Doramatalk Ep.5: 30 Questions Dorama Tag

Thursday, September 30, 2021


Holaa~ akhir bulan saatnya ngepost Doramatalk niih... kesannya jadi dobel yaak bulan ini, padahal itu karena yang bulan sebelumnya telat ngepost jadinya kayak dobel deh hahaha.

Buat episode kelima ini, aku sama Hicha bikin dorama tag. Kebetulan dari kemarin-kemarin sempat pengin nulis soal movie tag, terus Hicha ngidein bikin dorama tag buat episode lima, jadi ya udah sekalian deeh...

Pertanyaan-pertanyaannya sih, kita adaptasi aja dari movie tag gitu, disesuaikan dan diubah sedikit-sedikit biar cocok pertanyaannya buat seputar dorama gitu haha. Soalnya kayaknya kalau nyari dorama tag beneran, belum ada yang beneran bikin gitu.

Kita kumpulin sampai 30 pertanyaan, kebanyakan enggak yaa? Wkwkwk Oke, sebelum pembukannya jadi kepanjangan, mari kita langsung mulai ajaaa 😆


30 Questions About Dorama

1. What dorama that started your interest in dorama?
Pertanyaan pertama kok yaa udah bikin mikir wkwkwk. Aku nonton dorama udah dari SD, tapi itu kayaknya karena apa yang tersedia di tivi aja sih... Jadiiii kayaknya dorama yang bikin aku terjun di dunia perdoramaan hmmm... antara Hana Yori Dango sama Gokusen kali yaaa 🤔 

2. What dorama you want to see but never get round to watching?
Dragon Zakura. Dulu kayaknya pernah nonton tapi enggak tahu kenapa enggak selesai, terus karena tahun ini season keduanya tayang (iya, setelah 16 tahun!) jadi keinget pengin nonton tapi belum sempat karena digempur list tontonan huhuhu.

3. How often do you watch dorama?
Quite often sih yaa karena tiap bulan pasti ada aja judul dorama yang ditamatin, minimal satu judul lah. Mataku udah enggak sekuat dulu bisa nonton maraton sampai seminggu bisa namatin tiga judul hahaha.

4. What genre are you particularly fond of?
Crime/investigation dan slice of life. Kalau diperhatiin agak jomplang yaa, crime kan biasanya cukup bikin mikir, atau yaa enggak jarang ada adegan kekerasaan yang cukup grafik, sementara slice of life itu yang ceritanya membumi dan sehari-hari banget. Tapi andalannya Jepang sih, genre crime aja kadang bisa bikin heartwarming nontonnya 🥺

5. What was the last dorama that you’ve watched and liked?
Familiar Wife. Nonton karena direkomendasikan sama teman di Twitter, dan berakhir suka bangeeett sama ceritanya! Menurutku orang yang mau nikah, bisa banget nonton Familiar Wife dulu deh, biar ngeh peran suami-istri dalam rumah tangga tuh kayak gimana.

6. What was the last one that you’ve watched and hated?
Hmmm aku terakhir nge-drop dorama (iya, aku mah anaknya kalau enggak suka yaa enggak pernah dilanjut sampai habis nontonnya wkwk) itu tahun lalu, Koi wa Tsuzuku yo Doko Made mo (Incurable Case of Love). Dorama yang cukup populer bahkan di kalangan yang enggak biasa nonton dorama, sekaligus doramanya salah satu aktor favorit aku, Sato Takeru. Tapi malah karakter si masnya sih yang bikin aku drop nontonnya hahaha. 

Tapi ini kayaknya enggak termasuk 'hate' sih, lebih cocok dibilang enggak suka aja. Dorama ini terlalu cheesy buat aku, dan karakternya Sato Takeru terlalu tsundere yang nyerempet ngeselin jadinya ogah-ogahan nontonnya wkwkwk.

7. What is your most favorite dorama of all time?
I would say Hanazakari no Kimitachi E karena ini semacam comfort dorama yang bisa aku tonton ulang kapanpun dan masih sangat terhibur nontonnya.

8. Your most favorite guilty pleasure dorama?
Hmmm apa yaa? Koi wa Deep ni (Love Deeply) kali yaa... soalnya lihat review beberapa orang tentang dorama ini tuh jelek-jelek banget, sampai ada yang bilang menyia-nyiakan aktingnya Ishihara Satomi dan Ayano Go segala. Tapi aku mah nontonnya seneng-seneng aja walaupun yaa ceritanya memang biasa aja, enggak ada yang spesial 😂

9. What dorama have you watched a million times already?
Lah, balik ke pertanyaan nomor tujuh lah jawabannya, Hanazakarino Kimitachi E enggak kehitung berapa kali rewatch secara dorama ini udah ada dari tahun 2007!

dapet salam dari mas-mas yang lagi cosplay jadi mbak-mbak

10. Are you the type who watches an ongoing dorama?
Enggak, aku tim marathon alias binge watching wkwkwk. Aku enggak sabaran kalau nonton on-going, harus nunggu satu minggu buat tahu kelanjutannya itu menyebalkan buatku. Jadi walaupun dalam sehari maksimal nonton paling cuma 2-3 episode, yang penting udah merasa secure karena episodenya udah lengkap.

11. What are doramas that made you cry?
Banyak sih sebenernya mah karena aku anaknya gampang nangis kalau nonton, baperan soalnya wkwkwk. Tapi ada dua judul dorama yang hampir tiap episode bikin aku nangis: 1 Litre of Tears dan Woman: My Life For My Children. Mana aku nonton Woman tuh udah jamannya kerja, jadi habis nonton itu pasti paginya masuk kantor mata sembab wkwkwk.

12. Who are your favorite directors?
Aku enggak terlalu familiar sama director untuk dorama, jadi aku sebut yang punya karya lebih dari satu yang aku suka:  Tsukahara Ayuko (MIU404, Unnatural),  Mizuta Nobuo (Anone, Woman: My Life For My Children). Mau nyebut Sato Shinsuke juga yang nge-direct Alice in Borderland tapi beliau lebih banyak nge-direct film siih kayak Kingdom, I am A Hero, Inuyashiki (dan bagus-bagus memang!).

13. Are you particular with the scores, soundtracks, and musics?
Scores sih enggak terlalu yaa, tapi aku biasanya habis nonton dorama suka nyangkut cukup lama sama soundtrack-nya. Alias playlist aku kebanyakan isinya yaa soundtrack hahaha.

14. Is there any dorama that has changed your perspective in life?
Yes of course, cukup banyak malah. Beberapa pernah dibahas di postingan Dorama Yang Berpengaruh Dalam Hidup

15. What dorama irritates you (but doesn't mean you hate it) when you watch it?
Naked Director, doesn't mean  I hate karena dari segi cerita sebenernya memang lumayan bagus sih, cuma aku enggak suka sama karakternya Yamada Takayuki di sini yang somehow kayak terlalu pede dan suka memaksakan apa yang dia mau ke para staff pekerjanya. Jadi kalau nonton tuh suka ber-hadeeeh sendiri sama pikirannya si karakter utama (tiba-tiba lupa namanya wkwk).

16. Do you read its synopsis before watching dorama?
Iya dong, sinopsis itu salah satu yang pertama aku lihat setelah trailer, buat gambaran ini doramanya bakal nyeritain apa, jadi tahu harus sebanyak apa berekspektasi gitu 😂

17. What is the best dorama adapted from a book/manga?
Agak bingung karena kebanyakan dorama adaptasi manga itu, aku nonton doramanya tapi enggak baca manganya atau baca manga tapi enggak nonton doramanya wkwkwk. Alice in Borderland itu salah satu dorama adaptasi manga yang sukses tapi yaa aku enggak/belum baca manganya. Jadi jawabanku muter di Hana Yori Dango deh 😂

18. Any dorama character you can relate to?
Aku merasa sangat relate sama Tsujikawa Harika dari Anone, bukan secara keseluruhan karakter sih, tapi lebih ke pikiran sama perasaannya gitu. Harika yang menemukan kasih sayang dari orang-orang yang enggak diduga, dan dia yang (literally) sendirian cukup ngingetin sama aku yang walaupun banyak temen di sekitar tapi sering merasa sendirian gitu hahaha kenapa jadi tjurhat sis? Jadi waktu itu selama nonton Anone tuh rasanya pengin meluk Harika terus.

also Suzu pas jadi Harika di Anone imut banget siapa yang enggak bakal sayang?

19. If you are only watch five titles for the rest of your life, what would them be?
Aduh sulit tapi mungkin: HanaKimi, Midnight Diner, MIU404, Nobunaga Concerto, Rich Man Poor Woman.

20. Your least favorite dorama of all time?
Waduh kalau yang tidak difavoritkan apalagi enggak disukai udah pasti udah terlupakan sih sama aku hahaha.

21. What dorama that didn't meet your expectation and vice versa?
Aku tuh sebenernya jarang berekspektasi banyak selama nonton dorama (atau nonton apapun) biar lebih menikmati aja gitu. Tapi yaa kayaknya yang enggak cocok sama ekspektasi yaa dorama yang aku drop tadi, KoiTsudu. Terus kalau yang melewati ekspektasi terakhir ada Our Sister's Soulmate, yang ditonton cuma karena nongol di rekomendasi Netflix tapi ternyata malah suka banget sama ceritanya.

22. Remake you wish had never been made?
HanaKimi 2011 of course wkwk. Karena apa yaa, terlalu deket sama versi aslinya (2007 jadi cuma selisih 4 tahun) jadi yaa kayak buang-buang waktu aja. Orang-orang pasti masih terlalu nempel sama karakter-karakter atau cerita yang versi 2007 jadi yaa udah pasti dibanding-bandingin mulu.

23. Right now think of any dorama, what comes first?
Kepikiran Tengoku to Jigoku karena itu yang lagi ditonton sekarang wkwkwk.

24. TV series, books, computer games, or movies in order of interest?
Dari yang paling interest sama paling enggak: books > TV Series > Movies > Computer Games (alias kapan terakhir gue main game di komputer woy wkwkwk).

25. Who are your favorite actor and actress?
Waaaa karena ini listnya sebenernya cukup panjang, jadi aku akan sebut ultimate aku aja (yang doramanya enggak pernah aku lewatkan or I'm trying not to): aktor Oguri Shun, aktris Ishihara Satomi. Eeeeh ini Mas Hyuga dan Mbak Makoto dari Rich Man Poor Woman wkwkwkwk.

26. What is your first dorama?
Probably Oshin yaa karena dulu kan ditayangin di tivi pas kita masih kecil. Tapi kalau ditanyain ceritanya apa, aku sungguh enggak inget wkwkwk.

27. A character from dorama you would love to take on a date?
Mau ngajak ngedate Yukito (karakternya Suda Masaki di Pretty Proofreader) karena 1) it's SUDA MASAKI dan 2) Yukito tuh kayak yang manis, lucu, apa yaa gemesin gitu lah orangnya 😂 Sama mau ngedate sama Ibuki Ai (Ayano Go di MIU404) karena seru kayaknya ngedate sama Ibuki, dibikin ketawa terus pasti walaupun lama-lama bakal pengin ngejitak. Terus satu lagi deh, sama Tsuyama (Matsushita Kouhei dari Familiar Wife), mau menghibur habisnya dia harus merasakan patah hati gara-gara ke-impulsif-an si Motoharu 😤

Mon maap anaknya enggak bisa diajak halu dikit wkwkwk.

who wouldnt date them?

28. Your favorite character duo in dorama?
Aku banyak banget nonton dorama di mana ada duo alias dua karakter yang ber-partner gitu (karena biasanya memang dorama crime sering ada trope begini), buat sekarang sih Ibuki Ai dan Shima Kazumi dari MIU404 masih mendominasi yaa, tapi my all time sih tentu saja Ryuzaki Ikuo dan Danno Tatsuya dari Ouroboros, my two dragons huhuhu 😭😭

29. What genre of dorama you would like to be on?
Slice of life tentu saja biar santai jalaninnya hahaha. Slice of life pun bisa jadi seru kalau ketemu sama karakter-karakter yang menyenangkan. Secinta apapun sama genre crime investigation, males banget kalau harus dihadapkan sama kejadian-kejadian yang sering muncul di genre itu heuu~

30. Have you ever watched a dorama based on actor or actress only?
Pernah doong! Malah aku dulu punya kebiasaan kalau habis nonton satu judul dan naksir aktor/aktrisnya, aku suka cari dorama mereka yang lainnya buat ditonton. Ada yang berakhir jadi suka banget sama doramanya, ada juga yang drop karena enggak cocok sama ceritanya.

🍀

Wow jujur yaa ngejawabin 30 pertanyaan ini ternyata banyak yang bikin mikir lama juga buat jawabnya, antara nginget-nginget atau sama sekali enggak kebayang jadi harus ngubek-ngubek lagi pernah nonton apa aja hahaha.

Tapi seru juga jawabin kayak gini juga tuh bisa sekalian nostalgia sama jadi ngeh sama beberapa hal yang sebelumnya enggak diperhatiin dari nonton dorama.

Jangan lupa baca jawaban-jawabannya Dorama Tag-nya Hicha juga yaa 😊

Sampai ketemu lagi di Doramatalk episode berikutnyaaa 😊

eya.

17 comments

  1. Aarrggh... tadi udah komen terus ga masukkkk huhuhuhu

    Ini lah sebelnya kalau komen di browser HP, tuh... *eaaa curhat XD*

    Toss kita samaan buat HanaKimi dan KoiTsudu, Eya! Beneran sebel kenapa HanaKimi harus diremake, coba? Padahal waktu itu baru empat tahun, yang main aktingnya pada ga jelas pun... huhuhu. Terus, aku juga sebel sama KoiTsudu. Selain karena FLnya 11-12 sama karakter utama di Good Morning Call, peran Satoh Takeru di situ juga ngemalesin banget, OMG! Mana lah aslinya aku emang ga suka2 amat sama doi, kan... -_-"

    Eh, kita berbeda tim juga buat cara nonton, ya... aku ga kuat binge watching anaknya. Hahaha.

    Btw, ini penomoran kita kebalik, nih... but izokay lah yaaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka tiba-tiba nge-load ulang sendiri ga sih kalau pakai browser hape tuuh wkwkwk aku suka gitu masa

      Iyaa kayak ngide banget gitu yang nge-remake tuh, mending kalau jadinya bagus lah ini pada ga jelas wkwkwk... tapi lucu nih Kiritani Mirei kan main di HanaKimi 2007 yaa, terus dia nikah sama Miura Shohei yang main di HanaKimi 2011, pas ngeh soal ini aku ngakak sendiri 😂

      Hichaa aku yang suka banget sama Sato Takeru aja sebel liat dia di KoiTsudu wkwkwk udah bukan masanya deh bisa naksir sama cowok tsundere kayak gitu beneran 😂😂 Iya yaa karakternya Kamishiraishi Mone di situ juga agak-agak annoying, aku pas lihat kayak jomplang banget sama dia di Chihayafuru 😔

      Aku juga baru nyadar penomorannya kebalik hahahaha kocak banget ga kompak, ya udah lah yaaa yang penting semua pertanyaannya sama 😂😂

      Delete
  2. Kak Eyaa, kita samaan dong! Kalau lihat karakter utama yang nyebelin, pasti langsung drop nontonnya 😂 Aku suka nggak kuat nonton yang terlalu menguras emosi, kayak capek hati sendiri jadi lebih baik drop sedini mungkin wkwkwk. Kak Eya kalau udah drop nonton, bakalan nonton endingnya doang gitu nggak?
    Kebalikan dari Kak Eya, aku sukanya nonton yang on-going 🤣 meskipun greget karena harus menunggu 1 minggu untuk eps berikutnya, tapi aku lebih suka ngikutin on-going soalnya kadang udah too much spoiler kalau nggak ngikutin on-going dan aku jadi malas nonton kalau nggak sengaja kena spoiler 🤣 kecuali kalau aku sendiri yang minta di spill, ini nggak apa soalnya aku sudah mempersiapkan diri gitu kan 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener yaa karakter utama itu penentu banget hahaha... Tergantung Li, kadang ada yang penasaran walaupun udah males jadi ngintip endingnya, tapi kadang beneran males jadi ya udah di drop aja gitu 😂😂

      Untung kalau dorama mah masih ga banyak yang ngomongin jadi jarang kena spoiler (ada untungnya juga) 😂😂 Tapi kadang kalau kena spoiler aku suka pura-pura ga tau, walaupun susah yaaa wkwkkwk

      Delete
  3. Euhh benar sekali Jepang jagonya bikin cerita Slice of life, aku suka dengan kesederhanaan mereka tapi bisa menyentuh banget gitu loh kak. kayak mencelos di ujung hati wkwkk. Aku bahkan kalo nonton anime yang sedih dikit aja kepikirannya bisa berhari-hari *lemah banget*

    TOSS dulu kak! Aku juga tipe penonton yang binge watching gak sabar kalo nonton drama yang on-going. Dan lebih praktis juga sih jadi sekalian maraton nontonnya.

    Seru deh bacain tulisan Kak Eya dan Kak Hicha udah membahas dorama. Aku suka bingung mau memulai dorama dari mana lagi...terakhir kali nonton Yukan club 😂, kalo yang tema nya detektif gitu yang recommanded menurut Kak Eya dorama apa ya?👀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka jago siih bikin cerita yang ga ada konflik gimana-gimana tapi tetep enak buat diikutin. Manga favoritku aja Yotsuba yang ceritanya kehidupan anak umur 5 tahun sama ayahnya yang work from home wkwkwk

      Yeay TOSS!! Iyaa paling enggak nunggu sampai sisa 2-3 episode kalau memang ga sabar mau mulai nonton banget, tapi jarang juga sih biasanya nunggu sampai tamat baru marathon (walaupun cuma 2-3 episode juga sehari).

      Waah banyak Rekaa bisa aku bikinin list nih ahaha... Kalau mau yang ada lucu-lucunya ada MIU404, Unnatural (ini dari pandangan tim forensik), Bitter Blood (ini yang main Sato Takeru), Tokyo Dogs. Yang serius bisa cobain Border (ini ada hantu-hantunya tapi ga horror kok), Crisis, Ouroboros. Yang lagi aku tonton juga genrenya gini nih tapi ada sentuhan fantasi, judulnya Tengoku to Jigoku.

      Aku paling rekomen duluan Unnatural sih, pernah aku bahas lengkap 😆 sama Crisis juga kalau mau yang seriusan, ini pernah dibahas sama Hicha 😆

      Delete
  4. Dan dari sini aku baru nggeh kalau Alice in Borderland itu dari manga.. *plakkk 🤣😂

    Btw, Film Perjepangan itu emang pinter banget ya nyempil2in pesan yg makjleb di setiap filmnya. Bahkan mereka tuh bisa ngemas ide keseharian menjadi menarik gtu 😁. Kaya anime2.. kan keren banget ya prinsipnya.. 😂😂

    One litre Tears 😭 siapa coba yg nggak sembab nonton ini series.. Mba Eya pas sembab ke kantor pada ditanyain nggak mba sama orang2 kantor?? Wkwk 😂🤣

    Mba Toss dulu lah.. yang sama Binge Watching. Aku ya gitu.. mana tahan nonton on going. Tunggu smpe semua episode keluar. Langsung Di lahaapp semua.. malah pernah marathon satu season sampe jam 3 pagi. Besok jam 7nya kerja 🤣😂😂😂😂 Lieeeeerr euyyy 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah dibuat animenya juga tapi sepertinya enggak hype, malah jadi lebih hype waktu dibuat live action haha

      Betuuull menurut aku Jepang tuh jago banget sih ngemas cerita sehari-hari jadi menarik dan masih banyak yang relate sama kita, mungkin karena memang sama-sama Asia. Bahkan anime yang tema fantasi pun masih bisa diambil hal-hal yang relate sama hidup sehari-hari juga.

      Kayaknya orang kantor dulu ga ada yang memperhatikan hahaha gapapa lah daripada dikira sembab gara-gara habis diputusin pacar kaan 😂😂

      Ga sabaran kaan kalau nonton on-going tuuh hahaha suka awal-awal aja palingan, udahnya suka ditimbun dulu karena ga bisa aja gitu nungguin seminggu sekali 😂 Aku juga dulu hobi banget marathon, atau sengaja bangun lebih pagi buat nonton lanjutannya 😂

      Delete
  5. Film Asia Timur tuh kebanyakan gitu nggak sih Kak? Walaupun genrenya crime atau malah action gitu, tetep ada selipan bawang di tengah-tengahnya yang bikin nangis🥺

    Wkwkwkwkwk langsung berlawanan balik gitu ya genre crime sama slice of life, relate banget sih sama ini, there is nothing in between hahahaha. Kalau mau yang mikir sekalian mikir, kalau mau yang santai bener-bener nggak mau banyak mikir pas nonton😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nimbrung yaa kak Endah😁 Baru ngeh jugaa dong, kayaknya iya deh rata2 film asia tuh mau sesadis atau sebrutal apapun filmnya pasti banyak message dan adegan bawang yg disempilin😭 kayak film2 Koriyah dan China, banyak juga yang kayak gini🥺

      Delete
    2. Mungkin memang karena masih sama-sama Asia yaa, walaupun kita Tenggara, mereka Timur, jadi kita juga masih bisa relate dan ngerasain gimana yang dirasain sama si karakternya. Kapan yaa serial Indonesia bisa ngikutin jejaknya gini wkwk kalau film udah mulai pelan-pelan bisa niih 😁

      Beneeer aku tuh suka nonton yang bikin mikir, apalagi kalau bisa nemu sesuatu dari yang ditonton, tapi kadang butuh juga tontonan yang membumi aja gitu, yang bikin senyum atau nangis bombay nontonnya 😂

      Delete
  6. Kak Eyaa, aku salfok sama gif yang kak Eya tempel di atas, HAHAHAHA. Itu yang pake baju item Tomohisa Yamashita bukan sih, kak? Dulu waktu pertama kali liat dia langsung keingetan sama Jung Yong Hwa, menurutku sekilas mirip banget🤣 *semoga mataku tydac siwer, wkwkw*. Dari sekian judul ini aku cuma bisa melongo, menyadari pengetahuanku tentang dorama minim bangett😭 Paling mentok taunya Sato Takeru aja, atau Kento Yamazaki gara2 amazed sama akting dia di Good Doctor, wkwk. Sisanya kayaknya aku lupa deh nama-namanya, harus liat muka dulu baru inget🤔 By the way, kak Eya suka medical dorama nggak? Soalnya itu genre dorama yg paling sering aku tonton, selain comedy dan thriller😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukaaan Awl, itu Oguri Shun, pemerannya Hanazawa Rui alias Hua Ze Lei versi Jepang 😂 Jangan gugling foto dia sekarang karena bentuknya hampir 180 derajat bedanya wkwkwk.. Bentar-bentar Yamapi sama Jung Yong Hwa... iya sih garis mukanya agak mirip yaa *baru ngeh aku juga* 😂

      Sebenernya aku tipe pelahap genre apa aja Awl, medical lumayan banyak nonton juga, bahkan Code Blue itu salah satu dorama favoritku, belum ada yang ngalahin di genre medical kayaknya 😂 Yang masih agak baru jadi favorit ada Radiation House, bagus jugaa medical tapi dari sisi radiologist bukan dokternya aja, cobain deeh 😆

      Delete
  7. aku dulu suka dorama yang dibintangi Kyoko Fukada ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, aku kayaknya nonton Fukada Kyoko cuma di Strawberry on The Shortcake, Friends, sama Ring 😆

      Delete
  8. aku lupa dulu drama apa yang pertama kalu aku tonton
    waktu aku kecil, kalau liat kartun ya aku anggap drama.
    yang pasti doraemon adalah alasan aku buat ke negaranya, dan saking fenomenalnya sampe ada museum fujiko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya yaa drama tuh sama aja kayak series sih yaa, soalnya kan asalnya dari drama TV ahahaa.. Di Jepang tuh banyak dari pop culture yang dijadiin museum, kayak Studio Ghibli juga (sampai pernah dibawa ke Indonesia juga exhibition-nya)

      Delete