuan selain mengkotak-kotakan fiksi dan nonfiksi juga membaca dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia 😂.
    Gatekeeping ini malah jadi membuat seseorang jadi nggak bisa berkembang karena ketika ingin memperluas tontonan/bacaan/kesukaan tapi malah dijatuhin oleh orang lain, alhasil jadi malas mengikuti perkembangan zaman. Iya nggak sih, Kak? 😂
    Aku baru tahu waktu zaman GoT terpisah akan 2 kubu, Kak 🤣. Menurut Kak Eya, orang-orang yang melakukan gatekeeping ini apakah termasuk fans fanatik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ada jugaa yang ngotakin pembaca sastra dan pembaca fiksi populer atau yang bacaannya berbobot sama romcom Liaaa wkwkwk

      Nah ini niih salah satu akibatnya juga Liaa, orang jadi males mau eksplor yang lain karena udah keburu kena gatekeeping. Kalau masih dalam konteks hiburan doang sih mungkin cuma annoying yaaa tapi kasihan kalau udah dalam konteks memperluas wawasan :((

      Sebenernya fans GoT itu terbagi-bagi dalam banyak kubu, pusing banget pokoknya 😂 bisa jadi fans fanatik Lia, tapi dalam kasus kemarin (yang mentrigger aku buat nulis ini) kalau liat akun yang gatekeeping itu kayaknya bukan fans yang fanatik juga siih.. Cuma ya itu kayaknya dia merasa udah tau dari lama dan merasa eksklusif karena dulu cuma dia dan beberapa kelompok orang yang tau, terus sekarang booming jadinya dia kebakaran jenggot merasa eksklusivitasnya hilang gituuu hahaha menurut aku gini sih :D

      Delete
  9. Aku pernah nggak ya Kak gatekeeping terus aku lontarkan ke sosmed?

    Kak Eya: mana gue tau endah :)

    Nggak inget juga, dan kayaknya sekarang aku udah bodo amat sama kesukaan orang, suka-suka mereka aja. Gamau ngurusin selera orang juga😂 Paling bitternya ngomongin sama temen si ranah private chat, habis gitu udah. Takut blunder kalau dilempar ke publik😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawab aah: Yaaa enggak tau Endaaah wkwkwkwkwk *kabur*

      Betul Endah, mending bodo amatan daripada ngurusin kesukaan orang lain. Enggak ada haknya kita ngatur walaupun anak-anak baru ini mungkin kadang nyebelin juga wkwkwk. Nah bener, kalau ada yang bitter mending omongin sama temen di private ajaa wkwkwk

      Delete
  10. INI DIA NIH INIII *ngegas* 🤣

    Soal gatekeeping ini familiar banget nggak sih di kalangan Kpoppers? Apalagi tuh tahun kemarin banyak banget kan yang mendadak suka drakor dan ngefans sama BTS (ini sih yang banyak XD;). Terus mulai deh tuh, yang "senior" pada belagu ngomongin para newbie ini. Bahkan soal kepahitan itu juga dialami sepupuku sendiri, Eyaa. Pas aku nge-share tentang BTS di story, dia komen gitu kan, nanya aku suka BTS yaa. Terus aku tanya balik dong, kamu juga suka. Terus dia jawab agak ngegas, "Duluuuu sih suka banget, aku udah suka mereka dari zaman awal2 debut. Sekarang males ah, mendadak banyak yang ngefans." LHO? GIMANA? 🙈

    Memang sih soal suka sesuatu dan kemudian diremehkan itu memang nggak enak, tapi jangan dijadikan alasan untuk gatekeeping kemudian merendahkan orang lain juga ): walau jujur mungkin kita yang udah senang Kpop dari dulu-dulu agak gimana sih yaa melihat dedek-dedek sekarang yang gimanaaaa gitu 🤣 tapi yaudalah, soal selera biarkan menjadi hak masing-masing individu. Akupun juga nggak pernah mau ngeremehin kesukaan orang lain, apalagi kalau memang itu yang membuat mereka hepi.

    Ahhh, jadi kepanjangan wkwkwk makasih banyak yaa Eyaa udah bahas ini. Bisa jadi insight buat kita semuaa 💖

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda Jane sabaaarrr *digetok* :))

      Bener niiih sering juga kadang nemu tweet-tweet yang kesannya senioritas banget dari fans Kpop huhuhu. Ini kayak yang dibilang Rahul kali yaaa, sepupu kamu merasa terlukai karena idol kesayangannya jadi disukai banyak orang ahaha. Padahal semakin banyak yang ngefans justru nguntungin si idolnya sendiri ga siiih?

      Ahahaha mungkin emang karena culture ngefans jaman sekarang sama jaman dulu tuh beda banget kali yaa, makanya kadang kita juga kayak "apa sih?" ke dedek-dedek yang fangirling sekarang. Cuma yaa balik lagi, fangirling itu senyamannya kita sendiri kaan, asalkan ga ganggu orang lain, ya udah bebas aja mau gimana :)))

      Sama-sama Janeee makasih udah berbagi cerita juga :D

      Delete
  11. Jujur, awalnya aku mikir huruf di judul dikasih spasi gitu biar gak gampang terdeteksi Google. Tapi setelah baca alasan Kak Eya di akhir, aku sependapat sih, kalau kesannya memang jadi nyebelin.

    Pertama kali baca postingan ini, aku jadi mikir apa kalau merasa ragu apa yang kusuka itu layak dikenal lebih banyak atau gak bisa termasuk gatekeeping? Aku pernah merasa kayak gitu soalnya.

    Terus belakang terpikir kalau ada juga yang merasa kalau orang yang baru suka suatu hal itu gak tahu aturannya, jadi mengutip salah satu komentar yang kubaca, mereka bertanya hal yang tidak baik untuk ditanyakan. Mungkin karena itu ada yang menganggap orang yang baru ini adalah masalah yang harus diatasi. Apa yang kayak gini termasuk gatekeeping juga?

    Semoga Kak Eya gak keberatan dengan komentarku, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku malah ga kepikiran ke situ lho hahaha boleh juga niiih takut juga diserang sama fans senior :))

      Kalau menurutku sih, selama itu masih di kepala dan pikiran dan enggak kita utarakan ke orang yang bersangkutan masih oke-oke aja sih.. Nah yang menurutku enggak baik itu kalau kita udah terang-terangan melarang dan merendahkan orang yang baru masuk ke hal yang kita suka itu :)

      Nah iniii aku juga kadang sebel sih sama fans newbie yang kadang seenak jidat atau sok tahu juga, tapi mungkin apa ga lebih baik dikasih tau aja kalau sebaiknya jangan begitu? Atau kalau dianya ga bisa dibilangin yaa kita diemin aja gitu hehehe.. Jadi inget soal ribut-ribut shipper ahahahaa..

      Sama sekali enggak keberatan kok Sellaaa, malah makasih juga udah berbagi insight :)

      Delete
  12. Aku baru tahu istilah gatekeeping dari kamu eya, hehehe.. terimakasih!

    oh jadi kayak gitu ya gatekeeping tuh, kyk semacam permainan ego yaa.. kyk ga mau kalah, ga mau diremehin gitu ya?padahal mah masing-masing aja, entah itu penyuka filmnya aja, atau bukunya aja, fan lama atau fan yang baru 5 menit lalu...

    kalo kita suka ya nikmati aja, sesimpel itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama-sama Ady, aku ga bakal gatekeeping kok ke yang baru tau istilah gatekeeping hahaha *gatekeeping-ception*

      Betul sekali ini semua masalah ego ahaha. Kadang yang udah suka duluan jauh sebelum hal itu booming suka merasa lebih superior gitu dibanding yang baru suka setelah booming :))

      Delete
  13. Iyahh sama aja kaya yg terjadi di tim harry potter via film sama harry potter via buku... hhhmmm

    Saya yah juga tipe orang yang nonton sebagai sarana hiburan... kalau ada orang garis keras yg ngeklaim dirinya tau segalanya terus melakukan segala sesuatu yg sotoy2 gtu... yah saya mending milih mundur..

    Nggk papa deh dibilang karbitan. Ketimbang adu argumen yg menurut saya nggk penting sih.. hahaha

    Toh saya nonton one piece yah karena saya suka... saya dngerin lagu BTS yah karena ada lagu yg enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuull hahaha di fandom manapun pasti ada aja siih yang suka begini, bahkan di dunia nyata pun senioritas aja familiar banget kaan?

      Nah iya bener Mas Bayu, mending mundur soalnya capek ngeladenin orang kayak gitu huhuhu. Kalau maksudnya buat berbagi insight atau teori aja sih masih oke yaa, tapi kalau cara ngomongnya udah nunjukin banget kesenioritasannya dia, kayaknya udah malesin deh.

      Aku pun ga masalah dibilang karbitan, toh kadar kesukaan kita akan satu hal yaa kita sendiri kan yang tahu, ga perlu dinilai sama orang lain :)

      Delete
  14. pertama, istilah gatekeeping, aku baru tau hehehe, maapkan, kudet juga diriku
    kedua, ini bisa dibilang banyak juga terjadi di sekitarku. Ada post mba eno waktu itu yang bilang kalau misalnya kita ketinggalan berita kekinian trus dibales "kemana aja lo selama ini", dipikir pikir ngeselin juga ya kalau aku yang digituin
    jadi mending diem aja dan nikmati aja sesuka kita

    kayak aku sekarang ini, bisa dibilang kudet juga, tau info kekinian ya dari baca baca gini, kayak start up kemarin, mungkin bisa dibilang nontonya akhir akhir aja, waktu juga nggak banyak *mintadiJitak

    dan bener juga tuh, kreatornya aja nggak banyak komen, lah kok orang lain yang ribut pada komenin :D

    ReplyDelete