Throwback 2018, The Year Of Book Slump

Monday, December 31, 2018


Kalau udah sampai di penghujung tahun tuh rasanya waktu kayak berlalu cepat sekali yaa? Tiba-tiba langsung kepikiran “udah ngapain aja gue sepanjang tahun ini?” hahaha ini sih cuma yang hobi proscatinate aja ya kayaknya yang mikir begini, termasuk aku hahaha (padahal dalam hati nangis). 

Tahun 2018 bisa dibilang mixed feeling.  Di satu sisi banyak hal yang bikin aku senang tahun ini, tapi di sisi lain juga semua yang direncanakan di awal tahun yaa lagi-lagi banyak yang meleset. Meleset di sini bukan berarti gagal yaa, karena kalau kita throwback dari apa yang aku tulis DI SINI, sebenernya enggak berantakan-berantakan banget sih. Semuanya berjalan walaupun belum ada hasil yang terlihat. Tapi seenggaknya udah berjalan hahaha ngotot. Kecuali belajar Adobe Illustrator, itu bener-bener baru belajar sedikiiit banget karena aku enggak ada waktu huhu (padahal waktunya habis buat tiduran sama fangirlingan). 

Berhubung aku tipe orang yang slow (sangat slow malahan), aku biasanya enggak pernah ambil pusing dengan renca-rencana yang enggak berjalan lancar. Kayak yang udah berlalu ya udah aja berlalu gitu, enggak perlu terlalu dipikirin banget. Hehehe walaupun kadang ada suara-suara yang entah datang dari mana teriak "Umur berapa lo, masih berani-beraninya santai-santai!" hahahaha.

Nah, tapi ada satu hal yang aku highlight banget pakai stabilo warna oranye biar jreng, yaitu... tahun 2018 adalah tahun di mana aku membaca sedikit sekali buku. Haaaaaaahh...


Setiap tahun tuh aku selalu masukin “read more books” sebagai salah satu resolusi atau rencana di awal tahun. Menurutku buku itu mau apapun jenisnya, termasuk novel dan komik adalah sumber pengetahuan, dan yang namanya pengetahuan kan harus selalu di-update jadi membaca lebih banyak buku setiap tahun tuh semacam hal yang harus aku lakukan. Biasanya lho yaa.

TAPI OH TAPI… entah kenapa tahun ini aku merasa sangat bobrok karena rasanya aku maleees banget baca buku hahaha. Beberapa buku yang aku baca enggak ada yang bikin semangat malah seringnya hilang minat di tengah-tengah baca. Giliran ketemu buku yang seru dan bikin semangat baca kayak Between Shades of Gray-nya Ruta Sepetys, eh malah ketinggalan di rumah Bogor padahal belum selesai dibaca. Cobaan :(

By the way sekarang aku lagi di rumah Bogor dan udah ketemu bukunya tapi tetap belum dilanjut karena udah lupa jalan ceritanya gimana jadi harus ngulang dari awal kayaknya :((

Tapi hubungan yang enggak mulus sama buku bukan berarti sepenuhnya aku jadi males baca lho ya? Aku cuma lagi enggak berjodoh aja sama buku bacaan, tapi aku yakin banget kalau setiap hari aku pasti baca... baca timeline twitter hahaha enggak ding, tapi lebih ke baca-baca artikel-artikel aja sih dari yang penting banget, penting biasa aja sampai yang sangat tidak berfaedah juga aku bacain. Entahlah aku juga enggak ngerti kenapa tahun ini aku musuhan banget sama buku hahaha.

Dan seperti biasa, kalau males baca buku, pelarianku adalah komik. Entah kenapa baca komik sih enggak pernah males hahaha kecuali kalau pas ketemu komik yang ceritanya membosankan kali yaa baru deh males. Dan tahun ini aku senang banget karena bisa bernostalgia baca komik Sailor Moon dari awal sampai habis dibabat cuma dalam waktu dua hari saja hohoho. Bisa dibilang Sailor Moon ini salah satu hal penting dari memori masa kecilku, tontonan setiap sore dari jaman SD yang ternyata baru aku pahami benar-benar isi ceritanya setelah baca komiknya pas SMA. Dan ternyata ini bukan bacaan atau tontonan yang tepat buat anak kecil yaa hahaha. Tapi entahlah kenapa jaman dulu enggak ada yang sibuk protes tentang jalan cerita dan cara berpakaian Usagi dan teman-temannya ya? Hahaha.

Terus aku juga berkenalan sama Hinata Shoyo, Kageyama Tobio dan teman-teman anggota klub voli SMA Karasuno dari Haikyu!! Fly High! Volleyball!! karya Furudate Haruichi. Udah lama enggak baca komik genre olahraga dan aku sukaaa banget sama ceritanya Haikyu!! ini (disingkat aja yaa biar enggak boros haha). Baru baca sampai nomor lima aja sih sebenarnya tapi aku udah dibikin sayang sama tim voli SMA Karasuno terutama dua pemeran utama kita yang selalu bikin pengin jedotin kepala mereka satu sama lain. Mungkin nanti aku bakal ceritain perjalananku bareng Hinata dan Kageyama deh yaa di postingan khusus hehehe.

Dan terakhir, walaupun aku musuhan sama buku tahun ini, bukan berarti juga aku sama sekali enggak baca dan berjodoh sama buku bagus hehehe. Di penghujung tahun, aku enggak nyangka bakal ketemu sama buku The Princess Diarist yang ditulis oleh mendiang Carrie Fisher, our one and only Princess Leia. Aku sempat cari buku ini waktu awal-awal terbit dulu sebelum Carrie meninggal, tapi enggak ketemu dan enggak nyangka banget malah berjodoh sama versi terjemahannya. Enggak tahu sama sekali kalau POP nerjemahin buku yang berisi catatan harian Carrie saat syuting Star Wars tahun 1976 dulu.

And I cried a lot during reading this book! Hahaha teringat banget sama Carrie soalnya. Dan aku suka banget sama segala kejujuran yang dia tulis di bukunya ini, dengan bahasa yang apa adanya, aku bisa bayangin cara Carrie bacain isi buku ini. Kalau enggak sibuk nanti aku bikin review-nya juga hahaha belagu banget sumpah!

And yeah, tulisan penutup tahun 2018 ini aku dedikasikan khusus untuk buruknya hubunganku sama buku-buku hahaha. Semoga di tahun 2019 nanti penyakit malas baca bukuku ini udah sembuh yaa jadi aku enggak perlu menelantarkan buku-buku yang udah terlanjur tertimbun huhuhu.

Selamat tahun baru 2019 teman-teman semuanyaaa! Yah, semoga tahun depan jauh jauh jauh lebih baik dan menyenangkan dari tahun ini yaa. Cheers :)

2 comments

  1. aku nargetin tahun ini baca 12 buku hahaha deg-degan juga tercapai apa nggak xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku tahun kemarin melebihi target karena bacanya komik :p

      Delete