Nama Panggilan

Saturday, September 12, 2020


Di twitter beberapa hari belakangan ini lagi lumayan rame yang nge-tweet rate my nickname. Jadi kayak ngasih rate ke nama panggilan kita gitu, mana yang lebih kita suka, mana yang pemberian orang lain, atau ada juga yang panggilan khusus dari keluarga atau orang-orang tertentu.

Aku pengin ikutan tapi males ngasih too much information about my nicknames di twitter hahaha nanti ketahuan lagi sama orang-orang yang enggak aku penginin nemu twitterku lalalalaa. Jadi di sini aja deh yaa.

FYI aku termasuk orang yang punya beberapa nama panggilan dan semua hampir terdengar berbeda satu sama lain hahaha. Enggak ngerti awalnya gimana sampai bisa ada beberapa nama panggilan.

So, here I am rating my own nicknames. Dozo~

EYA: 9/10
Panggilan umum yang sebenernya baru aku dapat sejak kuliah. Dikasih sama Nova, di hari pertama kita kenal pas sosialisasi OSPEK dulu (enggak paham apa motivasinya baru kenal langsung ngasih nama panggilan hahaha) and who knows she will be my bestfriend until now? Dan nama ini yang akhirnya aku pakai untuk memperkenalkan diri sekarang, walaupun teman-teman lamaku pasti bingung kenapa namaku jadi Eya hahaha. I like the name btw, singkat. Tapi kalau pesan kopi yaa, suka salah ditulisnya jadi Dea atau Gea -__-

FITRI: 5/10
Jauh banget enggak sih dari Eya wkwkwk. Jadi namaku kan terdiri dari 3 nama, nah Fitri ini berasal dari nama tengahku. Semua keluarga, tetangga dan teman-teman masa kecil pasti manggil aku Fitri tapi aku sendiri enggak tahu kenapa aku enggak suka memperkenalkan diri dengan nama panggilan ini hahaha. Biarlah yang manggil ini cukup dari lingkungan keluarga dan masa kecilku aja :p

HERY: 2/10
Inilah panggilanku dari jaman SD, SMP sampai SMA di kalangan pertemanan wkwk. Aku enggak suka banget panggilan ini karena kayak cowok, tapi entahlah jaman dulu tuh enggak bisa protes walaupun aku enggak suka hahaha jadi pasrah. Makanya pas Nova ngasih aku panggilan Eya, aku iyain aja soalnya daripada dipanggil Hery lagi, mumpung teman-teman kuliahnya 100% baru hahaha.

HERJUN: 6/10
Sebenernya panggilan ini kayak cowok juga tapi entah kenapa aku lebih bisa mentolerir daripada Hery hahaha. Ini dikasih sama teman-teman kuliah gara-gara katanya aku enggak cocok dengan namaku yang terlalu cewek (ngeselin banget!) dan biasanya teman-teman cowok yang manggil aku begini. Bahkan dulu sering ditambahin jadi Herjunet sumpah kayak nama abang-abang banget T__T

HERYANI: 8/10
Yeah, that’s my first name. Jarang yang manggil aku pakai nama ini. Dulu palingan guru dan dosenku. Kalau sekarang lebih ke driver ojek atau orang bank yang manggilnya begini haha. Bahkan bapake dan mamake kalau lagi marah pun enggak pernah manggil seformal ini. Jadi kayak saking rare yang manggil aku begini, kadang suka enggak ngeh kalau dipanggil hahaha.

Sebenernya ada satu-dua nama panggilan lagi dari masa SMP-SMA dulu, tapi enggak mau bahas karena cukup meninggalkan trauma hahaha.

Dari sini aku mikir, enggak semua orang bisa suka dengan nama yang sembarangan kita kasih, iya enggak sih? Kayak misalnya ada orang baca namaku ‘Heryani’ dan serta-merta manggil aku ‘Mbak Yani’ atau ‘Bu Her’ misalnya, aku bakal langsung mendelik karena itu bukan panggilan yang aku suka. Dan enggak jarang yaa ketemu yang begini, mau protes enggak enak karena enggak kenal -__-

Jadi menurutku, kayaknya kalau kita ketemu orang dengan nama yang cukup panjang untuk dijadikan panggilan, lebih baik cari tahu atau tanya langsung kali yaa maunya dipanggil apa. Mana tahu dia emang lebih suka dipanggil dengan nama lengkapnya kan?

Iya, ternyata nama panggilan bisa jadi sekrusial itu ya?

Tapi mungkin enggak semua orang keberatan sih, dengan nama panggilan yang asal dikasih orang lain. Jadi, gimana dengan teman-teman? Apa kalian punya panggilan khusus yang disuka dan enggak disuka juga?

eya.

20 comments

  1. Wah, kreatif banget kak Eya bikin post seperti ini 😆, aku suka deh bacanya!

    Btw, dari semua nama panggilan kak Eya, aku paling suka dengan "Eya", lebih enak disebutnya dan lebih kekinian #lho. Terima kasih untuk bestie-nya kak Eya karena udah memberikan nama ini 🥰

    Itu anak-anak yang suka manggil "herjun" kok ngeselin ya 😂. Tapi memang kalau menghadapi situasi seperti ini, nggak bisa yang namanya ngelak, susah banget gitu sampai akhirnya jadi pasrah ya 😭

    Kalau aku, nama panggilan nggak ada yang aneh-aneh tapi kebanyakan sering salah manggil namaku 😭 dan aku nggak suka kalau dipanggil dengan nama tsb, rasanya bukan aku banget deh. Aku jauh lebih suka nama asliku, tapi yang manggil dengan nama yang salah tuh banyak juga, nggak cuma 1 orang. Mana manggilnya pede banget pula, padahal salah 🤣. Jadi, aku lebih senang memperkenalkan diri dengan nama panggilanku "Lia", biarpun mainstream tapi setidaknya mengurangi kesalahan pelafalan nama depanku. Kalau sebutan "Lia" paling kalau salah, jadi "Ria" atau "Nia" 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaa dapet idenya dari twitter Liaa cuma dipanjangin aja tulisannya ke blog hehe.. Makasih lhooo 💕

      Ahaha lebih kekinian tuh gimana Lia? Ini nama sering dipelesetin jadi eaaa ngeselin banget 😆

      Iyaa dari dulu pasrah ga bisa nolak, tapi sekarang udah bisa ngoreksi kalo ketemu orang yang asal panggil hehehe..

      Iya kaan orang-orang tuh kenapa yaa suka pede banget manggil nama orang seenak jidatnya wkwkwk kenapa ga tanya dulu kalo ga tau kaan biar sama-sama enak huhu.. Lia kalo sama orang Jepang juga dipanggilnya jadi Ria nih ahaha

      Delete
  2. Menurut saya nama panggilan mba Eya uniiiik hihi, dan jarang ada yang menggunakannya mba :)) eniho dengar Herjun jadi ingat aktor Herjunot Ali, memang nama Herjun khas cowok banget ya :D

    Kalau saya paling nggak nyaman dipanggil tante hahaahahahahaha. While dipanggil Ibu, mba atau kakak nggak masalah. Nowadays lebih banyak yang panggil ibu mungkin karena usia :)) tapi saya suka panggilan ibu karena terasa hangat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha makasih Mba Eno.. Bestie aku yang ngasih panggilan ini emang orangnya juga cukup unik jadi kebawa ngasih panggilannya ga umum hehe.. Dan bener lho, dulu juga sering diomonginnya gituu "bagus lagi nama Herjun, biar berasa sodaraan sama Herjunot Ali" wkwkwk yatapi karena cewek dipanggil begitu jadi berasa tomboi ahahah

      Waah sama sih Mba Eno, kecuali sama keponakan sendiri yaa dipanggil tante ini bikin risih :( apalagi kalo kita kerja, masih muda pun pasti ada yang manggil ibu yaa :)

      Delete
  3. Eh aku kira Eya itu memang panggilan kecil di keluarga kamu lho, ternyata dikasih sahabat yaa hahahaha unik banget!

    Emang sebel kalo orang bikin nama panggilan suka-suka, sebelnya lagi kita bingung gimana koreksinya wkwwkk soalnya namaku itu juga aslinya ribet, akhirnya sejak main forum aku pake nama Jane yang mana nama asli pemberian ortu yang gagal masuk di akte kelahiran 🤣

    Tapi sekarang bingung juga sih, keseringan pake nama Jane berasa nama fiktif, padahal bukan nama karangan, cuma gak resmi aja *ribet lo emang* 😂

    Btw, sama aku pun sekarang kalo kenalan dengan orang yang namanya agak tricky atau kepanjangan, biasanya langsung kutembak mau dipanggil apa, biar sama-sama enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Jane ini bukan nama bawaan dari kecil tapi udah paling melekat sekarang :))

      Aku pernah baca niih cerita soal nama kamu Jane.. Sayang yah nambahin ke akte mahal, tapi di dunia maya pasti orang-orang lebih kenalnya Jane yaa daripada nama resmi yang kebawa di akte?

      Bener, lebih baik kita langsung nanya mau dipanggil apa biar sama-sama enak yaa 😆

      Delete
  4. Perdana mampir. Blognya rapi dan lucuuk..ada icon back to the top soft drink..salam kenal ya.

    Wow banyak juga ya nicknamenya mbak Eya. Semuanya bagus..loh. Cuma yang unik memang Eya. Di dunmay penting banget punya nama yang unik menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah makasiih salam kenal Kak Phebie 😄 tapi btw icon back to top-nya itu gelas kopi hehe bukan soft drink 😁

      Ahaha iya kebiasaan dari kecil pasrah dipanggil seenaknya sama temen-temen jadinya punya banyak panggilan deh 😄

      Delete
  5. sd sampai kuliah juga punya nick name berbeda tergantung tingkat ke akrabannya lucunya kakk kami punya nama yangl ari jauh dari dia banget sampai kalau ada orang cariin gk ketemu karena di rumah dipanggil beda ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iyaa biasanya ada temen-temen deket yang suka ngasih panggilan unik ke satu sama lain yaa? Orang rumahnya bingung itu siapaa perasaan ga ada namanya itu di rumah ini ahaha

      Delete
  6. Ya ampun kirain kak Eya tuh panggilannya Eya dari kecil, btw temennya kak Eya yang ngasih nama panggilan itu sama kayak aku ke temenku hahaha pas baru kenal ospek aku langsung ngasih manggil temenku Grace, namanya Gracia, padahal dia nggak pernah dipanggil Grace sebelumnya katanya🤣
    Asli lah ini postingan mood booster banget malem-malem astagaaa MBA FITRIIIII🤣🤣🤣🤣 kabur dulu sebelum dijitak kak Eya
    Oh iya dan Herjun itu keren lho, kayak namanya Herjunot Ali, dan aku ketawa lagi pas baca Hery😂😂😂 KAK EYA MAAFKAN AKU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Endah kenapa sih komennya minta dijitak banget heeey 😤😤

      Gracia ke Grace masih deket sih sebenernya, tapi dia berarti biasa dipanggilnya cukup formal yaa nama benernya ga disingkat-singkat wkwk.. Kalo Herjunot Ali ya keren sih emang, kalo di aku jadi kayak nama abang-abang :((

      Delete
  7. Sejak di kampus, saya jadi lebih sering nanya nama panggilan. Takut-takut bikin dia nggak nyaman kan. Apalagi saya pernah baca satu buku yang bilang, panggillah seseorang dengan nama yang dia senang. Pasti jadi kesan baik kalau kita tau nama panggilannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini bener bangeet... orang pasti lebih seneng dan respect kalo ada orang lain yang manggil dengan nama yang dia suka. Daripada kita sok tau kan, manggilnya seenak pikiran kita padahal dia ga suka dipanggil begitu.

      Delete
  8. Wah aku pikir eya ini nama panggilan udah lama, ternyata masih baru ya :D buat aku nama panggilan termasuk krusial sih, soalnya kadang orang2 suka manggil sesuka mereka dan aku ga suka sama panggilannya ._. Tulisannya menarik deh btw!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga baru-baru amat sebenernya since aku masuk kuliah udah lewat 10 tahunan lalu ahaha.. iya kaan kayaknya ga ada yang suka dipanggil seenaknya, kecuali kalo emang udah sama keluarga atau teman deket..

      Delete
  9. Waah, nickname mbaknya banyak sekali ya haha.
    Berbicara soal nickname alias nama panggilan. Aku pun punya dua nickname, pertama Dodo, kedua Dodo.
    Looh, apa bedanya? wkwk

    Dodo yang pertama, hurup "o" nya seperti "o" pada kata "orang" atau "Sukarno" atau "Suharto".
    Dodo yang kedua, seperti hurup "o" pada kata "bakso" atau "ruko" atau "pro".

    Dan Aku lebih nyaman dipanggil dengan Dodo yang pertama. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah kebayang-kebayang, Dodo yang kedua itu lebih ada penekanan di 'do' terakhir yaa? Aku suka manggil temen yang namanya ada unsur 'do' pakai cara terakhir, jangan-jangan mereka juga sebenernya kurang suka ahaha..

      Makasih insight-nyaa :D

      Delete
    2. Mungkin, simpelnya Dodo yang kedua seperti Ronaldo atau Aldo atau Rivaldo.

      o yang berbeda dengan o pada Sukarno atau Suharto, mbak. wkwkw

      Delete
  10. Enakaan manggil eya memang :D.singkat, gampang diucap :D. Aku suka dengan nama panggilan yg ringkes begitu :D.

    Kesel memang kalo orang2 seenaknya ksh nama panggilan tp kitanya ga suka ya mba :D. Itu sering terjadi kok. Trutama zaman sekolah, di mana temen2 suka iseng ksh Nick name yg kdg suka ngaco :p. So far nickname yg pernah diksh ke aku, fanfan, tiffa, fanta, ato si lucu. Yg trakhir itu Krn mereka plesetin namaku menjadi Funny, trus diterjemahkan sekalian :p. Jadilah si lucu.

    Tapi selagi ga berbau ke arah negatif aku sih msh santai. :D. Terserahlah mau dipanggil apa, yg ptg artinya ga jelek hahahaha.

    ReplyDelete