Haikyuu!! x V.League Special Match 2020 is The Best Collab Of The Year!

Wednesday, August 19, 2020


Look what Haikyuu!! made me do... watching a real volleyball match online!

Hari Minggu tanggal 16 Agustus kemarin baru diadain special event merayakan tamatnya komik Haikyuu!! yaitu mereka berkolaborasi sama V.League untuk bikin pertandingan persahabatan antara MSBY Black Jackals VS Schweiden Adlers.

MSBY dan Adlers ini tim fiksi yang ada di Haikyuu!! yaa bukan beneran ada di V.League Jepang, tapi pernah baca artikel sih, katanya mereka memang ada kemiripan sama tim di V.League. Nah, jadi buat pertandingan persahabatan ini, dipilihlah pemain-pemain dari V.League untuk bermain sebagai pemain MSBY dan Adlers. Pertandingannya disiarkan secara live dan bisa ditonton lewat YouTube.

Sebagai orang yang enggak suka olahraga, apalagi pernah trauma sama bola voli karena pas sekolah dulu main voli kena mulut sampai gusinya berdarah, agak amazing juga aku bisa nonton full satu match dan menikmati banget malah. Dan sebagai fans anime/manga, ini pertama kalinya juga bisa ikutan event official fandom gini. Karena di Jepang juga masih PSBB jadi yaa event ini ditayangkan online dan bisa ditonton sama siapa aja. Di venue-nya juga cuma ada para pemain dan kru masing-masing aja, enggak ada penonton.

Special Match MSBY VS Adlers ini bertempat di Sendai City Gymnasium di Prefektur Miyagi, persis sama kayak di manga di mana Hinata dan Kageyama bertemu kembali sebagai lawan setelah lulus SMA huhuhu ginian aja ngetiknya sambil mau nangis.

Aku udah standby dari jam 1 siang padahal ternyata pertandingannya mulai jam 2 siang (jam 4 sore waktu Jepang) hahaha. Sambil mikir apa pemain-pemain V.League ini bakal dandan ala-ala karakter di Haikyuu!! atau gimana, bakal bisa ngikutin alur pertandingan apa enggak, bakal bosen apa enggak karena kan yang main atlet beneran bukan karakter anime hahaha. Dan tepat jam 2 siang lagu Phoenix (soundtrack Haikyuu!! season 4 yang dibawakan oleh BURNOUT SYNDROMES) kedengeran aaaaaa langsung teriak-teriak!

Dan tentu sajaaa pemain-pemainnya beda banget tampilannya sama karakter di Haikyuu!! lah hahaha dan pas pertama lihat emang rada aneh hahaha. Tapi mereka beneran pakai seragam MSBY dan Adlers yang kelihatan kece bangeeett aku pengin punya T___T

Dan mari kita lihat para pemainnya!

Ini pemain dari Schweiden Adlers, coba lihat ada yang mirip Kageyama, Hoshiumi, Ushijima atau Nicolas Romero enggak? Wkwkwk


Terus ini pemain-pemainnya MSBY Black Jackals! Mana coba yang mirip Hinata, Bokuto, Atsumu, Sakusa, atau Kapten Meian?


ENGGAK ADA YANG MIRIP LAH JELAS HAHAHAHA!! Tapi bener deh, pas mereka mulai beraksi di lapangan, SAMA LAH ITU KERENNYA KAYAK DI ANIME HUHUHU...

Oh ya, pengisi suaranya Hinata dan Kageyama (Murase Ayumu dan Ishikawa Kaito) juga hadir di event ini sebagai komentator dan memperkenalkan para pemain. Gemesnya ini berdua pas selesai ngenalin pemain pakai berantem, Murase Ayumu-san bilang MSBY Black Jackals yang bakal menang, terus sama Ishikawa Kaito-san dibales yang menang Schweiden Adlers, enggak lupa ditambahin 'Boke' udahannya (trademark Kageyama manggil Hinata 'Boke' yang artinya dumbass).

imut-imut ya mereka ngingetin ke Kageyama dan Hinata pas SMA huhu

Jadi, gimana pertandingannya? Seru enggak?

SERU BANGET DOONG!! 

Mungkin yaa kalau di versi anime itu kayak dibikin agak slow mode biar penonton gampang ngikutinnya, nah kalau pertandingan beneran ya apa adanya aja itu bola gerak ke sana-kemari cepet banget. Kadang aku enggak ngeh bolanya ada di mana tapi semua orang kelihatan enggak ada yang enggak gerak!

Dan teknik-teknik yang ada di Haikyuu!! itu yaa beneran emang dipakai di dunia nyata! Aku bisa lihat gimana para libero bergelindingan menangkis bola, serangan quick ala Kagehina, setter dump, blocking yang luar biasa, sampai sekilas sempat ada lho synchronize attack ala Karasuno TT__TT

Pertandingan persahabatan ini berlangsung sebanyak 3 set. Tahu lah yaa di voli tuh enggak ada batas waktu satu set berapa lama, yang penting salah satu udah sampai di poin 25 atau lebih besar 2 poin dari lawannya. Aku enggak bakal bahas detail pertandingan sih, karena yaa maaf bukan komentator jadi enggak tahu gimana cara komenin pertandingan yang gerakan bolanya aja bikin aku bingung wkwk. Tapi aku beneran menikmati banget pertandingan kemarin, nontonnya sambil teriak-teriak heboh, tim manapun yang dapet angka diteriakin YEESS, dan tim manapun yang service-nye out diteriakin AAH NOO wkwkwk emang jiwa fangirl ini...

Seenggaknya ada bayangan gimana nanti pas arc final boss udah dianimasikan hauuu... bisa jantungan terus gue!

Naah, yang lucu niih... INI SPOILER YA BTW!! Di manga kan yang menang MSBY Black Jackals, eeeh di sini yang menang malah Schweiden Adlers dooong! Jadi urutannya set pertama dimenangkan Adlers, set kedua MSBY, dan set ketiga direbut kembali oleh Adlers! Jadi kalau ditanya siapa pemenang pertandingan MSBY VS Adlers? Jawabannya it's complicated hahahaha!

Aku adalah Suga saat menonton MSBY VS Adlers T__T

Beberapa highlight dari pertandingan yang nempel banget di kepala aku:
  • Pemain-pemain di Adlers tinggi rata-ratanya 180an kecuali Libero, sementara di MSBY masih rata-rata 170an.
  • Libero-nya Adlers gileee keren banget itu yang namanya nangkis bola beneran guling-gulingan terus, KAYAK NISHINOYA BANGET!! Dan ternyata dia memang ngefans sama Nishinoya T_T Oh iya namanya Inoue Wataru dari JT Thunders Hiroshima.
  • Kalau di MSBY tuh ngeri-ngeri banget sih serve-nya. Rata-rata hampir semuanya pakai jump serve! Mana pukulannya kuat banget lagi T_T yang paling aku ingat yaa yang jump serve-nya kuat banget di MSBY tuh no.5 Matsubayashi Kentaro dari Suntory Sunbirds.
  • Pemain no.2 Adlers yang namanya Tommy gayanya kayak Taketora-nya Nekoma huhuhu. Bahkan selama pertandingan juga disebut-sebut Taketora tiap dia abis cetak angka. Dan fun fact, dia adalah avid fans dari Haikyuu!! dan emang khusus buat match ini dia styling rambutnya kayak Taketora! Nangiiisss T__T
  • Dan di MSBY beneran ada Chiisana Kyojin alias Little Giant alias Hinata Shoyo huhuhu... namanya Yoshimitsu Kiire dari Suntory Sunbirds. Dia badannya kecil dibanding yang lain, tapi gileee gerakannya lincah dan bisa lompat tinggi!
  • Cara mereka mengekspresikan kemenangan itu gemesin! Pemain Adler dengan gaya nunjuk ke penonton/kru kali yaa kan enggak ada penonton, sambil teriak heboh. Pemain MSBY mengganti tos (enggak boleh kena karena harus social distancing) dengan berpose rawr gitu lho! GEMESIN BANGET EMANG PARA ATLET VOLI INI!!
  • Ikeda Kota, Adlers no.9 mirip banget sama stage actor-nya Ennoshita, Kawahara Kazuma wkwkwk.
  • Akuuu naksir no.5 MSBY Matsubayashi Kentaro dan no.7 Adlers Sakoda Hiroshi HAHAHAHA PENTING BANGET
  • Terakhir, mereka berasal dari tim yang berbeda-beda, tapi keren sih bisa disatukan dan hasilnya mereka kompak banget!

mas-mas voli yang mengisi hari mingguku huhu

Yah, intinya aku seneng bangeeet karena dengan adanya event ini di hari Minggu kemarin, aku jadi ikutan mengidolakan pemain voli benerannya selain karakter-karakter di Haikyuu!! huhuhu...

Dan tahu kalau manga kesayanganku juga punya tempat spesial di hati para atlet di bidangnya ini, rasanya bahagia banget! Jadi Furudate Sensei pasti bahagia banget deeeh... btw Sensei dateng enggak sih, ke Sendai City Gymnasium kemarin? He he he...

Selain pertandingan persahabatan, Minggu kemarin sekalian diumumin core 2 dari Haikyuu!! season 4 bakal mulai tayang tanggal 2 Oktober! Yeay akhirnya setelah ditunda karena pandemi, udah keluar jadwal resmi tayangnya. Dilihatin juga trailernya dan huhuhu enggak sabar mau lihat quick attack-nya si kembar dan grup taiko-nya Saeko! T___T

Dan yang enggak kalah penting, SPYAIR bakalan balik lagi ngisi soundtrack tapi kali ini sebagai ending song! Aaaa makin tidak sabar!

Event-event kayak gini kalau diadain lagi misalnya tahun depan, pas dunia udah kembali aman dari coronces, pengin banget rasanya bisa nonton langsung. Pasti lebih seru kaan :( Semoga kita semua, termasuk Furudate Sensei dan jajaran staff di Shonen Jump, juga para atlet voli ini dan pelatih beserta kru-nya pada sehat selalu yaaa biar event begini bisa diadain lagi secara langsung.

2 comments

  1. Wah.. Jadi anime haikyu ya...
    Saya baru nonton beberapa episode season satu mbak, jadi baru inget kageyama sama hinata aja😁 kalau lihat komen orang-orang soal anime ini. Katanya anime ini bikin orang yang nggak suka bola voli jadi suka bola voli.
    Dan saya juga punya pengalaman buruk sama bola voli. Pas smp dulu main bola voli jari saya jadi bengkak karena salah menerima bola inget terus sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, sebagian besar pembaca/penonton Haikyuu memang bilangnya gara-gara ini jadi suka voli. Kalau saya sendiri lebih ke efek ceritanya sih yang ngena banget, tentang cita-cita, menerima kekalahan (karena cerita di Haikyuu ini enggak selalu tentang kemenangan), terutama dinamik antar karakternya yang perlu diacungin jempol banget hehehe... Coba dilanjutin aja Mbak nontonnya, sebentar lagi core 2 dari season 4 tayang lho :))

      Delete