Comfort Movies

Sunday, June 27, 2021

picture credit to @mcjeffersonagloro from Unsplash

Kalau comfort food itu makanan yang bisa bikin perasaan kita membaik pas makan, aku juga punya comfort movies, yaitu film-film yang bakal ditonton saat hati butuh dihibur. Enggak harus film-film yang lucu sih, tapi memang film yang bikin perasaan kita jadi jauh lebih baik aja gitu pas nonton.

Atau simple-nya, film-film yang bakal ditonton saat lagi enggak tahu mau nonton apa wkwkwk.

Karena seminggu belakangan ini lagi asik ngutak-atik akun letterboxd aku (thanks to Reka yang udah meracuni kembali pakai letterboxd wkwk), dan pas masukin film favorit ke profile, aku jadi mikir kayaknya film-film ini bisa dikategorikan sebagai comfort movies aku deh.

Soal kenapa-kenapanya film-film ini jadi comfort movies, karena itulah aku kepikiran buat jadiin tulisan sendiri aja di blog. Soalnya kebetulan lagi enggak tahu mau nulis apaan juga hahaha.

Dan berhubung di masa-masa begini, perlu banget yang namanya nonton film sekedar untuk memperbaiki perasaan 🥺

Ini enggak diurut berdasarkan kesukaan atau apa btw, seingetnya aja bahas yang mana duluan wkwkwk.


Eternal Sunshine Of The Spotless Mind

Tiap bahas film kesukaan, film ini pasti disebut hahaha karena yaa memang aku sukaaaaa banget sama film ini, sampai enggak pernah bosen nontonnya walau diulang-ulang terus.

Fun fact, dulu pertama kali banget nonton film ini pas jaman kuliah dan aku merasa ceritanya enggak jelas dan aneh, terus enggak diberesin nontonnya hahaha. Terus pas akhirnya entah hasutan dari mana, nyoba nonton lagi, malah nangis kejer dan entah kenapa bisa merasa sangat relate sama filmnya. Terus dia otomatis masuk daftar film favorit sepanjang masa wkwkwk.


Film ini tuh definisi kalau jodoh enggak ke mana wkwkwk. Bayangin aja udah sama-sama menghapus ingatan tentang satu sama lain, ujungnya ketemu lagi dan jatuh cinta lagi.

Dan suka banget sama adegan terakhirnya, soal suatu hari Joel bisa nemu hal yang dia enggak suka dari Clementine, dan Clementine akan merasa bosen bersama Joel tiap hari. Terus Joel cuma bilang "okay" terus mereka sama-sama ketawa.


Our Little Sister

Film tentang keluarga, mau itu hubungan orangtua dan anak, sisterhood atau brotherhood, selalu punya tempat sendiri di hati aku.

Our Little Sister ini ceritanya luar biasa hangat banget. Filmnya Kore-eda Hirokazu yang paling aku suka, walaupun menurut orang-orang filmnya beliau yang terbaik mungkin antara Shoplifters atau Nobody Knows.

Gimana ketiga saudari yang udah dewasa dan punya karakter yang saling berbeda bisa nerima kemunculan adik kecil di keluarga mereka, anak ayah mereka sama perempuan lain. Gimana Suzu yang sebelumnya kayak enggak diterima di keluarganya, akhirnya bisa merasakan kehangatan keluarga dari kakak-kakak barunya ini.


Buat sebagian orang mungkin akan ngerasa bosen nonton film ini karena enggak ada konflik besar dan terkesan datar dan sangat santai. Tapi justru di situlah yang bikin film ini masuk daftar favoritku.

Beberapa film enggak perlu banyak adegan action atau banyak konflik buat jadi film bagus. Lihat keempat kakak-adik ini bikin minuman dari buah-buahan aja rasanya bikin hati hangat. Dan salah satu definisi film bagus buat aku yaa yang bikin hati hangat pas nonton.


Pacific Rim

Enggak salah film robot-robot lawan monster jadi comfort movie? Iyaaa enggak salah, suka-suka gue elaah wkwkwk...

Masih inget tahun 2013 aku ikut temen-temenku nonton Pacific Rim di bioskop, tanpa ekspektasi apapun, cuma murni lagi pengin nonton aja dan kayaknya ini bagus. Dan di dalem bioskop aku kayak kesihir... ini bukan kayaknya bagus, tapi beneran luar biasa magical, bagus banget!

Everything about this movie is wonderful. Kerasa banget kalau film ini dibikin dengan penuh perasaan, juga karakter-karakter yang bisa langsung bikin aku merasa berempati banget sama mereka. Dan gimana rasanya melihat robot-robot Jaeger itu sebagai harapan bagi umat manusia.


Konsep pilot Jaeger yang menghubungkan pikiran ini juga menurutku yang bikin filmnya jadi makin ngena ke hati. Beautiful yet depressing hahaha. Sampai sekarang tiap nonton aku masih suka nangisin adegan Raleigh kehilangan kakaknya di awal film.

That's whyyyy aku patah hati banget sama sekuelnya, Pacific Rim Uprising yang tayang tahun 2018. Padahal udah excited karena ada John Boyega (waktu itu lagi suka banget sama dia gara-gara perannya di Star Wars) eeeh filmnya jele 😔 Entah kenapa aku merasa karakter-karakternya para di butchered di film sekuelnya. Udahlah Raleigh enggak nongol dan enggak dijelasin entah ke mana, Mako ditewasin gitu aja hhhhh.... mari anggap saja film kedua itu enggak ada (walaupun ada John Boyega dan Mackenyu di sana).


Whisper of The Heart

Bukan Eya namanya kalau enggak nyelipin satu film anime di daftar comfort movies, iya enggak? Hehehehe...

Kalau ditanya film Ghibli yang paling disuka, aku biasanya jawab Princess Mononoke atau Spirited Away. Tapi kalau film Ghibli yang paling sering diulang-ulang, jawabannya tentu saja Whisper of The Heart. Iya, se-heartwarming dan menyenangkan itu memang film ini!

Dan tentu saja, animasinya Ghibli sih memang udah jelas oke punya. Detail-detailnya pun nyegerin mata banget. Adegan Shizuku lihat boneka Baron di toko kakeknya Seiji itu beneran indah banget 💖


Tapi adegan yang paling sering diulang-ulang dari film ini yaa adegan nyanyi Country Road karena selain lagunya memang bagus banget, adegannya berasa hangat aja gituuu... Sama adegan Seiji ngajak Shizuku ke bukit subuh-subuh dan 'ngelamar' wkwkwk...

Aku sering banget ngerekomendasiin Whisper of The Heart kalau ada yang nanya rekomendasi film Ghibli yang jarang direkomendasiin. Biasanya orang bakal ngerekomendasiin yang kental fantasinya kayak Spirited Away atau Howl's Moving Castle, tapi kan enggak semua orang bisa langsung nyangkut sama yang tema fantasinya kuat, jadi buat yang baru mau nyoba nonton Ghibli, boleh banget dimulai dari Whisper of The Heart.


🍀

Empat film yang aku sebutin tadi itu jadinya aku taruh di profile letterboxd sebagai film favorit. Terus sambil ngetik ini, sekalian iseng masukin keempat film ini (dan beberapa film lainnya) ke dalam list comfort movies versi aku sendiri.

Karena kalau dipikir-pikir film favorit itu bukan cuma yang bagus menurut kita sendiri, tapi memang beneran kita suka sampai enggak ada bosennya ngulang-ngulang nonton berapa kali pun.

Bisa lihat daftar lainnya di sini yaaa  >> Comfort Movies (HERSYUUU's edition) 😁😁

Kenapa judul lainnya enggak ikut dibahas di sini? Karena banyak dan kalau dibahas semua bisa bulan depan ini tulisannya naik tayang wkwkwk. Kapan-kapan dibahas yang lainnya deh kalau ada niat 😌

Gimana sama yang lain, kalian punya daftar comfort movies juga?

eya.

19 comments

  1. Yesss berhasil bikin Kak Eya balikan sama letterboxd wkwkwkk. Kak...aku liat Kak Eya udah masukin film ke letter sampe 300an..banyak banget kak! Hahaha. Ini film yang udah Kak Eya tonton dari kapan? Kak Eya punya catatannya kah atau emang masih ingat film-film yg udah ditonton dari lama? 👀

    Anywaaaay dari semua list diatas...belom ada yang aku tonton. Tapi Eternal dan Our little sister sempat jadi watchlist, belom ketemu mood yg pas buat nonton kedua film ini 😅. Ngomongin soal filmnya Kore-eda, Kak Eya pernah nonton filmnya yang mana lagi selain itu? Aku sempat nonton Like father like son cuman kurang cocok alias malah ngantuk wkwkwk. Nobody knows alurnya lambat kah?

    Hmm soal Comfort movie ya....satu-satunya yang terlintas sekarang adalah The Maze Runner. Entah berapa kali aku nonton ini...waktu ngerjain skripsi dulu film ini, film paling sering aku tonton ulang sampe kalo bosen cuman aku dengerin aja suaranya tanpa diliat filmnya😂. Selain TMZ apa ya, jadi lupa sendiri tapi kayaknya sih Forgotten (korean thriller) udah aku gak inget apalagi wkwkk...aku jadi kepikiran nih berkat postingan Kak Eya😁

    Btw kak...topik tulisannya menarik banget! Aku kepikiran buat bikin postingan kolab bareng Kak Eya dengan topik yg sama tapi bedanya kita obrolin tentang anime, siapatau Kak Eya berminat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa tengkyu Rekaaa wkwkwk yang seingetnya aku aja Reka hahaha, sama tahun-tahun 2017-2019 itu aku rajin ngereview tiap film yang aku tonton di Twitter, jadi aku masukin dari situ juga 😄

      Bener Rekaa, nonton Eternal Sunshine dan Our Little Sister memang butuh mood yang pas, kalau enggak bisa jadi enggak suka sama filmnya menurut aku 😆 Like Father Like Son memang cukup lambat sih tapi isinya bagus haha, kalau Nobody Knows itu lebih depressing filmnya. Kalau Reka pernah nonton Mother yang Nagasawa Masami, mirip-mirip itu cuma lebih bagus Nobody Knows sih.. Kalau Shoplifters Reka nonton ga? Ini sering dibanding2in sama Parasite, tapi aku pribadi lebih ngena pas nonton Shoplifters (walaupun Parasite aku juga suka) 😄

      Tuh kan comfort movies tuh enggak harus yang cuma nyenengin atau film yang seru aja kan yaa.. The Maze Runner aku juga suka banget triloginya, pokoknya kalau cerita-cerita boys friendship mah aku selalu suka huhuhu

      Waaah boleh banget Rekaaa ayoook... apalagi kayaknya anime yang kita tonton tuh kebanyakan beda yaa, mana tau bisa sekalian saling merekomendasi 😆

      Delete
    2. Kayaknya film-film Kore-eda sedikit melankolik ya kak, suasana yang dibangun hampir mirip antara satu film dengan yang lainnya😁

      Aku nonton shoplifters..sama kak!! Aku prefer shoplifters dibanding parasite sih...cuman kalo parasite basicnya emang lebih ke misteri gitu yaa. Dua-duanya menarik.

      Bener kak aku setuju! Hahaha kita punya kesamaan, aku juga suka sama boys friendship gini terutama TMZ gak ada adegan romantic yg cheesy gitu 😆

      Kuyy kak kita bahas Comfort anime barengan..aku juga penasaran Kak Eya punya list anime apa aja hihi. Nanti kukabari lewat email/DM twitter saja ya kak 😁

      Delete
    3. Iya bener suasana yang dia bawa tuh selalu gitu memang haha, udah jadi khasnya sendiri 😆

      Sayang banget yaa Shoplifters ga dapet hype sebesar Parasite, soalnya menurutku kalau Parasite bisa menang Oscar, Shoplifters pun harusnya bisa huhu.. Adegan terakhirnya itu lhoo 😭

      Boys friendship tuh entah kenapa kerasa banget yaa dan selalu digambarin gimana mereka saling peduli, saling sayang ke sahabat2nya gituuu

      Ohiya DM terakhir Reka belum aku bales, meluncuuur wkwkkw

      Delete
  2. Halo kak Eyaaaa, apa kabaar?? Dah lama nggak main kesini, heheheh.

    Dari list di atas, aku sama sekali baru tau judul2 filmnya kak Eya, jadinya berasa tertinggal jauh gini😅, atau jangan-jangan tinggal di universe lain yaa? Fix aku kurang update ini hahahahahha.

    Tapi ngomong2 soal comfort movies, setujuu nggak harus selalu menghibur dan bodor, sih. Yang penting berkesan dan bikin kita nggak bosan buat nontonnya berulang kali😂 kalau salah satu comfort movie kak Eya ada Pacific Rim tentang robot dan monster, aku ada film Spiderman haha, buat sebagian orang mungkin aneh ya dengan film bergenre seperti ini dijadikan comfort movies, tapi kalau udh jatuh hati mau gimana lagi. Begitu kan, kak Eyaa?😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Awwwlll aku baiiik, Awl gimana kabarnyaa?

      Ahahaha mungkin karena selera tontonan kita agak beda aja Awl.. Film yang Awl suka mungkin juga aku yang ga tau hahaha

      Betuuul banget, namanya comfort pasti juga kerasanya lebih personal kan yaa? Jadi mau apapun genrenya bisa jadi film comfort buat tiap orang. Malah mungkin ada juga yang comfort movie-nya film thriller karena ada yang terhibur juga tiap habis nonton film yang memicu adrenalin kaan? 😆 Btw Awl suka film Spiderman yang mana niih?

      Delete
    2. Alhamdulillah kabarku baik juga kak Eyaaa😁🤗

      Iyaa juga yaa, mungkin karena preferensinya berbeda, ditambah banyak banget judul-judul film merajalela di dunia ini, pasti ada yg kita nggak tau😆 Btw our little sister itu film Jepang kan ya kak? Kebetulan aku lagi nyari-nyari film jepang yg enak buat ditonton. Lumayan bisa jadi referensi, hihi😍

      Eh tapi ini beneran aku juga punya comfort movie yg genrenya thriller lho kak Eya!🤣 Judulnya Call, film korea keluaran tahun 2020 kemarin, kak Eya taukah? Itu aku suka banget sih filmnya, karena genrenya memang salah satu favorit aku, psychological thriller atau time travel gitu. Walaupun awalnya serem, tapi lama-lama nggak bosen buat ditonton lagi, saking terasa memacu adrenalin hahaha. Bener-bener keren🙈 Oh iyaa, aku suka film Spidermannya Sam Raimi, yg paling favorit deff yang kedua😁. Dari kecil nonton ini diulang-ulang pun nggak pernah bosen, mungkin karena udh jadi childhood memories, makanya berkesan banget buat aku😂

      Delete
    3. Iyaa betul Awl, karena preferensi beda jadinya yang ditonton juga beda biasanya 😆 Iya film Jepang Awl, enak banget adem nonton Our Little Sister tuh ahaha sekalian boleh dicek film-film dari sutradaranya karena film-film dia bagus semua 😆

      Call aku tahu belakangan banyak diomongin.. tapi aku belum nonton karena lagi belum ada keinginan lagi nonton thriller/horor hahaha.. Sam Raimi tuh bearti yang Spiderman nya versi Tobey MacGuire yaa? Spiderman pertama yang aku tahu hahhaa iya memang childhood memories banget yaa karena itu kayak yang kita tonton waktu kecil

      Delete
  3. Karena jarang banget mengulang nonton film, aku kayaknya nggak punya comfort movies, deh... ^^"
    Adanya comfort genre. Jadi pas lagi pusing dengan realita, nontonnya romcom aja, biar ketawa-ketawa. Pas lagi butuh semangat, nontonya yang berhubungan dengan pekerjaan. Pas lagi homesick nonton family/human drama. Pas lagi pengen yang seru nonton thriller, deh... hehehe.

    letterboxd ini kayak goodreads versi buat film gitu, kah? Serial TV juga bisa dimasukin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah bisa juga comfort genre yaa jadi nyari tontonan yang genrenya tepat tergantung perasaan hati gimana 😆

      Iyaa sejenis goodreads tapi buat film.. bisaa serial TV juga bisa dimasukin, cuma memang daftarnya ga lengkap siih

      Delete
  4. Dari semua judul di atas, yang aku tahu hanya Pacific Rim sama film Ghibli itu tapi belum ada yang aku tonton 😂
    Kalau Little Forest kelihatannya vibesnya mirip Little Women, iya nggak Kak? #soktau
    Tadi aku sempet intip list di Letterboxd Kakak, eh nemu Captain America 🤣 ini salah satu film favoritkuuu soalnya Chris Evans ganteng beut 😍 #plakk
    Kalau comfort movieku itu..... Ehem.. uhuk.. Twilight series 🤣🤣🤣 entah udaah berapa kali nonton series ini, tapi aku memang sesuka itu Kak 😭 tapinya lagi, pas aku baca bukunya, aku malah ngerasa cringe, tapi filmnya nggak 🤣🤣🤣 aneh bin ajaib memang wkwkw
    Comfort movieku lainnya itu Chibi Maruko sama Peppa Pig 🤣 aku suka nonton kartun itu bergantian kalau lagi makan 🤣. Aku suka ceritanya Maruko, kalau Peppa itu lucu + aku seneng dengar Peppa kalau ngomong british-british gitu wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Little Sister mungkin Liaa ahaha.. iya sih sekilas bisa disandingin sama Little Women, cuma di Our Little Sister ini agak lebih santai konfliknya karena bukan di masa perang kayak Little Women dan udah jauh lebih dekat ke masa sekarang 😆

      Captain America pertama itu film MCU favoritku sepanjang masa soalnya dari situlah mulai terperosok ke Avenger hahaha.. Banyak yang bilang film Captain America pertama bosenin kayak jadul, tapi menurutku bagus huhuhu

      Hahahaha ih Liaa aku pernah baca Twilight juga dan mikir gitu hahhaa tapi nonton filmnya masih lebih oke sih dibanding baca, ga yang sampe bikin cringe 😂😂

      Ya ampun Peppa Pig itu lucu juga siiih aku belum pernah nonton tapi lihat bentuknya aja gemes 😆

      Delete
  5. Halo, dari aku yang teracuni film Whisper of the Heart😂😂😂 dari empat film yang ditulis sama Kak Eya cuma dua yang pernah aku tonton, satunya lagi yang Eternal Sunshine of the Spotless Mind itu. Film yang nggak aku tamatin karena menurutku nggak jelas😂😂😂 wah ternyata Kak Eya dulu mikir film ini gak jelas, tapi terus nonton lagi. Aku enggak, nggak aku lanjut wkwkwkwkwk.

    Comfort movieku paling Titanic HAHAHAHAHHA. Terus ini tadi ngintip akun letterboxd Kak Eya ada Cinderella sama Tangled, kemudian...OH IYA YA KAN ADA DISNEY PRINCESS MOVIES WKWKWKWKKWKWK jadi ya kalo bosen dan gatau nonton apa paling nonton film Disney Princess😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHAA bener kaaan Eternal Sunshine of The Spotless Mind itu memang bukan film yang gampang disukain sama semua orang sih, dan waktu nontonnya juga kayaknya harus tepat buat bisa suka hahaha.. Aku juga pas pertama nonton mikir "ini film apaan sih" wkwkwkwk

      Endah jadi inget dong obrolan kita soal Titanic 😂😂😂 film-film Disney Princess memang ga pernah bosenin yaa buat ditengok lagi dan lagiii

      Delete
  6. Wahhh.. jadi penasaran sama yg Our Little Sister.. kalau mau nonton dimana yah Mba Eya?.. tadi ngecek di netflix nggak ada.. hihi

    Ngomongin soal comfort movies.. hhmm sama kaya Lia. CHIBI MARUKO CHAN, Doraemon, sama Shinchan.. hahah. Ketiga kartun itu yg paling sering tak setel pas lagi makan.. 🤣😅 diulang2... 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya memang belum ada di situs legal Mas Bayu, dulu aku nonton lewat jalur haram (masih disimpen sampe sekarang 🙈)

      Enak yaa memang nontonin kartun sambil makan tuuh, aku dulu suka nyetel Winnie The Pooh atau We Bare Bears kalau mau berangkat kerja karena biar buat naikin mood aja gituu 😂

      Delete
  7. yampunn Ghibli emang nggak ada matinya ya dan aku udah diingetin lagi nih hahahaha
    dari zaman nggak enak masih belom ketonton juga, ehh ini ada whisper

    aku mauuu cobain kepo letterboxd juga, baru tau wkwkwkw

    ReplyDelete
  8. Eyaaa, kok kepikiran aja sih nulis tema iniii. Jadi kepingin ikut nulis juga, maklum anaknya latah wkwkwk

    Comfort movies aku kebanyakan bergenre chick lit, sebetulnya aku udah nulis draft-nya sih di blog tentang ini, cuma belum dieksekusi lagi 😆 entah kenapa aku suka banget dengan genre ini, padahal plotnya ya mirip-mirip aja, yaa. Kalo yang suka ditonton ulang berkali-kali itu udah pasti Devil Wears Prada, terus 13 Going 30 dan New York Minute. Aduhh ini sebetulnya dilanjutin panjang sih wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Wah, Spirited Away masuk juga. Cuma itu yang saya kenali di sini sepertinya (dan kebetulan juga favorit). :) Nanti coba saya cari Our Little Sister. Trims ulasannya

    ReplyDelete