Home Alone

Saturday, March 6, 2021


Pertama kali aku di rumah sendirian. kayaknya pas SMA kelas 3. Iya sebelumnya enggak pernah yang namanya di rumah sendirian.

Waktu itu, Ibu udah seminggu lebih ada di Pekalongan, karena Eyang Kakung (bapaknya Ibu) masuk rumah sakit dan kondisinya kritis. Sampai akhirnya kami di rumah dapet kabar kalau Eyang sudah meninggal, jadi Bapak akan nyusul Ibu ke Pekalongan untuk beberapa hari.

Karena waktu itu lagi minggu ujian, jadi aku sama si Adek enggak bisa ikut berangkat, akhirnya Bapak minta tolong ke Budhe (kakaknya) untuk jagain kami. Tapi tentu aja karena Budhe juga harus kerja, bisa ke rumah ya sepulang kerja. Jadi sepulang sekolah, aku cuma berdua sama si Adek di rumah. Kemudian si Adek alasan mau belajar di rumah temannya...

Ngomongnya pas udah jam pulang sekolah pula! Tiba-tiba yang "Mbak, gue mau belajar di rumah si ini (lupa nama temennya dia wk) yaak!" terus langsung cabut sama temennya itu. Yaa rumahnya enggak jauh sih, dari rumah tapi kan tapi kan...

Pertama kali sendirian di rumah, tentu aja aku was-was! WKWKWK... Berasa semua kejadian di film horror yang pernah ditonton tuh bermunculan. Terutama langsung keinget adegan mayat tersembunyi di balik tembok. Ini kalau enggak salah dari film One Missed Call ya?

Terus semua lampu aku nyalain, tivi di ruang tamu aku nyalain juga, sementara aku nonton tivi di kamarku wkwkwk. Nyetel DVD series dan volume-nya dinyalain besar-besar. Dan sama sekali enggak keluar kamar, terus aja posisinya begitu, selimutan di atas tempat tidur, nonton, sambil meluk boneka.

Sampai akhirnya ada suara telepon, kagetnya kayak apaan! Mau ngangkat aja pake merinding duluan! Eh ternyata itu Budhe, udah di depan rumah dan ngetok berkali-kali aku enggak denger wkwkwk. Dimarahin deh 😝

🍀

Bedanya, sekarang malah aku jadi lebih terbiasa sendirian. Mungkin karena sehari-hari biasa di kost juga sendirian kali ya? Yaa ada sih, orang-orang lain di kostan tapi tetep beda rasanya sama kayak kalau satu rumah sama keluarga gitu. Rasanya tetep kayak mereka itu tetangga, dan kamar kost yaa berasa kayak rumah kita sendiri walaupun cuma sepetak.

Jadi, pas lihat tema ODOP untuk hari ke-enam ini, tentang hal apa aja yang biasa dilakukan saat di rumah sendirian, aku rada bingung nulisnya. Kayaknya itu yaa hal-hal yang aku lakukan setiap hari kali yaa? Hahaha.

Di luar hal-hal umum kayak bebersih, masak, nyuci baju dll, mungkin dengan tinggal sendirian aku bisa lebih banyak punya me time. Soalnya kalau di rumah, kadang Ibu atau Bapak suka tahu-tahu nyamperin ke kamar dan ngajak ngobrol jadi pasti susah buat me time wkwk.

Yakin deh ini kalau di rumah pasti susah luangin waktu buat nulis tiap hari, karena pasti kalau enggak dipanggil ya disamperin wkwk. Tapi kadang kalau lagi mellow kangen juga digangguin sama Bapak Ibu pas lagi sendirian di kamar heuu~

Btw hal favorit yang bisa aku lakukan saat sendirian adalah bisa mengeluarkan emosi dengan baik saat baca atau nonton series. Kayak misalnya ngetawain adegan lucu atau nangisin nasib karakter fiksi kesayangan yang dijahatin sama author-nya sendiri. Kalau di rumah pasti ditegur Ibu kalau ketawa terlalu kencang atau ketahuan nangis wkwkwk.

Terus bisa nyetel musik sambil joget-joget, kayak Kevin di Home Alone pas pagi-pagi itu, tanpa takut kepergok dan ditanyain "kamu ngapain?" wkwkwk.


🍀

Intinya, aku sangat menikmati waktu sendirian di rumah karena bisa melakukan apapun yang aku mau tanpa takut ditegur orang lain wkwkwk.

Walaupun yaa kalau bener-bener sendirian di kostan tanpa ada para tetangga, tetep horror juga sih. Tapi pernah ngalamin ini waktu di kost lama 😌

Gimana dengan temen-temen? Lebih suka sendirian atau malah takut kalau sendirian di rumah? Terus biasanya ngapain aja kalau lagi sendirian di rumah?

eya.

5 comments

  1. Aku setuju bgd klo sendirian jd lbh bebas mengeluarkan emosi pas nonton atau baca buku. Soalny aku orangnya suka gengsi klo ketauan nangis cm gara2 film atau buku, takut diketawain atau diledekin 😆 Klo sendirian kan bebaaass 😂😂


    Buat jawab pertanyaan Mba eya, aku suka sendirian sih, tp ga suka sering2. Anak2 baru berangkat sejam aja k rumah nenekny aku langsng mati gaya n kangen 😂😂 Jd sekali2 me time seru juga, tp klo keseringan jd kurang kerasa asikny. The more the merrier 😁😁

    ReplyDelete
  2. Pas kecil, nyalain teve dengan volume gede itu memang semacan cara untuk ngilangin rasa takut karena sunyi. Ha ha ha. Sekalipun ngga ada apa-apa, kalo takut pasti apa-apa pasti kebayang. Bawah kasur, cermin, toilet. Semua itu seakan-akan jadi hal mistis.

    Semenjak belajar tidur sendiri, akhirnya lebih banyak sendiri juga. Keluar kamar cuma untuk makan dan mandi. Paling kalo mau duduk pas sore baru keluar. Apalagi selama pandemi ini, kalo tidak ada urusan yang mendesak mending di kamar aja nyetel film

    ReplyDelete
  3. Hahaha lucu banget kak Eya. Sampe setel TV dua-duanya. Terus jadi kena omel Budhe karena ga dibukain pintunya uda ngetok lama 🤣🤣
    Aku malah pas SMA uda beberapa kali ditinggal sendirian. Terus tentu saja aku asik dengan main game online saat itu hahaha #bandel

    ReplyDelete
  4. Kak...aku juga kalau di rumah sendirian itu awalnya seneng. Begitu matahari terbenam...udah deh segala pikiran parno yang berbau horor dan thriller keluar semua xD padahal ya nggak kenapa-kenapa xD

    Rasanya kayak pingin ngunci diri di kamar tapi kuatir kalau nanti ada orang asing masuk gimana, terus aku kenapa-kenapa gimana xD rempong emang.

    Ah iya dan kalau di rumah itu kalau misal mau ketawa kayak agak ngerem takut dimarahin, kalau nangis juga malu kalau ketahuan hahahaha. Jadi kalau lagi nonton apa-apa di kamar, suka aku kunci dari dalem biar nggak disamperin orang rumah xD

    ReplyDelete
  5. Wkwk Kak Eya waktu kecil sama banget kayak aku 🤣 aku lebih memilih ngendog di kamar kalau ditinggal sendirian di rumah 🤣. Enaknya tinggal sendiri, benar sih, bisa puas mengekspresikan perasaan saat baca/nonton. Kadang kalau rumah lagi ramai dan nonton yang sedih-sedih, kan ingin mewek hebat gitu tapi malu jadi ditahan-tahan 🤣
    Gimana rasanya benar-benar sendirian di kos-kosan, Kak Eya? Berasa kayak shooting film horor nggak? 🤣

    ReplyDelete