Answering Random Questions About Haikyuu!!

Friday, February 19, 2021


Happy Valentine's Day all! Wkwkwkwkwk telat banget!

Karena lagi happy habis dapat hadiah valentine (lagaknya hadiah valentine wkwkwk) alias asupan Haikyuu terbaru dari Furudate Sensei, aku kembali mau posting tulisan tentang per-Haikyuu-an wkwkwk.

Mau jawabin pertanyaan-pertanyaan dari akun Twitter @haikyuufess yang sebenernya udah nyangkut di bookmark dari lama. Waktu itu mau jawabin tapi timeline lagi berisik soal yang lain jadi kesannya spamming banget hahaha. Jadi aku mau jawab di sini aja deh sekarang!

Aslinya ada 40 pertanyaan, tapi karena aku takut kebanyakan dan jadi panjang males, jadi aku jawabin yang menurutku menarik buat dijawab aja hahaha. Suka-suka lu aja deh, Eyaa 😝

Langsung ajaaa...


1. Sampai detik ini, kalian tim mana? (Anime only, Manga only, both)
Dulu sih, pas masih chapter-chapter awal aku merasa cukup aja baca manganya. Cuma kadang penasaran pengin denger suara-suaranya Hinata dan Kageyama, penasaran juga gimana permainan voli mereka kalau dianimasikan, jadi suka nontonin funny moments aja di YouTube wkwk.

Dan akhirnya karena tahun lalu aku banyak gabut karena WFH dan sempat nganggur juga, jadinya babat aja deh, nonton dari awal season satu sampai season 4 dan dilanjut ngikutin on going season 4 cour 2-nya juga.

Tapi kalau disuruh pilih (siapa juga yang nyuruh) aku pilih manganya sih, menurutku anime buat pelengkap aja, aku tetap merasa feel-nya lebih mengena pas baca manga.

2. Kesan pertama mengenai Haikyuu?
HAAAA apa ya jawaban yang pas? Intinya, manga ini menghipnotis banget sih, bahkan dari halaman pertama. Bikin nagih dan enggak mau berhenti baca. Mengingatkan aku ke dua komik sport favorit sebelumnya, Slam Dunk dan Shoot. Kesan pertama yang aku dapet dari Haikyuu persis seperti kesan waktu pertama kenal Slam Dunk dan Shoot, pengin semakin menyelam, pengin masuk ke dunia mereka dan kenal lebih baik sama para karakternya.

3. Karakter Haikyuu pertama yang jadi favorit kamu? Kenapa?
Pertanyaan setelah ini adalah siapa karakter Haikyuu favorit kamu sekarang. Karena jawabannya sama (yeay aku layak dapet tepuk tangannya si admin wkwkwk) jadi aku satuin aja deh. Jawabannya ada dua, yaitu...

Sugawara Koushi alias Kak Suga heuuu~ dari awal dia muncul tuh udah gemes karena ini orang kelihatannya baiiiik banget. Dia tuh megang posisi setter intinya SMA Karasuno, tapi setelah kedatangan Kageyama yang jauh lebih hebat daripada Suga, dia enggak segan ngasih posisinya ke Kageyama agar Karasuno bisa punya kesempatan menang lebih besar. Enggak keberatan tuh, dia duduk di bench dan hanya turun ke lapangan saat Kageyama cedera atau kecapekan. Dan yang bikin aku makin sayang ke Suga adalah karena selain dia baik banget, dia juga jahil banget wkwkwk.

Kageyama Tobio ahahaa iyaaa iyaaa mon maap diborong semua setter Karasuno sama aku! Awalnya aku memang biasa aja sama Kageyama karena kupikir karakternya dia bakal kayak karakter-karakter kedua di sport manga pada umumnya, kayak macam Rukawa Kaede atau Hyuga Kojiro gitu lah. Eh tapi ternyata beda sodara-sodaraaa wkwkwk. Kageyama memang hebat dalam voli, tapi udah kemampuannya dia itu tok! Di bidang lain dia begooo wkwkwk terutama soal komunikasi sama orang lain hadeeeh. Karakternya yang sangat jauh dari cool atau perfect inilah justru yang bikin aku sayang sama si Bakageyama.

Dan sampai akhir pun aku sayang banget sama kedua makhluk ini, terutama karena mereka punya dinamika sendiri. Enggak banyak memang yang ngomongin (atau malah enggak sadar) hubungan Suga dan Tobio yang saling mempengaruhi satu sama lain. Bahkan Furudate Sensei nulis gini di influenced page-nya Suga "as his senpai, he helped Kageyama grow by helping him learn how to interact with others". Oh hatikuuu 💖💖💖

Daaan you have to know this, pas di akhir-akhir masa SMA-nya Suga pernah iseng bikinin tanda tangan buat dipakai sama Tobio kalau udah terkenal jadi pemain pro nanti, terus tanda tangannya beneran dipakai doong sama Tobio 😭😭😭

Kak Suga tengil banget, Tobio iya-iya aja 😏

Duh, jawaban pertanyaan ini jadi panjang wkwkwk. Susah buat enggak ngoceh kalau bahasannya udah mereka berdua!

4. Kalau kamu bisa masuk ke alternate universe Haikyuu, kamu mau jadi karakter yang mana?
Kalau dulu, aku pengin jadi Hinata Shoyo. Si sunshine boy yang kehadirannya selalu menerangi hari-hari wkwk. Hinata tuh luar biasa supel, gampang akrab dan disukai sama orang-orang baru, pembawaannya menyenangkan banget pokoknya.

Tapi sekarang lebih pengin jadi Yamamoto Akane, iya dia minor character sih memang, adiknya Yamamoto Taketora, pemainnya SMA Nekoma. Kenapa pengin jadi Akane? Karena profesinya Akane setelah timeskip adalah cita-citaku waktu remaja, jadi jurnalis. Yes, this girl is living my teenage dream jadi aku pengin jadi Akane huhuhu. Eh, aku pernah nulis soal ini di postingan yang ini.

5. Slogan sekolah yang kamu sukai?
Jadi tiap-tiap sekolah yang ada di Haikyuu itu punya motto/slogan masing-masing, contohnya SMA Karasuno slogannya "Fly", SMA Aoba Josai slogannya "Rule The Court", SMA Inarizaki "We Dont Need Memories" dan lain-lainnya, yang jelas masing-masing slogan tuh keren dan sangat sesuai dengan apa yang dibawa oleh tim mereka.

Nah, as much as I love Karasuno dan sloga sekolah mereka yang simple tapi deep, slogan sekolah yang paling aku suka adalah milik SMA Nekoma yang juga se-simple, "Connect".

Tim Nekoma sangat mengandalkan teamwork. Di antara para pemain Nekoma, enggak ada yang lebih menonjol dari satu sama lain, semuanya punya peran yang equal dalam kerja sama tim mereka dan itu yang menjadikan mereka tim yang kuat. Dan "Connect" ini bukan cuma berlaku dalam permainan voli mereka, tapi juga secara plot cerita Haikyuu.

Nekoma, para pemainnya dan pelatih mereka, Coach Nekomata adalah salah satu yang sangat berjasa bagi berkembangnya tim voli SMA Karasuno. Persahabatan Coach Nekomata dan Coach Ukai Sr yang mempertemukan kedua tim ini untuk saling mendukung dan memperkuat tim satu sama lainnya.

"Connect" juga seperti jadi slogan tersendiri untuk Kuroo Tetsurou (kapten tim Nekoma), di mana diceritakan kalau Kuroo lah yang 'menghubungkan' Kenma dengan voli. Kuroo juga yang membuat Tsukishima belajar betapa menyenangkannya voli. Dan terakhir, setelah timeskip Kuroo bekerja di Japan Volleyball Association yang pekerjaannya adalah menghubungkan orang-orang dengan voli. Mau salim sama Furudate Sensei!!

btw Kuroo is one of my mas crush wkwkwk penting

6. Pertandingan favorit kamu?
Pertandingan di Haikyuu tuh hampir semuanya bagus dan bikin emosional, kayak bikin kita pengin dukung kedua tim, kalau bisa dua-duanya menang mah, ya dua-duanya lah menang wkwkwk. Tapi yang paling bikin aku emosional sampai nangis-nangis adalah pertandingan Karasuno vs Nekoma dan pertandingan setelah timeskip antara MSBY Black Jackals vs Schweiden Adlers!

Dua-duanya belum sampai di versi anime, harusnya sih pertandingan Karasuno vs Nekoma masuk di season 5 nanti yaa. Enggak tahu deh, baca di manga aja aku sampai berapa kali nangis dan terus-terusan menghela nafas. Semoga nanti animenya bisa do the manga justice yaa, jangan ada dipotong-potong adegan yang krusial kayak di pertandingan Karasuno vs Inarizaki kemarin please...

7. Apa kamu pernah menangis waktu mengikuti Haikyuu? Di bagian mana?
Huh, jelaaas wkwkwk nangis mulu gue baca Haikyuu 😂 dan kayak segala hal apapun bisa bikin nangis-nangis. Lihat perkembangan Hinata dan Kageyama, nangis. Lihat Coach Ukai salaman jarak jauh sama Coach Nekomata, nangis. Baca nasehatnya Takeda Sensei ke Hinata, nangiiiss. Bahkan lihat Atsumu makan onigiri buatan kembarannya, Osamu aja mau nangis dong hahaha! Apalagi lihat Suga, Daichi, Asahi pelukan bertiga habis menang dari Shiratorizawa, banjir air mataaa...

Iya, enggak tahu kenapa aku baper banget baca Haikyuu. Ya mungkin itu tadi, karena bacanya bisa berasa masuk ke dunianya dan kenal dekat sama para karakternya, jadi apa yang mereka lakukan tuh bisa sangat relate dan menyentuh hati hahaha.

8. Lagu opening dan ending favorit kamu?
Aku bucin SPYAIR jadi tentu saja opening favorit adalah I'm A Believer dan ending favorit adalah One Day. Dua-duanya by SPYAIR wkwkwk. And thank you so much Haikyuu for introducing me to SPYAIR.

9. Karakter Haikyuu yang menurut kamu punya potensi untuk dikembangkan lagi karakternya?
Sakusa Kiyoomi. He's one of the best volleyball player (cmiiw) tapi karakternya kayak baru disorot di arc terakhir dan itupun kurang cukup untuk yang ingin mengenal Sakusa lebih jauh *ceilah*.

Awal lihat Sakusa, aku pikir dia anaknya cool mengarah ke sombong gitu. Dari cara ngomongnya dan bagaimana dia menjaga jarak dari semua orang. Tapi pas ada P.O.V dari Sakusa sendiri ternyata bisa kelihatan aslinya Sakusa tuh anaknya soft banget! Dia jaga jarak dari orang-orang yaa karena dia anaknya cukup cleanfreak wkwkwk. Even before pandemic, Sakusa udah ke mana-mana pakai masker dan menjaga jarak, Furudate Sensei juga ada gambarin kegiatan Sakusa selama pandemi waktu dia olah raga di rumah aja. Be like Sakusa please wkwkwk.

10. Hal-hal yang sampai saat masih membuat kamu penasaran?
Tentu saja wujudnya Furudate Sensei wkwkwk. Sumpah yaa aku sekagum itu sama Furudate Sensei because of his big brain to create so many adorable characters for Haikyuu! Pengin banget suatu saat bisa ketemu dan sungkem beneran sama Furudate Sensei hahaha.

Btw di komik ada karakter yang seolah merepresentasikan Furudate Sensei (di anime belum muncul), kayaknya para pembaca pun mikirnya Furudate yaa si karakter ini. Tapi setelah ditanya siapa yang merepresentasikan dia di Haikyuu, Furudate Sensei malah jawabnya Ukai Keishin, si pelatihnya Karasuno wkwkwk. Terserah Sensei aja daaah! 😅


Yeay! Sudah selesai ah, sepuluh aja hahaha. Enggak nyangka jawabin random question aja bisa sepanjang gini hadeeeh... Si Eya enggak bisa ngerem emang, kalau udah ngomongin Haikyuu wkwkwk.

Haikyuu is the best sport manga I've ever read. The story, the characters, and even the author give me so much inspiration. And I believe, I'm not the only one who got inspired by them.

Dan bahagia banget, bahkan setelah manganya tamat, Furudate Sensei masih ajaaa terus-terusan ngasih asupan berharga buat para fans. Well, animenya belum selesai sih, masih cukup panjang malah perjalanannya hahaha. Mungkin sampai sekarang masih merasa save karena itu, entah deh gimana nanti kalau animenya juga udah tamat 😔

Mungkin ada yang ingin tahu lengkap how much I love Haikyuu, bisa baca tulisanku tentang Haikyuu yang diposting bertepatan dengan pengumuman tamatnya manga Haikyuu, Kageyama Nice Serve! 👉👈 wkwkwk.

Terima kasih sudah membaca ocehanku tentang Haikyuu lagi sampai habis (kalau ada wkwk). Adakah teman-teman yang juga menikmati Haikyuu? Baik itu manga atau anime, atau keduanya?

eya.

22 comments

  1. (((Bakageyama))) plisss xD

    Oooh jadi di dunia Haikyuu ini ada pandemi juga, kirain nggak ada, nggak dimasukin agar supaya. Tapi ternyata Furudate sensei orangnya mengikuti timeline dunia. Sekalian edukasi melalui tokoh-tokoh di dalamnya kali ya Kak karena karyanya banyak ngasih pengaruh ke pembaca muda.

    Kalau baca manganya bisa cepet nggak sih kak? Kalau nonton animenya kudu ekstra sabar karena pasti jalannya lebih lambat. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu panggilan dari Hinata wkwkwk terus Kageyama manggil Hinata "Boke" artinya sama bodoh juga wkwkwk

      Adaaa wkwk.. Tadinya Furudate niat namatin Haikyuu bertepatan sama Olimpiade 2020 di Jepang eeh ternyata batal gara-gara pandemi. Di Haikyuu akhirnya dibuat mereka ikut olimpiade yang diundur jadi tahun 2021 😆

      Sama bikin tambahan art (ga masuk cerita) kegiatan para karakter pas pandemi 😆

      Bisa deh kayaknya Endah, karena ga berasa gitu, cepet. Temenku seminggu namatin dari awal malah 😆

      Delete
  2. Wow wow lagi-lagi, seru banget emang ya kalo udah suka sama satu anime atau manga ceritanya tuh bisa panjang bangettt, dan seneng sendiri pas nulisin ini, iya gak kak? Wkwkwk.

    Aku itu suka Haikyuu juga!! Duh tapi gegara nonton DNA , jadi sedikit berpaling. aku juga kagum sama authornya, Nonton haikyuu itu gak bisa gak ketawa karena pasti ada aja yang bikin lucu🤣. Karakter disini berwarna banget ya kak.

    Aku tuh udah lama gak baca manganya lah kok tau-tau udah tamat aja T__T yaampon. Terakhir tuh baca pas Karasuno vs Nekoma, belom lanjut lgi karena waktu itu baca gak mau dibikin penasaran jadi nunggu batch langsung aja wkk eh gaktaunya udah tamat.

    Hahaha asli aku bingung rasanya pengin jawab semua😂😂. Sakusa tuh gak bisa lama-lama di keramaian juga gak sih kak? Hahaha kocak pas awal liat dia di season 4 kemarin.

    Anyway kak Eya kalo baca manga biasanya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa hahaha kayak pengin ngoceh terus malah tentang ini jadinya, Rekaa 😂😂

      Waduh aku belum pernah menyentuh DNA sama sekali niih, nanti deh kapan-kapan kucoba 😆 Iyaa Furudate Sensei sense humornya luar biasa emaaang, tapi jago juga nulis drama hiiks... malah katanya manga pertama dia genrenya horor lho!

      Tamat tahun lalu Reka, bulan Juli gitu kalo ga salah. Ayoo dilanjutin baca giih mumpung udah tamat jadi enak bacanya hahaha 😂 Ihh boleh doong jawabin juga Rekaa aku dengan senang hati membacanya 😆

      Iyaa Sakusa sangat menghindari keramaian, ga betah dia berkerumun wkwkwk mana pas di training camp juga mau mandi duluan karena ga mau kecipratan kuman dari yang lain 😂😂

      Aku subscribe Shonen Jump Rekaa, memang sih isinya cuma manga-manga terbitan Jump aja, tapi lumayan banyak juga bagus-bagus 😆 kalau yang selain dari itu suka ganti-ganti tergantung translatenya enakan yang mana 😂😂

      Delete
  3. Slam Dunk memang legend sih. Waktu SD, kakak teman saya yang sudah lebih dulu nonton anime tontonannya ini. Pas SMP, baru deh teman-teman mabok basket gara-gara Kuroko No Basuke. Ha ha ha.

    Tiap minta rekomendasi anime sama teman, pasti top 5-nya ada Haikyuu. Saya belum sempat nonton anime ini, soalnya belum benar-benar ngikutin anime. Sekarang sih lagi ngikutin Demon Slayer. Gila. Adegan awalnya filmis sekali. Saya suka.

    Beberapa waktu laku saya cek, Haikyuu ini ada di Netflix. Kalau sewaktu-waktu butuh asupan anime, kayaknya saya akan cobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah legend bangeeet. Jaman aku SMA kebetulan animenya baru tayang di stasiun TV tapi karena tayangnya bentrok sama jam les, jadi akhirnya milih ngejar lewat manganya wkwkwk. Kuroko no Basuke juga ceritanya lumayan bagus siih, cuma suka diledekin karena ga serealis sport manga pada umumnya nih 😂

      Waah makin banyak nih yang bilang ke aku habis nonton Demon Slayer (di blog ini udah ada 2, Rahul sama Mas Bayu wkwk) kayaknya dalam waktu dekat mau coba. Kebetulan manganya udah selesai si Demon Slayer ini.

      Yes betul, lengkap di Netflix Rahul. Buat temen waktu santai atau penghilang stres cocok banget *promosi* 😂😂

      Delete
    2. Kak Eya tipe orang yang nontonin anime jaman tayang di teve juga? Pas jaman tayang Naruto, saya ngga begitu ngikutin karena sebenarnya ngga terlalu suka dengan anime. Pas dicekoki teman, baru deh mulai suka. Nonton Ano Hana pertama kali, tidak pernah se-feeling empty itu. Akhirnya aku buat tribut untuk Ano Hana dengan bikin komik di webtoon.

      Saya juga ngikutin Demon Slayer karena dicekoki teman. Terus waktu itu pas dia baru pulang nonton filmnya, jadi pas ngejelasin antusias sekali.

      Siap kak Eya, Haikyuu sudah ada diwatchlist. Mudah-mudahan ngga lupa. Ha ha ha

      Delete
    3. Iyaa Rahul, dari kecil ga pernah absen nonton anime yang tayang di tivi. Pas SMA pun sering diomelin temen karena ga mau diajak pergi soalnya mau nonton kartun wkwkwk. Naruto aku lebih baca komiknya juga niih soalnya versi animenya banyak banget filler alias dipanjang-panjangin hahaha.

      Eh gimana, Rahul ada bikin komik di webtoon?

      Demon Slayer ini lagi populer banget jugaa, filmnya yang kemarin aja nembus rekor penonton terbanyak di Jepangnya sendiri. Banyak yang salut juga sama mangakanya karena tetap memilih mengakhiri komiknya di masa sedang populer-populernya dan bukannya manfaatin kepopuleran tersebut buat manjang-manjangin komik seperti yang terjadi di beberapa kasus komik populer 😂

      Delete
  4. aku tim dua duanya mbak
    yang disebutin mba eya diatas, yang pernah aku suka baru slam dunk aja. dan seperti biasa "halu" nya kumat, kalau di buat versi manusia, yang ada di bayanganku ganteng, tinggi, rambut cepak, cool
    lupa kapan persisnya aku tau slum dunk ini, mungkin SMP atau SMA
    kalau disuruh mengingat lagi cerita cerita lamanya, udah pasti lupa.
    di yutub ada ga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slam Dunk memang dari gambarnya aja udah cakeeepp banget sih Mba Ainun heuu~ menurutku masih jadi manga/anime dengan art terbaik sih, walaupun kesannya oldschool. Kemarin sempat ada info kalau mau dibuat remake-nya, belum tau kapannya tapi semoga aja kalau beneran ada bisa diakses dengan mudah 😊 dan ga menghilangkan khas-nya tentu saja/

      Delete
  5. Dulu temenku ngerekomendasii anime ini, tapi belum ada kesempatan buat nonton, masih nyantai sih, soalnya di Netflix ada.

    Tapi kalau saya sebenernya lebih suka ke manganya dan kayaknya harga satu set komiknya masih lumayan mahal juga (bagi saya: :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap betul lengkap di Netflix sampai movie-nya juga ada, ayo ditonton Mas Edotz *promosi* 😂😂

      Saya pun lebih merekomendasikan manganya Mas wkwk jujur aja kalau saya sendiri lebih dapet feel-nya dari manga. Btw mungkin Mas Edotz bisa coba subscribe aplikasi Shonen Jump, bayar 30ribuan perbulan bisa baca Haikyuu (dan manga lain keluaran Jump) lengkap di sana lho, jauh lebih terjangkau daripada beli komik fisik sih 😆

      Delete
  6. Lohh aku pikir Haikyu ini ttg tulisan yng ditulis dalam bahasa jepag di secarik kertas yang isinya puisi.. Ehh ternyata ttg anime yah..
    Jujur aku malah baru dnger.. hehehe

    Tapi kalau disuruh milih antara manga sama anime.. Khusus Demon Slayer aku milih animenya... Manganya ntar dulu dehh kalau filmnya udah tamat.. hehe. Mba Eya udah nonton kah?? Demon Slayer??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang puisi itu Haikuu bukan sih Mas Bayu? Wkwkwk hampir mirip emang 😂

      Beluuumm hahaha aku malah jadi lebih tertarik manganya nih, soalnya udah tamat hahaha. Animenya kalau ga salah baru mau masuk season 2 kan yaa?

      Delete
  7. Ternyata di manga ada pandemi juga, pengarangnya benar-benar update nih..hihihi.
    Ini manga tentang bola volley ya. Saya pernah baca manga tentang olahraga billiar cuma lupa judulnya apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya ga dimasukin ke timeline cerita sih, cuma pas ending tadinya mau dipasin sama olimpiade Jepang yang ternyata harus batal gara-gara pandemi. Jadi di ending dibikin mereka ikut olimpiade yang diundur jadi tahun 2021, terus pengarangnya bikin artwork tambahan kegiatan para karakter di masa pandemi gitu 😆

      Delete
  8. Wuaa aku bener2 ga pernh ngikutin lg per-manga-an nih. Sampe baru tau n baru denger Haikyuu ini, Mba Eya 🤣😅
    Nah klo Slam Dunk aku sempet ngikutin dulu. Dengan karakter Sakuragi yg kadang nyebelin tp kocak 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. AYoo Mba Thessa mana tau tertarik mau baca juga *meracun* wwkwkwk

      Karakternya Sakuragi ini memang luar biasa unik sih yaa, di sisi lain sering kesel pengin ngejitak tapi perjuangan dia buat maju juga perlu diacungi jempol wkwkwk. Kalau udah ngajak ribut Rukawa, udah paling jempol deeh dia 😂

      Delete
  9. Dari serunya ngobrolin Haikyuu, dan kelihatan banget kalo kak Eya ngefans berat peranimean or permangaan, hehe .. aku malah kesengsem sama tampilan grafis blog ini. Kelihatan ketjeh!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah makasih lhoo hahaha aku seneng kalau tampilannya dipuji, soalnya memang sempat struggling sama tampilan blog 😆

      Delete
  10. Aku juga fans anime Haikyuu!. Aku mau coba jawab boleh kan ya?. 😁

    1. Aku tim Anime, kalau manganya menurut aku ilustrasi masih kurang bagus jada kurang recommended, hehe. Kenapa jadi tim anime? soalnya lebih dapat feels dari Haikyuunya.
    2. Merinding, apalagi scane dimana Hinata gak mau nyerah pas awal episode melawan Kageyama.
    3. Boleh banyak ga sih jawabannya? wkwkw. Aku milih Hinata of course karena dia MC nya, terus Nishinoya Yuu yang paling keren dan kocak juga, dan terakhir Tsukishima karena hampir mirip aku di real life. Eh tambah lagi deng satu di luar karasuno, Si Bokuto. Hei hei hei~ wkwkwk.
    4. Of course Hinata.
    5. Inarizaki.
    6. Karasuno vs Aoba Josai. Karena bener-bener takjub Oikawa. Gak kebayang si kalau dia benar-benar gabung ke Shiratorizawa.
    7. Nangis gak, tapi merinding sering banget wkwkwk.
    8. FLY HIGH! dan Hikari Are
    9. Tsukisima
    10. Raksasa Kecilnya Karasuno, sumpah penasaran banget kenapa dia gak ngelanjutin karir sebagai pemain voli profesional.

    Udah gitu aja sih, maaf kalau kepanjangan. wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay asiik ada yang ikutan jawab! 😆

      Waah untuk pertanyaan pertama kita cukup berseberangan yaa hahaha. Tapi kayaknya memang yang suka Haikyuu ini feelsnya didapat tergantung dari media mana dia duluan nonton deh. Ada beberapa teman yang kenal Haikyuu dari komik duluan juga lebih merasa feelsnya dapet dari komik dibanding anime, sementara teman yang kenal anime duluan lebih dapet feels dari anime 😆 Tapi ilustrasi di manga semakin lama semakin bagus lhoo 😏

      Karasuno vs Aoba Josai juga salah satu pertandingan ga bisa terlupakan sih, apalagi pas Oikawa sampai kepelanting tapi terus langsung bangun lagi. Itu kayak ga kerasa apa-apa tapi pasti malemnya badan dia sakit semua 😭 *dipikirin*

      Btw kayaknya raksasa kecil nanti muncul di season 5, mungkin ini rada spoiler, di manga dia ada jelasin sih kenapa ga ngelanjutin voli lagi dan alasannya sangat realistis menurutku hahaha.

      Ga kepanjangan kook, justru seneng bacanyaa ada yang sampai merinding juga nonton Haikyuu! 😆

      Delete