J-Corner Ep.8: J-Pop Culture Akhir-akhir Ini

Sunday, April 30, 2023


Halooo selamat berlebaran guys~~

Telat yak wkwkwk udah banyak yang udah masuk kantor lagi malah kayaknya (not me karena aku baru masuk tanggal 2 nanti wkwkwk sombong 😝).

Karena sesungguhnya aku sama Hicha cukup bingung milih tema buat dibahas bulan ini πŸ™ˆ, jadinyaa seperti yang bisa dibaca di judul, kita mau ngoceh aja ada apa-apa aja di J-Pop culture akhir-akhir ini (tentunya yang kepikiran sama kita yaa) 😎😎

Bahasanku mungkin enggak jauh-jauh dari peridolan karena sejak setahun terakhir memang lagi lebih banyak nongkrongnya di bidang ini hahaha πŸ™ˆπŸ™ˆ

1.
Jadi pertama yang dibahas tentu saja idolku sendiri, Snow Man yang mukanya lagi muncul di mana-mana banget di Jepang sana πŸ₯°. Saat ini mereka lagi melangsungkan Takizawa Kabuki di Shinbashi Embujo dan juga tayang di bioskop-bioskop di Jepang sana. Selain itu, promosi variety show mereka Sore Snow Man ni Yaresete Kudasai (disingkat SoreSuno) yang mulai Jumat kemarin pindah slot ke jam prime time (congrats guuyyss) lagi berjalan juga πŸ₯Ί

Stasiun tivi tempat tayangnya SoreSuno, TBS ini memang enggak nanggung-nanggung kalau bikin promosi. Selain promosi lewat billboard-billboard di tempat-tempat umum, mereka juga bikin promosi pakai truk bergambar member Snow Man yang bakal melintasi jalan-jalan umum yang dilewatin banyak orang πŸš›. Dan aku kaget sendiri lihat banyaknya orang yang foto/videoin truk yang lewat ini 😨

Terus mereka juga bikin event di depan gedung TBS. Mereka pasang balon maskot baru untuk SoreSuno, bentuknya masih tetep manusia salju tapi lebih langsing daripada sebelumnya yang mirip maskotnya Mixue wkwkwk. Yang sekarang jujur lebih mirip kayak pin bowling dah hahahah ☹️

INI NIH YANG MAU AKU CERITAIN!!! 😭😭😭😭😭😭😭😭😭

Jadi ada temanku, dulu dia sekantor waktu aku masih di Bandung, yang liburan ke Jepang selama libur lebaran kemarin. Jadi aku memang sempat kirimin poster/billboard Snow Man ke dia dan minta tolong fotoin kalau ketemu selama di Jepang. EH TERNYATA DIA MALAH ENGGAK SENGAJA LEWAT GEDUNGNYA TBS JUGA DONG!! 😭😭😭 Malah dia nanya “Ya, ini Snow Man kan? Lagi ada apaan rame banget yang ngumpul?” 😭😭😭😭

Mana dia ke sana sehari banget setelah Snow Man sendiri visit lokasi balon-balon maskot itu dipajang. Kebayang kalau dia seberuntung itu ke sana pas merekanya ada, iri dengki kayaknya aku hahahaha!! πŸ˜€πŸ˜‚πŸ˜­


foto dua-duanya hasil kiriman temenku

Ngeliat kayak gini tuh kayak disadarkan kalau Snow Man tuh sepopuler itu hahahha. Karena aku enggak tinggal di Jepang, dan gaungnya Jpop tuh enggak sekencang itu di sini kan, jadi kayak tahu Snow Man tuh populer tapi enggak nyangka mereka lagi sepopuler itu πŸ₯Ί

Pas di SoreSuno yang tayang kemarin Jumat juga ada caption yang muncul pas mereka ngedance, kira-kira begini: From a group that said cannot fill the stage withtheir persona, to a group that fill the stage and made it big 😭😭

TERHARUUUUUU

Semoga kita bisa ketemu tahun depan ya guys, entah kalian yang nyamperin aku atau aku yang nyamperin kalian πŸ₯ΊπŸ₯ΊπŸ₯Ί

Oke udah cukup, kelamaan terharu nanti enggak bahas yang lainnya 😌


2.
Fans J-pop bidang musik di Indonesia kayaknya lagi pada huru-hara juga nih, karena tiba-tiba aja mendadak banyak musisi Jepang mau konser di sini!! 😭😭

Yang pertama Baby Metal, yang konsernya bakal berlangsung di ICE BSD tanggal 26 Mei besok. Terus ada Radwimps yang aku enggak tahu-menahu soal konsernya tapi tiba-tiba lihat orang-orang pada ngeluh enggak kebagian tiket hahaha dan akhirnya pihak penyelenggara bakal menggeser venue konser Radwimps yang tadinya di baskethall Senayan jadi di Tenis Indoor Senayan, lebih besar, jadi tiket tambahan kabarnya bakal segera dijual minggu-minggu ini deh 😨

Laluuu ada Fujii Kaze yang bakal konser di bulan Juli di Kasablanka Hall, tiketnya bakal mulai dijual hari Selasa besok tanggal 2 Mei. Inhale exhale, aku berencana mau nonton konsernya Fujii Kaze, doakan bisa dapet tiket yaaa πŸ™‡‍♀️



Oh ya selain itu juga ada beberapa musisi yang bakal tampil di acaranya JakJapan Matsuri, Impactnation, samaan bulan Juli juga. Ada apa dengan bulan Juli kenapa musisi Jepang pada kompak banget datengnya bulan Juli wkwkwk kata temenku “kok berasa kayak mau dijajah lagi” nangis

Udah boleh panik enggak sih ini kalau musisi Jepang mulai pada banyak yang ngonser di sini hahaha duitku tidak akan aman sepertinya. Kan harus nabung untuk ketemu yang diutamakan (lirik sembilan manusia salju) 😭😭

Laluu apa lagi yaa?


3.
Dari manga/anime ada yang udah tahu Oshi no Ko? πŸ€” Ini manga buatan Akasaka Aka (cerita) dan Yokoyari Mengo (gambar) yang adaptasi animenya baru aja berjalan tapi langsung buanyak banget yang ngomongin.

Aku sendiri belum nonton atau baca sih wkwkwk, tapi tahu Oshi no Ko ini dari Sakuma Daisuke (member Snow Man yang memang wibu garis keras), dia pernah rekomenin manganya ke seorang seiyuu (voice actor). Sakkun suka banget Oshi no Ko, mungkin karena background ceritanya yang agak relate sama kerjaan dia sebagai idol (walaupun inti ceritanya bukan itu πŸ˜‚). Pengin banget denger atau baca Sakkun ngomongin tentang Oshi no Ko deh jadinya πŸ₯Ί

Kalau aku baca sinopsisnya sih, walaupun ilustrasinya kayak yang bling-bling cerah ceria, tapi ceritanya lebih dark dan mengingatkan aku sama film animenya Satoshi Kon, Perfect Blue yang kabarnya menginspirasi film Black Swan yang dibintangin Natalie Portman.

Ini aku ambil dari sinopsisnya di internet yaa, karena aku belum nonton/baca hehehehe 😝. Oshi no Ko ini menceritakan tentang seorang anak kembar yang berusaha mengungkap (atau balas dendam) atas kematian ibu mereka yang dulunya seorang idol populer, kabarnya ibu mereka ini dibunuh oleh stalker. Yang mana stalker yang sama juga membunuh dokter kandungan ibu mereka yang kemudian bereinkarnasi jadi salah satu dari si kembar 😨😨😨

Bingung enggak lo? Wkwkwkk.


Jujur ini menarik banget sih, tapi aku belum menemukan waktu yang tepat buat memulai. Dan belum mutusin juga mau nonton animenya aja atau mending baca manganya hahaha.

Yang mau nonton, animenya tersedia di Netflix, BStation, Vidio, iQiyi dll tinggal pilih aja. Kalau yang mau baca, manganya ada di mangaplus.

Kemudian bahas apa lagi yaa πŸ€”

Dari dorama, musim ini tuh ada lumayan banyak judul yang menarik perhatianku dan ingin aku tonton. Tapi belum ada yang bisa diceritain sih soalnya belum ada yang mulai aku tonton hahaha.

Sepanjang liburan ini aku malah nontonin dorama-dorama di Netflix yang kebetulan dulu belum ditonton, kelewat wkwk. Sama nonton versi serial dari Kimi ni Todoke. Ini bagus dan manis banget, dicoba ditonton guys biar kangen cinta-cintaan jaman SMA.

Sebenernya ada topik tentang dorama dan aktor Jepang yang cukup bikin gatel kemarenan sih, tapi aku lagi males bahas yang bikin gatel-gatel hahaha πŸ˜‚πŸ˜‚ Jadiiii ya udah deh, kayaknya cukup segini dulu aja deh yang aku bahas hahaha bingung πŸ˜‚πŸ˜‚ Jangan lupa baca punyanya Hicha juga yaa DI SINI

Sampai ketemu di episode berikutnyaa~~ kalau temen-temen punya ide/saran apa yang bisa kita bahas, boleh banget kasih tahu πŸ™‡‍♀️πŸ˜‚

eya.


8 comments

  1. Sepenglihatanku ya, di Jepang itu fandom idol sangat-sangat hidup, maklum aja, pangsa pasar musiknya nomor 2 setelah amrik. Tapi ya itu, karena collective community, yg sebisa mungkin nggak mengganggu society, jadi hebohnya ya di dalam fandom aja, atau di pusat-pusat kegiatan si idol saat ada event yg berhubungan dgn idol tsb, kayak stasiun TV, tempat konser, sama paling public tuh promo di tempat khusus promotion space, kayak di stasiun atau spot-spot tertentu gitu. Belum pernah aku lihat ada umbul-umbul atau banner di jalan. Wkwk.

    Jadi, sebenarnya gaung idol itu gede, apalagi kayak Suno yg member fanclub-nya masuk 5 besar terbanyak se-janis. Cuma ya itu, dibikin se-low profile mungkin. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat mba-mba fangirl Suno yang aku follow di IG, mereka suka post foto barengan merch kalau memang lagi ada event-event, selebihnya paling yang dipost editan. Dan kalau lagi ada promosi di stasiun gitu memang spacenya besar yaa Hicha, soalnya suka baca yang katanya ngantri mau foto aja bisa 30-90 menit sendiri πŸ€”

      Delete
  2. Ngomong-ngomong soal Snowman, tadi aku lupa cerita ke Kak Eya. Pas mereka lagi syuting YouTube episode nyetir tanpa tujuan terencana, mereka pake acara nyapa orang di jalan yang lagi bawa anjing. Aku kayak...KOK BISA CASUAL BANGET NYAPA ORANG DI JALAN😭😭😭

    Kak Eya semoga dapat tiket konser yang diinginkan ya. Semangat!!!

    Oshi no Ko kok kayaknya bagus ya, hahahaha. Aku tadi nonton previewnya di Netflix. Dokter yang heboh lihat bumilnya itu berarti meninggal juga dong? Terus reinkarnasi jadi anak si ibu?? Wow.

    Hahahaha topik gatelnya apakah yang mas-mas biasa itu? Aku juga udah males Kak mau bahas, setelah aku pikir-pikir kok gak penting juga dibahas di blog. πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜†πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHA sering kok kayak gituu bukan di YouTube aja, kadang di acara TV juga suka nyamperin orang.. Kayak Sakuma disuruh nyari apa bisa tau-tau nyamperin mba-mba lagi ngajak jalan anjingnya πŸ˜‚

      Alhamdulillah dapet endah πŸ’•πŸ’•

      Iyaa itu dokternya reinkarnasi jadi anaknya si ibu, belum nonton aku juga tapi ini kesukaannya Sakuma si wibu πŸ˜‚

      Ya ampun sampe udah lupa lho aku sebenernya apa itu topik gatel-gatel (saking kelamaan ga bales komen) πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  3. Ehiyaaa! Kok bisa kompakan pada dateng konser di Indo πŸ˜‚. Yang aku tahu Baby Metal ini sih, nggak sangka ternyata ada beberapa idol lainnya yang dateng ke sini. Apakah ini artinya Jepang udah mulai sadar bahwa di sini banyak fansnya bertebaran? πŸ˜†. Semoga Kak Eya bisa kesampaian nonton konser yang dimau! Selamat ngewar πŸ™ˆ

    Btw, aku sempet baca manga Oshi No Ko waktu dia baru-baru rilis. Baru baca 1 chapter doang sih sampai dokternya reinkarnasi jadi anaknya Ai terus aku nggak lanjut karena aku pikir cerita selanjutnya kurang menarik *nethink*πŸ˜‚. Ehhh, abis baca blog post ini, aku jadi tertarik buat lanjutin ceritanyaa! Tapi kayaknya aku nonton aja deh di Netflix wkwk.

    Bulan April-Juni/Juli bikin aku senang karena anime yang aku tunggu-tunggu kelanjutannya rilis di bulan-bulan itu πŸ™ˆ. Salah satunya Demon Slayer (Kimetsu No Yaiba) yang sekarang udah on-going dan nanti ada Jujutsu Kaisen!! Yeayy!! Kak Eya nonton atau baca kedua judul ini nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu Lii hahaha sampai hari ini aja udah nambah lagi announce-nya (terakhir One OK Rock) dan alhamdulillah dapet tiketnya Fujii Kaze kemariiin πŸ₯ΊπŸ₯Ί

      Wkwkwkwk emang kalo nonton itu lebih cepet yaa daripada baca πŸ˜‚ Aku malah belum-belum mulai nonton karena belum ketemu waktu santai buat nonton 😀

      Aku ga baca dan nonton keduanya Liii hahaha Jujutsu Kaisen pernah nyoba baca sih tapi enggak kulanjut karena kurang oke di aku πŸ™ˆπŸ˜‚ Kalau demon slayer ini makin lama makin penasaran karena kayaknya makin bagus πŸ€”

      Delete
  4. wihuuyyy.. gimana mba udah dapet tiketnya?? Datengnya kompakan gtu ya...

    Kemarinan baru mulai nonton kelanjutan Kimetsu No yaiba season terbaru.. Udah 4 episode. dan salah sihhh aku udah mulai duluan padahal episodenya belum kelar rilis semua. πŸ˜‚ Soalnya 1 episodenya kaya yang wusssss.. kelarr... Kaga kerase.. apalagi episode 4 ini lagi seru-serunya. hiksss...

    terus mulai nonton lagi Attack On Titan.... setelah kepala gemuruh sama konflik berkepanjangan yang rasanya bkin kepala mumett.. wkwkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet alhamdulillah mas Bayuuu πŸ₯ΊπŸ˜†

      Kan anime biasanya cuma 20-30 menitan ga kerasa banget apalagi cuma 4 episode tuh kayak nonton 1 film aja πŸ˜‚ Hahahah Attack on Titan ga bisa emang ditonton pas lagi mumet, harus pas suasana hati lagi bagus, soalnya langsung dirusak sama jalan ceritanya πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete