15 Books Related Confession

Monday, April 26, 2021


Kalau ada yang ngikutin blognya Haloreka, belakangan dia baru selesai ikutan Tantangan 15 Hari dengan tema yang berhubungan sama buku. Aku sempat ninggalin komentar kalau aku mungkin akan ikut nulis tema-tema yang sekiranya nyangkut di hati.

Dan sama kayak Lia, aku paling tertarik sama tema di hari pertama, yang meminta untuk nulis pengakuan related sama perbukuan. Yah, blog aku memang enggak khusus tentang buku sih, tapi sebagai so called bookworm rasanya pengin aja nulis tema ini.

Soal kenapa baru nulis sekarang sementara Reka sendiri udah bahas tema ini dari dua mingguan lalu, kenapa yaa baru kepikiran lagi aja pengin nulis kali yaa ahahaha.

So, here's my confession...

  • Team fiksi all the way 🤟. Entah kenapa aku jarang banget bisa nyangkut kalau baca nonfiksi, terutama yang temanya self-help atau self-motivation gitu. Aku enggak suka baca buku yang bikin aku merasa digurui hahaha. Jadi sejauh ini, buku-buku nonfiksi yang bisa nyangkut di aku mungkin lebih ke biografi atau cerita perjalanan, yang enggak secara gamblang ngajarin pembacanya, melainkan si pembaca bakal dapet pelajaran dari cerita yang mengalir.
  • Aku suka ngambil jeda/pause saat baca buku buat bayangin suasana, wujud karakter, sampai suara karakternya. Sejauh ini kalau karakter perempuan, aku seringnya kebayang suara Hirose Suzu (aktris Jepang) dan kalau laki-laki seringnya kebayang suara Nicholas Saputra wkwk.
  • Belakangan lebih nyaman baca buku digital. Aku sempat ngalamin reading slump panjang gara-gara perkara reading challenge, dan obat mujarabnya ternyata adalah baca via digital.
  • Gampang terikat sama karakter, makanya gampang nangis dan patah hati kalau ada hal buruk yang terjadi ke karakter. Yang belum lama terjadi pas baca chapter 138 Attack on Titan, sampai seharian nangisin dua karakter kesayangan, lagi cuci piring pun keingetan terus nangis wkwkwk. Kalau ada yang follow aku di Twitter atau Instagram, mungkin bakal nemu kalimat "My heart belongs to fictional characters" di bio 🙈
  • Benci bookshaming karena selain sering jadi korban bookshaming, juga pernah jadi pelaku bookshaming itu sendiri.
  • Dari kecil hobi baca sambil tiduran tapi sampai umur sekarang ini mata masih normal, enggak ada minusnya 🥺
  • Buku pertama yang bikin aku jadi suka baca adalah Doraemon Petualangan yang Nobita di Planet Binatang. Dan aku lebih suka Doraemon seri Petualangan daripada seri reguler.
  • Suka enggak dapet feel kalau baca cerita yang full romance, tapi kalau baca cerita yang genrenya jauh dari romance tapi ada adegan romance terselip, bisa heboh sampai jumpalitan wkwk.
  • Pernah juga berada di fase desperate pengin punya pacar dan segera nikah, sampai bacaan saat itu semuanya romance. Segala macam romance dari yang teenage, young adult sampai adult dilahap semua! Mungkin fase ini yang bikin aku jadi enggak terlalu bisa menikmati romance sekarang kali yaa? Keburu eneg 🙈
  • Sangat slow reader. Enggak bisa baca buku dalam sekali duduk, mau sesuka apapun sama ceritanya karena otakku butuh refreshing hal lain supaya enggak cepet bosan.
  • Enggak bisa baca di suasana yang terlalu hening. Paling enggak harus ditemenin musik. Kadang juga di tengah-tengah baca suka kedistrak pengin ikutan nyanyi haha.
  • Kalau ada kalimat yang susah aku pahamin, aku suka baca ulang kalimat itu dengan bersuara. Entah apa pengaruhnya, tapi dengan dibaca lantang, bisa membantu aku jadi lebih konsentrasi buat menangkap maksud kalimatnya.
  • Bisa berjam-jam keliling toko buku, lihat satu-persatu buku dari satu rak ke rak lainnya berkali-kali dan kadang bawa buku ke kasir, kadang ninggalin toko buku tanpa bawa apapun.
  • Udah jarang pakai Goodreads tapi aku selalu nyatet bacaanku di Google Sheets. Dapet formatnya dari thread-nya Hestia Istiviani (penginisiasi Baca Bareng).
  • Buat aku, komik juga bagian dari buku. Dan aku paling sedih kalau ada yang bilang komik itu bukan buku dan baca komik cuma buang-buang waktu. Kadang cerita dari komik enggak kalah deep kok dibandingkan novel, jadi sama aja.
  • BONUS: Aku masih punya cita-cita suatu saat nanti kalau bisa pengin bikin komik karanganku sendiri. Aku udah punya rancangan cerita cuma aku enggak bisa gambar komik jadi harus punya partner dulu hahaha.


Yak udah selesai 15 tambah bonus satu, jadi 16 pengakuanku 🙈 Kayak apaan aja segala pakai tambah bonus wkwkwk.

Semoga daftar yang aku tulis di atas kesannya enggak jadi too much information atau terkesan songong yaa karena aku nulis daftarnya beneran cuma pengin nulis aja. Seperti yang dialami Reka juga, ternyata bikin confession gini tuh, bikin mikir yaa? Mikir pas mau nulisnya, sama pas selesai nulis dan ngedit, jadi mikir lagi hahaha.

Kira-kira dari daftar confession aku, ada yang sama enggak nih, sama yang temen-temen rasakan? 😊

eya.

19 comments

  1. waaaaaaa, kukagum sama dirimu yang memiliki impian buat bikin komik sendiri. Semoga tercapai ya mba :D

    ReplyDelete
  2. Yaaaayy! Akhirnya Kak Eya ikutan bikin post ini juga 😆

    Kalau 2 tahun lalu ditanya, aku pasti akan jawab bahwa aku tim nonfiksi. Kalau sekarang, aku tim fiksi all the way juga 🤙 wkwkwk. Dan karena udah tim fiksi selama beberapa bulan ke belakang, aku jadi sulit untuk mulai baca nonfiksi kembali 😂. Aneh yaaa bisa begini wkwk

    Kak Eya, aku juga bisa kembali ke dunia buku karena buku digital lhooo 🙈 ternyata walau buku fisik nggak terkalahkan, tapi buku digital mampu membawa hal baru dalam hidup eaaak

    Kalau aku, anaknya gampang mewek, jadi kalau baca cerita sedih dikit, langsung banjir tanpa perlu terikat sama karakternya 😂 lemah beut hatiqu ini~

    Terus aku juga tim berjam-jam keliling toko buku dong 🤙 wkwk. Kayaknya kita sama Kak Reka bisa berkemah di toko buku deh kalau jalan bareng 🤣.

    Dan kita kebalikan banget nih, aku tim hening saat baca wqwq. Terus aku masih pakai GR untuk track bacaanku, sama Storygraph juga soalnya ada diagram-diagramnya gitu 🤣

    Anyway, adikku skillnya gambar digenre manga/anime gitu lho Kak, yang Japanese style pokoknya. Siapa tahu Kak Eya bisa collab sama adikku untuk bikin komik nanti 🙈 boleh kabar-kabarin aku kalau mau wkwk

    Jadi panjang banget komentarnya nih 🤣 semua ingin dibahas kalau udah ngomongin soal buku mah 🤣😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa kenapa jadi susah baca nonfiksi Li? Jadi udah kebiasaan sama fiksi yang alurnya beda kali yaa sama nonfiksi? 😆

      Betuuull dan berasa lebih ringkes aja karena ga pakai bolak-balik buku hahaha cuma geser-geser aja yaa? 😂 Gawat ini mah judulnya udah kebiasaan sama gadget sampe males bolak-balik buku wkwkwk

      Kita ini memang perempuan-perempuan berhati lemah yaa wkwkwk dikasih seuprit adegan sedih aja udah banjir air mata 😭😭

      Mungkin kita bertiga sama Reka perlu kapan-kapan mewujudkan kemah di toko buku kayaknya Li wkwkwk suka ada juga kaan di Gramedia jual alat kemah, sekalian aja kita manfaatnya *kemudian di-ban dari Gramed wkwkwk*

      Eh gara-gara baca tulisannya Reka soal Storygraph aku jadi penasaran pengin nyobain juga pake Storygraph, lucu yaa ada diagramnya segala jadi trackingnya beneran kerasa 😂

      Huwaaaa Liiaaaa baru tahu soal adiknya Lia niih... Mungkin nanti kalau ceritanya udah matang, aku bakal cari adiknya Lia buat kolab 🥺🥺

      Susah ngeremnya yaa kalau udah ngomongin buku emang? Kayak pengin segala dibahas gitu 😂😂

      Delete
    2. Betul, Kak Eya. Udah kebiasaan sama fiksi yang kadang alurnya cepat dan menegangkan, jadi pas baca non-fiksi malah ngerasa slow gitu 🤣

      Iya 🤣 Pegangnya gampang kalau pakai gadget, nggak perlu ribet pegang buku yang tebal-tebal gitu cuma sayang aja matanya cepat perih kalau lihat kelamaan 😂. Makanya ada ebook reader semacam Kindle sebagai solusi sih *kok jadi promosi*

      WKWK oiyaaa! Ya daripada alat kemahnya cuma pajangan aja, kan hitung-hitung trial kalau kita tempatin duluan 🤪

      Storygraph bagus Kak Eyaaa! Iya berasa tracking beneran dan cukup mendetil gitu lho diagramnya. Ayo Kak Eya bikin jugaaaa!

      Whaaa~ boleh, boleh 🥺 Semangat mengejar impian Kak Eyaaa!

      Delete
  3. Hihihi asik kak Eya ikutan nulis tema ini juga 😆

    Seru banget liat jawaban dari temen-temen blogger, ada yang samaan dan ada yang beda juga. poin yang kalo ada momen romance terselip, ini aku juga ngerasain kadang-kadang hahaha, bisa kesel karena geli sendiri tapi nanti senyum2 seneng sendiri.

    Soal buku nonfiksi, hmm....belakangan ini aku lagi suka baca memoar kak, itu jadi salah satu pilihan alternatif bacaan kalau mau coba baca nonfik😁

    Toss kak!! Aku tim pembaca buku yang gak bisa baca kalo hening banget, jadi suka pake bgm entah itu dari suara tivi, lagu atau film. pengecualian kalo ada suara orang ngobrol gitu aku malah gak bisa fokus.

    Ah iya... aku doakan supaya kak Eya bisa menemukan partner buat bikin komik, who knows kan kak siapa tau nanti cita-citanya tercapai hihihi. Cerita apa tuh yang udah dipikirin? *kepo, Shounen sport kah? Hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay makasih Reka atas idenyaaa 🤗

      Hahaha kadang suka geli sendiri yaa karena kita bisa-bisanya teriak kegirangan gara-gara adegan karakter fiksi gandengan tangan doang 😂😂

      Memoar itu jatuhnya beda ya Reka kalau sama biografi?

      Nah bener, asalkan bukan suara orang ngobrol, apalagi ngobrolnya tau-tau ngajakin kita, udah deh buyar lagi baca sampai mana 😂😂

      Aamin makasiiih Rekaa hahaha iya ini sebenernya impian yang pengin diwujudin tapi enggak ngoyo juga siih tapi seneng banget kalau bisa kesampaian 😂 Hahahaha Reka bisaan niih nebak, iyaa genrenya nyerempet ke Shonen sport gituu memang.. kebanyakan baca sport manga jadi inspirasinya banyak dari sana 😂

      Delete
    2. Kak Eyaa...setau aku kalo bio/autobio biasanya dipake untuk cerita yang rentang waktunya lebih lama, satu tokoh utama dengan perjalanan kisahnya dari masa kecil sampai dewasa. Kalau memoar biasanya pake periode waktu tertentu aja, jadi cuman mencakup satu peristiwa dari tokoh utamanya. Contohnya kayak buku Man search meaning yang aku bahas di blog *promosi* wkwkwkk 😁

      Delete
  4. Baca post ini pertama kali punya Lia dan lumayan banyak kesamaan :))

    Kalau tim-timan fiksi atau non fiksi udah nggak. Pokoknya buku apapun yang menarik aku baca tapi sekarang karena banyak rempongnya udah jarang banget baca buku. Merasa berdosa sama tumpukan buku di rak yang belum sempat dibaca

    aku masih nyaman pakai buku fisik soalnya ga kuat mata kalau lama-lama mantengin gadget. Tapi buat enaknya sih yang versi digital ya bisa baca kapan pun dan dimana-mana, kalau sekarang tapi riweuh ntar kita pegang hp mulu anak ngirain mamaknya main game di hp terus jealous merasa dibohongin mamaknya :))

    Semoga tercapai cita-citanya bikin komik, pasti seru. Bikin review aja seseru itu. Ditunggu ya Mba Eya komiknya. Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa Mba Pipit, para bookworm percaya dengan adanya hukum kekekalan timbunan hahaha jadi it's okay kalaupun timbunan buku enggak terbaca juga 😆

      Iya bener Mba, kadang buat orang yang mobile alias harus ke sana-kemari memang lebih cocok dengan versi digital. Makanya sekarang sebenernya ada e-book reader alias gadget khusus untuk baca buku yang katanya layarnya beneran disesuaikan untuk membaca jadi ga akan bikin mata cepet lelah. Cuma yaa belum semua orang punya prioritas buat beli e-book reader ini sih 😅

      Hahahaha makasiiihh Mba Pipit, tunggu komik aku yaaa 😆

      Delete
  5. Wah boleh juga idenya bayangin suara mas Nicsap idola kita semua kalo lagi baca buku fiksi biar makin semangat bacanya. xD

    Kak Eya enak banget sih matanya nggak minus walaupun bacanya sambil tiduran. T___T

    Kita berbeda 180 derajat emang, aku suka banget nonfiksi self help karena berasa dikasih teori how to menghadapi dunia ini, tinggal mraktekin aja teorinya di lapangan wakakakak.

    Btw semoga Kak Eya nanti bisa nerbitin komik sendiri~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuuuyy ayo cobain Endah, sekalian bayangin mukanya Mas Nicsap juga boleeeh 😌

      Hahahaa akupun binguuung tapi kayaknya memang keturunan, soalnya ibuku juga ga ngalamin mata minus, tapi sekalinya pakai kacamata langsung buat yang plus karena usia 😂

      Nah iyaa memang ini tuh masalah preferensi aja sih yaa wkwkwk mungkin aku susah cocok sama nonfiksi juga karena pernah ada di lingkungan yang menganggap baca novel/komik cuma buang-buang waktu, jadinya kesel duluan 🙃

      Aaamin makasih Endaaahh 😘

      Delete
  6. Hihihi.. ssssttt 🤫 btw aku udh punya layout tulisan ini juga tapi smpe skrang belum tak publish2.. I dont know why. Mungkin karena di blog sndiri jarang bahas buku kali ya...

    Hahaha.. aku malah suka sama buku self-motivated dan buku fiksi.. hihi..
    Dan sama kaya Mba Eya. Entah dari kapan posisi terbaik membaca adalah tiduran.. malah sering juga posisinya telentang bukunya diatas. Meskipun cara ini bikin tangan kemeng..

    Suka komik juga..😆 skrang lagi sneng komik anak Kos Dodol dikomikin..

    Semoga Mba Eya bisa nerbitin komik sndiri ya.. aku tunggu dan yg paling antri di depan buat beli kalau Mba Eya udah rilis buku komik sndiri.. jangan lupa TTDnya juga ya khususon buat aku🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ayo dong di post Mas Bayu ahahaa... memang sekilas tulisan kayak gini cocoknya buat yang blognya banyak bahas buku sih yaa? Tapi kayaknya as long as we're the reader, kayaknya oke-oke aja posting begini 😄

      Iya niih kadang iri sama yang bisa nikmatin semuanya, kayak pasti jadi banyak pilihan bacaan kaan? Sekarang lagi mau nyoba dikit-dikit siih mungkin belum ketemu yang cocok aja kan? 😂 Hahaha pernah kejatuhan buku pas di muka juga ga Mas Bayu? Biasanya kalau tangan udah pegel atau udah ngantuk, suka tau-tau bukunya jatuh ke muka 😂😂

      Eh aku pernah baca Anak Kos Dodol duluu... ada komiknya yaa sekarang? Seru kayaknyaaa kalau dikomikin soalnya karakternya pada kocak-kocak, berasa komikal gitu kaaan

      Waaah makasih banget Mas Bayu, siaap nanti kalau beneran bisa bikin komik bakal disiapin tandatangan khusus buat temen-temen Blogger 😄

      Delete
    2. Iya ada Mba Eya yg versi komiknya.. sumpah dodol banget. Wkwk 🤣🤣 ngakak. Style gambarnya juga lucu gtu tuh.

      Delete
  7. Ah, baca postingan ini aku jadi ingin ikut menulis 15 pengakuan tentang buku versiku. Tapi belum tahu apa pengakuan yang kupikirkan bisa sampai 15. Juga yang kupikirkan ada pengakuan tentang majalah. Yah, mungkin aku coba tulis saja dulu.

    Omong-omong, tentang feel untuk cerita full romance yang gak dapet, aku pernah baca postingan blog yang menurut penulisnya, di situ dia bilang kalau di novel genre romance, yang terus dibahas adalah sisi romancenya sehingga gak terlalu berasa lagi. Sedangkan di novel genre non-romance, kalau ada adegan romance sedikit saja, akan berasa banget. Yah, aku bilangnya di komentarku ini pakai kata-kataku sendiri, tapi itu intinya. Mungkin hal itu juga berlaku untuk Kak Eya?

    Semoga cita-cita Kak Eya untuk bikin komik sendiri bisa terwujud. Itu rencananya mau dibuat komik fisik atau komik yang diupload di internet, kalau boleh tahu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga sampai 15 juga kayaknya ga apa-apa Sella, secukupnya aja hehehe..

      Ooh I see, mungkin memang kalau di genre romance, adegan manis kayak gimana jadi ga ada feel karena emang dari awal cerita juga ditujukan seperti itu yaa? Jadi kayak ga ada kejutan yang bakal bikin kita ber-huweee huweee gitu, beda sama cerita non-romance tapi tau-tau ada adegan manis 😄

      Sesungguhnya belum kepikiran ke arah sana sama sekali Sella ahaha, sekarang cuma lagi ngembangin cerita aja 😅

      Delete
  8. baca sambil tiduran, itu aku, bisa dibilang aku banget mungkin ya. kalau duduk nggak bakalan bisa berjam jam bacanya. nah kalau tiduran, bisa betah tuh.
    jenis buku sebenernya apa aja, mungkin kalau buku misteri mikirnya lama kalau pas beli, iya enggak iya enggak, tapi banyakan enggaknya hahaha
    buku cerita perjalanan yang ringan lebih sering aku beli, baidewei gara gara disebutin cerita perjalanan, jadi keinget lagi sama buku agustinus wibowo yang belum kebeli sampe sekarang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang paling nyaman yaaa Mba Ainun kalau baca sambil tiduran? 😆 Berasa santai aja gituuu asal ga keburu ngantuk terus ketimpa buku/gadget aja 😂

      Hahaha kenapa banyakan enggaknya Mbaaa takut bacanya yaaa? Agustinus Wibowo ini banyak disebut juga deh kalau ada yang bahas buku travelling, tapi aku sendiri ga tau buku yang dimaksud yang mana 😅

      Delete