Puasa Hari Pertama

Sunday, April 18, 2021

picture credit to @beccatapert from Unsplash

Enggak salah, Ya? Puasa hari pertama kan udah dari hari Selasa kemarin kali!

Enggak doong, eike baru puasa hari ini jadi ini hari pertama puasa buat eike, gitu maksudnyaa 😌

Yaak jadi gimana nih, temen-temen bulan Ramadhan-nya?? Puasanya pada lancar? Hari keberapa yaa ini harusnya, hari keenam yaa? Enggak kerasa udah mau seminggu aja yaa puasa? Tapi aku sih, baru hari ini mulai puasa hehehehe...

Hari pertama puasa diwarnai oleh bangun kesiangan buat sahur! Wkwkwkwk emang si Eya hidupnya kadang merepet ke sitkom.

Aku udah pasang alarm jam 02.55 alias jam 3 kurang 5 menit! Dan bangun tuuh pas alarm bunyi. Tapi merasa aman tinggal goreng telur dan nugget aja, aku pun males-malesan mikir "aaah jam setengah 4 aja deh ke dapurnya, dingiiiiin..."

Tahu dong apa yang terjadi??

Yak, ketiduran lagi saya pemirsaaaa 🙈🙈🙈 Dan bangun udah jam 04.15an gitu wwkwkwk... Langsung ngibrit ke dapur, untung nasi udah ada kan? Alhasil dari masjid udah ada seruan imsak, aku baru mulai makan. Ngebuuuutt wkwkwkwk.

Alhasil juga, rutinitas minum teh manis anget tiap sahur harus kelewat. Ditambah enggak minum vitamin juga zzzzz.... Untung ini hari Minggu kan, enggak perlu ke mana-mana 😌

Dan alhamdulillah puasa hari pertama ini lancaaar. Enggak banyak tidur juga, aku tidur siang satu jam doang kayaknya. Sepanjang hari diisi dengan nonton Gokushufudo (The Way of Househusband) di Netflix dan baca komik. Dan juga sempat eksekusi resep baru doong!

Hehehehehehehehee....

Jadi, tujuan nulis ini tuh, sebenernya mau pamer. Habis nyobain bikin puding roti pakai rice cooker, percobaan pertama dan sukseeeesss walau rasanya kurang manis hahaha. Tapi kata housemates-ku enak, cuma kurang manis aja.


Maaf yaa, fotonya ala kadarnya banget dan enggak ada indah-indahnya. Ini aja baru keingetan foto setelah cabik sana-sini wkwkwk gini lah kalau orang enggak ada bakat jadi foodies 😂But I really proud of my self bisa bikin beginian hahaha!

Btw aku nemu resepnya di Yummy App. Tadinya lagi iseng aja nyari apa yang bisa dibikin pakai roti tawar. Kebetulan ada sisa 4 roti tawar dan kadaluarsanya besok. Daripada kebuang kan, mending dibikin sesuatu.

Nah, aku tuh udah lama sering lihat resep puding roti. Cuma jarang aku perhatiin banget karena bikinnya pakai oven atau kukusan, kan enggak ada yaa dua-duanya di sini. Eh kebetulan banget tadi nemu resep yang bikinnya pakai rice cooker/magic com, jadi langsung semangat deeh pengin nyoba!

 Bahan-bahan yang dipakai: 
  • Roti Tawar
  • Susu Full Cream 1 kotak (yang ukuran reguler)
  • Telur 2 butir
  • Margarin
  • Gula (aku cuma pakai 3 sendok while di resep ditulis 5 sendok, ternyata kurang manis ehe)
  • Kayu manis bubuk
  • Mesis (atau bisa diganti apapun, ada yang pakai keju atau kismis)

Sebenernya beda-beda siih di tiap resep yang aku temuin, bahan-bahan apa aja yang dipakai. Kalau aku pakai yang aku tulis di atas ini aja. Waktu masaknya juga enggak lama, cuma 20-25 menitan lah. Dan pas adzan tadi, pas banget mateng hehehe.

Tadi tuh pasrah sih sebenernya kalau-kalau gagal wkwkwk. Eh alhamdulillah ya siis, ternyata sukses hehehe. Nanti kapan-kapan mau bikin lagi aah, sama kalau pulang ke rumah kayaknya mau nyobain bikin yang pakai oven. Semoga aja ovennya Ibu masih bisa dipakai wkwkwk.

Begitu deeeh kegiatan berfaedah di hari pertama aku puasa ini hehehe. Gimana dengan temen-temen semua, ada yang nyobain resep baru kah?

eya.

26 comments

  1. Kak Eyaa, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga puasanya lancar ya ♥️
    Kemarin itu aku juga sempat ikutan nonton The Way of Househusband gara-gara Prikitiew nonton. Animenya absurd banget 🤣 tapi justru anime absurd gini yang aku suka sih karena ke-absurd-annya tuh menghibur walaupun kadang bikin geleng-geleng kepala wkwk

    Anyway, aku belum explore resep baru lagi belakangan ini nihh. Besok-besok coba bikin cheesecake no baked dong Kak Eyaaa #NyuruhNyuruh 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih Liaaaa 💖 Kocak banget sih memang The Way of Househusband inii, aku baca komiknya juga sebelumnya dan nonton animenya jadi lebih seru. Absurdnya bener-bener kebawa. Tapi kalau mau dilihat dari pandangan yang lebih deep *ceilah* ini tuh kayak mau mendobrak patriarki di mana suami yang jadi bapak rumah tangga, masak, nyuci, beres-beres, sementara istrinya yang kerja keluar rumah hahaha

      Waaahh selalu pengin nyobain cheesecake niih... Oke deh noted Lia, nanti aku cari resepnya yang paling simple dulu deh 😂

      Delete
  2. Nah, itu benar kata Lia, cheesecake..!
    Btw, Selamat berpuasa buat Mba Eya, semoga lancar ya. Walaupun mulainya agak telat. Haha

    Sahur pertama saya seru si, saya udah bangun dari jam 3 karena kebetulan puasa pertama lagi di tempat Bayu.
    Yah, ikutan sahur iseng2. Meskipun ternyata jam 8 pagi perut udah minta diisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya niih nanti deh mau cari yang resepnya paling gampang dulu wkwk... Makasih Mas Andrew, biasalah cewek puasanya langganan bolong-bolong wkwk

      Oooh saya baca juga ceritanya wkwkwk yang goreng Kaki Naga sama beberapa lauk lainnya 😂 Jadi inget dulu temen juga ada ikutan sahur, mau ikutan puasa biar sekalian diet katanya. Eh, bangun tidur jam 9 langsung cari sarapan lagi 😂😂

      Delete
  3. Kak Eya kita sebelas dua belas, aku hari Minggu kemarin puasa hari kedua😂 terus isinya tidur mulu, dan bantuin mamak dikit pas sore wkwkwkwk. Untuk resep baru of course aku tida ada karena ngikut yang punya rumah kan ya😂 Rice cooker emang magic thingnya anak kosan ya, serbaguna bisa dipake masak apa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ternyata tim puasa belakangan juga Endaaah 😂 Enaknyaa di rumah yaa bisa disiapin aja heuuu *ngiri ceritanya wkwk* 😂😂 Iyaa makanya ada sebutan magic com juga, karena emang magic bisa masak segala wkwk. Dulu waktu masih misah lantai sama housemate, aku masak indomie aja pakai magic com lho wkwkwk

      Delete
  4. Si Eya emang lah, coba ketiduran beneran, aku makin ngakak ketawanya! XD
    Btw, puasa kali ini, aku masak sekali aja, pas buka gitu, jadi makanan berbuka tinggal diangetin buat sahur, hehehe.. Biasalah anak kos!
    Nggak ada eksplor baru sih, yah paling banter sup miso, kimchi jiggae, kalau niat banget oseng tuna (beli tuna kaleng). Mau nyoba resep-resep lain, ntar deh kalau udah gathering buffalo ama Hyung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pipit kenapa kejaaam 😂😂
      Iyaa aku juga lebih banyak gitu, atau pas buka beli lauk dibanyakin buat sekalian sahur wkwk. Males emang yaa kalau pagi-pagi buta kudu di depan kompor huhu...

      ((gathering buffalo)) PIT KENAPA SIH NGAKAK ELAH 😂😂😂 btw kamu nyebut tuna kaleng, jadi kepikir besok mau sedia tuna kaleng ah, bikin oseng tuna enak kayaknyaaa

      Delete
  5. Wooow, jam 4.15 di sana sdh otw imsak yaaa.
    Kira kira di mana yaa mbak Eya. NampaknYa di Bandung kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mas Dodoo wkwkwk... jam 4.15 udah halo-halo imsak, kebetulan mesjidnya sebelahan sama kostan wkwk

      Delete
  6. Selamat menikmati puasa-puasa selanjutnya mba wkwkw :D

    Aku bulan puasa gini nggak eksplor resep nih, cenderung makan seadanya wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama selamat menikmati puasa juga yaaa 😆

      Sama sih, ini eksplor resep juga seadanya wkwk kalo susah masih ragu soalnya haha

      Delete
  7. wah olahan rotinya menggoda sekali
    iya sayang si mbak kalau liat roti mau kadaluarsa
    dibuat olahan simpel sudah enak kok
    aku malah seminggu ini makan nasi abon aja
    engga keburu sahur maklum molor masian hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang suka aku goreng pakai tepung bumbu gitu juga Mas Ikrom, enak juga gitu wkwk dimakan pakai saos sama mayones 😂 Walaaah apa ga keroncongan siang-siang kalau sahurnya cuma nasi abon? wkwkwk beli lauk dari malem atuuh

      Delete
  8. Aku bersyukur THN ini awal puasa sedang ga DTG bulan.biasanya kemarin2 DTG bulan muluuuu hahahha.jd ngerasain jg puasa pertama di awal.

    Dulu zaman aku ngekos, jujurnya malah ga pernah sahur mba. Bablas aja daaah, tanpa sahur. Krn zaman kuliah kan banyak tugas tuh, aku seringnya begadang tp jam 1 udh tidur. Kan kalo hrs bangun lagi jam sahur, yg ada pusing kepala Krn tidurnya mepet. Makanya aku LBH milih ga sahur. Untungnya kuat dan aku terbiasa gitu. Bahkan pas udh kerja tp blm nikah, aku jg ga sahur.

    Baru setelah nikah aja jd sahur :p. Pak suami yg ga kuat kalo dihajar bablas :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jarang banget ngerasain puasa di awal Mba Fanny, selalu tiap lagi dapet heuuu... Nanti lebaran juga biasanya ga kebagian 😔

      Jaman kuliah aku juga jarang sahur Mba wkwkwk paling minum air putih doang, syukur-syukur sempat sedia roti atau susu kotak kaan wkwk... Kalau sekarang ga sahur, besoknya di kantor cengo ga bisa mikir 😂😂

      Delete
  9. hai hai mbak eya, yampun ketinggalan berapa post nih aku hahaha
    baidewei selamat berpuasa mbak eya, aku mauu dong icip puding roti, kalau aku dirumah termasuk jarang explore resep mbak ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai Mba Ainuun 🤗 Ayo cobain bikin Mba, bikinnya gampang tinggal aduk-aduk terus serahkan sisanya pada rice cooker 😂😂

      Delete
    2. hiks pengen kann jadinya, modalnya simple soalnya, alatnya juga gampil, rice cooker aja

      Delete
  10. Selamat berpuasa untuk Mba Eya.. 😊
    Wahh pengen bikin ahh ntar pas libhr kerja selanjutnya.. hehe

    Kalau aku sndiri malah sring banget kebabalasan nggak sahur.. wkwk. Malah kadang kalau lagi ngntuk banget yaudah skip sahur pling cuma minum.. 😂

    Smpe skrang mungkin sahur baru 5 kali. 😄🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat puasa juga Mas Bayuu 😊
      Kalau di rumah ada oven atau kukusan, kayaknya bisa lebih maksimal jadinya, paling ga bentuknya dapet cantik gituu wkwk

      Dulu aku kuat ga sahur juga, jaman kuliah sih... Sekarang kalau ga sahur, besoknya ga bisa mikir wkwkwk nanti di kantor cengo doang 😂

      Delete
    2. Hahaha.. 😁 zaman kuliahku yah gtu juga.. ^hemat 😁 biasa anak ngekos. Wkwk

      Btw minggu lalu sempat bikin Mba Eya. Pke oven tak tambahin potongan kurma terus sok ngide susunya di ganti sama santan *jangan tanya kenapa ya.. 😁😁 wkwk* ehhh tapi enak lohh jadinya gurih2 berkelapa gtu.. 🤣

      Delete
  11. Sahurnya jadi ngebut ya Mbak Eya karena udah mepet imsak, alhamdulillah... seharian kuat juga meski tanpa ngeteh dan vitamin ;-D

    Puding roti bakarnya bahannya nggak susah nih, kayaknya layak dicoba kapan2 , keliatannya enak juga .... baca postingan yang ada foto makanannya pas puasa gini emang duuuuuh.... bikin nelen ludah :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa jadi ga ada rasanya mana keringan semua kaan 😂 Untungnya hari Minggu siih jadi kuat karena ga dibawa gerak berat atau mikir 😂

      Iya gampang kok, bisa ditemuin di Indoapril atau Alfajanuari juga wkwkwk.. gapapa kalau nelen ludah Mas Edot, kayaknya ga batal kok 😂

      Delete
  12. Puasa hr pertama produktif ya Mbaa. Bahkan boci cuma 1 jam. Hehehe..
    Aku blm pernh nih nyobain resep2 di magiccom. Klo liat dr cara n bahan2ny kayanya ga terlalu susah ya mbaa 😍😍
    Walau klo bikin blm tentu berhasil jg aku. Hehehe.. Soalny klo masalah dapur, aku lbh bakat bikin lauk dr pd baking2 atau bikin cemilan2 gini. Klo aku jd mba eya, mungkin roti mau kadaluarsa berakhir tetep jadi roti slai aja kaya biasa 😄
    Selamat puasa yaa Mba Eyaaa 💖💖

    ReplyDelete
  13. kak Eya, aku juga nonton Gokushufudo karena suami setelin ini malem2 hahaha Kocak banget aseli!!! Nonton ini aku dan suami ketawa-ketawa muluk wkwkwkkw

    Waw kak Eya, untung tetep bisa sahur ya. Kalo engga bisa gaswat itu lambuuung! Huhuhuhu
    Terus produktif bingit langsung jajal resep baru hehe
    Aku uda ga pernah masak-masak lagi kak wkwkw
    Malessss huhuhu

    BTW semoga kak Eya puasanya lancar ya!!!

    ReplyDelete