Instead Of Stressing Over “I Can’t See Where I’m Going” I’d Rather Listening To SPYAIR

Thursday, September 10, 2020


Buset Mbak, judulnya enggak kepanjangan? :))

Judul postingan ini aku ambil dari terjemahan sepercik lagunya SPYAIR yang paling aku suka, judulnya Beautiful Days. Aku enggak bisa Bahasa Jepang jadi aku enggak tahu itu artinya tepat apa enggak haha. Aku dapet dari salah satu lyric video di YouTube yang menyertakan terjemahan lagu Beautiful Days dalam Bahasa Inggris, semoga tepat yaa hehehe.

Sebagai penggemar manga, anime dan dorama, agak aneh enggak sih karena sebenarnya aku hampir enggak pernah masuk ke fandom musik Jepang. Dengerin J-music sih dengerin, apalagi kalau habis nonton anime atau dorama yang soundtrack-nya bagus, udah deh didengerin terus pasti. Tapi kalau sampai terjun ke fandom musiknya, rasanya cuma pernah sekali dulu pas suka Arashi gara-gara nonton Hana Yori Dango, itupun enggak lama karena Ya Tuhaaan susah amat yaa nemu source fandom Jepang tuh T__T

Nah, jadi rada kaget juga nih tiba-tiba aku terperosok ke dalam pesona band rock asal Nagoya ini. Awal terperosoknya masih berhubungan sama Haikyuu tentunya hahaha.

Jadi setahun belakangan ini kan aku ngomongin Haikyuu terus di twitter lah, di Instagram story lah. Dan sebelum akhirnya terjun ke animenya (awalnya cuma manga reader aja) aku suka nonton funny moments animenya di YouTube cuma biar tahu gimana suara-suara karakternya. Daaan… tiba-tiba muncullah lagu SPYAIR yang jadi soundtrack Haikyuu yang judulnya Imagination dan I’m A Believer di timeline YouTube aku. Seperti lagu-lagu opening anime Shonen pada umumnya, lagunya tuh tipe-tipe yang ngajakin bersemangat walaupun kita enggak tahu artinya apa.

Enggak tahu artinya tapi udah terperosok T__T

SPYAIR digawangi oleh empat orang pemuda; Ike sebagai vokalis, UZ sebagai gitaris, Momiken sebagai bassist, dan Kenta sebagai drummer. Mereka udah terbentuk dari 2005 tapi kayaknya debut official mereka dirayakan sejak 2010 yaa setelah bergabung ke major record Sony Music.

Dari sini nama SPYAIR mulai wara-wiri mengisi soundtrack-soundtrack anime dan dorama, such as Hammer Session!, Bleach, Gintama, Mobile Suit Gundam AGE, dan bahkan salah satu single mereka yang judulnya 0 Game dipakai sebagai soundtrack (khusus rilis Jepang) film The Amazing Spiderman.

Btw mereka debut bareng Om-om SJ tapi ke mana aja guee baru fangirling sekarang hahaha (yaa jaman itu lu demennya Kpop mana ada dengerin J-rock)!

Mereka bilang, musik mereka tuh terpengaruh dari Linkin Park, Michael Jackson dan KORN. I know nothing about KORN, dan enggak terlalu dengerin Michael Jackson juga, tapi sebagai yang pas SMP pernah sok keren dengerin Linkin Park terus, pas dengerin SPYAIR tuh emang sedikit ada perasaan kayak pas dulu dengerin Linkin Park sih. Aku biasanya jarang banget suka musik rock karena terlalu keras buat kupingku hahaha tapi musiknya SPYAIR enggak sekeras itu sih (walaupun ada beberapa yang masih terlalu keras) jadi aku masih bisa menikmati.


Lagu yang bikin aku terperosok ke SPYAIR adalah I'm A Believer yang jadi soundtrack Haikyuu!! season kedua. Walaupun ada Imagination yang sebelumnya udah duluan mejeng di jajaran soundtrack Haikyuu!! season pertama, tapi yang bener-bener bikin aku dengerin terus dan menjelajah SPYAIR lebih dalam lagi yaa I'm A Believer ini.

Tipe lagunya mirip-mirip Imagination dan yah tipikal soundtrack anime shonen pada umumnya. Dan kalau kita dengerin sambil baca artinya tuh aduuuh bagus banget!

I'm A Believer ini ya seperti judulnya, menceritakan orang yang 'percaya' pada jalan yang sedang dia telusuri, pada masa depan yang menanti di depan dia. Walaupun dia belum menemukan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaannya atau pertanyaan orang lain, walaupun orang lain bilang "Buat apa sih?" tapi dia tetap percaya sama yang dia jalani dan enggak akan menyerah sampai ketemu jawabannya. Liriknya aja langsung ngingetin ke Hinata huhuhu.

Dan aku suka banget MV-nya hauuu! Settingnya di sekolahan dan entahlah ini udah pasti pengaruh aku terlalu biased sama Haikyuu!! jadi pas lihat MV-nya berasa mereka nyanyi di Karasuno hahaha! Part favorit adalah pas Ike nyanyi bagian kedua setelah reff sambil jalan di lorong sekolah, diikutin murid-murid sekolah. Masnya cengar-cengir lucu banget >.<

Dari Imagination dan I’m A Believer ini akhirnya aku menjelajah lagu-lagu SPYAIR yang lain, dan ternyata mereka juga pernah ngisi soundtrack buat Gintama, pantas udah cukup familiar sama suaranya hehehe.


Ini lagu Sakuramitsuki yang jadi salah satu opening-nya Gintama. Buat yang enggak ngikutin anime secara general mungkin bakal mikir tipe lagunya masih mirip sama yang di atas, tapi karena aku nonton Haikyuu!! dan juga Gintama, dua lagu ini jelas kerasa bedanya. Kalau denger lagu ini kebayang Gintoki lagi bikin keributan bareng Sinpachi dan Kagura wkwkwk.

Terus entah ini sengaja apa gimana di MV-nya Ike warnain rambut jadi silver kayak Gintoki :')

Terus lagu mereka yang liriknya aku pakai sedikit buat judul, Beautiful Days. Hhhh lagu ini... lagu iniiii yang nemenin aku setiap hari, setiap saat di masa-masa gelap beberapa bulan lalu! Yang bikin aku mikir, bikin aku nangis, bikin aku pengin melukin mereka semua T__T


Lagunya tuh, kayak ngajak bangkit orang yang udah mau menyerah (exactly what I am months ago haha) dan kayak ngasih tahu, daripada "Worrying karena enggak bisa lihat apa yang ada di depan sana, kenapa kita enggak excited aja menyambut yang ada di depan sana?"

Mungkin ini sounds cheesy yaa bisa bangkit semangat gara-gara lagu doang. Tapi buat orang kayak aku yang susah banget denger kalimat-kalimat motivasi yang secara langsung ditujukan untuk memotivasi dan juga jauh dari raligius, aku lebih sering tergerak karena lagu atau tontonan dan bacaanku lho. 

Thank you for being with me in my darkest day, Mas-mas sekalian T____T

Daaaannn... harus dengerin mereka nyanyi live juga karena sangat sangat bagus! Mereka tuh kayak bisa banget bawa suasana pas nyanyi live, jadi enggak cuma kagum sama performa mereka yang enerjik dan suara Ike yang enggak banyak beda antara nyanyi studio atau live, tapi juga merinding lihat interaksi mereka sama audience huhuhu.

Live perform SPYAIR favorit aku tuh sebenernya ada Beautiful Days versi akustik, di mana lagunya jadi lebih lebih lebih syahdu dan mengena ke hati hahaha. Tapi karena di atas udah share Beautiful Days, jadi aku berbagi live perform lain yang juga favorit aku banget.


Judulnya My Friend, dan ini versi akustikan juga. Daaan kenapa aku suka banget versi ini? Karena di sini aku jadi tahu kalau bukan cuma Ike seorang yang bisa nyanyi! Di sini sang vokalis berbagi part dengan member lainnya, dan ternyata suara Momiken, Kenta dan UZ (yang terakhir sih sering jadi backing vocal juga) bagus-baguuuuss. Dan pengin dengerin Momiken nyanyi lebih banyak lagi dooong suaranya lembut banget sumpah :((

Aaah sedih banget kenapa sih baru terperosok SPYAIR sekarang?? Pengin lihat mereka perform secara langsung! Tahu siih pasti berat nonton konser mereka karena kayaknya kemungkinan terbesar harus ngejar ke Jepang langsung. Tapi dengan keadaan begini kan udah jelas makin makin susah aja! Sedih banget telat terjun ke fandom :((

Tapi ya sudah, jangan sedih dulu mana tahu suatu saat nanti beneran bisa nonton SPYAIR secara langsung kan? Mari kita berdoa saja!

Sekaraaang... mari kita ngobrolin membernya!

dari kiri ke kanan: Kenta, Momiken, Ike, UZ

Bahasnya sedikit aja paling karena aku cuma tahu mereka lewat foto-foto dan live performance aja. Enggak nonton variety show atau apapun karena susah nyari dan enggak bisa Bahasa Jepang :(( Dan kita bahas dari urutan kiri ke kanan sesuai foto di atas yaa... ngomong sama siape kagak ada yang baca wkwk

KENTA. Nama aslinya Sasabe Kenta dan dia adalah member termuda di SPYAIR. Apa yaa... lihat Kenta nih tipikal anak-anak drummer kebanyakan enggak sih? Hahaha kayak yang tenang, kalem, asik sendiri karena jarang kesorot gara-gara posisinya selalu jauh di belakang. Asik aja gitu gebuk-gebuk drum, ditambah kalau lagunya memang lagu-lagu macam Imagination, Samurai Heart, I Wanna Be dll. Tapi Kenta kalau senyum tuh maniiis dan berdasarkan live perform My Friend di atas, suaranya tuh lembut juga enak didengerin.

MOMIKEN. Yang punya nama asli Momiyama Kenji dan pasti paling menarik perhatian karena dia selalu pakai (dari apa ya itu aku enggak paham) hitam-hitam di mata. Kalaupun enggak pakai coretan hitam itu, dia pakai kacamata hitam. Oh iya, dan menurut wikipedia sih Momiken ini bassist sekaligus leader-nya SPYAIR. Mungkin gara-gara matanya hampir enggak pernah kelihatan, Momiken ini kesannya misterius gitu yaa wkwk tapi kalau lihat di foto-foto mereka, dia banyak senyum dan ketawa dan kayaknya orangnya cukup kocak juga.

IKE. My favorite hehe yang nama aslinya Ikeda Hidefumi dan surprisingly dia paling tua di SPYAIR despite his younger look! Menurutku, Ike punya suara yang khas. Cenderung rada cempreng, cukup bedain dia sama suara vokalis-vokalis band rock pada umumnya yang biasanya ngebass dan kencang gitu lho suaranya. Aku suka banget dengerin suara Ike nyanyi. Buat lagu-lagu semacam Imagination, Samurai Heart yang musiknya dam dum dam dum (penjelasan macam apa ini) dia bisa ngajak pendengar buat jejingkrakan. Dan di lagu-lagu santai kayak My Friend bisa bikin hati mendadak adem huhuhu aku padamu Mas Ike :(( Dan kadang lihat Ike tuh sekilas kayak Sato Takeru enggak sih? Hahahaha

UZ. Atau yang nama aslinya Nakai Yuji, sang gutarist sekaligus programming di SPYAIR dan my second favorite hehehe. UZ kadang menyahuti Ike pas nyanyi alias jadi backing vocal dan menurutku suaranya juga enggak kalah sama Ike. Dan entahlah UZ kayak member ter-cool gitu karena dia kelihatan paling pendiam dan jarang senyum kali yaa? Tapi suka banget kalau UZ udah beraksi di panggung sama gitarnya huhu makin cool!

Btw SPYAIR pernah punya member yang cuma sebentar gabungnya sama mereka, DJ ENZEL yang tentu saja posisinya DJ yaa wkwkwk. Tapi aku enggak pernah ngeh dia ada di lagu yang mana, cuma memang pernah lihat beberapa foto di mana mereka berlima bukan berempat aja. Mohon maaf yaa masih awam ini saya di fandom ini hehehe.

DAAAANNN.... akhirnya setelah sejak 2015, SPYAIR akan kembali mengisi soundtrack Haikyuu!! huhuhu menangis bahagia aku!! Tapi kali ini sebagai lagu penutup, judulnya One Day. Baru denger sekilas dari trailer karena memang rilisnnya masih bulan depan huhu tapi udah yakin sih ini aku bakal nangis pas denger lagunya nanti hahaha.

Kayak apa yaa... dua hal yang lo suka disatuin bersama gitu aaaahh *memukul-mukul tembok*

Dan sebagai penutup, ijinkan aku berbagi foto paling ngeselin dari SPYAIR wkwkwk pas mereka cosplay jadi karakter Gintama pas halloween! Kesel enggak sih lihatnyaaa terutama Momiken kenapa banget jadi Elizabeth gituuuu??? :)))

kiri ke kanan: UZ as Kagura, Ike as Gintoki, Kenta as Sinpachi, adn Momiken as Elizabeth wkwkwk


eya.

Post a Comment