Doramatalk Ep.12: Setahun Bersama Doramatalk + Giveaway

Tuesday, May 31, 2022


Lama-lama ini blog cuma buat ngepost Doramatalk kayaknya wkwkwk semoga enggak yaa guys… Beneran belum ada kepikiran apa yang harus ditulis selain postingan rutin Doramatalk ini wkwk. Dan maafin juga yaa aku balesin komen lama banget sekarang huhuhu…

Btw Doramatalk episode ini spesial lho! 🥰

Kenapa tuh?

Kelihatan enggak sih, dari judul sama cover? Wkwkwk sok-sok surprise. Yak, jadi di bulan Mei ini, Doramatalk tepat setahunan nih guuyss~

Bakal ada giveaway juga spesial dari kita berdua, aku dan Hicha, disponsori juga oleh Blogger kesayangan kita semua, Creameno alias Mba Eno 😆

Tapi jangan langsung ke bawah yaa... baca dulu tulisan kita wkwkwk.

Enggak kerasa ternyata udah setahun lebih sejak Hicha pertama kali ngajakin kolab bikin Doramatalk, yang tentu saja langsung aku sambut dengan suka cita. Seneng banget rasanya selama setahun belakangan ini punya wadah buat ngomongin dorama, berbagi hal-hal yang kita sukain.

Walaupun kayaknya kalau buat meracuni masih belum sampai yaa wkwk… Kebetulan akses dorama masih cukup susah, kalau memang enggak ngefans rasanya pasti males ngubek-ngubek website underground cuma buat nonton, aku paham itu 😌

Nah, ini salah satu yang mau kita bahas buat Doramatalk episode spesial ini nih. Karena kan, kesan-kesan tentang Doramatalk udah dibahas pas wrapped up akhir tahun lalu.

Oke, biar enak bahasannya, aku bagi jadi 3 yaa…


Kenapa Dorama Jepang Enggak Populer?

Jadi di Doramatalk kali ini, aku sama Hicha mau sekalian bahas nih, kenapa kok kayaknya dorama enggak sepopuler serial dari negara lain. Selain kalah sama negara tetangganya, Korea Selatan, aku rasa sekarang orang-orang mulai banyak familiar juga sama drama asal Thailand, tapi tetep aja masih banyak yang enggak familiar sama dorama wkwk so sad.

Aku akuin aku cukup sebel sama hal itu hahaha. Beneran deh, beberapa platform yang nayangin drama-drama Asia pun suka kayak kelupaan kalau mereka juga punya katalog drama Jepang, yang diinget cuma drama Korea, Thailand, China dan sinetron Indonesia tentunya. Ini beneran pernah kejadian terus aku langsung protes tapi enggak dinotis wkwkwk.

Sama ada contoh kecil aja nih yaa, Hana Yori Dango atau judul Bahasa Inggrisnya Boys Over Flower (pasti pada tahu). Kemarin baru ngomongin juga sama mutual di Twitter, kayaknya tiap ada yang bahas franchise ini di base twitter film gitu, orang-orang hampir selalu lupa kalau ada versi Jepangnya. Bahkan ada yang enggak tahu juga franchise ini bermula dari komik Jepang.

Aku juga punya beberapa teman yang nonton hampir semua versi yang ada, kecuali versi Jepangnya wkwkwk kenapa dah ogut penasaran 😂

Tapi balik lagi, mungkin alasannya juga karena versi Jepangnya enggak tersedia di platform streaming legal. Ada sih, kemarinan baru masuk Viki, tapi region USA doang wkwkwk enggak apa-apa lah, lumayan itu juga.

Sebenernya ngomongin konten Jepang yang kayak susah digapai bukan cuma dari doramanya aja sih. Hampir semua konten dunia hiburan Jepang tuh, susah dapetinnya. Apalagi sekarang aku lagi nyemplung peridolan Jepang, buset lebih lebih susahnya! Kalaupun ada di platform streaming, biasanya region lock alias cuma tersedia di Jepang aja 😤

Kayak, ngapain gituuu udah ada platform streamingnya tapi masih gatekeeping aja ini yaban hahaha.

Kalau menurutku sendiri sih, orang-orang yang megang industri hiburan Jepang nih, yang menurut fans luar negeri kebanyakan masih dipegang generasi boomer, mereka masih belum sadar atau ngeh kalau peminat konten mereka di luar Jepang tuh banyak.

Mereka mikirnya masih cukup dengan pasar dalam negeri aja, kayak "apa sih enggak butuh lah pasar luar negeri". Sementara kalau dari Korea Selatan sendiri, kayaknya dari pemerintah pun punya budget sendiri untuk industri hiburan bisa meluas ke pasar luar negeri yaa? CMIIW yaa ini berdasarkan yang pernah aku baca-baca aja lewat obrolan orang di Twitter hehehe.

Dari China dan Thailand pun sepertinya begitu. Terbukti dengan mereka punya platform sendiri buat menampung konten-konten mereka supaya bisa ditonton sama orang di penjuru dunia. Sebut aja WeTV dan iQiyi kan, atau kalau Thailand setahu aku stasiun TV-nya juga naruh konten mereka di YouTube.

Nah makanya aku ngerasa dorama Jepang tuh cukup beda dari drama Asia lainnya, mungkin juga karena dorama cuma mengikuti selera pasar orang Jepangnya sendiri, enggak seperti drama Asia lain yang mendunia, mereka yaa tentu saja mengikuti selera pasar internasional.

Mungkin karena itu juga, orang-orang enggak langsung tertarik sama dorama Jepang. Mungkin butuh satu judul yang bisa bikin mereka akhirnya kejeblos wkwk.

Tapi aku juga suka rolling eyes kalau tiba-tiba ada dorama yang rame dibahas, tapi ternyata doramanya yang menurutku sangat tidak dorama wkwkwk.

Jadi walaupun kesel, aku jadinya maklum banget kalau dorama Jepang tuh enggak sepopuler itu di sini. Kecuali yang memang udah ngefans dari lama (unjuk diri sendiri), dan rela menjelajah internet buat sekedar nyari subtitle 😌

Tiap musim (karena dorama di Jepang itu tayangnya permusim), kayak nyari-nyari dorama inceran bakal ada yang nge-sub enggak yaa hahaha.

Eh, tapi aku penasaran sih... temen-temen yang nonton drama Asia tapi enggak nonton dorama Jepang tuh, memang enggak tertarik apa gimana sih?



Harapan Untuk Dorama

Yak, tentu saja harapannya adalah "tolong yaban jangan terlalu gatekeeping lagi" wkwkwk.

Alias tolong dorama-doramanya semakin diperluas penyebarannya. Masuk ke Netflix global bukan Netflix Jp ajaa.. Kerjasama sama platform lain juga boleh bangeeet asal jangan php.

Untuk saat ini udah lumayan banget sih yaa.. Katalog dorama di Netflix udah lumayan banyak walaupun masih didominasi sama judul-judul lama. Netflix jangan kapok ngambil dorama buat tayang on going kayak Japan Sinks kemarin dong (padahal sendirinya yang belum lanjut nonton wkwk).

Kalau untuk dorama-dorama baru, aku mau sungkem dulu sama Disney+ Hotstar siih karena berhasil deal bawa dua judul dorama yang masih on going musim ini, The Files of Young Kindaichi dan My Family.


Tapi tolong doong dipromosiin gituuu huhuhu… Aku sih, kalau dibayar pakai paket nonton gratis setahun, mau deh bikinin konten khusus dorama seminggu satu wkwkwk.

Kalau untuk perkembangan dorama sendiri siih aku enggak banyak menuntut sih, sejauh ini udah cukup puas dengan dorama-dorama yang ada (biased banget yaa haha).

Aku penginnya sih, kalaupun suatu saat dorama Jepang bisa booming kayak drakor, dracin atau drama Thailand apa sih sebutannya wkwk, aku berharapnya pihak dorama tetap stay sama format yang selama ini udah ada aja.

Misal enggak usah manjang-manjangin episode, tetep natural aja jangan tiba-tiba semua jadi shining shimmering splendid wkwk agak takut juga tahu-tahu lihat Ninomiya Kazunari jadi super klimis kan. Enggak usah dengerin netizen maunya apa, tetep jadi diri sendiri aja karena kalau pakem dorama berubah belum tentu saya bakal tetap setia hahaha.

Ini jadinya gue yang kayak gatekeep yaa 😌

Soalnya charm-nya dorama buat aku yaa itu, karena mereka selalu natural. Karakter-karakter yang dibuat tuh membumi jadi bikin penonton bisa merasa relate gitu.


Giveaway!!!

Yeaaay yang ditunggu-tunggu yaaa 😂

Jadiii untuk merayakan setahunan Doramatalk, aku sama Hicha bakal bagi-bagi buku J-lit (Japan Literature) tentu saja yang sudah diterjemahkan hehe. Kita pilih buku karena yaa apalagi kan hadiah yang gampang tapi menarik wkwk, enggak mungkin bagi-bagi DVD atau merchandise dorama, mahal ciiyn 😂

Btw buku yang aku dan Hicha pilih ini yang sudah ada adaptasinya lho, baik itu ke film, dorama atau film animasi alias anime. Mungkin temen-temen juga ada yang familiar sama judul-judul buku ini? 😁

Jadi nanti bakal ada tiga pemenang yang akan mendapatkan buku-buku sebagai berikut:

1. Satu paket buku Shinkai Makoto (berisi Your Name dan Weathering with You)
2. Satu paket buku Minato Kanae (berisi Confession dan Ferris Wheel at Night)
3. Satu paket bebas your choice (max Rp.120ribu) sponsored by CREAMENO. Tapi karena kita sedang membahas JDrama, jadi bukunya dari author Jepang yaa... (Untuk ini, kita sarankan cek Tokopedia Penerbit Haru) 😉

Caranya gampang banget, tapi boleh yaa kita sedikit ngerjain wkwkwk. Cuma mau minta kalian jawab pertanyaan ini aja kok..

1. Gimana kesan-kesan kalian terhadap postingan Doramatalk?
2. Kalau kalian mau coba nonton dorama, kira-kira tertariknya sama genre apa?

Jangan lupa perhatikan juga syarat-syaratnya yaa guys…

1. Komen di blog Eya dan Hicha, karena nanti kita akan gabungkan kandidat pemenangnya yaa
2. Enggak harus punya blog, asal perhatikan jangan anonim pas komen, juga jangan lupa sertakan ID Instagram atau sosial media yang kalian punya (biar kita gampang hubunginnya nanti)
3. Share postingan ini di Instagram story kalian, tag aku @hersyuuu dan Hicha @neschaquino enggak follow juga enggak apa-apa kok guys 😆

Jangan lupa habis ini mampir ke blognya Hicha juga yaaa... Pemenang akan kita undi tanggal 7 Juni 2022 alias minggu depan, nanti kita hubungin yaa 😆

Yaak, gitu aja siih... semoga enggak flop yaa giveaway ini wkwkwk. Good luck buat semuanya~~ dan sampai jumpa di Doramatalk berikutnyaaa 💃

eya.

34 comments

  1. Bener sih, dorama Jepang agak kurang peminatnya, waktu pas SMA aku sempet nonton beberapa dorama yang ada di laptop Abangku dan bagus-bagus rupanya, aku paling suka salah satu dorama yang cerita nya ada cowok pianis kehilangan minat ke piano terus di support sama cewe biola, aduh njelimet banget jelasinnya, aku lupa judul soalnya 😂😂 tapi anime malah banyak banget ya kak peminatnya, aku bingung deh kenapa ya 🤔🤔

    Aku suka genre dorama yang tema pendidikan gitu, yang setting nya di sekolah-sekolah, lucu lihatnya 😂😂 oh iyaa akun Ig ku @abcdrmaa 🙈

    ReplyDelete
  2. Kak Eya, Kak Hicha, selamat 1 tahun Doramatalks!! 🎉🎉 Terima kasih karena kalian tidak pernah lelah untuk meracun dan berbagi kisah tentang dorama 😍, buatku yang tadinya awam banget soal dorama, berkat adanya doramatalk ini jadi mulai kenal-kenal dengan judul dorama 🙈. Terima kasih ya, Kakak-kakak! 😍🙏🏻

    1. Topik pembahasan yang diangkat beragam dan luas banget sehingga menarik untuk diikuti. Cerita dari Kakak-kakak juga penuh personal touch, jadi setiap judul yang dibahas menoreh ((ceileh menoreh)) kesan yang mendalam di hati pembaca 😆
    2. Genre misteri!! Karena aku suka baca buku genre ini, jadi aku lumayan tertarik kalau ada tontonan yang berbau misteri 🤭. Dari minggu lalu udah incer pengin nonton Kindaichi karena waktu kecil suka nonton animenya di tv huahaha.


    Sekali lagi, selamat 1 tahun Doramatalks! 🎉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anyway, ketinggalan nih, Kak 😂
      Mungkin nggak sih Jepang lebih fokus ngembangin anime/manga gitu? Karena penggemarnya kelihatan lebih banyak, jadi mereka fokusnya lebih ke sana dibanding dorama 😂

      Delete
    2. Halo kk. Kenalin nama aku ara. Sebelumnya salam kenal dan makasih banyak kak udah ngadain GA 🥺🥺. Terkait kesan aku dengan postingan doramatalk, bagus banget. Karena dengan adanya postingan doramatalk aku jadi banyak tau mengenai dorama-dorama yang bisa di tonton. Karena bener kata kakak, dorama tuh masih banyak yang belum tau kk.

      Tpi jujur aku aku cuman baru nnton animenya doang kk. Blm sampai ke dorama. Tpi banyak banget wishlist dorama ku🤭. Tpi blm sempet nnton

      Delete
    3. Ini kk aku ara. Aku sambung lgi ya

      Maaf ya aku sambung lgi.

      Karena nggak tau tdi nggak muat 🥺.

      Dan genre dorama yang aku suka genre fantasi kk. Aku emang suka banget, karena rasanya seru banget. Sama genre family karena heartwarming 🥹🫰.Nama ig aku : @ara.myday

      Delete
  3. Hai kak, jujur nih aku sebenernya engga pernah nonton dorama ataupun judul² dari dorama huhu 😔🙏 tp aku juga sempet mikir gini "eh Jepang punya drama² gitu juga kan ya?? Penasaran ah, kira² nonton nya dimana ya??" Pokoknya gitulah, setelah ak cari² kok engga ketemu² akhirnya aku nyerah buat nyoba nonton dorama 😭😭🙏 trus juga karena temen² ku engga ad yg nonton (paling² mereka nonton nya anime bukan dorama, ak juga nonton anime sih hehe). Setelah baca blog kaka aku jadi tau deh "ohh karena ini toh dorama pada susah dicarinya" Gitu deh.. Thank u atas informasinya nya kak 😁🙌

    Kalo genre apa yang ak pingin coba sih aku pingin nonton Cafe Funiculi Funicula (magician relsm gk sihhh, sama kayak novelnya) btw ak kepo sama film ini karena novelnya hehe... Eh tapi ini bukan dorama ya?? Engga tau deh tp ak pingin nonton ini 😭😭🙏 btw instagram aku @itschellareads 😚😚

    ReplyDelete
  4. Hai kak, jujur nih aku sebenernya engga pernah nonton dorama ataupun judul² dari dorama huhu 😔🙏 tp aku juga sempet mikir gini "eh Jepang punya drama² gitu juga kan ya?? Penasaran ah, kira² nonton nya dimana ya??" Pokoknya gitulah, setelah ak cari² kok engga ketemu² akhirnya aku nyerah buat nyoba nonton dorama 😭😭🙏 trus juga karena temen² ku engga ad yg nonton (paling² mereka nonton nya anime bukan dorama, ak juga nonton anime sih hehe). Setelah baca blog kaka aku jadi tau deh "ohh karena ini toh dorama pada susah dicarinya" Gitu deh.. Thank u atas informasinya nya kak 😁🙌

    Kalo genre apa yang ak pingin coba sih aku pingin nonton Cafe Funiculi Funicula (magician relsm gk sihhh, sama kayak novelnya) btw ak kepo sama film ini karena novelnya hehe... Eh tapi ini bukan dorama ya?? Engga tau deh tp ak pingin nonton ini 😭😭🙏 btw instagram aku @itschellareads 😚😚

    ReplyDelete
  5. Hai Mba Eya & Mba Hicha, congrats ya utk 1 thn doramatalks nya 🥰. Jujur krn aku gak pernah baca atau buka blog² siapapun aku br tau blog ini, itupun tau dr postingan Eno 😁. Klo bicara soal dorama, my first dorama is Tokyo Love Story, terus berlanjut ke Ordinary People. Artis Jepang favorit aku pun Takuya Kimura (btw, msh ada gak sih beliau? 😁) duh itu seleb Asia yg aku suka sebelum JCW, atau bahkan Jerry Yan sekalipun 😂. Eh jd ngelantur gini ya 😅langsung ke jawaban dr pertanyaan giveaway ini aja ya 😊
    1. Klo ditanya kesan-kesan aku dgn doramatalk ini, jujur aku blm bisa ksh kesan banyak krn akupun br tau blog ini, tp baru baca postingan ini, aku dah suka krn mengingatkan ke jaman pertama kali aku nonton dorama, dan aku juga suka jadi tau dorama² terbaru ataupun yg sudah pernah tayang. Seperti serial yg baru The Files of Young Kindaichi, itu aku jd pengen ninton soalnya komiknya tuh aku ngikutin jd penasaran versi film seriesnya 😍. Mungkin utk kesan² aku ya itu tadi mba 🥰
    2. Klo mau nonton dorama, sudah pasti aku bakal nonton genre misteri seperti tadi itu Kindaichi atau yg bergenre romance seperti Tokyo Love Story dan Ordinary People yg pernah aku tonton.

    untuk akun ig ku: @savikawilsa

    sekali lagi selamat ya dan sukses selalu dgn doramatalksnya 🥰

    ReplyDelete
  6. Mungkin kita harus bikin petisi, supaya akses ke dorama lebih dibuka XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. bnr bgt mba, soalnya gak kek drakor apa dracin yg akses buat nonton lbh mudah ya 😁😁 atau tv swasta gak ada yg mau nayangin dorama lagi gitu ya 😂 kangen juga nonton dorama, kangen juga Takuya Kimura 🥰

      Delete
  7. Lauren / IG : w1nt3r_30June 1, 2022 at 12:03 AM

    Haloo kak eya Dan kak Hicha sebelumnya kenalin aku Lauren :')) , congrats ya untuk 1 tahun doramatalknya, semoga kedepannya makin dikenal byk org dan sukses selalu :D

    Kesan2 aku tentang doramatalk :
    Yang pertama pastinya aku terkesan banget sama penuturan kata2 yang Kaka sampaikan, doramatalk ini juga bagus untuk mengedukasi orang - orang agar berminat untuk menonton film2 Jepang atau dorama Jepang Karna pasti yg minat sedikit padahal sebenernya sebagus itu cuman byk org yg gtw aj T_T semoga kedepannya film2 Jepang yang menceritakan kisah tentang keluarga, persahabatan dsb makin dikenal orang2 dan dapat mendukasi kita semua.
    Genre :
    Aku suka genre, misteri, persahabatan, keluarga dan kehidupan yang relate sma kita gk ada alasan cuman memang aku suka aj sama genre itu kyk lebih menarik aj gtu untuk ditonton. Sekian dari aku bila ada kata yang salah dan kurang berkenan mohon maaf :"))

    ReplyDelete
  8. Uwaaah ga berasa Yaa mba udah setahunan aja kolab kalian 💃💃😄. So far yaaaa kalo buatku sendiri dorama talk kalian ini aku sukaaaa, karena sebenernya jadi mempermudah aku utk cari referensi film dan dorama Jepang yang seru ditonton. Karena kalo nyari sendiri, jujur nya males. Iya kalo dapet yg langsung seru 🤣. Kalo ternyata ga sesuai minat 😅.

    Jangankan dorama Jepang, utk nonton Drakor aja aku juga LBH suka baca reviewnya dulu , dan ga mau langsung nonton gitu aja. Aku kan tipe yg ga suka ending sedih atau gantung wkwkwkwkw. Jadi harus yakin serial yg aku tonton bakal happy ending . 🤣

    Tapi ya masalahnya aku ga terlalu bisa ngikutin walo udah baca review kalian Krn susah akses nya itu tadi. Biar gimana aku LBH suka kalo serialnya ada di Netflix atau saluran legal lainnya. Kalo harus nyari2 underground, ntr dulu 🤣.

    Kalo genre yang aku suka, pastinya ttg kulineeeeer hahahahaha dan kalo bisa thriller yang serem gitu 😄. Bukan hantu yaaa, kalo hantu malah males, suka kebayang2 ntr 🤣. Kuliner paling suka, Krn kadang jadi referensiku juga utk cari pas liburan ke Jepang lagi. 😄. Karena salah satu yg bikin aku ga pernah bosen balik ke Jepang ya Krn kulinernya 😍😍. Oke sukses yaaa GA nya utk eya dan hicha 😘

    @fanny_dcatqueen

    ReplyDelete
  9. Konbanwa kak Hicha dan Kak Eya! Izin meramaikan kolom komentar di blog ini, yaa. Setelah aku baca dari awal dorama talk episode 12 ini, aku jadi merasa bahwa...
    "Doramatalk kurang panjang! Butuh lagi!"
    *bacanya jangan sambil ngegas, ya ka🤣
    Beneran lho, gaya tulisan kakak itu seru banget buat dibaca. Berasa kayak lagi ngobrol sama temen sefrekuensi (+ sebaya) dan nggak ada yang namanya atmosfer canggung endeblabla seperti di novel. Pas baca doramatalks juga nggak ada tuh, perasaan "terpaksa" kayak kalau kita lagi nyari jawaban buat tugas di buku paket dan harus baca teks yang super panjang berulang-ulang sampai dapat inti sarinya. Jujur aja, biasanya aku paling malas kalau suruh baca artikel atau review yang panjang-panjang. Tapi ini? Kok malah nyaman, ya? Plus, pas lagi seru-serunya baca, eh, kok udahan aja??
    Habis ini beneran deh, bakal aku intip doramatalks episode-episode sebelumnya!🤣
    Hmm, aku jadi penasaran sama genre thriller di dorama. Kata kak Hicha, kalau nonton dorama genre thriller pasti bakal langsung merasa bahwa Jepang ialah negara paling nggak aman karena ada kasus pembunuhan setiap hari🤣 kayak detektif gitu, ya?? Aku yang penggemar plot twist mana mungkin nggak suka kalau ada thriller dicampur dengan misteri🤭
    Waktu dan tempat saya persilakan buat yang mau rekomendasiin dorama thriller😆
    Otsukare sama deshita buat kaka-kaka yang sudah berusaha menulis obrolan seru ini, karena aku yakin pembaca lain juga pasti enjoy bacanya😍 instagram: @usersucidk

    ReplyDelete
  10. Hii kakkk, makasii banyak udh ngdain giveaway yaa.. mantap bgt konten kontennya nih, dari segi bahasa udh kek ngobrol aja tmen sendirii, panjanginn lagi ya kakk hehehe. aku jujur masih belum terlalu kenal sama akun ini kak, tapi dari postingan yg udah kubaca, selain penyajiannya yg oke bgt, suka samaa blognya yg dibikin kawaii gini hehe, aesthetics jugaa, pokoknya jangan patah semangat yaa kak dalam ngonten, terus berkarya jugaa semangattttt.
    wahh kalo bahas film jepang jujur sekarang baru sibuk meng anime si kak, tapii nanti pengen juga diselingin nonton drama jepangnya jugaa, tapi sayang bgt ya kak banyak drama drama bagus sayang juga warga jepaang yg bisa nikmatin ehhe, kan kaya kita juga pengennn, ditunggu kabar bahagiaanya tiba tibaa aksesnya diperluas biar bisa dikonsumsi luar negeri jugaa, bener bgt kak semoga adaain kerjasama juga smaa platform lain. Suksesss pokonya mahh, pengenn nonton film your name dulu sii kak, sama ferris wheel, katanya udh ada juga yaa, makinnn penasaran nihh, semoga bisa menang GA ini juga biar punya bukunya aamiin. Makasii udh adain GA ya kak, sukses dan lancar rejekinya aamiin. Semangatt kak eya kak hicha, yoshhhh ganbatte ig : @natasyawnzzn

    ReplyDelete
  11. Hai kak Eya dan kak Icha, sebelumnya omedetou ya udah setahunan aja dong bahas tentang Doramatalk-nya, dan saya baru aja tau tentang blognya, tau dari temen blog pula haha 😅

    Seneng banget akutuh pas Disney+ tayangin dorama yang adanya mas Ninomiya my family dan Detektif Kindaichi, walau yang main bukan Matsujun lagi #eh, apalagi dorama baru tahun 2022 lagi. Senengnya gak perlu nonton pake subtitle lagi, karena biasanya saya nonton kalau gak dari Dramacool atau Blitzfansub. Kurang tau dari mana lagi bisa ditonton secara di tele juga kurang lengkap.

    Semoga aja Disney+ dan Netflix bisa tayang secara kontinyu dorama2 baru secara aktingnya aktor jepang gak kalah dong dibanding korea hihi

    Oiya menjawab pertanyaan kakak :

    1. Kesan saya tentang dorama talk ini bagus banget, jadi tau deh dorama-dorama apa aja yang sesuai tema , yang udah dan yang belum pernah saya tonton. Apalagi pas baca dorama talk yang episod masa2 sekolah, jadi inget masa nonton nobuta wo produce dulu hihi, dorama wrap up 2021 juga bagus, saya jadi tau dorama yang lagi happening di tahun 2021 sekaligus informasi ttg aktor2nya. Sukses ya buat Dorama talk, semoga semakin banyak temen-temen yang teracuni nonton dorama karena postingan blog ini 😁

    2. Sampe sekarang genrenya lebih suka yang ada komedinya, mau itu komedi keluarga, komedi romantis atau komedi mix serius kayak di Doctor-X , karena nontonnya kebawa hepi terus hihi :D

    3. Akun ig saya : @iidyanie_

    ReplyDelete
  12. Typo* Kak Hicha maksudnya 😁

    ReplyDelete
  13. Sebelumnya aku mau mengucapkan terima kasih banyak untuk Kak Hicha-Kak Eya-dan Kak Eno yang sudah berbaik hati mengadakan giveaway. Semoga dengan adanya event ini bisa menambah semangat teman2 untuk mengapresiasi ragam bacaan dan dunia perJepangan 😸. Terakhir, aku doain semoga rezeki dan kebaikan terus mengalir dalam kehidupan kk ya, aamiin

    1. Seneng banget ketika pertama kali tau ada temen blogger yang mau membahas dunia perdoramaan/Jdrama ini. Karena emang jarang yg mau membahas drama jepang dengan detail kayak Kak Eya dan Kak Hicha. Jujur, sebenernya aku udah sejak lama tertarik sama Jdrama cuman karena susah menemukan kenalan yg punya minat yg sama akhirnya terlupakan aja tuh dan gak ngepoin lagi dan males juga cari-cari sumber. Terus tiba-tiba ada Doramatalk.... alhamdulillah🥳😆.

    Berkat doramatalk juga bisa membantuku untuk mencari referensi dorama yg pengin aku tonton. Pembahasannya asik, transparan(transparan?) dan gak bosen baca nya. Terus aku juga bisa liat perspektif yang berbeda dari kedua versi baik itu dari tulisannya Kak Hicha maupun Kak Eya. Bagaimana kakak berdua ini kelihatan banget kalau kalian penggemar berat dunia per-Jepangan👏, sampe aku pas baca tuh ikutan seneng dan heboh sendiri 😂 (lagi bucin Jepang juga soalnya, wkwkk). Well, itu sekiranya kesan-kesan aku terhadap Doramatalk.

    2. Kebetulan banget aku lagi terjebak dengan dunia dorama 😆, jujur nih semenjak nonton N no Tameni kemarin aku jadi kebablasan dan ketagihan hahaha. Kalo sekarang mau lanjut nonton Saiai dan Mystery to lunakare kak. Racun dari Kak Eya dan Kak Hicha 👌✨. Untuk genre aku masih tertarik dengan genre misteri dan thriller sih, tapi gak menutup kemungkinan untuk mencoba ragam genre lain, apalagi kan kayaknya dorama punya banyak tema cerita yg unik dan autentik ya kak.

    ig @hllreka

    ReplyDelete
  14. Drama Thailand sebutannya lakorn Thailand, Kak Eya. Anyway sejujurnya aku udah males nonton drama apa pun sesudah tahun 2014, wkwkwk. Hanya nonton 2-3 aja kayaknya dalam setahun, tergantung aktornya siapa atau ceritanya dekat dengan minatku atau enggak. Beberapa waktu yang lalu aku nyoba nonton dracin Jerry Yan dan Shen Yue yang judulnya Count Your Lucky Stars, nyampe episode dua aku udah bosen. xD Akhirnya DNF padahal yang main Jerry Yan alias Tao Mingse my fave, wkwk. Karakternya juga nggak jauh-jauh dari tuan muda Taoming, tapi ya gitu kok nontonnya berasa lama.

    Mengenai dorama Hanadan versi yaban, dulu tayangnya kalau nggak salah nggak jauh-jauh dari tamatnya Meteor Garden kan ya. Nah, waktu lihat tinggi badan aktor-aktor yabannya yang nggak semerata F4 Taiwan, aku yang masih bocil itu langsung nggak mau nonton, hahahaha. Pas gede sekarang ini, udah masuk lah ke fase males tadi. *pelik* Udah nggak sanggup juga nontonnya, yang versi Thailand kemarin puji syukur bisa tamat. xD Minatnya sekarang lebih besar ke baca buku, akhirnya beli komik Hanadan kemarin, sekalian gitu lho yang versi aslinya. :p

    Duuuh akhir-akhir ini banyak teman bloger yang pada giveaway pakai instagram ya, apakah ini pertanda aku harus terbuka dengan akun instagramku? HAHAHAHAHA. Demi ponakan yang suka jejepangan, aku memberanikan diri aja kali ya, wqwq (ig uname: winteryspring1912).

    1. Kesanku tentang postingan Doramatalk Kak Eya dan Kak Hicha adalah...seperti halnya kesanku tentang podcast ngedrakor!-nya detik dot com, yaitu untuk menambah wawasan tentang perdramaan Jepun dan Kroya Selatan. Jadi, walaupun aku nggak nonton tapi tetep bisa keep up dengan jalan cerita yang secara umum disampaikan oleh content creator masing-masing.
    2. Misalnya suatu hari aku berminat nonton dorama, genre yang aku suka mungkin fantasi kali ya. Ada nggak sih yang genrenya fantasi kayak anime-anime gitu? Wkwkwkwk *sangat awam dengan dorama*

    Btw Kak Eya, aku punya pertanyaan deh. Serial jadul macam Power Ranger, Satria Baja Hitam, dan yang sejenisnya itu termasuk dorama bukan?

    Terakhir, karena udah panjang banget, makasih untuk Kak Eya adan Kak Hicha untuk giveaway-nya. <3 Semoga sukses terus dan sehat selalu. <3

    ReplyDelete
  15. Halo Kak Eya dan Kak Hichaa, seneng banget bisa kenal Doramatalk. Thanks to kak Eno 🥰 Seingetku aku belum pernah nonton dorama kak, padahal aku suka banget nonton apapun. Setelah baca pertanyaan Kak Eya jadi mikir "Kenapa ya? Kemana aja aku selama ini?" Banyak dorama kok dilewatkan begitu aja. Sepertinya sih karena efek gatekeeping itu tadi kak, jadi susah nemunya. Padahal aku pengguna platform streaming, dan disitu jarang muncul dorama. Akhirnya ga tenotice sama aku. Hiks. Tapi aku suka nonton anime dan film Jepang kak. Paling favorit tuh Your Name, terus suka nonton One Piece hihi 😁 Kalau filmnya lebih sering nonton yang diadaptasi dari novel soalnya aku seneng baca JLit, paling ngefas sama Keigo Higashino sensei. Karyanya ga pernah gagal memukau 🤩
    Kak Eyaaaa, tampilan blognya gemes banget. Cantik 😍 Jadi pengen beresin blog ku juga setelah liat blog Kak Eya. Terus ulasannya padet dan jelas. Maracuni banget. Ada banyak dorama dari tulisan kak Eya yang buat aku tertarik. Aku pengen nonton Code Blue dan Radiation House. Seru sepertinya, karena membahas ttg dunia medis. Aku selalu tertarik dgn drama bertema medis. Paling penasaran sama Radiation House krna membahas sebuah pekerjaan yg jarang diketahui ya kak, ku bisa dpt banyak insight dari drama ini. Mau nonton Familiae Wife biar dapet wejangan pranikah, pas buat situasiku nih, hihi. Terus mau nonton Midnight Diner, kak Eya berkali-kali nulis drama ini, aku yakin pasti bagus, terus temanya itu lho ttg makanan 😍
    Intinya setelah baca Doramatalk aku auto pengen nonton drama Jepang 🤩
    Aku paling suka Doramatalk episode 11. Tentang School's Dorama. Karena aku jg seneng nonton drama bertema sekolah, berhubung aku seorang guru jadi bisa belajar banyak dari drama ttg profesiku. Dan setiap nonton drama anak sekolahan berasa balik remaja lagi kak 🤣 Indeed! Youtfulness mereka menarik banget untuk diikuti.
    Please banyakin lagi rekomendasi drama medis dan school life ya kak Eya 🥰
    Mau request buatin Doramatalk ttg drama bertema olahraga/kehidupan atlet juga. Ada ga sih kak? Penasaran hihi. Anw, selamat merayakan 1 tahun adanya Doramatalk kak. Semoga Doramatalk panjang umur dan makin disayang banyak orang. Sehat dan bahagia selalu Kak Eya, Kak Hicha 😍
    Nama akun ig: @dd.reads

    ReplyDelete
  16. Halo Kak Eya dan Kak Hichaa, seneng banget bisa kenal Doramatalk. Thanks to kak Eno 🥰 Seingetku aku belum pernah nonton dorama kak, padahal aku suka banget nonton apapun. Setelah baca pertanyaan Kak Eya jadi mikir "Kenapa ya? Kemana aja aku selama ini?" Banyak dorama kok dilewatkan begitu aja. Sepertinya sih karena efek gatekeeping itu tadi kak, jadi susah nemunya. Padahal aku pengguna platform streaming, dan disitu jarang muncul dorama. Akhirnya ga tenotice sama aku. Hiks. Tapi aku suka nonton anime dan film Jepang kak. Paling favorit tuh Your Name, terus suka nonton One Piece hihi 😁 Kalau filmnya lebih sering nonton yang diadaptasi dari novel soalnya aku seneng baca JLit, paling ngefas sama Keigo Higashino sensei. Karyanya ga pernah gagal memukau 🤩
    Kak Eyaaaa, tampilan blognya gemes banget. Cantik 😍 Jadi pengen beresin blog ku juga setelah liat blog Kak Eya. Terus ulasannya padet dan jelas. Maracuni banget. Ada banyak dorama dari tulisan kak Eya yang buat aku tertarik. Aku pengen nonton Code Blue dan Radiation House. Seru sepertinya, karena membahas ttg dunia medis. Aku selalu tertarik dgn drama bertema medis. Paling penasaran sama Radiation House krna membahas sebuah pekerjaan yg jarang diketahui ya kak, ku bisa dpt banyak insight dari drama ini. Mau nonton Familiae Wife biar dapet wejangan pranikah, pas buat situasiku nih, hihi. Terus mau nonton Midnight Diner, kak Eya berkali-kali nulis drama ini, aku yakin pasti bagus, terus temanya itu lho ttg makanan 😍
    Intinya setelah baca Doramatalk aku auto pengen nonton drama Jepang 🤩
    Aku paling suka Doramatalk episode 11. Tentang School's Dorama. Karena aku jg seneng nonton drama bertema sekolah, berhubung aku seorang guru jadi bisa belajar banyak dari drama ttg profesiku. Dan setiap nonton drama anak sekolahan berasa balik remaja lagi kak 🤣 Indeed! Youtfulness mereka menarik banget untuk diikuti.
    Please banyakin lagi rekomendasi drama medis dan school life ya kak Eya 🥰
    Mau request buatin Doramatalk ttg drama bertema olahraga/kehidupan atlet juga. Ada ga sih kak? Penasaran hihi. Anw, selamat merayakan 1 tahun adanya Doramatalk kak. Semoga Doramatalk panjang umur dan makin disayang banyak orang. Sehat dan bahagia selalu Kak Eya, Kak Hicha 😍
    Nama akun ig: @dd.reads

    ReplyDelete
  17. SELAMAT UNTUK ULANG TAHUN PERTAMA DORAMATALK 🥳🎇

    Yaampun Eyaaa, aku relate banget sama pernyataan kamu soal lama-lama blog isinya konten kolaborasi doang, karena kemarin ini aku juga sempat demikian, WKWKWK. Tapi lumayan lah yaa daripada nggak ada isinya sama sekali *teteuppp ngeles* 🙈

    Btw, iya yaa... aku sendiri nonton semua versi Meteor Garden kecuali Jepangnya 🙈 eh tapi Koreanya aku juga nggak nonton kok, wkwkwk. Cuma ironis sekali yaa, padahal aslinya malah dari manga, malah yang versi Taiwan booming banget.

    Aku sendiri sebetulnya lebih kenal tontonan Jepang itu yaa animenya sih, Yaa. Dari kecil kan kita dikasih nontonnya kartun Jepang yak. Doramanya malah nggak tau samsek. Aku dulu sempet ngikutin banget Death Note yang versi dramanya (bukan anime) dan aku suka sih. Sampai sekarang belum ada lagi dorama yang membuatku tertarik, kecuali Midnight Diner deh. Kayaknya sih yang membuat dorama nggak sebeken Kdrama itu akses, bener banget dah. Netflix aja baru-baru ini nih masukkin dorama dikit-dikit. Makanya nggak familiar dehh.

    Harapan untuk Doramatalk, coba kasih daftar tontonan untuk yang pengen nonton Dorama pertama kali kayak akuuu (Dorama List for beginner gituuu). Siapa tau aku bisa tertarik hihi.

    Kalau genre sih nggak jauh-jauh dari thriller/mystery, secara kalau novel Jepang pun aku sukanya baca genre itu 😆

    SUKSES TERUSSSS DORAMATALK! Makin keren ya kalian berdua 😊❤

    IG: @reggievia

    ReplyDelete
  18. Aku tau kak kalo Meteor Garden ato Boy Before Flowers yang booming di Taiwan dan Korea itu dari manga Hana Yori Dango. Sempet baca manganya sebentar. Tapi ga lanjut karena saat itu aku masih SD dan di perpus sekolah cuma sediain beberapa volume aja wkwkwk
    Nah pengen juga buat nonton doramanya. Cuma keinginannya langsung terpupus dengan drakor-drakor yang ada wkwkw
    dan aku setuju banget sama opini kakak. Akses dorama tuh susah bingit!!! Ada beberapa rekomendasi dorama yang pengen kutonton, tapi ga bisa aku dapetin karena situs langganan tempat biasa aku streaming ga menyediakan. Hiks. Pernah aku buat nonton dorama tuh sampe masuk ke situs fanbase, pake password gitu loh kak. Aksesnya bener-bener diminimasi banget! Kalo ga kecimpung sampe ke fanbasenya sih ga akan bisa tonton tu dorama. Hiks. Sungguh perjuangan yak. Beda bener sama drakor ongoing buat diakses sangat mudah sekali, contoh bisa via channel telegram wkwkw

    oia, sebelumnya, selamat ya kak Eya dan kak Hicha, doramatalk sudah 1 tahun!! Sungguh tak terasa! Semoga konsisten selaluu 🎉🎉🎉

    Plus ikut meramaikan GA kakak...
    1. Gimana kesan-kesan kalian terhadap postingan Doramatalk? menarik!!! Aku suka bacainnya kak. Apalagi pas lagi mau hunting mau nonton dorama apa. Aku baca dulu reviewannya dari doramatalk ini hehehehe Sekali lagi terima kasih atas rekomendasi-rekomendasinyaa kak!
    2. Kalau kalian mau coba nonton dorama, kira-kira tertariknya sama genre apa? genre apapun sih kalo aku. Pas moodnya aja lagi mau nonton apa. Ehehehe

    ReplyDelete
  19. Selamat untuk setahun Doramatalk🥳🎉 aku ikut bangga karena kakak bisa konsisten hingga berhasil sampai setahun Doramatalk🤩 Ikut senang karena mau berbagi (giveaway) atas rasa syukur sudah mencapai satu tahun. Semoga bisa terus berkembang yaa! Buku nya bagus semua, apalagi itu wishlist aku hehe, semoga bisa jadi salah satu pemenang nihh jadi buku idaman bisa pulang ke rumah❤️ langsung ikutan jawab aja deh hehe

    — (1) Sebenarnya aku baru tau blog kakak-kakak yang mereview Dorama, menurut aku pribadi bagus, seru dibaca.. untuk harapannya semoga semakin konsisten dan semakin semangat nulisnya, semoga akunnya semakin dikenal banyak orang, semakin berkembang, semakin bermanfaat dan bikin orang semakin tertarik untuk nonton berbagai jenis/macam genre Dorama.

    Kemudian untuk kritik/saran nya mungkin Dorama diberikan rating menurut pribadi kak, tapi kalau enggak pakai rating bisa diberikan kekurangan dan kelebihan dari Dorama itu kak jadi orang yang ingin menonton bisa semakin penasaran sama Dorama nya hehe..

    — (2) Aku pribadi setelah baca postingan Doramatalk jadi tertarik nonton Dorama yang bertemakan misteri-thriller. Karena aku selalu mencari plot twist yang bikin kepikiran dan beneran twist gitu kak, kan semakin seru ya nonton nya hehe (dibawa tegang). Aku juga sama kayak kakak, saat nonton sebuah film ataupun series biasanya kalau ada quotes dicatat.. apalagi kalau relate sama kehidupan, dan kata2 penyemangat gitu😂

    nama akun instagramku : @zahrnnq , bisa di cek ya kak thank you!

    ReplyDelete
  20. Selamat buat Kak Eya dan Kak Hicha yang sudah bertahan selama kurang lebih satu tahun ini. Sebelum menjawab pertanyaan untuk syarat giveaway kakak di bawah, aku mau izin menanggapi dulu.

    Kalau boleh melabeli diri, aku emang bisa disebut sebagai penonton drama Asia. Tapi emang gak ngikutin dorama, paling banter anime (apalagi sekarang udah gampang akses). Karena, beneran semales itu buat nyari satu dorama aja. Kakak sempet sebut beberapa udah tayang di netflix dan disney+ hotstar, tapi sayang aku udah gak langganan :( mungkin nanti aku bisa kepoin, ya, Kak.

    1) Kesanku selama membaca beberapa postingan doramatalk, kakak bener-bener keliatan 'sebucin' itu sih hahaha. Tapi gapapa, manusiawi. Aku suka banget deh sama gaya tulisan kakak, enak buat diikuti gitu. Apalagi aku baru banget nih baca-baca blognya kakak. Pokoknya kesanku sangat baik dengan postingan doramatalk.

    2) Sebelum ke blog ini, aku sempet mampir juga ke blognya kak Hicha. Aku tertarik deh sama dorama yang membahas tentang keluarga. Gatau kenapa bucin banget aku sama tema-tema kayak begini, hehehe.

    Udah nonton anime yang Shinkai Makoto, semoga berjodoh memiliki bukunya, huhu. Wish me luck.

    Nama instagram: @bacaduludoong

    ReplyDelete
  21. Ersa IndrianingrumJune 4, 2022 at 5:22 PM

    Halo kak Eya dan Kak Hicha, salam kenal yaa.. Terima kasih sudah membuat giveaway ini dengan Kak Eno karena senenggg bangettt bisa kenal blog kalian 🙀 Aku itu tipe orang yang harus dikasih rekomendasi dulu kalau mau menonton atau membaca sesuatu dan Doramatalk membantu banget untuk lebih mengenal judul-judul dorama. Sebelumnya aku sudah nonton beberapa dorama seperti ikemen paradise, itazura na kiss dan kounodori tapi itu semua karena memang dikasih oleh teman. Dann sayangnya teman-temanku lebih banyak yang rekomendasiin anime dan film jepang sih dibandingkan dorama (ada yang rekomen drama tp lebih banyak ke Kdrama😔). Jadinya sampai sekarang memang lebih banyak nonton ke anime, film, dan Kdrama. Pernah coba cari sendiri untuk menonton dorama lainnya tapi aksesnya lebih sulit ya dibandingkan anime 🥺 Makanya setelah baca Doramatalk kalian, aku jadi tahu ternyata dorama itu banyak dan seru-seru yaa ga kalah sama Kdrama 😻Aku sangat menikmati membaca Doramatalk kalian karena bahasanya santai dan mengalir aja gitu, berasa lagi dengerin teman yang lagi ceritain dorama kesukaannya. Aku mulai baca dari doramatalk ep 1 dan ga kerasa eh tiba-tiba udah sampai ep 12😆
    -
    -
    Hmm sebenarnya tertarik ingin nyoba nonton semua genre😆 Kalau lagi butuh moodbooster inginnya nonton genre komedi karena menurutku di dorama jepang ekspresi dan respon tokohnya itu lucu. Ingin juga nonton yang genre persahabatan dan kekeluargaan karena pernah nonton film jepang dengan genre itu dan sukses membuat mata berair. Di jepang pun banyak novel bergenre misteri yang keren sehingga aku juga penasaran dengan dorama misterinya apakah akan sama penuh dengan plot twist. Tapi juga mau coba nonton dorama bertemakan pekerjaan karena Jepang itu keren dan detail kalau buat cerita mengenai suatu pekerjaan.
    -
    -
    Terakhir, Selamat ya untuk 1 tahun Doramatalknya. Pasti tidak mudah yaa untuk konsisten melakukan sesuatu, jadi semangaatt yaa kakak-kakak. Terima kasih yaa sudah membuat Doramatalk ini dan meracuni diriku untuk menonton lebih banyak dorama😊 Untuk IG aku @ersaindriani_19

    ReplyDelete
  22. Halo, Kak Eya & Kak Hicha sebelumnya salam kenal😊 terimakasih sudah buat giveaway juga ke Kak Eno semoga rejeki kakak-kakak dilancarkan selalu🌻

    1. Gimana kesan-kesan kalian terhadap postingan Doramatalk?

    -Sebenarnya pas aku baca-baca blognya Kak Eya & Kak Hicha dorama makin kesini makin variatif isu yang diangkat serta temanya, tidak ketinggalan modern dari drakor, drama Thailand & China, aku setuju sama post doramatalk Kak Eya ini, harusnya makin banyak eksposur ke dorama serta akses untuk nonton dorama😌, aku dulu bisa nonton dorama karena temenku ada kasetnya suka racunin anak" di kelas nonton dorama, bahkan tidak sedikit dorama" lawas yang seru dan relate;
    -Ada saja info menarik yang didapat, karena budaya Jepang itu menarik so seru ya dibahas xD have fun baca doramatalk Kak Eya, suka reviewnya Kak Eya dan rant terhadap dorama ada saja kenyamanan waktu baca enjoy;
    -To be honest bikin nostalgia! dan makin menyesali keputusanku tidak memiliki blog bahas dorama🙂 emang masih ada beberapa yang aku inget doramanya tapi seru aja baca jejaknya kayak Kak Eya ada buat dari tahun berapa sampai tahun 2022 terus scroll rasanya seru bisa tahu celotehan kita dan cara penulisan review kita ada kemajuan makin bertambahnya bulan dan tahun, tentunya berlatih seperti buat post doramatalk ini jadi agar terbiasa dan tahu gaya bercerita yang membuat diri nyaman serta bisa menarik pengunjung blog;
    -Baca doramatalk Kak Eya jadi pengen rewatch dorama" dulu wkwk aku kenal dorama gara" selain GTO ada idol Japan Hey! Say! JUMP jadi nonton dorama Shiritsu Bakaleya Koukou WAHHH KACAU INI WKWK tapi seruuu ahahah lalu kepo deh sama dorama lain, asik sekali nonton dorama, aku bersyukur tahu masih ada orang yang suka update review dorama kayak Kak Eya & Kak Hicha jadi senang deh berasa ada temannya cuma aku ketinggalan dorama" yang modern jadi baca doramatalk Kak Eya bisa bantu update yang mana yang rekom hehe
    -Oh ya aku suka kayak post" yang merangkum rekom dorama" ini misal dorama yang mempengaruhi hidup, semoga kedepan doramatalk bisa buat post" rangkuma kumpulan dorama yang mengangkat isu menarik lainnya juga doramatalk yang bikin challenge atau game kayak dorama tag asik aku bacanya makin tahu apa yang aku belum tahu mengenai dunia dorama semoga bisa dibuat lagi Kak season 2nya hehe atau yang kayak ini tapi beda misal rangkuman aktor dan aktris yang deserved standing applause gitu sama alasannya versi Kak Eya gimana begitu juga Kak Hicha, berbagi pendapat pasti ada aja yang beda tapi itulah serunya selera orang beda" hehe

    2. Kalau kalian mau coba nonton dorama, kira-kira tertariknya sama genre apa?

    Dulu aku coba nonton tema detektif itu Kindaichi yang main Yamada Ryosuke, Death Note versi dorama, 35-sai no Kokosei, sekarang pengen coba nonton dorama yang genre criminal law ada jaksa/pengacara hakim, selama ini belum coba versi dorama jadi kayak pr buat aku xD

    Happy Anniversary buat postingan doramatalk Kak Eya & Kak Hicha🎉🎉🎉 semoga Kak Eya sehat selalu agar bisa selalu ngonten buat post doramatalk biar bisa makin meracuni para pembaca blog untuk nonton dorama, juga sukses selalu untuk doramatalk Kak Eya & Kak Hicha semoga makin banyak pengunjung sekaligus followers untuk blognya Kakak-Kakak😊

    Akun Instagramku: @/bethreads

    ReplyDelete
  23. Udahh setahunn aja yaakkk Mba Eyaa 🤣🤣🤣🤣... sumpahh keren banget kalian tuh... 😊😁 nggak bokis dah sumpah ✌️😁

    Iyaaa yaa kalau dipikir, dorama tuh akses buat warga inter kaya kiteee susah bangett.. kudu mendelep dalem2 biar nemu.. haha 😅 kaya susah amat gtu tuh buat didaftarin ke platform digital macam Netflix atau Disney.. tapi nggak tahu juga sih perizinan di mereka ribet atau nggak 😆..

    Aku izin ikutaan bolehh yakk.. wkwk 🤣🤣

    1. Bagiku.. *asikk 🤣. Kayanya dulu aku bukan salah satu yang sering nnton dorama. Ya meskipun sekarang juga masih belum terlalu.. tapi jujur, semenjak baca doramatalk Mba Eya sama Mba Hicha tuh. Bisa dibilang tontonanku jadi mulai bervariatif. Kaya kantaro, Alice, terus Midnight Dinner.. terakhir dorama yg aku tonton Voices in the wind rekomendasi dari sensei. Hehe jadi makasih Mba eya Mba Hicha yg udah nemenin kita buat jadi jembatan dalam dunia film Perjepangan.. boleh lah ya 2 Tahun.. 😊😊

    2. BUAT AKU, genre yang paling masuk itu tentang makanan.. hahha *anaknya hobi makan soalnya.. wkwk 🤣. Sama paling yg terntang keluarga. Apalagi yang bikin mata bocor 😅.. demen banget. Jadi tahu kalau perasaan aku masih berfungsi baik.. ahha 🤣🤣🤣

    Sekali lagi terimakasih Mba Eya, Mba Hicha, Mba eno. ❤

    ReplyDelete
  24. Salsabilafadilah3 (ig) salsabilafadilah37@gmail.com

    Seruu setelah baca reviewnya, aku pernah nonton film Jepang deh, tapi lupa lagi judulnya hihi soalnya aku malah ngira itu film korea wajah wajahnya agak mirip jadi buat aku yg jarang nonton film jepang pas agak susah bedain nyah hihi. happy anniversary doramatalk, semoga bisa ditonton secara luas ya buat para pecinta penontonnya yg ada diluar negeri.

    aku mau paket 1, insyaallah semoga… soalnya
    suka banget nonton animenya tapi belum pernah baca buku serial jepang kek gitu, belum pernah baca bukunya karena belum punya hihi.

    1. saran dan kritik : aku mau dong direqomendasiin film jepang lainnya juga kakak, yang bisa ditonton remaja hihi aku kayaknya masih belum kenalan sama film film jepang, tapi kalo anime insyaallah aku uda jadi calon wibu (kata teman-temanku). kritiknya doramatalk semoga jadi film jepang yg menginspirasi dan filmnya mengandung real life semoga aja dengan begitu bisa membantu banyak orng mengambil banyak hikmah dan pembelajaran saat nonton nyahh

    3. jujurly kayaknya aku setelah baca ini tertarik buat nontonnya hihi setelah terlalu sering nonton animenya, insyaallah kapan kapan mau nonton juga yaaa tentunya yang genrenya sesuai dengan umurkku♡

    ReplyDelete


  25. Hallo Ka Eya, Salam kenal ... Saya Lusiana Amanda Sari (Ig : @lsa_______na) Followers ka eno yang sekarang sudah follow ka hicha dan ka eya ^^ , Jujur banget ka, aku baru pertama kali baca Blog tentang dorama miliki Ka Eya dan Ka Hicha, biasanya aku baca yang rekomendasiin tentang judul judul dorama, anime gitu, exited siii... aku ga bosen dan ngga ngantuk bacanya, biasanya karna terlalu banyak tulisan aku jadi bosan tapi di blog kaka kaka ini aku malah tambah tertarik dan semangat mengulik tentang dorama...

    Sebelum mengenal dorama, aku udah baca beberapa komiknya dulu ka, seperti "sesame salt and pudding" dan "Livingroom Matsunaga san" , sama nnton anime si paling banyak, hihihi, tapi aku anime yang dari Ghibli kaya Ponyo, Arriety, Spirited away dll, sama Doraemon hehe suka bangeeeeet... sinchan jg tapi udah ga ada di TV huhuhu sedih...

    karna aku suka banget sama 2 komik yang aku sebut diatas, tapi ceritanya tu nggantung, alias aku blm menemukan translitetanya lagi hehehe, jadi aku iseng nyari nyari siapa tau ada adaptasi filmnya, eh malah nemu cuplikan dorama yang memikat hati judulnya "Koi wa Tsudzuku yo Doko Made mo" aku ga yakin sih kalo ini judul dorama pertama yang aku tonton, tapi aku yakin ini judul dorama pertama aku yang aku tonton sampe full sampe ending hehehe....

    setelah baca baca beberapa tulisan ka eya tentang dorama dan ada beberapa rekomendasi dorama juga yang ka eya sudah pernah tonton, aku jadi ingin menntonya juga sepertinya seru .... dan kayaknya nnton sama temen temen lebih seru lagi...

    kalo dilihat dari komik dan dorama yang udah aku tonton, kayanya aku lebih cenderung suka ke dorama romance yang beda usianya lebih berumur laki lakinya hehe, seperti mereka saling menyayangi dengan tulus (mungkin), tapi tidak menutup kemungkinan untuk menonton genre dorama yang lain, sepertinya horor seru juga...

    dan terkhir, aku mau ucapinnn.... "Congratulation Ka Eya dan Ka Hicha atas setahun adanya Doramatalk, semangat terus meracuni kawan kawan Dorama - Love ...."

    ReplyDelete
  26. Hai kak Eya selamat untuk satu tahun blog doramatalk nyaa. Aku belum lama ini nemu blog kak Eya dan Kak Hicha, langsung sukaa sama tulisan-tulisan kakak di blog" ini♡

    Terima kasih juga untuk kak Eno, Kak Eya, dan kak Hicha udah bikin giveaway yang menarik ini.

    Untuk kritiknya dan sarannya... sepertinya tidak ada. Reviewnya kakak udah bagus banget. Aku suka cara kakak menyampaikan film-filmnya. Terkesan asik gitu dan membuatku terdorong untuk nonton film yang kakak rekomendasikan.

    Harapanku untuk blog doramatalk ke depannya, semoga blog kakak ini banyak dikenal orang dan semoga doramatalk terus berlanjut sampai beratus-ratus episode.

    Salah satu drama yang aku tonton karena baca review kakak, Mr. Hiiragi’s Homeroom. Ternyata seru banget dramanyaaa. Misterinya nggak ketebak banget. Oke, kak, segini saja jawaban dari pertanyaannya. Semoga Kak Hicha, Kak Eno, dan Kak Eya sukses selalu yaa♡
    (Ig : @moshiroses_)

    ReplyDelete
  27. 1. Menurutku postingan kakak sudah bagus banget. Jelas banget juga. Aku yang nggak tahu dan belum pernah nonton dorama, jadi tahu berkat postingan kakak. Aku selama ini tahunya tuh drakor aja. Dan aku memang belum pernah sama sekali nonton dorama. Aku jati pengin nonton deh setelah ini.

    2. Aku tertarik banget nonton dorama misteri/kriminal/thriller. Karena aku selalu tertarik sama novel tema ini dan film maupun drakor tema ini sih. Jadi aku beneran tertarik banget mau nonton dorama misteri/kriminal/thriller ini.

    ID Instagram: @kyaminnie

    ReplyDelete
  28. 1. Menurutku postingan kakak sudah bagus banget. Jelas banget juga. Aku yang nggak tahu dan belum pernah nonton dorama, jadi tahu berkat postingan kakak. Aku selama ini tahunya tuh drakor aja. Dan aku memang belum pernah sama sekali nonton dorama. Aku jati pengin nonton deh setelah ini.

    2. Aku tertarik banget nonton dorama misteri/kriminal/thriller. Karena aku selalu tertarik sama novel tema ini dan film maupun drakor tema ini sih. Jadi aku beneran tertarik banget mau nonton dorama misteri/kriminal/thriller ini.

    ID Instagram: @kyaminnie

    ReplyDelete
  29. yaampunn tanggal 7 kemarin hahaha, dan aku nggak komen
    baideweiiii nggak nyangka banget kalau ada giveaway kayak gini berasa ulang tahun yang keberapa gitu ya

    1. postingan doramatalk di blog ini alias twocappuccinosaday bener bener membuat aku mempunyai beberapa referensi tontonan J-drama, yang selama ini udah juarang atau bahkan nggak pernah lagi aku tonton setelah tahun 2000-an
    dan referensinya juga ngasih beberapa genre dari yang tontonan ringan sampe berat. Pembaca juga jadi punya banyak pilihan

    2. kalau aku nonton dorama atau J-drama milihnya genre yang B aja, alias yang nggak terlalu berat atau misteri. jadi kayak cerita anak SMA atau khas keluarga / family. Macam SOS tahun 2000an itu atau kayak anchor women yang ala ala wanita karir.

    IG : @ainun_isnaeni

    ini aja jawaban aku dari tim hore hore :D

    ReplyDelete