Comfort Food

Monday, December 7, 2020


Comfort Food apaan sih? Makanan yang menenangkan?

Pengertian comfort food dari yang aku baca-baca selama ini sih, makanan yang bikin kita nyaman dan kembali bersemangat. Terutama di saat kita sakit atau enggak nafsu makan, ada makanan-makanan tertentu yang bikin kita jadi merasa lebih baik dan bisa mengembalikan nafsu makan kita lagi.

Makanannya bisa apa aja sih yaa, kayaknya. Misalnya ada yang comfort food-nya Sup Ayam Jamur, atau ada juga yang lebih pilih gorengan. Atau ada juga yang comfort food-nya adalah masakan buatan ibunya.

Kebetulan yang terakhir itu yaa aku hahaha.

Salah satu comfort food aku adalah nasi goreng buatan ibu. Kalau pulang ke Bogor nih, masih di jalan terus ditanyain mau makan apa, aku pasti jawabnya nasi goreng hahaha. Jadi yaa Ibu enggak usah repot-repot nyiapin masakan ribet kalau anaknya mau pulang, siapin aja nasi sisa sama bakso, sosis, telur, dan kalau ada yaa suwiran ayam hehehe.

Sayangnya, aku udah hampir satu tahun enggak pulang niih jadinya kangen bangeeet sama nasi goreng ibu huhuhu.

Yaelah, nasi goreng doang, bikin sendiri kan bisa? Atau beli gih, di abang-abang Tek-tek. Mohon maap, beda yaaa.

Selain nasi goreng ibu, makanan yang jadi comfort food aku adalah Sushi. Aku sukaaaaa banget banget sushi! Lagi enggak nafsu makan, terus diajakin makan sushi nih, langsung semangat hahaha! Kesukaanku adalah Salmon Belly, karena rasanya segar banget!

Sayangnya lagi, sejak pandemi aku belum ketemu sushi lagiii hiks. Belum berani ke restoran sushi langganan yang letaknya di dalam mall, dan kalau delivery tuh entah kenapa kayaknya enggak bakal sesegar kalau makan di tempat jadi aku enggak yakin akan puas.

Jadi ini maksudnya ngomongin comfort food atau makanan yang dikangenin sih? Enggak jelas banget hahaha...

Gara-gara pandemi lagi, kayaknya comfort food aku sekarang rada bergeser jadi... Martabak. Hahaha yes, bener martabak. Martabak telur yaa, bukan yang manis.

Sejak pandemi, dalam sebulan bisa beberapa kali aku beli martabak. Dibanding dulu yang beli martabak biasanya sekali-sekali aja kalau lagi pengin dan ada teman yang mau beli barengan juga. Sekarang mah beli sebungkus martabak yaa beneran dilahap sendirian. Pernah beberapa waktu lalu beli barengan teman dan akhirnya aku enggak puas karena cuma kebagian empat potong dan akhirnya besoknya aku beli lagi buat dilahap sendiri hahaha.

Iya, secinta itu gue sama martabak sekarang.

Martabak favoritku sejauh ini adalah Insinyur Martabak. Aku enggak tahu dia ada di luar Bandung apa enggak, soalnya di Bandung sendiri dia ada beberapa cabang. Martabaknya enaaak, dagingnya enggak pelit dan pakai telur bebek jadi rasanya guriiih nyenengin gitu. Harganya sekitar 30ribuan sih, tapi ukuran martabaknya besar-besar jadi worth it banget.


Dan belakangan baru nyobain Martabak di dekat kantorku yang sekarang. Enggak ada merk spesifik sih, di kardusnya cuma ditulis Martabak Manis & Telor Bandung Spesial. Baru beli juga tadi pulang kerja hahaha makanya kepikiran jadi nulis gini deeeh.

Enggak kufoto karena habis mandi, duduk terus ngunyah. Dan satu kotak langsung habis sendiri doong tentu saja hahaha. Ini kenapa jadi kesannya aku rakus banget yaa hahaha!

Walaupun masih kangen banget sama Nasi Goreng Ibu dan Sushi, tapi yaa seenggaknya martabak bisa sedikit menghibur aku. Sampai waktunya nanti aku bisa makan lagi Nasi Goreng Ibu dan Sushi, aku akan men-treasure martabak sepenuh hatiku hahaha.

Kalau teman-teman, punya comfort food juga kah? Apa aja niih, ayo sharing-sharing 😆

eya.

29 comments

  1. Waaaaah salah nih lihat martabak jam segini, jadi lapar 😂 Kayaknya besok akan minta mba saya buatkan martabak, hahahaha. By the way, saya suka banget martabak daging, mba Eya. Rasanya enaaaks 🤤 Di Bali agak susah cari martabak enak, akhirnya hunting resep dan minta mba saya buatkan 🙈

    Ohya, comfort food saya itu segala sesuatu yang berhubungan sama ayam 🤣 Mau ayam goreng, sop ayam, atau apapun yang ada ayamnya. Selain itu, nasi goreng juga masuk comfort food, dan clean food (ini pun isinya ayam) *lama-lama saya jadi saudaranya ayam nih kayaknya* Wk 😆 However, lately, saat saya lagi malas berpikir mau makan apa, saya jadi cari Jesrisoles dong hahaha.

    Sudah paling enak dimakan saat bingung mau makan apa, mengenyangkan, enak dan makannya tuh gampang, bisa sambil kerja 😂 Ini bukan karena mamanya mba Jane yang punya, tapi saya betulan suka banget sampai kadang nggak enak setiap ngidam dan mamanya mba Jane nggak jualan, saya ended up email mba Jane untuk pesan 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Eno tengah malem masih blogwalking astaga 😱 Udah bilang ke mba untuk dibuatin martabak Mba? 😁😁

      Mba Eno suka banget ayam yaa berarti, apapun yang dibuat dari ayam berarti udah bisa jadi comfot food buat Mba Eno. Enggak saudaraan dong Mba Eno, masa makan saudara sendiri *ditabok* 😂

      Waaah aku juga ngiler banget waktu lihat Mba Eno bahas Jesrisoles. Belum ada kesempatan buat nyicip, padahal aku juga suka banget risoles niih. Penginnya kalau suatu saat ke Bali lagi bisa nyicip Jesrisoles juga. Dari foto aja udah mengundang banget ya Mba Eno, apalagi rasanya huhuhu 🙈

      Delete
    2. Anaknya mama yang punya Jesrisoles hadirrr 🙈 Mama pasti nge-fly banget deh baca komentarnya Mba Eno hihi

      Delete
  2. Aku setuju banget soal sushi dibungkus malah nggak gitu enak. Soalnya pernah waktu awal-awal PSBB, aku sama suami ngidam banget makan Sushi Tei, akhirnya melipir deh ke Cibubur demi makan sushi. Cuma karena dibungkus, rasanya jadi nggak se-wah makan langsung. Sushinya dingin gitu 😔 Apalagi suami doyannya sashimi, nggak bisa di-takeway juga kan huhu

    Eyaaa, pulang Bogor cobain martabak telurnya Aphin deh, kemarin aku baru makan juga setelah sekian lama dan endullll sekali 🤤 tapi kalau orang lokal banyak yang jagoin Martabak Air Mancur juga, kamu pernah coba kah? Terus aku penasaran, ngabisin seporsi martabak telur gimana caranyaaaa? 😳

    Kalau comfort food buatku sama kayak kamu, semua jenis masakan mama! Entah itu sup telur (kalau lagi sakit), bakmie, dan lainnya. Entah kenapa masakan biasa tapi tangan mama yang buat tuh rasanya beda yaaa, ada sensasi menenangkan hihi 😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh Sushi Tei aja dibawa pulang jadi kurang nikmat yaa? Sushi tuh emang enaknya pas dateng langsung dilahap, makanya kalo makan di sushi biasanya lama milih2nya, makannya ga sampe 10 menit wkwkwk.. Aduuh kamu bahas sashimi aku juga kangen banget sashimi niih 🙈

      Barusan googling, kayaknya lumayan jauh dari rumah, tapi gampang lah kalau ada si adek 😂 Martabak Air Mancur tuh pernah dibawain duluuu lumayan sih enak juga.. Hahaha martabaknya abis dipindah ke piring, geletakin aja di tempat yang keliatan mata. Langsung abis sendiri Jane wkwkwk 🙈🙈

      Betuull kayak ada bedanya aja gitu kan yaa? Bukan cuma sekedar rasanya, tapi ya itu ada perasaan menenangkan dari masakan ibu 😁

      Delete
  3. Kak Eya sama kayak ibukku suka martabak telur bebek🤣 dan tau nggak sih Kak kalau di Malang nyebut martabak manis itu terang bulan, jadi gerobak abangnya bertuliskan martabak dan terang bulan😂

    Btw comfort food-ku sepertinya setelah aku pikir dan aku rasa-rasakan adalah...pizza atau burger🤣🤣🤣 habis makan itu rasanya seneng banget dan besoknya nafsu makan meningkat wkwk bisa gini ternyata, baru sadar juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih gurih Endah martabak pakai telur bebek 😂 Iyaa di daerah Jawa Tengah ke Timur emang nyebutnya gitu ga sih? Gemes yaa namanya terang bulan 😆

      Endah anak ameriki banget yaa comfort food-nya pizza dan burger wkwkwk ga mau tambah avocado biar kayak Om-nya? 😂😂

      Delete
  4. Masakan ibu adalah comfort food nomor 1!! Huhuhu. Mungkin soup ayam sosis buatan mamaku yang menjadi comfort food aku, walaupun semua masakan mama sih pasti aku suka 🤤. Bahkan masak indomie aja kok rasanya kalau mama yang masak tuh beda?! Wkwkwk.

    Aku juga suka sushiiii, Kak Eya 🙈. Setiap lihat sushi pasti ngiler dan pengin beli deh. Apakah ini termasuk comfort food? 🤣

    Tapi kayaknya sekarang comfort food aku tuh Klepon deh 🤣. Asli, kalau makan Klepon sekarang tuh hati jadi rilex banget. Ini Klepon isi gula merah atau opium ya? 🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah Lia, ibuku kalau bikin Sop juga suka pakai sosis.. Meanwhile di sini jarang banget makan Sop huhu.. Beneeerr ini makanya aku kalo pulang ke rumah jadi manja, indomie aja maunya dimasakin soalnya emang beda hasilnya 😂😂

      Mungkin termasuk Liaa atau mungkin cuma ngiler ajaa 😂😂 kayaknya kita kalau nanti nonton konser Tulus bisa sekalian mampir makan sushi nih 🙈

      Ninu ninu doong Liaa kalo kleponnya isi opium weeey 😂😂😂 Tapi klepon tuh emang enak siih apalagi yang gula merahnya melimpah, kayak langsung meledak gitu di mulut kaan.. Uuu jadi pengin klepon 😂

      Delete
  5. Sebelum ngomongin menunya apa, comfort food ku adalah nasi putih. Nasi putih dijadiin nasi goreng, nasi padang, nasi putih cuman makan sama tempe goreng dan sambel, atau garem doang. Udah enak bangeeett!!

    Jadi menu-menu turunannya kayak yang kamu suka macam sushi, aku juga sukaaa!! Dijadiin kimbap juga enaaakkk!! Hufftt.. tapi aku tak bisa makan sering-sering. Dipastikan dalam waktu seminggu aku bisa naik 5kg, cuman gara-gara makan nasi putih setiap hari, 3x sehari. 😅 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi putih pakai kuah padang pun enaknyaaaa luar biasa yaa? 😍 Kalau waktu kecil dulu suka dibikinin nasi pakai mentega, jadi guriiih enaaak 😆

      Bener banget, nasi putih tuh emang gampang banget nambahin berat badan. Apalagi kalau misalnya makan sushi atau kimbap pasti ga berasa main comot-comot tau-tau yang masuk udah lebih dari porsi sepiring kita yang biasanya deh 😂

      Delete
  6. kayaknya aku salah deh baca postingan ini malem-malem gini
    apalagi di luar mendung 🤤

    btw kita samaaan mbaak
    aku juga doyan banget martabak telor
    sekotak bisa sukses masuk perut semua 🤪
    kalo nggak gitu kadang siomay atau batagor
    aduh gabisa banget nolak sejelek apapun mood ku haha

    btw, salam kenal mbak
    terima kasih bikin aku berpikir untuk beli martabak juga :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha ayooo Mba, jajan martabak *ngomporin*

      Waah so happy soalnya aku enggak terkesan rakus sendirian hahaha. Enak banget kan emaang martabak telor tuuh, kayak ga rela bagi-bagi sama orang lain jadinya 😝 Aaah aku juga suka siomay! Enak banget sih ituu apalagi kalau makannya masih anget huhu.. Batagor juga suka tapi lebih suka siomay yang dikukus.

      Salam kenal juga Mba Dea, selamat jajan martabak 😆

      Delete
  7. kalo comfort food itu maknanya adalah makanan yg bikin kita senang dan semacam moodbooster, berarti nasi padang adalah comfort foodku. hahaha... *tapi jarang makannya, biar terasa spesialnya, sebulan 1-2x aja

    Sebetulnya aku termasuk pecinta makanan manis, ,duluuuuu banget paling suka cheese cake-nya breadtalk kalo ga salah, kalo ga beli di BIP, ada di Ciwalk. trus rotiboy jg.

    Tapi semenjak negara api menyerang *yah... masih dipake ya* maksudnya ketika pada satu waktu pernah merah-merah banyak di badan, jd tau kalo aku ternyata udah ga kuat sama gluten dan gula putih dan susu dairy jg. jadi udah beberapa tahun ini ga pernah ngerasain comfort food yg kusebut diatas (kecuali nasi padang).

    Sekarang comfort food-ku adalah makanan tradisional Indonesia seperti apapun yg dijajakan tukang bajigur deh untuk singkatnya mah.

    kadang masih terasa sedih karena ga bisa jajan bebas seperti dulu lagi, tapi setelah merasakan perubahan dan badan jadi lebih bugar, i think i made a right choice.

    Sekarang, aku memahami kalo comfort food yang paling nikmat adalah rasa syukur karena bisa makan enak. *dewasa sekali yaa

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi Padang emang numero uno siih! Aku sampai mikir, ada ga ya orang yang ga suka nasi Padang? Yaa pasti ada aja sih, tapi kayaknya mustahil hahaha

      Waah cheesecake-nya Breadtalk enak siih emang, cuma harganya juga yaah wkwkwk.. Sayang sekali yaa udah ga bisa makan lagi, tapi demi kesehatan siih kalau emang ga baik mending dihindari. Btw di Bandung tuh ada toko cheesecake namanya Cizz, menurutku cheesecake di situ sangat enak ngalahin Breadtalk, hehehe udah pernah nyoba belum Dy?

      Waah ubi rebus yang dijual tukang bajigur itu mantap siih! Hahaha aku ga terlalu sering jajan itu tapi kalau pas kebetulan ketemu, pasti belinya ubi rebus 😆

      Betul Dy, kesehatan itu nomer satu. Emang siih sedih rasanya ga bisa lagi makan makanan yang disuka. Tapi pasti lebih sedih lagi malah, kalau jadi sakit gara-gara makanan yang disuka. Toh kita bisa menemukan kesukaan dari makanan lainnya yang lebih bisa tubuh kita toleransi kan? Hehehe

      Delete
  8. Comfort food-ku: gorengan for lyfe! Wkwk

    Lagi ga selera makan, disodorin gorengan pake cengek, pasti langsung foodgasm *anakanya gampangan ��*

    Tapi kalau perut/tenggorokan lagi ga enak (gara2 kebanyakan makan gorengan ��), nasi putih hangat sebagai penyelamat. Ga ditambahin apa2, cuma gitu aja sebagai syarat enakan lagi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uuuuw aku juga suka banget gorengan siih 😍

      Bakwan atau cireng niiih biasanya paling mudah buat memancing selera makan!

      Eeh nasi putih doang ga pakai apa-apa? Aku belum pernah siih karena sebenernya ga terlalu ngefans sama nasi putih aja hahaha palingan pakai nori, itu juga udah enaaak asal nasinya hangat 😁

      Delete
  9. Comfort food ku:
    Pempek buatan emak. Pempek yang biasa dijual di tempat lain sih, kalo murah kecil dan kurang enak. Klo mau enak n besar, harga nya mahal. Hahhaa

    Eh btw dari komen2 di atas banyak yg bilang klo makanan emak jd comfort food yaak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaak pempek juga enak!! Kebetulan di deket kostan ada pempek enak dan cukup terjangkau asal ga kalap makannya wkwkwk.. Pernah dibawain pempek bikinan ibunya temen jugaa, beda yaa rasanya dari pempek yang dijual, kayak ada rasa-rasa rumahnya gitu 😆

      Karena makanan enak pasti makannya nikmat dan bikin nyaman kali yaa jadi beberapa orang milihnya general aja makanan enak 😆

      Delete
  10. Kalo makanan yang bisa bikin semangat kayaknya tidak ada karena dalam memandang makanan saya kadang mood-mood-an. Kadang senang itu, kadang senang ini. Tapi kalo lagi sakit, terus ditanya apa makanan yang bikin semangat (dalam artian sehat) kayaknya makanan-makanan pedis. Salah satunya Indomie Coto Makassar. Paling kalo habis makan itu, keringat keluar, beberapa jam setelahnya segar lagi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kayaknya di Bandung ga ada Indomie Coto Makassar nih.. Aku suka Coto Makassar pengin tau kalau di Indomie gimana rasanya 🙈 Bener, kalau lagi sakit enak makan yang berkuah segar-segar gitu kayaknya, biar cepat berkeringat jadi cepat sembuhnya 😆

      Delete
  11. Comfort food aku adalah mie ayam atau bihun ayam. Ga lupa di kasih kecap manis. Mungkin bisa di bilang yamin gitu, tapi aku ga suka kalo orang yg kasih kecap manisnya. Jadi biasanya pilih yg gurih trus aku kasih kecap manis sendiri hhha.

    Kalo masakan mama, aku paling suka cumi balado. Cumi nya pake cumi asin yaa trus di cabein merah gitu. Makan pake telor dadar. Duuh nasi bisa nambah. Ikan teri balado jugaa enak. Makanan yg nuansa sunda itu aku sukaa. Segala pepes juga enaaak. Kalau dessert aku suka yg ada kejunya. Pecinta keju deeh. Jadi laperrr 🤤

    Setuju kalo sushi itu di bungkus kaya kurang nikmat. Entah kenapa sensasi makannya jadi berbeda.

    Btw, aku dulu kalo makan martabak telur pasti pake nasi putih. Jadi ga pernah bisa satu box habis sendiri. Sejak dulu papa tuh kalo makan martabak ya pake nasi putih. Padahal enakan makan nya di gado yaa hhha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih samaaa aku juga suka yamien manis tapi lebih suka nambahin kecap sendiri, karena kalau dibikinin abangnya pasti eneg kemanisan 😂😂

      Makanan Sunda tuh emang ga bisa dimakan sedikit yaa apalagi kalau emang enak, udah pasti nambah deeh ditambah nasinya pake nasi liwet uuuuwww

      Aku kadang juga suka sih pake nasi putih, cuma emang lebih enak digado siih 😅

      Delete
  12. Then there are the more upscale Manga animations such as the popular movie "Appleseed". In this animation you will find the characters are drawn more realisticly with a certain Manga flair. Fate Anime Series

    ReplyDelete
  13. saat ini comfort food nya aku nasi goreng hahaha, dalam sehari bisa dua kali.
    jauh sebelum nasi goreng, aku demen sama Swiwings mbak, ada ga ya di kota mba eya? sayap ayam tepatnya mbak, mirip kayak KFC. dulu bisa seminggu sekali pasti makan ini kalau lagi ngemall. ga ada bosennya, heran deh

    ReplyDelete
  14. Learning from, and later quoting, a knowledgeable person on any subject is always preferable. Avoid books that were written by casual magazines, news groups or enthusiasts. These tend to be superficial and lack relevant citations to back their claims. demon slayer

    ReplyDelete
  15. This really is really fascinating, You're an อ่านการ์ตูน extremely experienced doodlekit.

    ReplyDelete
  16. I値l make sure so that you can take note of them plus return to read simple things extra within your handy info. manga

    ReplyDelete
  17. For anyone interested in keeping chicken, making a choice on the chickens to keep would probably be the first thing to do. This will depend on whether you want your chicken only for eggs, meat or as pets. chicken paws bulk

    ReplyDelete