First Anime Crushes

Sunday, November 22, 2020


Tadinya mau nulis judul "First Crushes" aja, tapi kayaknya enggak baik kalau clickbait wkwkwk jadi ya udah langsung sebut di awal aja.

Jadiii kali ini mau nostalgia bahas first crush in anime hehehe. Dari mana lagi idenya kalau bukan dari postingan Twitter? πŸ™ˆ Kali ini dari tweet-nya @sinemagerbanget yang lewat timeline di pagi hari pas aku lagi sarapan.

Sempat bengong dulu pas mau jawab karena tiba-tiba kepala blank... siapa yaa first crush aku dulu di anime?? Anime pertama yang ditonton dulu apa yaa? Ooh Doraemon, TAPI YA ENGGAK PUNYA CRUSH DOONG DI DORAEMON HEEEY masa aku naksir Suneo?? Wkwkwkwk...

Setelah berpikir beberapa menit, akhirnya inilah jawabanku. Jeng jeng jeeengg...


Ketahuan deh, umurnya berapa kalau yang ditaksir Mas-Mas dan Mbak ini wkwkwk...

Awalnya aku tuh ragu mau masukin Shun Andromeda apa enggak, karena dulu pas nonton Saint Seiya di RCTI (apa Indosiar lupa wkwkwk CMIIW yaa), dubber-nya Shun itu perempuan doong wkwkwk. Kayaknya tim penyulih suara dulu mengira Shun adalah perempuan karena wajahnya lebih ke cantik dibanding ganteng, dan dia pakai armor pink yang mana identik dengan perempuan huhuhu.

Jadilah semua anak Indonesia tertipu saat itu wkwkwk... bahkan aku ada teman yang sampai sekarang masih denial kalau Shun itu laki-laki hahaha kasihan banget, mungkin dia segitu naksirnya sama Shun jadinya enggak mau terima kenyataan 😭Siapa aja niih yang dulu ketipu juga sama Shun?

Nah, kenapa ragu? Karena pas dulu nonton Saint Seiya tuh suka sama Shun karena lebih ke ingin jadi dia gitu, bukannya yang naksir-naksir gemes gitu :(

Tapi setelah kupikir ah, naksir kan memang bisa dalam wujud apa aja. Kagum pun bisa termasuk naksir kan? Jadiii kuputuskan untuk memasukkan Shun ke dalam daftar, sekalian tambahin Rei Hino alias Sailor Mars juga, karena setelah kupikir-pikir dia kayaknya my first ever girl crush deh hehe.

Sekarang mari kita bedah mereka satu-persatu wkwkwk... Tidak berurut dari awal banget atau paling sayang ke siapa, karena semaunya aku aja bahas siapa duluan *nyebelin*

Kinomoto Touya
Dari anime: Card Captor Sakura

Kak Touya, dulu aku selalu nyebutnya gitu (sekarang juga masih kadang-kadang wk). Kakak laki-laki dari karakter utama di serial Card Captor Sakura. Anak SMA, tinggi, ganteng, jago olahraga (dia ikut ekskul sepak bola kalau enggak salah), rajin banget nget nget, dan jago masak. Di mataku yang pertama kali kenal Touya waktu masih SD, tentu saja dia luar biasa keren wkwkwk.

Touya tuh digambarin suka iseng ke Sakura, suka ngatain dia monster dan segala kejahilan lainnya. Tapi kalau ada apa-apa sama Sakura, dia pasti maju paling depan. Pas Syaoran masih pengin rebut clow card dari Sakura, Touya langsung lompatin pagar tinggi yang batasin sekolahnya dengan sekolah adiknya itu, buat membela si adik tersayang.

Ada juga scene di mana dia enggak rela kalau Sakura naksir-naksiran sama Syaoran, sama Yukito sampai diledekin brother complex wkwkwk. Enggak brother complex tahu Touya tuh, Mas Yukito... tapi bestfriend complex *eh gimana?*

Oh btw Touya di universe CLAMP lainnya, alias Touya di Tsubasa Reservoir Chronicles pun aku suka wkwkwk.

Shun Andromeda
Dari anime: Saint Seiya

Dulu tuh, waktu aku masih mengira Shun adalah perempuan, yang bikin aku kagum dari dia adalah dia cewek sendiri di grup-nya, dia lemah lembut, perasaannya halus banget dan enggak suka kekerasan, tapi enggak pernah ragu kalau buat nyelametin sahabat-sahabatnya. Dan setelah kemudian teredukasi kalau Shun sebenarnya memang laki-laki wkwkwk, aku justru semakin sayang sama Shun!

Karena yaa memang enggak semua laki-laki harus keras, enggak ragu berantem, dan enggak boleh nangis kaan? Di jaman di mana karakter laki-laki biasanya gagah perkasa, di Saint Seiya udah ada Shun yang lemah lembut, gampang nangis dan enggak suka kekerasan. Dan ketiga hal itu sama sekali enggak mengecilkan karakternya Shun, justru itu poin lebih dari Shun menurutku. Segala sifat lembutnya sama sekali enggak menghalangi dia untuk jadi badass kok. Dan Shun juga jadi icon tersendiri lho, dianggap mewakili para laki-laki yang punya perasaan lebih lembut dibanding kebanyakan laki-laki lainnya.

That's why aku sayang banget sama Shun dan marah banget waktu Netflix bikin adaptasi terbaru Saint Seiya dan seenak udelnya aja mengubah Shun jadi cewek huh! (temen gue seneng deh tuh Shun beneran jadi cewek) 😀Menurutku ini malah mengerdilkan karakternya Shun! Memang kenapa sih, kalau ada karakter cowok yang lemah lembut? Norak deh, alergi sama cowok lembut.

Ishida Yamato
Dari anime: Digimon Adventure

Kesayangan akuu dari SD sampai sekarang. Dari wujudnya dia masih anak kelas 5 SD juga sampai di yang terbaru (yang belum gue tonton) wujudnya udah umur 22 tahun wkwkwk.

Yamato waktu kecil itu sangat pendiam, suka menyendiri dan luar biasa judesnya wkwk. Segala apa yang nyinggung dia langsung kena marah. Tapi karakternya yang begitu terbentuk karena dia trauma masa kecil di mana dia lihat sendiri orang tuanya berpisah. Dia jadi enggak bisa tinggal bersama-sama dengan adiknya yang dia sayang banget.

Tapi dibalik segala kejudesannya, dia sangat peduli sama teman-temannya. Segala sesuatu juga dia pikirin baik-baik, apalagi untuk ambil keputusan, berbanding terbalik sama Taichi yang waktu itu sangat meledak-ledak. Dan karena itulah dia jadi pemilik crest of friendship.

Sementara di serial Digimon Adventure Tri, Yamato cukup berbeda dengan waktu kecilnya. Dia jadi lebih bisa mengutarakan langsung apa isi hatinya. Yang menurutnya enggak sesuai dengan pikirannya akan langsung di-confront. Makanya tuh sama berantem berlarut-larut sama Taichi.

Tapi akhirnya pas Taichi hilang, hancur juga kamu yaa Yamato? Masih inget aku nangis sesenggukan gara-gara lihat Yamato nangis sambil meluk goggle punya Taichi huhuhu...

Hino Rei
Dari anime: Sailormoon

Rei is my first girl crush ever! Dia cantik, dengan rambut hitam panjangnya, kuat, keren dan terutama yang paling aku suka karena dia galak hahaha. Paling demen kalau lihat Rei udah marah-marah ke Usagi wkwkwk... tapi sebagai prajurit, dia pun sangat hebat dan setia kawan dalam melindungi teman-temannya.

Aku paling suka kalau lihat Rei pakai baju kuilnya (atau baju apa istilahnya tolong aku diedukasi), karena dia terlihat keren banget banget banget! Apalagi kalau udah ditemani sama kedua burung gagaknya, Phobos dan Deimos, yang mana itu adalah nama dari satelit planet Mars. Dan dalam mitologi Romawi, mereka adalah nama anak-anak dari dewa perang, yang juga bernama Mars (kalau di mitologi Yunani namanya Ares).

Kayak misterius aja gitu, padahal kalau lagi sama teman-teman seumurannya yaa kelakuannya enggak jauh beda dari cewek-cewek remaja pada umumnya. Masih inget kocaknya pas Rei godain Mamoru wkwkwk.

Dulu waktu kecil, aku adalah si anak bawang yang apa-apa harus ngikutin apa kata teman-temanku, jadi tiap lihat Rei tuh selalu ada angan-angan "ih kapan aku bisa kayak Rei?" wkwkwk bisa marahin dan menolak ajakan teman yang sebenarnya enggak sreg sama aku, tapi enggak dilakukan karena takut enggak ditemenin lagi. Eh, pas kuliah dan teman-temannya 100% beda, terwujud deh itu hahaha. Entah gimana awalnya, tapi sama temen-temen baruku ini I can show them my inner Rei hahaha.

Honorable mention: Shinomori Aoshi (Rurouni Kenshin), Noda Yuuya (Miracle Girls),  Kanzaki Sumire (Sakura Wars), Quatre Raberba (Mobile Suit Gundam Wing), Nuriko (Fushigi Yuugi), Sesshomaru (InuYasha), Trunks (Dragon Ball Z), dan beberapa lainnya yang jujur aja aku lupa wkwkwk. Ini yang disebut berasal dari anime yang aku tonton waktu SD yaa karena kan temanya first crushes ehehe.

Dari kecil hidup diwarnai oleh karakter-karakter anime, bahkan sampai sekarang pun masih wkwkwk. Kayaknya masa-masa aku enggak suka anime cuma pas lagi kejeblos K-pop atau masa-masa lagi galau pengin punya pacar jadi enggak fangirlingan sama sekali wkwkwk.

Dan apakah di dunia nyata crush aku jadi menyerempet mereka? Hmmm sesungguhnya karakter kayak Touya dan Yamato kalau ada di dunia nyata itu pasti nyebelin banget wkwkwk dan kalau kayak Shun kasihan, udah kena marah terus sama aku pasti huhuhu πŸ™ˆ

Eh, tapi highschool sweetheart aku itu sifatnya rada nyerempet ke Touya dan Yamato sedikit sih, kayaknya. Dan emang bener dia nyebelin banget juga orangnya tapi entah kenapa dulu aku suka hahaha!

Did you guys have anime crush too? Or maybe just simply celebrity crush? Atau crush dari film, serial, atau drakor pun boleh laah mari berbagiii hehehe...

Bonus Yamato umur 22 tahun dari Digimon Adventure Last Evolution Kizuna
*ku pengin nonton buruan masuk Netflix pls*


eya.

26 comments

  1. Baca ini jadi flashback otomatis nih
    Aku dulu naksir Ama samurai X, sampe ngebayang kalau misal nih tokoh ada beneran di dunia nyata, aku bakalan naksir hahaha
    Ini diluar kartun Doraemon, Conan yang masih aku jadikan favorit cerita sampe sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samurai X maksudnya Kenshin nya kah Mba? Aku dulu sukanya Aoshi yang awalnya jahat tapi kemudian dia tobat wkwkwk..
      Doraemon itu emang kartun sepanjang masa siih, dan Detektif Conan yang ga tamat-tamat ini juga πŸ˜‚

      Delete
    2. nah iya mbak si Kenshin yang aku maksud, maklum lupa namanya. taunya judul nya aja
      ehhiya tadi di teve juga ada conan, tapi banyak nggak nontonnya sekarang kalau di teve

      Delete
  2. Aku inuyasa Kak. Lupa filmnya apa. Setelah itu jarang nonton anime. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. InuYasha itu judulnya sama Kak, InuYasha juga 😊

      Delete
  3. Wah~ kalau ngomongin Anime lama, aku malah jadi nostalgia, Kak Eya 🀣

    Aku ingat karakter-karakter pria di anime-anime seperti Cardcaptor Sakura dan anime sejenisnya tuh memang mengundang para ciwik-ciwik jadi suka sama mereka 🀣 aku hampir selalu suka semua karakter cowok yang ada tapi udah lupa semua namanya wkwk yang aku ingat hanya satu yaitu Sinichi Kudo, Conan versi besar 🀭 soalnya masih suka nonton sampai agak besar jadi kegantengannya masih melekat di otakku 🀣.

    Muka-muka karakter cowok anime jaman dulu tuh mirip-mirip deh. Kak Eya ngerasain hal yang sama nggak? 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiiy asiik ayo Lia ikutan nostalgiaa πŸ˜„

      Ya ampuun aku kok melupakan Detektif Conan yaaa wkwkwk padahal aku suka banget sama Heiji 😌

      Iyaa bener banget Liaa, dulu banyak yang aku kira berasal dari satu pengarang eh setelah kemudian baca-baca ternyata beda. Kayaknya memang jaman dulu belum banyak yang berani eksplor style yang beda-beda yaa?

      Delete
  4. Maaf, Kak Eya, aku gak kenal mereka semua. Tapi menarik sih, baca postingan kayak gini. Aku jadi pengen ikut buat, tapi untuk first crush di game. Karena aku gak ingat first anime crushes-ku siapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo buat jugaaa, game juga gapapa, kan first crush tiap orang pasti beda-beda hehehe

      Delete
  5. Aku pun juga mengira shun juga perempuan. khan tampilannya seperti itu. Apalagi kakakanya, Ikki juga sangat menjaga si shun. jadi yaa begitulah...hahhahaa
    kalau di saint seiya aku suka karakternya shiriyu...hahahhaa

    kalau aku suka anime slam dunk. terus karakter yang disukai itu hanamichi dan rukawa. Walaupun mereka sering berantem, tapi mereka saling memahami dalam diam...hahahhaa
    sebetulnya masih banyak anime lainnya yang ditonton waktu itu. Tapi beberapa sudah lupa...hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kaan kayaknya memang semua anak di Indonesia tertipu deh πŸ˜‚ Beneeer Ikki tuh protektif banget ke Shun, sama sih Shun juga kadang clingy ke Ikki wkwkwk... Eh, entah ini kebetulan apa enggak, tapi beberapa temen cowok juga sukanya Shiryu deh, apa ada alasan khusus yaa? wkwkwk

      Aku suka Slam Dunk jugaaa, tapi lebih ke komiknya siih animenya enggak pernah nonton sampai habis. Emang tuh berdua berantem teruuus, gara-gara Hanamichi siih musuhin Rukawa wkwkwk terus pas mereka tos di pertandingan rasanya terharu bangeeet πŸ˜‚

      Delete
  6. SAMAAAAA AKU JUGA SUKA REI HAHAHAHAH tapi alasannya receh nggak kayak kak Eya yang lengkap jabarin karakternya gimana. Aku suka Sailor Mars simply karena...warna kostumnya merah HAHAHAHAHA.
    Siapa lagi ya first anime crushku, kayaknya Heiji Hattori sama yang suka Miwako aku lupa namanya.
    Dulu waktu nonton Power Ranger Jepang aku suka Takeru yang warna merah HAHAHAHA gatau deh itu yang versi mana tapi nama Takeru tuh sampe aku tulis di tembok kamar biar kalau tidur lihatin namanya WKWKWKWKWKWK bucin sedari piyik T_____T
    Kalau serial animasi Amerika kayaknya sukanya ke Danny dari Danny Phantom, itu yang paling pertama banget. Kalau first crush drakor adalah Kang Minhyuk CNBLUE hehehehehe. Gamau ngomongin first crush film barat aku nanti sedih lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi emang keren siih warna merah tuuh wkwkwk soalnya jaman kecil dulu kalau main power rangers ga bisa milih ranger merah karena udah pasti anak cowok yang milih duluan wkwkwk jadi sailor aja deh yang seragamnya merah *dibahaaass*

      Aku banyak nonton super sentai (power rangers versi Jepang) tapi enggak ada yang kuingat satupun namanya Endaah wkwkwk emanglah kebucinan ini ternyata sudah bersarang yaa sejak dini πŸ˜‚πŸ˜‚

      Eh yang suka Miwako itu Takagi kalo ga salah namanya wkwkwk

      DANNY PHANTOM GANTENG EMAAANG HUHUHU... ih Endah aku jadi inget juga sedih :((

      Delete
  7. Kinomoto Touya!!!!!!!
    Yaampun jaman SD dulu pas nonton CCS di TPI kesengsem juga sama masnya Sakura! Ini orang jahil tapi gemesin, dulu ngebayangin punya kakak kayak dia asik banget keknya.
    Eh tapi pas nonton ulang CCS, perasaan itu sudah tak sama lagi. Mungkin karena pesona si partner sudah membuatku jadi bucin, hohoho!

    Selain Mas Touya, aku suka sama Sasuke, ini jaman SMP brati. Ini orang cool amat, mana pula punya dendam masa lalu sama masnya kan? Berasa ingin kurangkul. Kalau yang terakhir Ryu Amakusa, tapi yang versi manga nya. Baca Detective School Q sampe tamat dan jatuh cinta sama dedek Ryu. Ini orang karakternya hampir-hampir mirip ama Sasuke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa aku pun bayangin punya kakak kayak Touya pasti seru, kebetulan emang ga punya kakak jadi cuma bisa menghalu wkwkwk
      HAHAHAHA udah ada yang asliii yang 2D yaa tidak mempesona lagi yaaa πŸ˜‚πŸ˜‚

      Sasuke tuh emang populer juga pada masanya yaa, kayak jamanya Naruto lagi naik banget tuh pasti banyak yang sukanya Sasuke kalo cewek-cewek. Aah beneer jadi kangen baca Detective School Q niih

      Delete
  8. Aduh kalau anime gini aku roaming banget, Eyaa πŸ˜‚ maklum, dari kecil aku cuma akrab dengan kartun-kartun Jepang populer yang ditayangkan di TV aja. Eh tapi aku sama adikku sempet ngefans banget dengan kartun racing Let's and Go, waktu jaman-jaman Tamiya lagi digandrungi banget. Aku sih gak main Tamiya, tapi lumayan ngefans dengan cerita kakak beradik ini yang suka berantem tapi kalau urusan Tamiya mereka jadi akrab banget hahaha

    Ohh kalau dari komik, aku ngefans banget sama Sinichi Kudo πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah Let's and Go, si kakak-adik Retsu dan Go, aku sama adikku juga dulu suka banget Janee, kita punya tamiya samaan juga kayak di Let's and Go wkwkwk walaupun aku ga paham cuma bisa liatin tamiyanya jalan aja πŸ˜‚πŸ˜‚

      Eh kamu ga nonton versi animenya Detektif Conan? Aku lhoo melupakan Conan padahal ada Heiji yang termasuk first crushes jugaa πŸ˜…

      Delete
  9. Ga papa lah buat judulnya First Crush, biar click-bait, dan jadi orang penasaran buat baca isinya mbak hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha jangan lah nanti tertipu dikirain mau baca curhatan lah kok isinya begini πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  10. Kenapa ya cowok-cowok anime nggak jadi kenyataan aja? Ya nggak, sih? 🀣
    Kadang kalau liat cerita2 mereka jadi suka ikutan baper wkwkw. Kalau dr tulisan mbak, crush ku blm muncul sih.

    Tapi kebanyakan itu tokoh komik dan aku sudah lupa nama dan judul komiknya (tapi asli bikin baper ceritanya sampe kepikiran WKWKWK) kalau kartun mungkin Levi dr attack on titan? 🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intaaan ini harus digarisbawahi "kenapa cowok-cowok anime nggak jadi kenyataan aja?" THIIIISSS WKWKWKWK

      Intan pertama nonton anime di tahun berapa mungkin kita beda generasi ahahaa πŸ˜…

      Ya ampun Bang Levi emang ga ada duanya, gila sih diaaaa aku masih merinding tiap inget adegan dia membantai si Beast Titan, atau pas dia kejar-kejaran sama Kenny!! Levi tuh salah satu karakter yang selalu aku doakan di AoT wkwkwk udah kehilangan Erwin, ga mau sampai kehilangan Levi juga 😭 Tapi first crush aku di AoT malah Jean wkwkwk

      Delete
  11. Hai Eya.. salam kenal. Baca postingan ini, duh..jadi inget dulu ngefans berat sama Touya, Pangeran Endimion (Mamoru Chiba) dan Samurai X! Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Annisa salam kenal jugaa ☺️

      Tuh kaan Touya tuh emang magnet buat cewek-cewek yaaa hehehe... Mamoru juga salah satu karakter yang jadi cinta pertama banyak cewek nih, tapi aku dulu (yang bingung Haruka cewek apa cowok) malah lebih suka ke Haruka πŸ˜‚

      Delete
  12. Saya tergolong jarang nonton anime, paling hanya segelintir saja. Tapi kalau animasi lawas macam Doraemon dan Ninja Hatori termasuk, artinya saya tidak baru mengenal anime. Saya awalnya mau menyebut Sizuka atau Yumeko. Tapi ingatan saya waktu nonton itu cuma untuk hiburan saja, tidak ada ketertarikan sama sekali.

    Baru pas nonton Ano Hana langsung ada dipoin: kayaknya ini deh. Itu adalah Menma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ya ampun Mas Rahul bahas Ano Hana jadi inget ini anime sedihnyaaa parah banget. Sering denger orang yang ngakunya nonton apapun ga pernah nangis, tapi nangis kejer pas nonton Ano Hana 😒

      Delete
    2. Iya, saya cukup yakin mayoritas orang yang nonton Ano Hana pasti nangis

      Delete