Ngomongin Cita-Cita

Saturday, November 7, 2020


NOTE: Tulisan ini sebenernya personal banget sih, tapi aku tetap kasih warning dulu karena mengandung spoiler dari manga/komik Haikyuu!! hehehe... buat yang belum baca komiknya, beware of spoilers yaa ><

Aku baru selesai baca beberapa chapter terjemahan (fan-translate) dari light novel Haikyuu!! volume 13 dan langsung ada pikiran-pikiran yang merasuk ke kepala, ngajakin nostalgia tentang cita-cita masa remaja dulu.

Di light novel Haikyuu!! volume 13 ini ada chapter yang menceritakan perjalanan Yamamoto Akane, adik dari Yamamoto Taketora, anggota tim voli SMA Nekoma, mewawancarai para atlet yang disebut sebagai monster generation. Jadi, setelah timeskip, Akane ini ceritanya lagi magang jadi jurnalis olah raga. Dan dia berkesempatan wawancarain Kageyama, Hinata, Ushijima dan lain-lainnya.

Pas baca, di gambaranku Akane tuh jadi super keren huhuhu... dia dari kecil emang udah keren sih, totalitas banget jadi ketua cheers buat tim kakaknya, dan setelah dewasa dia makin keren dengan pekerjaannya sebagai jurnalis olah raga! Kebayang enggak sih, gimana berdedikasinya Akane sama dunia olah raga? Dia enggak jadi atlet, tapi tetap ada kontribusi di bidang olah raga, yaitu jadi jurnalis.

Oke, segitu aja cerita tentang Akane, sekarang aku mau cerita tentang salah satu cita-cita masa remajaku. Dan yes, Akane is living the life I wanted as teenager huhuhu... Pas SMA dulu, aku sempat punya cita-cita ingin jadi jurnalis. Enggak spesifik jadi jurnalis olah raga sih, tapi jurnalis in general aja. Bahkan waktu itu aku enggak tahu jurnalis ada bidang spesialisasinya lagi hahaha.

Jadi, dulu aku sempat ikut ekskul mading (majalah dinding). Di ekskul-nya sendiri sebenernya aku jarang aktif, tapi aku sama beberapa teman sekelas tuh sempat berdedikasi buat bikin mading khusus kelas. Ini kejadiannya pas kelas dua, dan seingetku mading kelas kami berjalan lancar sampai kenaikan kelas. Sayang banget pas kelas tiga udah enggak bikin lagi hahaha.

Aku masih inget sih, masa-masa nyusun mading kelas itu salah satu hal paling menyenangkan selama aku kelas dua. Aku senang dengan proses cari ide dan eksekusi idenya di luar jam sekolah, suka juga pas dateng lebih pagi buat nyusun madingnya, apalagi pas akhirnya dibaca sama teman-teman sekelas huhuhu kangen banget >.<

Nah, kayaknya dari situlah aku jadi suka dengan kegiatan menulis. Walaupun dulu pas ngurus mading kelas, kerjaanku lebih banyak di bagian menghias dan gambar-gambar sih. Soalnya memang waktu itu aku terkenalnya sebagai si anak yang suka corat-coret di bagian belakang buku wkwkwk. Tapi aku menikmati banget kalau bantuin temanku nyusun artikel, nyusun pertanyaan buat wawancara atau ngumpulin pesan-pesan dari teman-teman lainnya buat dimuat di mading kelas, atau simply bantuin ngecek tulisan yang dibuat temanku.

Dan dengan pikiran yang masih cetek waktu itu, aku kepikiran ingin jadi jurnalis. Rasanya keren aja gitu, wawancara ke orang-orang, nyusun pertanyaan buat wawancara, nulis artikel. Dan perasaan senang dan bangga waktu artikel kita dimuat tuh, rasanya kayak waaah banget! Walaupun pas itu cuma dimuat di mading, mading kelas pula hahaha!

Yaa maklum lah namanya juga masih remaja, apapun yang bikin bangga diri sendiri udah berasa keren kan?  Tapi kebayang aja gimana bangganya kalau artikel yang kita susun bisa dibaca banyak orang, atau hasil wawancara kita berguna buat banyak orang juga.

Aku sempat ceritain ke beberapa teman, bahkan ngobrolin sama orangtua juga soal ini. Tapi dulu aku enggak didukung jadi jurnalis hahaha. Teman-temanku bilang, aku itu jagonya gambar, jadi cocoknya ambil jurusan desain aja. Sementara menurut orangtua, jurnalis itu kerjaannya sering keluar sampai tengah malem, jangan lah Mbak, bahaya. Gitu kira-kira.

Aku enggak kecewa atau gimana sih, soalnya dulu juga aku senang kalau gambarku dipuji hahaha, jadi yaa bermodalkan kesenangan itu, aku pun mantab masuk fakultas desain. Dan cita-cita menjadi jurnalis pun terlupakan begitu saja karena kesibukan.

Dan gara-gara Haikyuu!! (lagi-lagi Haikyuu!!) aku jadi kembali nostalgia sama cita-citaku dulu deh. Terus jadi berandai-andai seandainya aja Haikyuu!! udah ada dari jaman aku SMA, mungkin aku bakal ter-encourage dengan profesi Akane sebagai jurnalis magang ini kali yaaa?

Karena aku di umur yang udah kepala tiga ini aja masih bisa terpengaruh banget dengan karakter-karakter di Haikyuu!! jadi aku yakin, kalau aku baca ini di umur SMA, aku bakal sangat terpengaruh sampai ke hal cita-cita juga sih.

Kalau aku jadi jurnalis, mungkin aku enggak akan pernah tinggal di Bandung. Mungkin aku kuliahnya di Jakarta dan kerja juga bakal tetap di Jakarta. Mungkin sekarang aku bakal ngontrak/ngekost dekat tempat kerja, sibuk mondar-mandir ke sana kemari nyari berita atau wawancara orang-orang penting. Atau kalau bener-bener ikut jalannya Akane jadi jurnalis olah raga, mungkin aku bakal sibuk banget pas Asian Games tahun 2018 kemarin kali yaa?

Kalau aku ikutin jalannya Akane, mungkin kayak gini gambaran aku lagi wawancara Anthony Ginting atau malah wawancarain Nishida Yuji wkwkwk | credit: Haikyuu!! shosetsuban

Aku nulis gini bukannya karena menyesal sih, cuma mengenang aja dan jadi ingin berandai-andai hahaha. Yaa kadang memang aku suka mikir kayaknya aku salah ambil jurusan, harusnya aku bisa ambil jurusan lain aja, dan jalan karierku akan beda sama sekali dengan yang sekarang. Tapi ini mikir gini kalau lagi jenuh aja sih hahaha, karena aku juga cukup senang kok semasa kuliah dan terutama dengan teman-teman baik yang aku dapatkan di Bandung, how could I regret hahaha.

Lagian hobi menulis yang bikin aku ingin jadi jurnalis dulu, akhirnya sekarang juga tetap dijalankan dengan ngeblog kan? Hehehe... walaupun jadinya enggak sekeren Akane, tapi aku happy dan enggak pernah menyesal punya hobi nulis. Huhuhu kenapa jadi mellow deh? :))

Terakhir, aku tetap mau nyempilin sedikit terima kasih buat Furudate Haruichi yang udah menciptakan karakter Yamamoto Akane dan memilihkan profesi jurnalis buat si anak imut ini. Makasih juga buat Hoshi Kiyoko selaku penulis light novel Haikyuu!! yang udah nulisin perjalanan Akane mewawancarai monster generation, kasihan Akane struggle banget tapi aku suka banget ceritanya hahaha. Dan tentu saja buat @TrianaNero dan translator-translator lainnya di twitter yang berdedikasi banget men-translate cuplikan-cuplikan light novel volume 13, dont know what to do without para translator iniiii keren banget merekaa 💕

Makasih juga buat Akane-chan yang udah ngajak aku nostalgia ke cita-citaku masa remaja dulu sampai jadi tulisan gini hahaha. You are living my childhood dream and I adore you so much >.<

Sekian deh curhatan kali ini hahaha... gimana dengan teman-teman? Apa cita-cita kalian waktu remaja dulu?

eya.

19 comments

  1. Eh samaaaaa, aku sempet mba pgn jd jurnalis :D. Awalnya ya Krn aku memang suka menulis. Dari dulu pelajaran mengarang itu slalu jd favorit . Kalo guru cuma nyuruh bikin 2 halaman, aku bisa sampe 5 wkwkwkwkwk. Makanya kepikiran pekerjaan yg kira2 ada hubungan Ama menulis apaan, lgs kepikir aja jurnalis. Tp bingung jg aku kenapa malah ga jd kesana :D. Ujug2 kok ya masuk akuntansi hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha sama Mba Fannyyy dulu juga ga kepikiran kerjaan selain jurnalis yang berhubungan sama tulis-menulis 😂

      Mungkin ada masa Mba fanny lupa dengan keinginan mau jadi jurnalis jadi pas deket2 kuliah akhirnya milih akuntansi?

      Delete
  2. Ngomongin mading, aku jadi ingat kalau dulu waktu ada tugas menyusun mading, aku tidak terlalu excited, malah pusing karena bingung mau diisi dengan apa aja >.<
    Aku lebih menikmati membaca isi mading yang dibuat teman-teman, apalagi di bagian Du-du :p Ternyata sampai sekarang, aku tetap menjadi pihak yang lebih suka membaca hahaha.

    Aku dulu inginnya jadi dokter di rumah sakit jiwa, Kak Eya :p
    Dulu aku nggak ngerti kalau harus ambil gelar dokter untuk bekerja di bidang itu. Sayangnya aku udah masuk ips saat itu, jadi nggak bisa meneruskan impianku hahaha. Lalu banting setir, ingin jadi psikolog aja tapi lagi-lagi harus batal karena kata orangtua, kalau ambil kuliah psikologi, nanti kerjanya susah. Beberapa tahun lalu kan psikolog belum terkenal seperti sekarang, jadi aku mengerti. Ujung-ujungnya, jadi masuk Sastra dan sekarang pekerjaannya tidak menyangkut sastra sama sekali hiahahaha. Anyway sampai sekarang, aku masih ingin jadi psikolog/psikiater lho :p Dan sama seperti Kak Eya, I regret nothing. Semua yang udah terjadi, nggak pernah aku sesali sedikitpun. Malah aku senang karena bisa bertemu teman-teman kampusku yang membuka pemikiranku menjadi lebih luas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha mungkin Lia emang lebih sukanya jadi pembaca yaa bukan yang menyiapkan mading. Bagian Du-du tuh apa Lia?

      Waah Lia kereeen ingin jadi psikolog! Iya yaa kayaknya memang baru sekarang-sekarang ini orang lebih aware sama mental health jadi psikolog pun lumayan cukup banyak berperan sekarang.

      Karena tetap ada hal-hal baru yang kita pelajari selama perjalanan meraih cita-cita yang sekarang yaa? Yang udah lewat biarlah jadi kenang-kenangan aja 😆

      Delete
    2. Waah, cukup "seram" dan spesifik yaa cita2 mbak Lia; Dokter di rumah sakit jiwa :D

      Delete
    3. @Kak Eya: Du-du itu singkatan "Dari-Untuk" Kak Eya. Itu loh, bagian dimana orang-orang sering menitip salam secara rahasia, kayak di radio gitu versi mading hahaha. Dulu sih pasti bagian ini yang paling pertama diincar untuk dibaca sama anak-anak, karena kepo dan berpikir "hari ini ada nggak ya yang nulis untukku?". Ada sih, tapi dari temen-temen aja, padahal ngarepnya dari crush HAHAHAHA.

      Yes! Baru tahun ini atau tahun lalu gitu peran psikolog lebih dipandang oleh masyarakat. Ternyata memang hidup semakin berat, makanya banyak yang butuh tempat curhat ya >.<
      Betul sekaliii. Yang lalu biarlah menjadi kenang-kenangan, tapi jangan disingkirkan, siapa tahu kelak kita bisa kembali ke jalan itu :D

      @Kak Dodo: HAHAHAHA lebih seram jadi dokter yang suka bedah-bedah atuh, Kak! Dokter rumah sakit jiwa kelihatannya lebih... kocak? HAHAHHA

      Delete
  3. bernostalgia waktu smp, ada mading ada tabloit smp, jadi jurnalis jurnalisan wkwkwk berebut pengen dimuat di tabloit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu ya kalau mengenang kejadian menyenangkan waktu sekolah dulu 😊

      Delete
  4. Cita2 ku, sejak SD nampaknya tidak berubah sampe sekrang. Jadi Dirut PLN, wakkwk. Di biodata, pada kolom cita-cita, aku tulis beneran gitu mbak. "Dirut PLN". wkwkwk

    Apakah kemudian cita-cita tersebut terlaksana? Jawabannya, belum. Bukan tidak. Butuh jalan panjang menuju ke sana, tapi bisa aja sih jalur cepet.
    Menurutku, caranya jadi timses Pilpres 2024 nanti, jilat sana-sini. Nanti bisa jadi Dirut atau komisaris di BUMN.
    Toh, kita lihat hari ini, dirut dan komisaris di sana, mayoritas adalah timses ketika pemilu.
    #PesanMoral Ciyee wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiih hebat juga Mas Dodo cita-citanya niih 👏👏

      Iya doong kalo dari Dirut PLN mah masih panjang jalannya, masih bisa diusahakan kan selagi masih muda juga Mas Dodo 😆 tapi serem amat yaaak itu kudu menjilat sana-sini, mendingan jilatin es krim aja enak Mas Dodo 😆

      Delete
  5. Haikyu ini cukup sering direkomendasiman oleh teman-tenan saya yang nonton anime. Sayangnya, saya ngga begitu mengikuti anime. Jadi masih ada prioritas lain macam serial tv dan film.

    Ohya, ngga usah sedih kak Eya kalo misalnya mau belajar sekarang gampang. Banyak cara, banyak akses. Kalau mau gratis, ada. Mau bayar apalagi. Kemarin saya lihat kayaknya ada kelas kepenulisan di Tempo Institute. Keren itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha bener Mas Rahul, emang recommended banget sih, tapi cukup PR kalau buat yang ga terlalu suka anime. Kalau saya sendiri sebenernya lebih merekomendasikan komiknya sih 😁

      Aaah bener juga yaa jaman sekarang tuh apa-apa bisa dipelajari sendiri, lewat online course atau webinar-webinar gitu yaa.. Saya belum kesampaian nih ikutan kelas-kelas menulis, makasih udah diingatkan ada akses ini Mas Rahul 😆

      Delete
  6. Kak sama pas sekolah aku ikutan ekskul yang ngurusin mading juga, namanya ekskul jurnalistik. Tapi pas disuruh wawancara aku kaku banget wakakakakak. Cuman kalau disuruh nulis atau hias2 gitu aku suka.

    Kak Eya keren ih dari kecil udah suka gambar2 terus kuliahnya desain pula. Aku kadang kalau lagi stres gitu juga suka berandai2 gimana ya misalnya kalau aku dulu pas SMA nggak ngotot masuk jurusan IPA tapi ke IPS aja dan kuliahnya ambil jurusan sosial gitu apa penelitiannya nggak akan seribet jurusan ilmu alam? HAHAHAHAHA apa iya aku sekarang bisa S2 karena nggak mikirin biaya penelitian yang seabrek-abrek kayak di jurusan eksak yang harus pakai analisa lab? gitu-gitu deh kak xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di Endah nama ekskulnya spesifik ke jurnalistik yaa? Di sekolahku dulu yaa mading aja namanya wkwkwk

      Eh iya yaa aku dulu sempat mikir S2 bisa ga sih lintas jurusan wkwkwk sesat banget 🙈 Endah kenapa ga coba cari-cari beasiswa cobaa? Apalagi kerja di kampus, suka gampang dapet infonya ga?

      Delete
  7. mimpi, adalah cita dalam pikiran yang harus di wujudkan dalam kehidupan

    ReplyDelete
  8. Yaampun.. Ini nyesek banget sih, udah komen panjang-panjang, pas di submit error T___T
    Pen nangis woy!! Mana lagi diriku lagi PMS, wkakakaka.. makin-makin sedihnya.

    Kalau ngomongin soal cita-cita, aku masih nyimpen satu, jadi dancer atau profesional koreografer. Walaupun untuk saat ini belum bisa aku gapai, supaya tidak lupa, aku menyisihkan sedikit waktuku buat latihan.
    Kadang suka ngayal, kayaknya kalau bisa tinggal di LA enak ya.. soalnya hampir semua modern dance berakar dari sana. Koreografer yang aku suka juga kebanyakan di sana dan mereka buka kelas dance. Untungnya kita hidup di tahun 2020, walaupun belum bisa datang langsung ke sana, masih bisa ikutan online class nya.

    ReplyDelete
  9. Waaah mba Eya mau jadi jurnalis ya dulu cita-citanya 😍 By the way, kita sama mba, hobi mading hahaha. Dulu saya pun sering ikut kerjakan bagian art-nya persis mba Eya 😂

    Kalau ditanya cita-cita saya saat kecil, yang paling saya ingat itu jadi diplomat hahahaha. Karena ortu salah satu sohibul kerja di area itu dan saya kepincut ingin mengikuti jejak beliau hanya karena beliau sering keliling dunia 😂 Wk.

    Dan ternyata nggak tercapai sampai sekarang, the funny thing is bagian keliling dunianya do come true mba, meski bukan dari jalur diplomat 😆 Mungkin karena dulu saya doanya kurang spesifik atau terlalu fokus pada urusan jalan-jalannya hahahahaha.

    ReplyDelete
  10. Sebelum nya mau bahas coret-coret di bagian belakang buku, 😁😁😁 itu sebenarnya bakat yang terpendam wkwkw, sama kak, saya juga dulu gitu, tiap buku tulis di belakang nya pasti saya gambar dengan apa yang ada di pikiran saya dan berimajinasi soal gambar.

    Cita-cita dulu pengen jadi seorang pelukis, dan gak kepikiran mau jadi blogger, tapi setelah saya pikir menulis itu hal yang luar biasa, apalagi sampe di baca banyak orang dengan artikel yang bermanfaat, senang deh rasanya. ☺

    ReplyDelete