ODOP on Review

Wednesday, March 10, 2021


Huwaah! Sebelumnya aku mau minta maaf dulu, soalnya belum sempat balas komentar teman-teman di postingan selama mengikuti ODOP (One Day One Post) kemarin huhu. Rada keteteran jujur, tapi ini lagi nyicil bales-balesin kok ๐Ÿ˜†

Jadi ceritanya hari ini janjian sama para peserta ODOP kemarin buat nulis evaluasi atau kesan-kesan selama mengikuti ODOP. Sang penginisiasi ODOP ini sendiri, Rahul yang ngasih kami beberapa pertanyaan berhubungan sama kegiatan ODOP kemarin buat dijawab.

So, langsung aja aku mau jawabin pertanyaan-pertanyaannya yaaa ๐Ÿงก

Apakah ODOP atau posting sehari sekali adalah hal yang baru untuk teman-teman?

Yes, ini hal baru buat aku sih. Dari awal aku kenal blog, dan bahkan ngeblog di sini, belum pernah posting setiap hari. Biasanya paling postinganku di blog berjarak paling dekat yaa tiga hari.

Tapi hal baru ini ternyata menyenangkan yaa? ๐Ÿ˜† Bisa nulis dan posting setiap hari, dengan tema-tema yang udah disiapkan tentunya. Walaupun agak keteran blogwalking dan balesin komentar, tapi seenggaknya udah bisa konsisten posting tiap harinya, and I'm so happy for it ahaha. 

Cuma enggak tahu deh, kalau harus posting setiap hari tanpa ada tema yang udah disiapkan dari awal, kayaknya masih cukup sulit buatku ๐Ÿ˜…

Proses nulisnya bagaimana?

Aku sempat nyicil beberapa tulisan di hari Sabtu-Minggu sebelum tanggal 1 Maret yang kebetulan jatuhnya di hari Senin. Selebihnya aku nulis tiap malam sepulang kerja, terus baru diedit besok paginya setelah beres urusan sarapan dan siap-siap berangkat kantor.

Kalau paginya enggak sempat ngedit, biasanya aku edit pas jam istirahat, lewat hape karena biasanya jam istirahat bener-bener enggak di depan komputer sama sekali. Dan kalau enggak sempat, atau males duluan ngedit di hape, terpaksa baru diedit pulang kerja deeh heuu~

Kalau ditanya soal kesulitan, sebenernya enggak ada kesulitan yang gimana banget soal proses menulis sih. Tema yang dikasih teman-teman pun asik-asik dan enggak menyulitkan sama sekali (malah kayaknya tema dari aku yang nyusahin beberapa teman yak wkwkwk maapiiiinnn ๐Ÿ™).

Paling rada bingung pas tema dari Rahul, tentang kronik masa sekolah, karena jujur aja masa-masa sekolah paling menyenangkan buatku adalah masa kuliah hahaha. Tapi aku malah enggak masukin masa-masa kuliah yaa kemarin? ๐Ÿ˜… Dan tema dari Mba Eno, hal-hal yang dilakukan saat sendirian di rumah, karena aku anak kost yang hampir setiap hari melakukan apa-apa sendirian, jadinya bingung deh ๐Ÿ˜‚

Impresi baca tulisan teman-teman dengan tema yang sama seperti apa?

Menyenangkan!

Aku merasa baca tulisan temen-temen lainnya dengan tema yang sama dengan yang aku tulis tuh, menarik banget. Kita jadi bisa lihat perspektif lain dari yang kita pikirin. Dari satu tema, bisa jadi tulisan yang maknanya beda-beda karena aku dan temen-temen lainnya nulis sesuai dengan pengalaman personal dan gaya masing-masing.

Jadi inget, bahkan di tema pertama, aku, Lia, dan Frisca sama-sama nulis tentang liburan di Bandung. Tapi cerita yang kami tulis beda banget satu sama lainnya. Atau soal mainan masa kecil, aku dan Sella sama-sama nulis soal boneka, tapi boneka-boneka yang menemani masa kecil kami beda, jadi ceritanya pun jadi beda. Menarik banget sih kalau buat aku.

Kayak yang dibilang Rahul, kayak lagi bertukar pikiran. Literally bertukar yaa karena kami sama-sama nulisin seperti apa kami menangkap tema-temanya ๐Ÿ˜†

Selama tujuh hari membaca pengalaman dengan tema yang sama, apakah teman-teman melihat kecenderungan atau hal yang menarik dari kisah dan cerita teman-teman yang lain?

Kayak yang aku jawab di pertanyaan sebelumnya. Kita bertujuh menulis tema yang sama, tapi hasil tulisan kami beda-beda satu sama lainnya. Kita sama-sama nulis secara personal jadi kelihatan perspektif kami dengan tema itu beda-beda.

Terus, tentu aja cerita semua temen-temen yang ikutan ODOP ini menarik-menarik banget semuanya.

Apakah masih tertarik mengikuti ODOP?

Kayaknya masih, ahahaha bohong ding, TENTU AJA MASIH TERTARIK! Nyenengin kok, nulis tiap hari bareng-bareng sama temen-temen lainnya. Kalau nanti ada yang menginisiasi ODOP 0.2 kayaknya aku bakal ikutan lagi sih, asal lagi enggak sibuk aja ๐Ÿ˜‚

Dan asal enggak jadi 100 hari juga yaaa bisa klenger duluan eike ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

๐Ÿ€

Yak, jadi begitulah yaa kesan-kesan selama mengikuti ODOP alias ngepost tulisan setiap hari hehehe. So happy bisa ikutan ODOP 0.1 ini, dan terima kasih banyak buat Rahul yang udah menginisiasikan project ini, juga buat temen-temen peserta lainnya yang udah ngasih tema-tema menarik!

Semoga nanti kalau ada ODOP 0.2 bisa lebih banyak yang ikutan yaa jadinya lebih seru lagi project-nya kalau lebih banyak yang ikutan ๐Ÿ˜†

eya.

20 comments

  1. Jadi salut baca perjuangan teman-teman untuk nulis dan ngedit. Jadi berasa bersalah euy, soalnya kemarin pas hari libur jadinya enak sendiri. Bisa nulis dan ngedit dengan waktu yang panjang. Bisa main ke blog teman-teman saat tulisan masih baru publish. Tapi hal ini jadi evaluasi juga untuk saya. Terimakasih kak Eya, meski kemarin benar-benar temanya cukup challenging untuk saya. Eh, tapi tema saya juga susah yah kak Eya? Saya kira itu sudah tema yang cukup mudah. Ha ha ha.

    Saya pasti akan terus menghantui tenan-teman untuk membuat ODOP 0.2 terwujud. Saya ketagihan ODOP kemarin. Dan benar, asal jangan 100 hari juga. Itu tingkatannya beda lagi. Ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaaa it's okay Rahul itu udah resiko siih ikutan pas lagi jam kerja masuk tiap hari ๐Ÿ˜† Sebenernya tema dari Rahul ga susah sih, cuma bingung aja pas milih mau nyeritain yang mana hahaha soalnya masa-masa sekolah dulu cukup struggling ๐Ÿ˜…

      Iyaa seru memang, aku ketagihan juga niih ๐Ÿ˜‚ Asal jangan 100 hari buseet ngeri juga dengernya doang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  2. sebagai penonton odop, saya menikmati tema-tema odop versi blogger di Kafe MM..

    keren juga sih ya, ada evaluasinya gini.. udah kayak program pemerintah gitu, kredibel XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa iya niih pake ketu-nya ngajakin bikin evaluasi biar ketauan ada kesulitan-kesulitan di mana aja gituu ๐Ÿ˜†

      Delete
  3. Seruuu banget memang mengikuti ODOP kalian bertujuh kemarin ini :D dan tema masa-masa sekolah itu favorit aku banget, Eyaa. Rasanya kayak diajak time travel ke masa-masa yang kalian ceritakan. Dan tentunya aku sendiri jadi nostalgia deh XD

    Dulu aku juga pernah ikutan challenge ODOP. Susah-susah gampang sih ya memang. Susahnya itu karena kayak baru selesai nulis satu tema, udah harus mikirin lagi untuk tulisan selanjutnya ๐Ÿ˜‚ otak kayak nggak dikasih istirahat samsek wkwkw

    But you guys did it very well after all! Selamaaat yak! Ditunggu lhooo untuk season keduanya ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga paling seneng pas bacain tema masa sekolahnya temen-temen Jane, seru-seru banget ada yang kocak kayak Mba Eno, ada yang detail kayak Frisca, seru-seru ceritanya ๐Ÿ˜†

      Ohiya kamu malah 30 hari yaa yang dari BPN itu? Gila sih aku kayaknya belum sanggup kalau 30 hari hahaha ini 7 hari aja ada yang keteteran ๐Ÿ˜… Iya bener, baru beres nulis, udah mikir lagi buat tema besok wkwkwk

      AYok nanti kalau ada season kedua ikutan Jane ๐Ÿ˜†

      Delete
  4. Tema dari kak Eya butuh dapet wangsit dulu ๐Ÿ˜†
    Aku uda nulis sampe titik2 panjang itu
    Baru kulanjutin besokannya setelah dapat mimpi aneh ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
    But it was fun!!!!

    Makasih kak Eya atas cerita2nyaaaa ๐Ÿ‘๐Ÿป
    Mimpi dikejar cacing dan dikejar revisian kak Eya the best bgt daaah weird nya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha maafin nyusahin temanya ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†
      Untungnya langsung dapet mimpi aneh yaaa Fris wkwkwk.

      Makasih juga Fris udah berbagi-bagi ceritaaa ๐Ÿ˜‚ Cerita-cerita kamu yang detail juga menghibur banget ๐Ÿ˜†

      Delete
    2. Iya langsung dapet mimpi aneh karena sebelum tidur tu aku kepikiran juga s mo nulis apa buat besok dgn tema mimpi teraneh ๐Ÿคฃ
      Trus jadi langsung dikasih mimpi aneh

      Next kita ODOP lagi ya kak kalo berkesempatan

      Delete
  5. Mba Eyaaaa, senang bangettt bisa nge-team bareng untuk ODOP 1.0 kemarin, hahahahaa, seriously berasa euforia dan kekompakannya. Jadi terpacu untuk keep update meski sempat keteteran saat balas komentar plus blogwalk ๐Ÿ˜‚ Over all, puas dan candu, hahahaha.

    Thank you so much mba Eya sudah kasih tema menarik dan challenging untuk kami semua. Mwah. Semoga next time bisa ikutan ODOP 2.0 yaaaaa, dengan tema keren lainnya ๐Ÿฅณ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mba Eno, akupun seneng bangeeet ๐Ÿ’– Bener yaa kayaknya karena kita saling sharing di kafe MM dan juga setiap pagi diemailin sama Rahul jadinya ada pemicu walaupun rada keteteran ๐Ÿ˜†

      Hahahaa terima kasih juga Mba Eno buat temanya yang menarik dan cukup bingung juga mau nyeritain apa ๐Ÿ˜‚ Iyaa semoga nanti ada ODOP 2.0 dan kita bisa ikutan lagiii ✨

      Delete
  6. Semangat buat temen-temen yg ikutan ODOP.. Beberapa yg ikutan, tulisannya rajin aku baca sih, walopun ga semuanya dikomen hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas Dodoo, semoga cerita kami menghibur yaa ๐Ÿ˜†

      Delete
  7. Aku salut Ama yg bisa nulis setiap hari :D. Bukan hal mudah sih kalo ga biasa.

    Aku jujurnya msh menghindari odop, ya karena sulit buatku yg blognya berniche traveling. Aku memang ga bisa nulis hal lain di luar dr Niche blog :D. Mungkin itu alasan kenapa aku LBH suka milih blog yg berniche dulu :D.

    Sukaaa deh baca tema2 tulisannya mba. Yg paling seru the weirdest dream Ama masa2 sekolah kalo buatku :D. Jd kayak nostalgia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Fanny, makanya sempet keteteran juga buat blogwalking sama balesin komen nih ๐Ÿ™ˆ Terus karena udah ada tema, menurutku jadi lebih mudah karena tinggal nyeritain dari sudut pandang kita sendiri soal tema itu, kalau harus mikir sendiri kayaknya aku juga nyerah ๐Ÿ˜†

      Ooh iyaa Mba Fanny soalnya punya niche travelling dan kuliner yaa, kalau udah lebih nyamannya nulis di niche tersebut kayaknya memang susah kalau harus nulis tema yang ga bisa disambungin ke sana kan yaa? ๐Ÿ˜† That's okay Mba Fanny, yang penting tetap menulis ๐Ÿ˜†

      Makasih Mba Fanny, kayaknya aku sama temen-temen yang ikut ODOP kemarin juga have fun selama nulisnya, jadi nyampe ke yang baca juga seneng hehehe

      Delete
  8. Kak Eyaaa, terima kasih udah ikut berpartisipasi dalam ODOP 0.1 iniii ๐Ÿค— aku senang bisa baca tulisan-tulisan Kak Eya, dan cacing adalah yang terepic ๐Ÿคฃ. Oiyaaa, hari pertama itu kita sama-sama nulis tentang Bandung ya ๐Ÿคฃ lucu banget kayak kolaborasi gitu jadinya wkwk
    Semoga nanti kita bisa bertemu di ODOP 0.2 yaaa ๐Ÿ˜˜
    Semangat membalas komentar-komentar yang ada ๐Ÿ’ช๐Ÿป *sambil ngomong ke diri sendiri juga*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liaaa makasih jugaaa udah berpartisipasi di ODOP 0.1 hihihi aku juga senang bisa baca-baca ceritanya Lia. Walaupun kadang komennya belakangan soalnya fokus nerbitin tulisan dulu wkwkwk. Iyaa kita bertiga sama Frisca sama-sama ceritanya seputar Bandung ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Iyeess semoga nanti ada yang mau mengusung ODOP 0.2 dan kita bisa ikutan lagiii. Semangat juga Liaaa ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Delete
  9. proses nulisnya mba Eya sama kayak aku, nulis malem, kadang pagi kalau masih sempet ya dibuka buka lagi, kalau dikantor aku ga jamin bisa bebas, pernah buka dari hape tapi kadang ada aja gangguan, kalau pas jam istirahat malah kadang waktunya habis buat makan dan ngobrol sama temen hahaha

    seru nih aku baca cerita temen temen yang odop kemarin ,tapi belum semua selesai, ini aja buka blog mba eya aja masih nyicil bacanya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbaa, kalau di kantor mau ngedit-ngedit suka ga nyaman. Apalagi kalau jam istirahat ga di depan komputer sama sekali wkwkwkwk jujur, belum nyaman ngeblog pakai hape sampai sekarang nih ๐Ÿ˜‚

      Hahaha gapapa Mba Ainun, aku juga belum blogwalking lagi malah ke tempat Mba Ainun niiih ๐Ÿ™ˆ

      Delete
  10. Kalau ada lagi, aku pen ikutan deh supaya blog ini bernyawa gtuu hihi. Kalau blog sebelah keknya 2 atau 3 tahun ini rajin ikutan tantangan mnulis dari BPN selama 30 hari. Jadi, aku ckup bisa yakin kalau ODOP ada lagi aku bakal ikutan dan bisa konsisten (sombong amatdah ya ) ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜š

    ReplyDelete