Child's Play

Tuesday, March 2, 2021


Ngomongin mainan kesukaan pas kecil, kayaknya enggak terlalu ada bedanya sama sekarang aku udah segede ini yaa... Lihat dari cover postingan ini aja deh, itu mainan yang masih jadi koleksiku sekarang wkwk. Walaupun mainannya yaa udah enggak pernah dimainin lagi, alias cuma jadi pajangan dan teman bobok.

Dari kecil, aku kayaknya memang suka banget main boneka. Baik itu boneka plushie yang biasanya berbentuk hewan, Barbie, Action Figure (jangan hujat aku please, namanya anak kecil ngertinya Action Figure itu mainan huhuhu), bahkan sampai boneka kertas yang bisa dress-up gitu, alias terkenalnya sebagai bongkar pasang.

Kenapa disebutnya bongkar pasang yaa btw?

paling sering ada di abang-abang ya seri yang begini nih

Kadang ada juga yang bentuknya karakter-karakter Sailor Moon! Tapi karena biasanya model bajunya itu-itu aja, aku sering bosan dan akhirnya jadi suka gambar sendiri, diwarnain dan digunting buat dipakaikan ke boneka kertasnya.

Malah pas udah kelas 5 atau 6 SD gitu (bahkan sampai SMP kayaknya masih suka mainan dress-up) lebih suka gambar sendiri bonekanya. Apalagi pas SMP jamannya udah suka baca Shojo manga alias Serial Cantik, suka mengkhayal kalau yang dimainin tuh karakter dari manga. Jadi misal kurang puas sama suatu adegan, aku tambahin sendiri dengan cara mainin boneka kertas buatanku sendiri 😆

Dulu beberapa masih suka aku simpan lho, disimpan di kardus gitu. Tapi gara-gara pindahan kayaknya pada hilang deeh. Mungkin dikira sampah terus dibuang sama Ibu :((

boneka barbie seri fashionista | pic credit to freestufffinder

Aku memang udah suka ngayal dari kecil ternyata guys, makanya sukanya mainan boneka. Ngarang plot cerita sendiri, walaupun seringnya enggak nyambung misalnya boneka Barbie dipasangin sama Action Figure Son Goku punya si Adek wkwk, terus mereka naik boneka kura-kura yang ceritanya bisa terbang, berpetualang sampai ketemu musuhnya robot-robotan Power Ranger 😂😂

Orang mah Power Ranger jadi pahlawan ini malah dijadiin musuh tuh piyeee?? Makanya sering berantem sama si Adek soalnya khayalanku sama khayalan dia clash gitu WKWKWKWK. Terus dia juga suka bete kalau Gokunya udah aku ambil sebelum dimainin sama dia 😂😂

Aku enggak pernah suka Ken, pasangannya Barbie, karena menurutku mukanya seram 🙈 Makanya aku lebih suka masangin si Barbie sama si Goku, kebetulan ukurannya cocok. Pernah punya satu dan akhirnya dikasihkan ke orang karena aku enggak mau mainin dia hahaha jahat yaa?

Jadi inget Bonnie di Toy Story 4 yang males mainin Woody, aduuh jangan-jangan si Ken nangis-nangis pas dikasih ke orang lain?

Oh iya, Barbie favoritku itu yang seri rambutnya bisa diwarnai, pernah tahu enggak? Ini dulu cukup sering muncul iklannya di tivi dan setelah merengek-rengek ke Bapake, akhirnya dibeliin juga wkwkwk. Aku cari-cari gambarnya di google enggak ketemu hiks. Kayaknya dia masih ada deh, di rumah, sama beberapa Barbie lainnya yang masih bagus dan si Goku juga yang dikardusin lagi sama Ibu buat pajangan.

Tapi bonekaku paling banyak yaa plushie alias boneka binatang! Mereka tuh bentuknya lucu-lucu dan empuk siih, makanya betah banget bobo ditemenin mereka hehehe.

Dari kecil, tiap ke mana pasti belinya plushie. Even udah seumur sekarang pun kadang masih suka beli plushie kalau memang bener-bener suka, dan lagi diskon tentunya hehehe. Terus sering juga kalau ulang tahun dapet kadonya boneka.

Makanya enggak di rumah, enggak di kost, plushie aku numpuk, banyak beeet! Tapi sekarang kayaknya sebagian besar udah disumbangin sih, enggak ada tempat nyimpannya juga di rumah.


Boneka kelinci ini udah aku punya dari SD. Dulu ada pita di lehernya, enggak tahu kapan hilangnya wkwkwk. Satu-satunya boneka masa kecil yang aku bawa merantau, yang lainnya ditinggal di rumah dan beberapa masih dipajang di kamarku di rumah buat jadi teman bobok pas pulang hehe.

Di sebelahnya itu boneka kuda, atau keledai yaa karena kakinya pendek? 🤔 Aku beli pas jaman kuliah dulu, sampai sekarang jadi boneka kesayangan.

Selain itu dulu juga suka mainan action figure Digimon. Aku kan memang suka banget Digimon Adventure yaa... Jadi dulu punya beberapa figure-nya yang beli di abang-abang gitu, dari anak-anak terpilihnya sampai digimonnya. Kalau yang original atau official keluaran Bandai gitu cuma punya satu yang Garudamon, terus si Adek punya yang Kabuterimon.

Sayangnya dua mainan ini udah enggak ada di rumah, alias sama Ibu dikasihin ke sepupu yang kecil-kecil heeuuu~ padahal anaknya masih demen Digimon tahu Buu :((

Dulu punya yang paling ujung kanan, itu bisa berubah dari awalnya bentuk burung gitu | pic credit from @DaiSoDoPop

Oh iya, karena pas beli udah diwanti-wanti supaya enggak cepat rusak, karena harganya cukup bikin muka Bapak berkerut-kerut wkwk, jadi kalau main sama action figure yang official ini hati-hatiii banget. Enggak sampai yang diadu-aduin gitu, kayak kalau main sama versi beli di abang-abang wkwkwk apakah ini diskriminasi terhadap mainan? 😂

🍀

Enggak ada habisnya ngomongin mainan wkwkwk. Aku kayaknya sejenis Andy dan Bonnie dari Toy Story gitu, yang kalau main sama para mainan bisa yang berkhayal ke mana-mana. Terus kalau udah bosen, digeletakin aja mainannya wkwkwk.

Kadang juga suka sih, main keluar sama teman-teman sekomplek dulu. Kayak main petak umpet, benteng, sepedaan atau pas gedean sedikit mainnya Monopoly atau Scrabbles. Kadang nih, kalau udah main Monopoly atau Scrabbles di rumah teman, sampai lupa waktu, tahu-tahu udah dicariin sama Ibu suruh pulang soalnya udah mau Maghrib hahaha.

Terus kadang juga mainan bongkar pasang atau Barbie suka sampai diboyong ke rumah teman! Kadang ada mainan yang ketuker juga jadinya karena main bareng-bareng wkwkwk.

Duh, jadi kangen mainan-mainanku di rumah. Lagi pada ngapain yaa mereka sekarang? 👀 Kalau kalian suka mainan apa aja waktu kecil?

eya.

22 comments

  1. Adik saya yang perempuan juga suka mainin barbie-barbiean yang palanya bisa dicopot. Jadi pas dia tidak tahu, kepalanya saya copot terus sambung ke action figure monster. Ha ha ha.

    Kalo pas kecil, selain boneka barbie-barbiean, ada juga yang kayak kak Eya bilang yang kertas itu, yang bajunya bisa diganti-ganti. Kadang saya ngeliat betapa serunya anak cewek mainin ini di rumah-rumahan yang mereka buat dari kardus. Pas jaman binder, akhirnya coba main juga. Saling tuker-tukeran binder. Ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKWKWK NGAKAK Rahul apakah kamu semacam Sid di Toy Story?? Ganti kepala boneka Barbie ke action figure monster 😂😂😂

      Ah iya bener, bikin rumah buat boneka kertas dari kardus bekas, terus bikin kursi dari kartu 😆 Tuker-tukeran binder tuh sebenernya fungsinya buat apa yaa, tapi seru aja gituu wkwkwk. Dulu pernah dimarahin guru gara-gara lagi pelajaran malah tukeran binder 😂😂

      Delete
  2. Ih Kak Eya dari kecil aja udah kreatif banget 😍, berarti menjadi seseorang yang pada akhirnya bergerak pada bidang desain tuh cucok banget ya karena bibitnya juga udah kelihatan dari kecil 🤭. Aku juga suka main dress-up itu tapi cuma sebentar aja mainnya, itu juga pas udah SD akhir jadi semacam telat 😂.
    Aku ingat dong Barbie yang bisa diwarnain rambutnya! Soalnya itu salah satu Barbie yang aku pengin pas lihat iklannya di TV 🙈. Jadi keinget kalau udah hari Minggu, pasti deh iklan di TV kebanyakan soal mainan dan iklan Barbie paling sering muncul, terus setiap kali ada yang baru, bikin mupeng 🤣
    Kak Eya dari kecil sukanya yang keker-keker ya badan cowoknya 😝 Apakah sekarang hal itu masih terbawa sampai besar? Lebih suka pria yang manly dan keker dibanding yang kayak Ken? Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha iya kayaknya memang terpengaruh banget sama kesukaan ngegambar dari kecil, makanya kuliah akhirnya ambil desain 😆

      Yeeaay ada yang tahu juga! Cakep banget kaan beneran kalau disisir pakai air tuh rambutnya berubah warna jadi pink/ungu gituu tapi emang cuma tahan beberapa jam gitu. Itu teknologi apa yaa btw? Wkwkwk... Iyaa bener bener, dulu tiap minggu iklannya banyakan mainan, orang tua pada sebel kayaknya karena tiap minggu pasti anak-anak merengek minta mainan baru 😂

      HAHAHAHAAA tapi enggak suka yang sekeker Goku jugaa serem 😩 Itu sih emang karena takut sama mukanya Ken, terus ga ada lagi boneka cowok yang bisa dipasangin sama Barbie selain Goku. Mainan adikku lainnya ga ada yang beneran bentuk manusia, kalau ga robot ya monster 😂😂

      Delete
  3. Setuju dengan Lia, setelah baca postingan ini aku juga jadi mikir kalau Kak Eya itu kreatif dari kecil. Aku mikir begitu karena Kak Eya bilang kalau menggambar sendiri pakai untuk boneka kertasnya. Dulu aku pernah coba main boneka kertas yang bongkar pasang begitu, tapi bagian kerahnya jadi sobek setelah digunting dan gak bisa dipasang pakaiannya. Jadi gak mau main boneka bongkar pasang lagi setelah itu.

    Karena Kak Eya menyebut Toy Story 4, aku jadi ingat belum nonton film itu hingga sekarang. Yah, mungkin bisa lain kali nontonnya, semoga.

    Boneka kelincinya Kak Eya besar menurutku. Kalau dilihat dari fotonya, sih.

    Kalau main di luar sama teman-teman komplek gitu, aku gak pernah kayaknya. Rumahku bukan yang di komplek begitu. Dulu kayaknya aku sering nonton adikku main PS, juga main Nitendo DS milik adikku atau main PSP yang kubeli dari toko sepupuku. Nitendo DS-nya entah di mana sekarang, tapi PSP-nya masih ada. Biarpun PSP-nya harus disetrum supaya bisa nyala, sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa makasih Sella, ini akibat bosen karena bajunya itu-itu aja siih kalaupun beli lagi juga 😆 Oiyaa bener, kalau kerahnya kepotong jadi ga bisa dipasangin ke orangnya yaa... sama problem lainnya kalau udah terlalu lama, bagian lehernya jadi rapuh terus kepalanya gampang terpenggal deh 😢

      Toy Story 4 bagus Sella, ayok ditonton 😆

      Iya cukup besar memang, apalagi waktu aku kecil, suka banget makanya bawa dia ke mana-mana, buat sandaran di mobil enak juga 😆

      Tapi memang beberapa anak lebih suka/cocok main di dalem rumah sih ya Sella, ga semuanya suka main di luar. Eh disetrum dulu karena apa? Baterenya udah rusak kah?

      Delete
  4. Aaah Bongkar Pasang toh arti dari BP-BP-an HAHAH pada circleku, aku nyebutnya BP-BP-an tanpa tau itu artinya apa. Kupikir emang namanya aja BP.
    Aku punya beberapa. Suka aku lakban gitu biar lebih awet. Soalnya karena keseringan dipasang copot baju, kepalanya sobek dan berakhir terpenggal kan HAHAHA
    Aku juga sempet gambarin sendiri karakter BP, tapi hasilnya jelek jadinya ga aku pasang dah hahaha

    Kak eya sungguh kreatif sekali dari kecil uda bisa bikin karakter BP hehe

    Buat Barbie, ini mainan yang sangat aku inginkan. Tapi ortu ga pernah beliin sampai akhirnya aku nabung buat beli sendiri. Barbie murah yang sebentar doang rambutnya jadi kusut kaya mak lampir haha eh tapi pernah sekali dibeliin Barbie saat sudah kelas 5 SD. Ini pun karena merengek dan sedang diskon. Akhirnya dibelikan juga. Seneng bgt dan maininnya hati-hati. Biar ga cepet rusak. Kayanya masih ada di rumah, apa sudah dkasiin ya hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa Friis aku kira semua orang tau BP singkatan dari bongkar pasang, bukan Bambang Pamungkas yaa 😂😂 Iyaa beneer, kepalanya mudah banget terpenggal kalau ga dilakban dari awal!! WKWKWK karena diteku-tekuk kali yaa jadi dia gampang lepas 😂😂

      Hahaha makasih Friis itu karena bosen sama BP yang dijual di pasaran 🙈

      Owalaaah iya akupun pernah beli Barbie di abang-abang gitu, rambutnya ga bisa diapa-apain, terus bahannya beneran dari plastik, dulu Barbie-ku yang gini banyak bolong-bolongnya gara-gara dicocok jarum sama Adek 😤

      Delete
    2. Aku termasuk yg ga tau singkatan dari BP kak hahaha
      Semua BP kayanya gampang banget terpenggal. Butuh dilakbanin dulu memang

      Aduuuh tega benerr dicolok jarun sama adekkkk 😣😣😣

      Delete
    3. Ahahaa tapi dulu waktu kecil kayaknya ada masanya juga aku ga tau BP itu singkatannya apa sih 😂

      Iyaaa karena bahan dasarnya tetap kertas yaa jadi gampang terpenggal wkwkwk... kadang kalau udah dilakban jadi susah dipakein baju ga siih?

      Delete
    4. Aku br tau singkatanny skrg kak 🤣🤣🤣

      Malah jd lebih pakem ga si kak? Klo aku s jd lebi nyantol gt bajunyaa

      Delete
  5. Mba Eya keren banget sampai design ulang baju-bajunya hahahahaha 😆 Indeed, anak creative memang beda, yaa ~ Kalau saya dulu sering main bongkar pasang, tapi part yang saya suka itu saat design rumah, semacam menentukan di mana kasurnya (At that time, kadang kasurnya pakai kaset hahaha), terus di mana dapur, meja makan endeblabla. Dan ini terpatri sampai sekarang, mungkin karena itu saya suka interior rumah 😂

    Ternyata kesukaan kita jaman kecil, bisa connect ke-hidup kita di masa depan 😍 And then, untuk boneka plushie, saya kayaknya nggak punya banyak. Ingat dulu pernah dibelikan satu boneka macam dari Taman Safari sama ayah, dan beberapa boneka Teddy oleh Ibu, sudah itu saja 🤣 Tapi memang plushie enak banget buat teman tidur, especially jika materialnya lembuuut, duuuh bisa dipeluk-peluk 🙈

    Terima kasih mba Eya sudah berbagi cerita 😍💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah Mba Eno pun kreatiiiff, udah mikirin dekorasi rumahnya malah dari jaman kecil. Pasti seneng pas setelah dewasa kesampaian mendekor rumah sendiri yaa Mba Eno?

      Iyes bener, aku juga baru nyadar ini lhoo 😆 Aku punya juga boneka macan dari Taman Safari, lengkap sama topi bentuk gajah 😂 Iya yang materialnya lembut terus kapas di dalamnya juga ga terlalu padat jadinya empuk buat dipeluk 😊

      Makasih juga Mba Eno suda baca dan komen 💖

      Delete
  6. Kak Eya Kak Eya, entah kenapa boneka kertas gitu di daerahku namanya gambar mini. Dan yes, dulu aku juga suka banget sama mainan itu. Tapi bedanya sama Kak Eya adalah aku nggak gambar karakter sendiri. Karena aku nggak jago gambar hahaha 🤣

    Terus kalo boneka, iya emang boneka kaya gitu juga booming pada masanya. Terusan pernah beli nih Kak Eya, tapi pas sampe rumah ketika aku perhatiin baik-baik, kok mukanya nyeremin ya? Jadinya apa coba Kak? Ku taruh boneka itu di luar rumah dan nggak pernah aku mainin lagi hahaha 🤣🤣🤣 Takuuutt 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah aku baru denger gambar mini malah. Syifana di mana memang daerahnya? Ahahaha gambarku dulu juga ngasaaal tapi menurut aku bagus-bagus aja namanya anak kecil 😂😂

      Boneka Barbie yaa? Kadang memang ada yang mukanya nyeremin, apalagi yang beli di abang-abang gituuu wkwkwk... aku biasanya jadi takut kalau lagi main terus ga sengaja kepalanya copot, wkwkwk langsung teriak-teriak 😂😂 DIpikir anak kecil ada-ada aja yaa yang ditakutin wkwkwk

      Delete
  7. Bongkar pasang aku sukaaa bgd duluuu. Sampe bikinin rumahnya dr kardus2 bekas. Trus suka mix n match baju2. Dulu aku sampe punya hampir seplastik gede 😆😆 Makasi Mba eya udah ikut membangkitkan memori masa kecil aku.. 💖💖

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa seruuu ya Mba Thessa bikin rumah-rumahan dari kardus bekas 😆 Yang meng-invest bongkar pasang ini harusnya dapet nobel karena bikin banyak anak kecil happy 😆 Sama-sama Mba Thessa, mengenang masa kecil memang asiiik 💖💖

      Delete
  8. Mbak Eya enak ya kalo kitanya jago gambar, pengen mainan sama karakter khayalan sendiri tinggal gambar aja 😁

    Itu khayalan tingkat tinggi berarti ya, berbagai karakter digabungin jadi satu dengan jalan cerita yang udah pasti anti mainstream 😁

    Btw.. action Figure digimonnya nggak coba nyicil beli lagi , ngumpulin lagi gitu ... Soalnya keren2 sih emang tampilan digimonnya, ntar kasih garis piolice line aja biar nggak ada yang berani megang 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mas Edo, aku pun bersyukur memang suka gambar dari kecil jadi bisa melampiaskan kekurangpuasan akan cerita wkwkwk

      HAHAHAA makanya kubilang kayak Andy di Toy Story, kalau main bisa sampai ngayal ke mana-mana, walaupun banyakan ga nyambungnya 😂😂

      Pengiiiin tapi ya gitu kaaan mahal 😭 Apalagi yang versi sekarang tuh, evolution figure-nya langsung misal dari Agumon langsung jadi Wargreymon gitu, lucu banget kaan dari imut-imut langsung berubah sangar 😭😭

      Delete
  9. OMG BONGKAR PASANG MAINAN FAVORITKU PADA MASANYA T_____T pernah ada yang cantik banget, sampe aku bela-belain belinya di tempat yang jauh xD sekarang ilang semua ya kan sudah pasti wkwk. Dan Kak Eya sungguh sangat kreatif sampai bikin-bikin sendiri baju sama orangnya *tepuk tangan* nggak heran gedenya kuliah jurusan desain *tepuk tangan lagi*

    Ngakak banget bagian khayalan Kak Eya clash sama khayalan adiknya Kak Eya xD aku sama kakak laki-lakiku juga gitu, kalau ngayal beda banget dulu, aku ngayalnya apaan dia ngayalnya apa, dia suka ngayal yang ujung-ujungnya zonk gitu lho kak xD males banget kan aku inginnya happy ending xD

    Action figure ternyata fungsi utamanya buat pajangan ye Kak bukan buat mainan xD :P Kak Eya primpen banget ya plush dari SD masih ada, punyaku ilang semua gara-gara pindah rumah. Terus gedenya beli plush K-Pop dua, yang dua-duanya harganya kalo aku bilang beneran ke ibukku pasti bakal disinggung-singgung terus tiap lebaran xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya hampir semua anak cewek suka main bongkar pasang ga siih? Sekarang masih ada ga siih, pengin ngasih/bikinin bongkar pasang deh jadinya buat keponakan hahaha... Habis bosen Ndaah karena bentuk orang dan bajunya gitu-gitu doaang wkwkwk

      Khayalan anak cewek dan anak cowok tuh yaa susah disamainnya wkwkwk. Makanya ga heran kalau main bareng ujungnya jadi berantem 😂😂

      Hahaha soalnya mahaaal kalau buat mainanan sayaang cepet rusak 😭😭 Tapi kalau kayak action figure aku sama adikku jaman kecil, yang belinya di abang-abang sih gapapa buat mainan soalnya terbuat dari plastik biasa 😂 Bonekaku masih pada adaa di rumah juga Endah, sama Ibu dirawat wkwkwk kayaknya buat ngeramein kamarku juga biar ga kosong-kosong amat 😆

      Delete