Umur dan Kesukaan

Saturday, May 22, 2021


Hahahaha sebel banget laah sebulanan ini susah banget nyentuh blog! Even buat blogwalking pun kayak tersendat-sendat. Baru buka reading list, tahu-tahu udah kedistrak kerjaan atau hal lainnya, udah deh, bye aja 😔

Libur lebaran yang cuma kebagian lima hari pun malah aku pakai buat leyeh-leyeh nonton series (setelah hari pertama lebaran sibuk bersosialisasi sambil menimbun lemak dengan berbagai macam versi ketupat+opor ayam dan teman-temannya).

Niat mau bikin tulisan buat di hari lebaran pun enggak jadi karena enggak ada mood buka laptop wkwk. Terus sekarang balik-balik ke blog malah bawa topik yang kayaknya bakal rada deep 😏

Sebenernya pengin berbagi yang ringan-ringan aja, tapi aku sama sekali enggak ada ide, jadi nerusin apa yang ada di draft aja deh. Biar enggak kepanjangan intronya, langsung aja deh yaaa 😆

🍀

Soal umur dan kesukaan, kalian pernah mikir enggak sih, kalau hal yang kalian suka, atau katakanlah hobi kalian sekarang ini sesuai apa enggak sama umur kalian?

Aku jujur aja sebenernya enggak pernah mikirin cocok-cocokan hobi sama umur, cuma jadi pengin bahas karena beberapa waktu lalu (udah lewat sebulan malah kayaknya), sempat ada seorang sender yang ngirim tweet ke base Jejepangan, yang isinya kegalauan si sender karena umurnya udah 21 tahun tapi masih hype anime sementara temen-temennya udah banyak yang nikah.

Reaksiku pas baca tweet-nya:

via GIPHY


I mean yaaa it's okay, really okay... Mungkin merasa galau atau mempertanyakan kondisi yang berbeda dengan yang umum di lingkungan sekitar, itu oke-oke aja sih. Tapi aku kaget aja karena jaman sekarang ternyata banyak anak yang baru mencapai umur 20an mikir kalau mereka lebih cocok mikirin rumah tangga dibanding hobi.

Kayak, aduh kalian masih muda banget lho, kenapa harus buru-buru mikirin yang berat sih, kenapa enggak nikmatin dulu aja apa yang kalian jalanin sekarang? Kuliah, kerja, ngumpulin duit, nyenengin diri sendiri aja dulu, jangan mikirin yang berat-berat dulu.

Aku waktu umur 21 tahun boro-boro lah mau mikirin rumah tangga, yang ada sibuk nangisin skripsi. Patah hati juga boro-boro mau galau berlarut-larut, keburu digempur sama bimbingan wkwkwk.

Ini rada jadi concern juga sih ke aku. Kebetulan di lingkungan kerja sekarang, aku banyak bergaul sama anak-anak yang baru mencapai 20an dan entah kenapa kerasa banget bedanya antara yang mereka pikirin saat ini sama yang aku pikirin pas baru masuk kepala 2.

Mungkin ini yang namanya generation gap? Entahlah kayaknya anak jaman sekarang tuh lebih cepet dewasanya dibanding jaman aku dulu? Kayak dulu pas baru lulus yaa yang aku pikirin adalah kerja, cari duit, nabung. Sementara anak-anak ini baru lulus langsung mikirinnya rumah tangga 😅 Aku enggak tahu kalau di lingkungan lain, tapi ini yang aku tangkap dari lingkungan aku sekarang sih.

Apalah gue yang udah kepala tiga tapi tiap saat masih nangisin karakter komik?

the said character yang ditangisin

Dan aku pun kenal beberapa orang yang seumuran sama aku atau malah udah kepala 4, either masih single atau udah berkeluarga, yang masih suka hype anime/manga atau hype komik super hero, game, idol atau apapun lah yang bikin mereka happy.

Di replies tweet yang aku sebut di atas juga ada banyak jawaban orang-orang yang udah di pertengahan sampai lewat masa-masa 20an, beberapa udah punya keluarga juga, yang masih hype anime. Bahkan ada yang mulai nerusin hobinya ke anak-anaknya.

Dan jujur yaa aku suka banget lihat orang-orang yang kayak gitu. Kayak di balik peran mereka di keluarga atau masyarakat, mereka tetep menjalankan hobi yang bikin mereka seneng.

Punya hobi itu bagus lho, buat mempertahankan kewarasan di tengah tuntutan kehidupan yang mau enggak mau menyita pikiran dan enggak jarang bikin kita stres.

Dan hobi apapun itu, menurutku enggak ada batasan umur ataupun status.

Kayak mau hobi di anime/manga, enggak ada batasan lo harus berhenti kalau umur lo bukan anak-anak atau remaja lagi. Hobi ngidol juga enggak ada batasan lo udah nikah terus harus berhenti ngidol kan? Hobi di olah raga atau musik juga sama, enggak ada batasan umur dan status.

Selama itu bikin kita happy, kenapa harus merasa udah enggak cocok ngelakuin cuma karena umur udah enggak muda lagi? Kecuali kalau mungkin fisiknya udah enggak kuat tapi masih maksain hobi yang agak berat, misalnya sepedaan, yaa itu masalah lain lagi lah. Bukan ranah aku buat ngebahas hahaha.

Menurutku, justru dengan kita menikmati hobi, kita akan selalu merasa muda enggak sih? 😂 Aku sendiri kalau enggak diingetin dengan keberadaan Salonpas dan skincare yang udah ada label anti-aging, kayaknya enggak bakal inget kalau aku udah kepala 3 wkwkwk.

via GIPHY


Balik lagi ke umur 20an, di masa-masa itu, biasanya baru pada lulus kuliah, memang suka ada kecenderungan untuk galau soal kedewasaan sih. Aku juga pernah ngalamin kok, yang namanya mau ninggalin hobi fangirling idol karena pengin beranjak dewasa, eeh ujungnya malah nyangkut fangirling ke hal lain.

Mungkin karena dari awal aku terbiasa punya hobi yang bisa mengalihkan perhatian dari hal-hal yang bikin stres, jadi mau berdalih soal kedewasaan juga ujungnya ya balik lagi ke hobi. Kayak yang aku bilang tadi, punya hobi tuh baik buat menghalau stres hehehe.

🍀

Oh iya, biar enggak ada salah paham, aku sama sekali enggak against orang-orang yang lebih milih menjalani hari-hari tanpa hobi. Itu sih, soal pilihan masing-masing yaa... Aku cuma mau ngungkapin pandanganku soal hobi aja, bahwa mau udah berapapun umur kita, boleh-boleh aja kok tetap menikmati apapun yang kita suka, enggak usah terpengaruh sama lingkungan sekitar yang mungkin berbeda sama apa yang kita jalanin. Gitu aja kok hehehe.

Intinya, buat yang punya hobi (aku yakin siapapun yang baca blog aku pasti punya hobi sih, paling enggak hobi nulis atau baca) nikmatilah hobi kalian, enggak usah terpengaruh sama opini yang bilang you are too old for your hobbies. Enggak ada lah hal semacam itu huh 😤

Cuma yaa, yang namanya hobi nih, kan supposed to be something that makes us happy yaa, jadi sebaiknya yaa jalanin hobi untuk bikin kita happy aja. Enggak usah dibawa terlalu serius, yang ada bukannya bikin happy malah jadi stres gara-gara hobi. Iya ini mau nyindir orang-orang yang suka ngajak ribut orang lain di Twitter saking seriusnya menjalani hobi 🙃🙃

Sebelum jadi makin panjang dan malah ngelantur, udah aja lah yaa aku cukupin di sini. Makasih yang udah mau baca pendapat aku soal ini. Kalau ada yang mau diskusi soal ini, kolom komentar terbuka lebar yaaa 😊

eya.

26 comments

  1. Eyaaa, ini suara hatiku sekali lhoo hahahaha 😆

    Tau nggak sih, waktu aku masih SMA dan tau beberapa orang yang udah hampir kepala 3 di dunia kpoppers, akutu sempet nge-judge mereka lho. Umur udah segitu kok nggak mikirin nikah, masih aja halu sama oppa-oppa 🤣 *ampuni aku ya Tuhannn* bahkan aku sampe mikir mereka nggak ada pasangan apa karena kehaluan mereka sendiri... jahat banget nggak sih aku 😔

    Terus sekarang kemakan omongan sendiri. Puji Tuhannya aku udah berkeluarga sekarang, tapi ya ituu ternyata hobi fangirling masih melekat 🤣 tanpa kusadari ya itu salah satu "getaway" aku dari rutinitas sehari-hari. Kalo lagi capek atau jenuh, nonton reality show idol aja langsung hepi lagi, ketawa2 receh ngeliatin tingkah mereka.

    Jadi betul sih yaa, tiap orang memilih hobi/kesukaan mereka untuk hiburan. Siapalah kita berhak menilai orang lain, tapi kitanya juga nggak boleh merasa bersalah saat menjalani kesukaan kita sendiri, kayak si dedek 21 tahun yg kamu mention di atas 😂 yaampun dekkk. Kakak ((kakak)) seumuran kamu dulu mah mikirnya gimana cara nyelesain skripsi, abis itu pengen jalan-jalan dulu sebelum kerja 😆

    Makasih Eyaaa buat tulisannya ini. Pokoknya kita forever 22 aja yaa kayak lagunya Mbak TayTay 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa gapapa Jane, namanya juga anak SMA masih berpikir dari apa yang diliatnya doang kaan? Tapi jadi kepikiran juga apa memang pas kita muda dulu, memang kita lebih mikirin hal-hal yang seharusnya dipikirin sama orang dewasa yaa? Baru setelah kita jalanin, ooh ternyata gini, jadi makanya kita bisa mikir lebih santai 😆

      Betuuull aku juga kalo lagi stres sama kerjaan, scrolling-scrolling liat mas-mas gepeng pun langsung adem ini hati 😂

      Iyaa kita punya hobi tuh dinikmatin aja dan ga ngerecokin hobinya orang lain yang mungkin beda sama hobi kita. Rasanya pengin bilang ke adek-adek itu, dek kamu pas dewasa ga punya kesenengan kayak gini gampang stres lho dek 😌

      I dont know bout you but we're always 22 yaaa 😂😂

      Delete
  2. Hihi twit japanfess kiriman gen z yg memicu para milenial yg sudah menua.

    Jadi kepikiran bapak yg udah masuk pensiunan dan dana pun udah terjamin, tapi masih milih buat kerja, soalnya bingung mau ngapain. Hobinya miara burung sama nonton bola, tapi kan burung cuma pas ngasih makannya doang dan siaran bola ga tiap hari juga. Jadinya sekarang kalau siang nonton Youtube, malam nonton Ikatan Cinta.

    Mungkin saya kalau pas tuanya ngebayangin kalau bakal tetep nonton anime dan maen gim haha, dan kalau kebetulan nikah dan punya anak ada kemungkinan namain anak pake karakter anime, semoga diizinin keluarga haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha milenial ketrigger 😂

      Hobi bergerak juga yaa kayaknya, kalo makin tua, kadang bisa berubah juga hobi dan kesukaannya. Semoga bapak sehat selaluu, kayak bapak di rumah juga hobinya di kebun sama ngurusin ayam 😆

      Hobi kayak gini nih yang enak dibawa sampai ke tua yaa, karena ga perlu banyak kekuatan fisik kayak yang hobinya berhubungan sama olah raga atau travelling gitu.. Btw mau dinamain dari nama siapa nanti kalau punya anak?

      Delete
  3. Relate banget tau Mba Eya. Haha 😁. Di Indonesia sendiri sepertinya pernikahan itu jadi tolak ukur kehidupan ya 🤔? I mean, orang2 lebih cenderung melihat orang lain sebagai pribadi yang utuh jika sudah menikah.. padahal kan pernikahan itu urusan serius. Dan masing2 orang punya cara pandang dan persiapannya sendiri..

    Di tempat aku kerja, terutama divisiku semuanya sudah menikah dan punya anak. Jadi, aku yg posisinya sebagai satu2nya yg belum menikah 'Obrolan kapan menikah' jadi topik hangat setiap hari smpe aku bosan dengarnya.. wkwk 🤣
    Aku si sbnernya nggak masalah buat ngobrolin ttg itu.

    Yg jadi masalah adalah seringnya obrolan cenderung ke arah ngejudge dan memaksa.. bahkan sering juga dnger kalimat "kamu udah gede tapi masih gambar2 kaya bocah gini, tujuannya apa??" 🥲 seakan2 yg aku lakukan bukan hal yg lumrah... 🤣🤣

    Padahal ini satu2nya Hobi aku yg bisa bikin enjoy dan relax.. bahkan ngebantu banget saat kehidupan sedang rusuh2nya.. 🙄

    Kebiasaan emng nitizen tuh... haha 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih iya bener banget, orang mau sesukses apapun, bisa naikin haji orangtuanya, punya rumah gede, kalo belum nikah pasti dapet komentar "aduh sayang ya belum nikah" padahal kan ga semua orang goals-nya ke pernikahan 😔

      Sama banget Mas Bayu, aku yaa ga masalah sebenernya sama pertanyaan "kapan nikah" cuma malesnya kalau terus jadi diceramahin dan ya itu, obrolannya jadi ngejudge dan maksa wkwkwk.

      Ya ampun kebayang banget gimana keselnya diremehin soal hobi :(( padahal kayak Mas Bayu hobi gambar gitu kan sebenernya bagus banget. Bisa buat nyenengin diri sendiri, sama buat nyenengin orang lain juga. Aku selalu suka sih liat orang yang punya hobi gambar soalnya sebagai orang yang kerja di bidang desain, jadi susah punya hobi gambar karena sehari-hari udah ngerjain itu di kantor haha.

      Jangan didengerin yang suka pada ngenyek, keep doing what makes you happy. Biarlah netizen menggonggong, orang keren berlalu 😆

      Delete
  4. Sebagai seorang fangirl, hobinya ganti2 mulu, dan sudah berkepala tiga, aku kadang pengen ber-face palm-ria kalau baca postingan di sosmed yang ngeluh-ngeluh merasa tuwir, padahal baru aja lulus kuliah. Pengen kubilang "Hei, kamu nyindir aku atau apa, nih, sis?"

    Tapi, ya, sudahlah, mungkin dengan merasa sudah berumur dan mempertanyakan hobinya, dia mendapatkan validasi bahwa sebenarnya dia masih muda. Hahaha.

    Untungnya, kalau di dunia nyata, berhubung orang-orang sekitarku juga pada berjiwa muda, jadi kayaknya I will always be that bocah forever and I don't mind about it. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget Hichaaa wkwkwk.. tiap ada anak baru 20an udah bilang tuwir berasa kesel sendiri, hey anda kira saya fosil??

      Atau mungkin mereka sengaja yaa, biar sama yang udah pada tua dibilang "enggak, kamu tuh masih muda, masih blablabla gitu lah" wkwkwk ini kenapa jadi julid 😂

      Nah iniii kayaknya tergantung di lingkungan mana kita berada. Mungkin mereka terbiasa di lingkungan yang menganggap jadi dewasa tuh harus mikirin serius, terutama mikirin rumah tangga gitu, jadinya ketanam sendiri kali yaa mereka mikirnya gitu 😌

      Delete
  5. Kak... kakakku yang umurnya udah diatas 35 masih suka fangirling anime loh haha. Bahkan masih menyukai band rock seperti metalica dan OOR. Kalo menurutku sih ini bawaan diri dimasa muda yang gak bisa ilang, termasuk hobi. Jadi...mau setua apapun umur kita emang gak ada hubungannya sama hobi.

    So, bukan berarti orang2 yang punya hobi fangirling makhluk gepeng, or oppa2 korea dan lain-lainnya ini tidak memikirkan masa depan. Hadeeeh. Kritik dan kritis sih boleh ya tapi gak gini juga dong wkwkk

    Dan buat orang2 yang suka mengait-ngaitkan antara umur dan kesukaan/hobi, "ya terus masalahnya sama dia tuh apa gitu ya???" suka bingung aku tuh kak😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reka setuju banget, bukan berarti mentang-mentang kita punya hobi yang kesannya childish artinya kita ga peduli sama masa depan kita kan? Toh terbukti kok, orang-orang yang lebih dewasa dari kita, even yang udah berkeluarga pun masih bisa kok tetap menikmati hobi, asalkan balance 😊

      Can relate banget iniii hahaha padahal kita jalanin hobi juga kan pake tenaga sama uang kita sendiri yaa, ga minta ke orang-orang itu 😏

      Delete
  6. Tontonanku upin ipin, spongebob, doraemon, anime2 dan masih baca komik wkwkwk. Untungnya belum ada sih yang ngatain gitu, kalau ada bakal ku balas kayaknya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa dibales cengcengin ajaaa kalo ada yang ngatain Intan 😂

      Delete
  7. Setuju banget mba, hobi memang dibutuhkan banget untuk menjaga kewarasan. Aku pun suka jengkel dan dongkol sendiri kalo ada orang2 yang nyinyir soal hobi orang. Kayak: itu udah bukan umurmu untuk melakukan itu. Mending uangnya ditabung buat modal nikah. Bla bla bla. Heuhhhhh kadang suka ga habis pikir. Padahal uang ya uang mereka sendiri ga ngerepoti orang lain. Ya just let them be lah yaaa

    Selama kita nyaman dengan hobi, apapun itu. Lakukanlah, karna hobi juga salah satu cara untuk coping stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iniii kayak nyebelin banget yaa.. Iya sih mungkin maksudnya care tapi kan ga semua orang perlu nabung buat nikah dan yang jelas bukan uang dia, jadi kenapa dia repot wkwk

      Betul banget. Aku kadang suka mikir, orang yang ga ada hobi tuh apa ga gampang stres yaaa?

      Delete
  8. Netijen itu tangannya memang suka minta dicabein deh 🌶😂. Aku bingung juga sama orang-orang yang suka mengaitkan hobi dengan umur, padahal hobi itu sendiri nggak ada batasan minimal dan maksimal usia berapa yang boleh menyukainya 😂. Yang terpenting adalah sang pemilik hobi bahagia dengan apa yang dijalankannya 🥰, seperti diriku yang selalu cengar-cengir sendiri kalau lihat video BTS 🤣 #plakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tangan dicabein terus digeprek gitu ya Li? 😂 Iya kaan kita yang punya hobi aja santai dan masih nikmatin kok ya ada orang lain yang ribet 😩

      Wkwkwk gapapa Liaa kan berarti kalo kita sedih atau stres ada yany hibur tuuh, menjaga kewarasan 😆

      Delete
  9. Halloooo Kak Eya!!!! Minal aidzin wal faidzin, wkwkwk meskipun telat!! Hahaha 🤣🤣🤣

    Bener banget sih Kak, di tengah tuntutan hidup yang semakin wwuuzz wuuzzz *gaya apa ini?? Wkwk 🤣, punya hobi itu penting banget. Kayak ibaratnya setelah seharian lelah bersusah payah bekerja, pas sampe rumah ada hal yang bisa mengobati lelah kita. 🤣

    Aku sih rencananya, tetap mau jadi KDRAMA-ERS (*abaikan eyd) sampai tua nanti. Hahahha 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minal aidin walfaidzin Syifanaaa... Apa kabar niih? 😆

      Hidup semakin wuuzz wuzz mon maap aku ketawa dulu 😂😂 nah bener, abis capek-capek berkegiatan di luar, di rumah ada yang menghibur. Kalo lagi stres pun kan bisa dapet hiburan juga kaan..

      WKWKWK aku baru denger ini Kdrama-ers ga jadi kdrama mania aja? 😂😂

      Delete
  10. hai haii haii mba eya, minal aidzin mbak
    akhirnya setelah aku bolak balik bukain blognya, nongol juga artikel hehehe
    lebaran kemarin aku juga ada niatan mau ngepost, duhh bawaannya kok ya males mau ngetik mikir artikel, kalau BW masih mending
    libur 5 hari,aku juga semacam gabut ga jelas mbak, dirumah mulu, palingan hari terakhir ngemall bentar aja

    waduhh aku ngerasa kadang dari cara berpakaian aja kayak anak muda gawul padahal umur sekian, lahh jiwanya masih anak muda, kan intinya menolak "tua" hahaha
    jadi hobinya beli baju baju yang ke-anak mudaan zaman sekarang. masih doyan aja soalnya

    kumpulannya ya masih anak anak kuliahan juga kadang, karena vendor kantor kebanyakan timnya masih anak mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minal aidin walfaidzin Mba Ainun... Ya ampun ku terharu ada yang bolak-balik 🥺

      Iyaa kayak males juga ya kayaknya Mba mau ngapa2in tuh enakan di rumah 😂

      Ihiiiy gapapa banget Mba Ainun, tampil selalu muda juga salah satu cara untuk awet muda 😆 akupun sama, belum bisa disuruh bergaya sesuai kebanyakan umur 30an, masih berasa jauuuh dan kayaknya ga akan nyampe seleranya ke sana juga 😆

      Delete
  11. Nah, saya gimana nih nasibnya Eya? Sampai sekarang masih suka baca komik Donald Bebek. Masih suka ngikik dan ketawa ketawa nonton kungfu Panda. Umur 44 baru mulai hobi baru ngeblog...

    Masa saya disuruh mikir "kawin" lagi.. ehhh atau mikirin mati doang...

    Kalau saya sih, waktu umur 20an, ga peduli orang lain (temen-temen mau kawin duluan atawa kagak). Enjoy saja saya mah dengan diri sendiri, baca dan kerja. Kalau mereka mau kawin duluan, monggo kagak ya sudah.

    Setiap geenrasi akan memiliki pola pikir yang berbeda. Wajar saja. Yang penting kan kita ga nyalahin satu sama lain. Kalau anak sekarang umur 20 sudah kebelet nikah, ya sudah itu jalan hidup yang dia mau gimana lagi.. Mungkin dia pengen cepet ngerasin pusingnya jadi orangtua, atau pingin cepet punya cucu..

    Hahahaha...

    Soal hobi, memang ada batasan yah? Kalau ada sebutkan aturan yang mana bahwa ada batasan usia untuk memiliki hobi ini dan itu? Kalau tidak ada, kenapa harus berat berat dipikirin. Selama kamu menikmati hobimu, biarlah yang lain mau kawin duluan juga.

    Hidup terlalu singkat untuk dipakai mikir apa yang orang lain pikirkan tentang kita...

    Jalan dan nikmati saja, meski orang lain tidak menikmati apa yang kita nikmati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakaaan Mas Anton, jaman sekarang tuh anak-anak muda cepet merasa udah tua dan ga pantes sama beberapa hobi, sedangkan kita yang udah duluan hidup masih nyantai-nyantai aja yaa baca Donal Bebek, nonton Upin Ipin 😂

      Setuju banget sih Mas Anton, kerasa banget memang tiap generasi beda-bedanya gini, apalagi karena sekarang jamannya internet, siapa aja bisa ketemu siapa aja, bisa berinteraksi dengan siapa aja jadi makin kelihatan 😁

      Sayangnya beberapa orang kayaknya masih merasa begitu sih Mas.. Kayak orang yang dianggap udah dewasa (umur aku ke arah umur Mas Anton) dianggap udah ga cocok kalau masih punya hobi nonton anime atau main game, padahal kan yaa ga ngaruh yaa?

      Setuju banget sama kalimat terakhirnya Mas Anton 😆

      Delete
  12. Suka banget sama tulisan ini🌸🌸🌸 bocil tuh banyak banget yang kayak...ha usia segitu masih suka kpop? Gemes banget rasanyaaa pingin dia cepet-cepet mencapai usia segitu dan ngelihat apa dia juga masih suka kpopan hahahaha. Kalau masih suka kpopan aku akan dadah-dadah manja mengucapkan: selamat menelan ludah sendiri ya beb~ 🤣🤣🤣 dikira hidup nggak makin berat apa ya makin tua, stres kali ni aku kalo gapunya hobi di umur segini wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww makacii Endah 💖💖💖 Hahahaha kebayang kalau mereka batasin umur sama kesukaan dari usia semuda itu, terus nanti kalau udah umur 25 ke atas terus stres sama kerjaan atau rumah tangga (kalau dia mutusin nikah muda) mau lari ke mana coba?? Kadang kasihan tapi kalau ngingetin bocil di internet tuh malah diajak debat, pusing kakak 😂😂

      Delete
  13. Hobiku cendrung yg aman sih, bisa dinikmati semua umur :D. JD ga ngerasa gimana2 juga saat ngelakuin. Kayak baca novel, traveling. Eh tapi aku juga suka bgt main puzzle sih . Ga tau deh ini LBH cocok utk usia brp kalo menurut netizen hahahah.

    Kalo menurutku, ga ada hubungan hobi Ama umur. Tujuan hobi itukan supaya rileks, ga stress. JD walopun mungkin kesannya kekanakan, tp bisa berefek baik buat kita, ya lakuin aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan Mba Fannyy wkwkwk selama kita enjoy mah harusnya ya lakuin aja terus. Kalau hobi harus bergantung sama umur, yang ada mau nikmatin hobi aja keburu capek duluan nyocokin sama umur wkwkwk

      Delete