#JanexLiaRC Cook Anime: Eat Like Your Favorite Character ― From Bento to Yakisoba

Wednesday, January 26, 2022


Yeay akhirnya memutuskan buat ikutan juga JanexLiaRC alias Reading Challenge yang dibuat sama duo rajin baca dan membuat review Jane dan Lia ๐Ÿ˜† Tema buat bulan Januari ini adalah buku yang warnanya orange.

Milih buku ini tuh bukan karena aku suka anime sih. Wkwk kayaknya aku udah diragukan sebagai fans anime karena belum nonton anime lagi sejak hmm... awal tahun lalu? ๐Ÿ™ˆBelum ada yang menarik perhatian lagi siih, even aku lagi baca My Hero Academia juga tapi belum ada niatan nonton animenya. Nungguin Spy x Family aja nanti, mau lihat Anya bersuara wkwk.

Jadi milih buku ini karena apa woy?

Karena aku kan mikir yaa pengin baca yang ringan-ringan aja soalnya kan aku slow reader yah, biar keburu bikin reviewnya juga gitu. Akhirnya scrolling lah di Scribd di genre graphic novel and comic, buku yang warnanya orange. Ketemu deh buku ini, warnanya orange kan itu? Wkwkwk dominannya orange agak ke merah sih tapi masih banyak warna orange juga lah wkwkkw trust me I know colors ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

picture credit to amazon

Ealah ternyata ini enggak bener-bener graphic novel. Padahal dari covernya aku kira bakal banyak ilustrasi makanan kan, tapi ternyata pakainya foto bukan ilustrasi wkwkwk.

Ini basically cookbook alias buku resep sih wkwkwk. Tapi enggak pure isinya resep doang. Karena dari judulnya aja udah Cook Anime: Eat Like Your Favorite Character ― From Bento to Yakisoba, jadi di buku ini selain resep, isinya juga membahas makanan ini muncul di anime apa aja, ada juga diselipin note tentang resep lain yang bisa dibikin dari menu yang sama, fakta tentang culture atau kayak sejarah si makanan itu, juga fakta tentang animenya.

Menarik sih walaupun jadinya cukup lama juga bacanya nih wkwkwk.

Dan yes, aku bingung ini mau bahasnya gimana. Sebagai pembaca fiksi, aku jarang banget banget baca nonfiksi dan tentu aja belum pernah nge-review buku nonfiksi. Apalagi buku nonfiksinya lebih ke buku resep wkwkwk bingung bund! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Aku mau ceritain penulisnya dulu aja deh yaa...


The Author
Diana Ault, penulis buku ini adalah seorang Home-Cook yang juga fans anime sejak kecil. Dia punya blog judulnya Fiction Food Cafรจ yang membahas tentang makanan-makanan yang dia temuin di anime, TV shows, film, buku dan juga video games.

Blognya menarik deh, karena isinya bukan cuma makanan-makanan dari anime aja. Aku udah sertain link kalau ada yang mau berkunjung ke blognya yaa ๐Ÿ˜ŠDi Instagramnya juga dia aktif nyoba-nyobain resep dari pop culture yang dia temuin.

Oh ya, foto-foto yang ada di buku Cook Anime (mari kita singkat saja judulnya wkwk) juga hasil dari percobaan dia sendiri lho. Ini aku bagiin beberapa foto dari bukunya.


Buku Cook Anime ini baru terbit Agustus tahun lalu, masih terbilang baru lah yaa. Dan beda sama versi digitalnya, kalau di buku fisiknya foto makanannya sehalaman penuh. Jadi pengin punya juga nih, buku fisiknya ๐Ÿ˜”


The Content
Buku ini tuh dibagi ke dalam 4 chapter: Main Dishes, Sides & Bento, Street Food, Drinks & Dessert. Semuanya adalah makanan khas atau yang terkenal di Jepang. Yang pecinta Japanese food pasti enggak asing sama beberapa makanan dan minuman yang ada di sini sih.

Nah jadi isi bukunya tuh (kalau buku fisiknya) kayak gini...

picture credit to giftmonkey

Nah yang paling atas itu judul animenya, di contoh ini dari anime Yuri!!! On ICE. Di bawahnya nama makanannya dan penjelasannya itu tuh apa. Terus ada bahan-bahan apa aja yang dibutuhkan sama step-by-step cara bikinnya. Yang di kotak warna biru itu notes dari Diana Ault. Terus yang di kolom warna orange itu fakta-fakta tentang makanannya (beberapa ada yang dibahas sejarahnya juga), terus yang paling bawah adalah makanan ini muncul di anime mana aja.

Ada beberapa yang aku tahu animenya tapi enggak nonton (atau cuma baca manganya aja), ada juga yang aku malah tahu makanan-makanan itu dari dorama atau film Jepang wkwk.

Tentu saja aku enggak bakal bahas semua chapternya yaa karena kebanyakan wkwkwk. Aku bahas beberapa yang menurutku menarik baik dari makanannya dan juga fakta di balik makanannya.

Rice.
Yang menarik nih, dia ada bahas tentang nasi. Iya, nasi. Simple banget yah cuma nasi. Dan si nasi ini diambil dari anime... Haikyuu!! wkwkwk.

Yaa memang sih si Hinata ini sering kelihatan beberapa kali makan nasi, apalagi dia kan anak remaja yang ikut ekskul olah raga yaa, jadi harus tercukupi gizinya. Nah yang aku enggak pernah ngeh (fans macam apa kamu wkwk) adalah ternyata yang suka Hinata makan adalah Tamago Kake Gohan.

Tamago kake gohan ini cara bikinnya simple banget. Cuma nasi hangat dicampur sama telur mentah dan kecap, diaduk-aduk gitu. Ini juga makanan andalan orang Jepang buat sarapan katanya, karena bikinnya gampang banget kali yaa wkwk.

Bersama penjelasan dengan tamago kake gohan juga dibahas takikomi gohan, yaitu nasi yang dimasak bareng bumbu dan sayuran (bisa juga dengan ikan, daging, ayam). Kalau di sini kayak nasi liwet gitu lah. Nah, aku pernah lihatnya takikomi gohan ini dari dorama Kinou Nanti Tabeta (What Did You Eat Yesterday, ada di Netflix) yang dimasak oleh Shiro-san, karakter utamanya di episode pertama ๐Ÿ˜†

Tempura.
Yang suka makan di resto Jepang pasti enggak asing sama tempura deh. Tempura ini sayuran atau banyak juga yang pakai udang yang digoreng deep-fried dengan tepung. Kalau aku yang suka belu Gokana Teppan tuh, biasanya dapetnya tempura ubi dan bayam.

Tempura ini asal katanya dari Bahasa Latin Tempora. Jadi dulu waktu Jepang baru-baru didatangi oleh misionaris dari Portugis, mereka bikin larangan untuk hari-hari tertentu enggak makan daging merah. Buat pengganti daging merah inilah orang-orang Jepang dulu makannya seafood seafood dan sayuran yang dimasak pakai tepung tadi.

Sekarang tempura malah jadi salah satu makanan essential buat orang Jepang. Kalau beli paket bento lengkap pasti ada deh 2-3 jenis tempura di dalemnya. Di buku ini disebutnya tempura diambil dari anime Demon Slayer atau Kimetsu no Yaiba, ayoo siapa yang suka nonton anime populer ini?

Kare.
Makanan yang katanya paling cocok dimakan with someone you love because it tastes like happniness ๐Ÿ˜Š Sebagai penonton Jejepangan, kare ini bukan makanan yang asing lagi tentunya. Di mana-mana pasti ada, walaupun cuma disebut doang enggak dilihatin wujudnya. Contoh aja di Doraemon pasti sering denger kan Nobita atau Doraemon bilang mau makan nasi kare?

Kare atau kari ala Jepang beda sama kari ala India yang juga terkenal dengan karinya. Kare Jepang ini rasanya lebih manis dan enggak terlalu pedas. Tapi beberapa resto Jepang di Indonesia yang menyediakan menu kare banyakan agak pedas sih. Ya kan memang dibilang enggak terlalu pedas yaa bukannya sama sekali enggak pedas wkwkwk.

Kare di Jepang biasanya disajikan bareng katsu, entah itu chicken, beef atau pork. Kare juga enggak selalu dimakan bareng sama nasi, kadang sama udon. Dan di anime Black Butler, mereka bikin kare pan atau roti kare dengan tambahan dark chocolate. Ini kayak aneh tapi katanya di Jepang kare dengan cokelat tuh cukup umum, disebutnya kuro kare atau black curry.

Napolitan.
Yang ini justru aku tahunya dari YouTube wkwk. Pas lagi iseng browsing resep spaghetti teru nemu resep Japanese Spaghetti atau disebutnya napolitan ini. Tomato based sama kayak bolognese tapi cara bikin dan bahan-bahannya lebih simple dari bolognese.

Katanya, spaghetti napolitan ini pertama kali dibuat di Hotel New Grand di Yokohama tahum 1950an setelah perang. Yang bikin namanya chef Irie Shigetada. Chef Irie terinspirasi dari spaghetti yang dimakan sama tentara-tentara Amerika yang sempat berdiam lama di hotel semasa perang. Dinamain napolitan karena bahan-bahan yang dipakai chef Irie mirip-mirip dengan saus khas Italia yang disebut Italian neapolitan ragu.

Dari anime-anime yang disebut memunculkan napolitan ini, aku cuma pernah nonton Food Wars atau Shokugeki no Shoma. Selain dari anime, baru kemarin pas nonton dorama Koidesu! Yankee-kun to Hakujo Garu, ada menu andalan napolitan di kafe yang sering dipakai nongkrong para karakternya ๐Ÿ˜†

Omurice.
Omurice atau nasi goreng omelet. Ini termasu menu populer juga, di YouTube banyak banget resepnya nih. Penampakannya tuh nasi goreng dibungkus telur dadar dan pakai saos tomat di atasnya (kadang dibentuk hati). Dan beberapa juga disiram saus demiglace gitu (enggak tahu kalau Bahasa Indonesianya namanya apa).

Omurice yang aku paling inget ada di dorama Ouroboros. Ini makanan favorit kedua karakter utamanya, bahkan salah satu dari mereka sempat menyebut sebelum mati mau makan omurice ahaha. Dan di episode terakhir pun dilihatin semua karakter lain makan omurice buat menghormati kedua karakter utamanya itu. Ouroboros ini diadaptasi dari manga, sayang enggak dibuat animenya sih wkwkwk.

Melonpan.
Roti yang juga terkenal di Jepang, biasanya suka dibeli anak-anak sekolah atau pekerja kantoran buat sarapan di konbini. Percaya enggak, melonpan ini justru isinya bukan melon lho ๐Ÿ˜…

Dinamain melonpan karena bentuk rotinya tuh ada kayak tekstur crosshatching yang mirip melon. Di Indonesia juga ada nih, kalau temen-temen aku nyebutnya kayak serat nangka wkwk. Alasannya karena melon tuh mahal banget di Jepang.

Beberapa memang ada yang isinya beneran melon dan beberapa memang diberi pewarna hijau juga, tapi kebanyakan melonpan tuh isinya yaa cokelat atau whipped cream. Kalau jaman sekarang lebih variatif lagi, temenku yang pernah ke Jepang pernah beli melonpan yang dibela dua gitu terus di tengahnya dikasih whipped cream dan sirup melon, katanya enak banget tapi mahal ๐Ÿ˜‚

๐Ÿ€

Masih banyak lagi sih yang lain tapi kan enggak mungkin aku bahas semua. Terus aku malah enggak ada bahas bento sama yakisoba yang disebut di judul wkwkwk.

Habis baca buku ini aku jadi penasaran mungkin kayaknya selama ini kalau nonton atau baca sesuatu sering ketemu sama makanan-makanan yang ada di buku ini, tapi akunya enggak ngeh. Dipikir-pikir Diana Ault ini teliti dan rajin banget yaa merhatiin makanan-makanan yang ada di pop culture yang dia nikmati. Begitulah kalau orang udah punya passion, pasti jalan dengan sendirinya yaa ๐Ÿ˜†

Oh iya, aku enggak tahu nih ini memang begitu atau ada eror dari bentuk digital bukunya. Karena beberapa foto makanan ada yang munculnya di halaman-halaman belakang, enggak bareng sama resep dan bahasannya. Kayaknya sih error yaa? ๐Ÿค”

Menurut aku, even yang enggak ngikutin anime atau manga, kalau memang suka masak (especially Japanese food) pasti pengin baca buku ini sih. Resep-resepnya lengkap lho cara neranginnya, ditambah note dari Diana Ault sendiri juga. So I guess it's worth to try ๐Ÿ˜†

eya.

15 comments

  1. Kak Eyaaaa terima kasih banyak udah ikutan reading challenge ini!! ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Dan buku pilihan Kak Eya unik banget wkwkwk buku resep yang ada info-info trivia di dalamnya, menarik!!
    Aku jadi ngiler makanan Jepang nih ๐Ÿคฃ. Betul tuh Kare Jepang sama India beda bangettt, kataku yang Jepang malah lebih kental gitu(?) Dan makan nasi+kuahnya aja udah enak banget ๐Ÿคค. Aku nggak tahu ya ada merk kare Jepang lainnya yang lebih enak atau nggak, tapi Coco Ichibanya udah enak banget dan super kenyang meskipun muahal ๐Ÿคฃ
    Selain menu berat, aku pengin coba makanan-makanan ringan khas Jepang deh. Pengin coba mochi isi strawberry itu, tapi katanya 1 bijinya aja muahal banget juga ๐Ÿคฃ tapi buat seumur hidup sekali harusnya nggak apa ya(?)

    Btw, aku juga nungguin Anya bersuara dong!! Sampai sekarang aku masih baca manga-nya 2 minggu 1x di app Shonen Jump ๐Ÿคฃ terima kasih atas racunnya lho, Kak Eya!! ๐Ÿ™ˆ. Cross Manage juga udah dilist tapi nunggu mood baca ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga Lii udah ngadain event ini, biar rajin-rajin ngereview buku nih bukan ngoceh doang di Twitter wkwk. Iyaa aku kaget bukunya semenarik ini hahaha..

      Kari India tuh lebih encer dan biasanya pedas yaa, dari warna juga lebih kuning kalau kari Jepang lebih kecokelatan. Waah aku belum pernah ke Coco Ichibanya, ini kayaknya adanya cuma di Jakarta ya? Resto khusus kare yang pernah aku coba tuh KARรˆ yang ada di Paskal, itu juga enaak dan menu karenya bermacam-macam. Lia kalau ke Bandung, cobain deh ke sana ๐Ÿ˜†

      Aku pernah dioleh-olehin mochi dari Jepang beneran sama temenku, enaaak memang mana dia agak besar gitu ukurannya. Aku lupa dulu dapet rasa apa aja, tapi kayaknya ada strawberry juga.

      Yeeess asiiik Lia udah terbius sama keluarga Forger niih ๐Ÿ˜‚ Liat trailernya suara Anya tuh lucu banget, apalagi kan dia anaknya masih lugu gitu dan suka kaget yaa wkwkwk

      Delete
  2. Unikkk banget ini buku resepnya! XD Tapi aku sering sih lihat video recook makanan anime/komik di Youtube gituu. Seru-seru, ada yang bikinnya bener-bener persis seperti di animenya. Tapi aku sendiri juga suka ngiler kalau liat penampakan makanan di komik, apalagi kalau mereka udah makan ramen atau katsudon ๐Ÿคฃ

    Dan aku baru tauuuu makan kare itu ada artinya, so sweet! Meanwhile, aku pernah masak kare jepang di rumah pakai Golden Curry itu lhoo. Pas mama mertua nyicip, tau nggak belio ngomong apa. "Kamu masak daging saus padang? Enak banget ini!" YAAAA SAUS PADANG ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Btw, makasih Eyaaaa udah ikut ngeramein #JanexLiaRC bulan iniii. Jangan kapok untuk ikutan lagi bulan depan ya! ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kayaknya gara-gara pandemi jadi banyak yang ikutan recook makanan anime/komik yaa, termasuk chef Arnold pun sering banget dia recook makanan anime khususnya dari Food Wars ๐Ÿ˜‚

      Iyaa gemes yaaa, dipikir-pikir memang sih sering liat kare di tontonan Jepang tuh biasanya dibuat sama ibu di rumah, atau kalau ada mau buatin makanan buat pacarnya, bikinnya kare ๐Ÿ˜† Jane mohon maap aku ngakak kenapa jadi saus padaaaang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ mungkin karena rasanya ada manis-gurih-pedas gitu kali yaa jadi mirip saus padang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Makasih juga Jane udah bikin event iniii, kalau ada buku yang cocok pasti ikutan lagi ๐Ÿ˜†

      Delete
  3. Buku resep yang unik...
    Aku jadi penasaran mau baca juga. Ya siapa tahu bisa icip2 resepnya ๐Ÿ˜…

    Ngomongin ttg anime. Entah kenapa makanan di sana tuh always terlihat menggoda ya Mba..๐Ÿคค padahal kan cuma kartun. Tapi selalu berhasil bikin ngiler..

    Aku kalau lagi makan, tontonanku pasti Doraemon, atau maruko atau shinchan.. yg dicari pasti yg edisi makanan ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Hehe

    Terus-terus aku salfok dong sama foto Sakura Cardnya. Kebetulan aku lagi rewatch anime ini.

    Dan specialty mereka ya Bentoo ๐Ÿฅฐ sama Kue.. si Kero kan demen banget sama Kue ๐Ÿ˜….. Yukito san juga.

    Well, senang mba Eya ikutan Challenge ini.. yukk mba ikutan lagi bulan depann. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebayang sih Mas Bayu kalau baca buku ini pasti langsung praktek wkwkwk. Ini ada di Scribd siih..

      Justru malah paling menggoda tuh makanan dari anime ga siih? Kayak apalagi kalau nonton film-film Ghibli, gambar makanannya tuh menggugah selera banget!

      Waah bisa dicari kah doraemon, maruko, shinchan yang edisi makanan?

      Yees di Cardcaptor Sakura banyak makanan juga, apalagi memang Sakura sekeluarga suka masak yaa? Kero selalu makan kue, kayaknya makanan dia kue doang ga siih aku lupa wkwk..

      Yuukk kalo bukunya ada yang cocok pasti ikutan lagi siih ๐Ÿ˜†

      Delete
  4. Mumpung masih gratis aku mau baca dulu buku ini. Mau cari resep yg berbahan utama telur ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Gara2 guru anakku skr bikin rempong aja, tiap Jumat anak2 disuruh bawain bekal sesuai tema. Nyebeliiiiin kan ๐Ÿคฃ.

    Aku kepikir cawan mushi, ada ga ya resepnya di buku ini hahahaha.

    Menarik banget mba. Aku sukaaa baca bulu2 resep gini, kdg pernah tuh baca komik apaaaa dulu, ttg makanan juga. Dan si penulis komik sekalian bikin resep2nya, walopun aku ga tau itu resep beneran atau ngarang, ga aku coba juga sih ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Kalo ngeliat menu2 Jepang memang kliatan simple yaaa. Aku skr kalo udh bingung makan apa, LGS bikin Tamago , trus nasinya dikasih butter dan Soyu ๐Ÿ˜. Enaaaak bangetttt. Hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih Mba Fanny pasti langsung pengin deeh nyobain resep-resepnya ๐Ÿ˜‚ owalaaah repot juga yaa pasti jadi mikir kudu bekelin apa nih besok wkwkwk

      Cawan Mushi ga ada Mbaa tapi aku pernah beberapa kali liat resepnya di Reels atau Youtube deeh...

      Biasanya setau aku sih walaupun di komik gitu resepnya biasanya beneran Mbaa, di Netflix juga ada tuh anime Food Wars, ini tentang sekolah masak-masak dan resepnya udah beberapa kali dibikin sama Chef Arnold dan pada berhasil. Duh enak banget emang nasi+telur pake kecap doang wkwkwk

      Delete
  5. Gemeess bgd bukunya Mba Eyaaa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Aku blm kesampaian ikut Janexlia RC nih. Mudah2an bulan berikutnya bisa ikutan juga RC ny ๐Ÿ˜
    Bukunya seru juga ya. Kebayang klo ada fisikny, trus gambar menu2 nya full color n kertas glosi, pasti bagus yaa ๐Ÿ˜ Menu2 di anime itu aku kadang suka liatnya di youtube yg ngeremake bikin.. baru ngeh ada bukunya juga.

    Tamago Kake Gohan itu sering bgd di video2 n film2 Jepang mereka bikinnya. Tp eneg ga ya telor mentah gt ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo Mba Tessa yang bulan ini ikutan :D (padahal sendirinya belum ikutan)
      Iyaa aku pengin banget punya fisiknya apalagi kalau bukunya ukuran gede gitu pasti enak banget ngeliatnya, biar sekalian buat dibawa ke dapur buat guide masak wkwkwk

      Katanya kalau pake telur Jepang atau minimal telur omega3 mah ga akan eneg Mba malah jadinya creamy, aku sendiri belum nyoba sih, tapi karena aku cukup suka telur setengah mateng yang kuningnya masih cair kayaknya berani nyobain hahaha

      Delete
  6. LUCU BANGET MAKANANNYAAA <3 Penulisnya niat banget sumpah wkwkwk, tapi emang makanan di anime tuh harus diwujudkan di dunia nyata sih biar penasaran kita terobati. xD Dari semua makanan yang Kak Eya sebutkan di atas, favoritku kare huhu kebayang nasi kare yang pernah aku makan, ada ayamnya, ya Allah enak banget. T_____T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kalau liat blog atau Instagramnya yah, lebih banyak lagi makanan dari pop culture yang dia recook, bukan cuma dari anime doang lho, keren yaa dari hobi bisa jadi cuan wkwkwk.. Kare tuh entah kenapa kesannya homey banget yaa, jadi pengin makan kare hahaha

      Delete
  7. cover bukunya kiyuttt banget ini
    nggak nyangka kalau isinya juga menarik ini, baca gini aja bisa bikin auto kenyang ga sih? :D
    aku jadi inget pernah pesen makanan jepang yang serba katsu katsu gitu, terus ada kuah curry nya kalau ga salah, cuman waktu itu apesnya, dagingnya alottt banget, habis dari freezer kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ainun, menarik banget isinya.. tapi kalau aku mah ga auto kenyang malah laper pengin makan :)))
      Walaah mungkin belum defrosted tapi udah dipanasin kali yaa (ga tau ngaruh jadi alot apa enggak), tapi emang makan makanan alot tuh bikin jadi males ga siih wkwkwk

      Delete
  8. NGelihat gambarnya jadi laper. Pengen makan atau pengen buat sendiri deh hahaha

    Aku baru tahu loh ada buku yang konsepnya seperti itu; resep makanan, makanannya ada di anime mana, sejarahnya pula. Jadi tau lebih banyak tentang budaya nya Jepang ya

    ReplyDelete