Habit

Thursday, October 28, 2021


Beberapa hari lalu baru namatin drama Tengoku to Jigoku: Psychona Futari, dan di drama itu dilihatin kalau beberapa karakternya punya kebiasaan yang khas. Kayak misalnya kedua karakter utamanya nih, yang satu kebiasaannya ngetuk-ngetuk lengan kalau lagi mikir, yang satu lagi kebiasaannya narik-narik daun telinga gitu.

Kebiasaan atau habit kedua karakter ini disorot banget karena ceritanya mereka bertukar jiwa gitu. Jadi kebiasaannya ini yang kemudian bikin orang-orang sekitar mereka bertanya-tanya "memangnya selama ini dia suka begitu ya?"

Terus gara-gara itu aku jadi nginget-nginget sendiri apa aja kebiasaan yang suka aku lakuin tanpa sadar, juga merhatiin kebiasaan orang-orang di sekitarku. Mana tahu kan tiba-tiba orang di sekitar aku ada yang bertukar jiwa juga wkwkwk mon maap dramanya masih melekat 😂

yang dimaksud dengan menarik-narik daun telinga

Contoh yang baru aku sadarin, Nova, housemate aku kalau nyetel musik tuh sesuai playlist yang kayaknya disesuaikan sama mood-nya dia. Kayak kalau pagi-pagi dia suka nyetel lagu rohani, malem-malem playlist-nya dia cuma 3 lagu yang diputer berulang-ulang. Padahal udah lama tinggal bareng dia tapi baru ngeh kalau dia dengerin musiknya enggak random 😆

Terus kayak temen kerja aku yang kebiasannya suka tiba-tiba nyanyi kalau sambil kerja padahal lagi enggak dengerin lagu apa-apa. 

Kalau aku sendiri, setelah dipikir-pikir ada juga kebiasaan kecil yang selalu aku lakukan, enggak tahu tapi orang-orang sekitar nyadar apa enggak wkwk.

Satu, aku kalau lagi mikir suka sambil miring-miringin bibir ke kanan-kiri gitu. Gimana ya jelasinnya, kayak sudut mulutnya naik-naik gitu. Kalau dilihat orang pasti aneh sih ekspresinya, aku sendiri lihat di kaca aja ngerasa mukaku aneh banget wkwkwk.

Dua, kalau ketawa suka sambil tepuk tangan atau mukul meja, kasur atau apapun yang lagi ada di sekitarku. Tapi enggak pernah sampai mukul orang sih untungnya.

Tiga, kalau mau tidur suka sambil nepuk-nepuk pantat sendiri. Ini kayaknya karena waktu kecil kalau mau tidur dikelonin Ibu sambil ditepuk-tepuk pantatnya. Setelah tidur sendiri, malah jadinya suka sambil nepuk-nepuk pantat sendiri. Yang satu ini sih, jelas orang lain enggak akan nyadar kayaknya wkwk.

Udah sih, yang aku ngeh cuma tiga itu doang 🤔

Kebiasaan-kebiasaan kecil kayak gini kayaknya semua orang punya enggak, sih? Mungkin ada yang sadar atau enggak kalau dia punya kebiasaan gitu.

Hal-hal random yang kayaknya bisa jadi kebiasaan orang mungkin kayak makan pizza dari pinggirannya dulu atau dari tengah dulu, nuang sereal dulu atau susu dulu, kalau lagi jalan suka iseng nendang batu, suka milin-milin rambut, atau suka colek-colek orang kalau lewat (ini hati-hati yaa jangan asal nyolek orang wkwk)

Terus tadi iseng googling soal kebiasaan, niatnya pengin tahu kebiasaan kecil orang-orang yang unik eh tapi kok malah nemunya yang cuma sarapan tiap jam sekian, jalan kaki berapa langkah, atau malah dihubung-hubungin ke psikologi atau kepribadian hahaha.

Lagi enggak niat nulis yang berat-berat karena udah lama juga enggak nulis topik random jadinya ya udah enggak dilanjutin browsing soal kebiasaannya heuu.

Terus jadi beneran random kan ini tulisan wkwkwk.

Pengin nanya aja, kalau temen-temen pada nyadar punya kebiasaan kecil apa enggak? Atau mungkin habis baca tulisan aku jadi ngeh "oh gue punya kebiasaan gini!" 😂

eya.

18 comments

  1. Kak Eya aku jadi senyum-senyum sendiri baca postingan ini hahaha, menghibur banget kak! Jadi kepikiran apa ya kebiasaan yg paling aku inget hmm... kayaknya soal bikin kopi, biasanya aku aduk dulu / di ratain gula, kopi + kreamernya baru masukin air panas. Rasanya kalo gak di aduk dulu kayak gak afdol aja 😅. Apalagi ya oh! Kalo mau mandi biasanya gosok gigi dulu abis itu baru mandi wkwkk. Jadi pengin bikin list kebiasan-kebiasaan kecil apa aja yg aku punya lol

    Seru kak seru, Kak Eya lucu banget kebiasaan sebelum tidurnya 😆 dan dorama yg di bahas menarik banget sih, bisa2nya kepikiran bikin cerita kayak begini 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah samaan Reka! AKu juga kalau bikin kopi suka diaduk semua gitu baru dituang air panas, entah kenapa kayaknya bakal lebih blend hahaha padahal kayaknya sama aja ga sih? 😂😂 Ayoo Reka bikin juga, seru kayaknya 😆

      Ini dorama yang dimaksud yang waktu Reka reply tweet aku nanyain Ayase Haruka 😆 btw dia baru dapet penghargaan aktris terbaik berkat perannya di drama ini, ayok nontoon 😆 *malah ngeracunin nonton*

      Delete
    2. Eh kita samaan hahaha, iya betul kak lebih blend gitu kalo di aduk duluan kayak udah otomatis juga sih. Lupa juga kenapa bisa sampe jadi kebiasaan, 😂

      Oh Mba Ayase juga yg main dorama ini kak?? Aku langsung suka sama dia gara2 nonton Our little sister, cakep bangett soalnya ;3. Pengin nonton jadi kepo juga, ini udah tamat belum kak? 👀

      Delete
    3. Mungkin sugesti yaa soalnya kalau diaduk belakangan sebenernya sama aja kan kecampur air panas 😂

      Iya Mba Ayase yang main, memang cantik banget diaa apalagi di drama ini ada adegan dia pakai gaun, buset cantik amaaat 🤧 Udah tamat Rekaa, ini tayang di Jepangnya awal tahun 😁

      Delete
  2. Kak Eya...aku...nggak nyadar punya kebiasan apa. 😂 Kayaknya orang lain deh yang ngeh, tapi nggak mau nanya ah nanti nggak sesuai harapan. /plak/

    Tapi kalau maksa inget-inget sih kebiasaanku adalah kalau masuk ruangan kerja aku akan keluarin kotak bekal makanan, naruh tas, ngidupin komputer, naruh jaket, ambil minum, terus duduk. Udah gitu aja, standar😂 oh sama ini paling, suka ngedumel kalau lagi dikejar deadline...errr kebanyakan orang juga gitu nggak sih. 😂

    Di luar kerjaan itu apa ya hmmm...kalau tidur harus selimutan, kalau lagi stres suka duduk sambil megang jidat, udah sih itu aja yang aku inget wkwkwk. Makasih Kak Eya tulisannya bikin aku mikir. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taunya kata orang lain: Lha Endah kebiasaannya jungkir balik kalau lagi banyak kerjaan wkwkwk *ditendang*

      Wah kenapa kotak bekalnya dikeluarin Endah? Aku kalau bawa bekal, disimpan sampai saat diperlukan alias pas jam makan siang baru dibuka hahaha 😂 Kayaknya bagian ngedumel pas lagi dikejar deadline ini yang banyak terjadi di kalangan budak korporat macam kita Endah 😂😂

      Wkwkwkwkk enak kaan sekali-sekali diajak mikir yang bukan soal kerjaan 🙈

      Delete
  3. Hmm sejauh ini aku nggak nyadar punya kebiasaan apa, harus pas lagi ngelakuin kebiasaan itu baru tersadar. Tapi biasanya susah buat nyadarnya ya kak🤣

    Satu-satunya kebiasaan yg aku sendiri sadar ituu, pas dengerin lagu kayak housemate kakak. Aku tuh jaraaaang banget dengerin playlist secara random. Kalaupun random, mungkin cuma buat bikin suasana ramai aja. Beda cerita kalau lagi pingin dengerin lagu, pasti sesuai mood dan seringnya kalau lagi suka satu lagu mesti diputer itu terus sampe tiga hari (iyaa laptopnya sampe nggak dimatiin karena lagunya nyala terus wkwk). Bener2 random dah😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha pas lagi ga dipikirin baru kebayang ya Awl biasanya 😂 Waah iya, aku juga kalau suka 1 lagu diputer terus-terusan, tapi ga sampai kayak Awl sampai laptop ga dimatiin wkwkwk... Berarti kalau gitu sampai ditinggal tidur masih terus nyala yaa lagunya? 😂

      Delete
    2. iyaa pas tidur juga dinyalain, sengaja justru kupake buat nina bobo😂 tapi volumenya dikecilin biar nggak kekerasan wkwkwk. gara2 laptop tua jadi semena-mena gitu makenya hadeuuh, sekarang sih udah nggak kak Eya. karena lagi nggak punya lagu favorit juga😅

      Delete
  4. Topiknya menarik, mba Eyaaaa. Jadi ikutan berpikir soal kebiasan random saya 😂

    By the way, kita sama kalau ketawa bisa sampai tepuk tangan hahahaha. Heboh banget kalau kata si kesayangan 🙈 Tapi nggak sampai pukul orang sik, bisa dipukul balik yang ada 🤪 Selain itu, kebiasaan seperti taruh cereal dulu baru susu itu saya bangaaats. Wk. Atau makan ayam crispy, kulitnya dimakan belakangan 🤣

    Ohya, saya kalau tidur juga sukanya di-puk-puk biar cepat terlelap. Untungnya si kesayangan always bersedia melakukannya tanpa diminta 😍 Terus kebiasaan gebuk kasur pakai sapu lidi or selimut sebelum tidur agar nggak ada setan katanyah. Hahahaha. Apalagi yaaaah, banyak ternyata kalau dipikir-pikir, even menyangkut pilihan bubur diaduk atau nggak diaduk saja bisa jadi kebiasaan untuk saya 😆✌

    Eniho, saya kadang seperti teman mba Endah, putar lagu on repeat all day long saat ada lagu enak, tapi biasanya beberapa hari sekali ganti, dan betul-betul ikut mood. Misal lagi mood kemerdekaan, bisa tuh saya putar playlist lagu nasional seharian 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa kayaknya kalau di ketawa bareng jadinya lebih heboh ya Mba Eno karena ada dua orang ketawa sambil tepuk tangan 😂😂 Beneer untung kita ga sampai mukul orang, bisa habis dipukulin balik 😂😂 Waah kalau makan ayam crispy kulitnya disisain belakangan, aku juga samaaa 😂

      Mungkin si kesayangan udah biasa Mba Eno karena tiap malam ngepuk-puk Mba Eno, jadi udah tanpa diminta langsung reflek jalan 😆 Mba Eno itu pasti wasiat dari ibunya yaa gebuk-gebuk kasur sebelum tidur biar ga ada setan 😂

      Ih sama temenku juga gitu Mba Eno, kalau lagi mood nasionalisme bisa muter lagu nasional terus sampai pernah dikomenin ibu kost "ini berasa mau upacara" 😂😂

      Delete
  5. Topik tulisannya menarik banget Kak Eya 😍 bikin auto mikir punya kebiasaan apa selama ini wkwkwk. Nggak banyak yang aku sadari sih~ beberapa yang aku ingat tuh setiap mau tidur pasti rambutku aku angkat dulu ke atas agar nggak ketiban sama kepalaku (gimana ya jelasinnya 😂), pokoknya dinaikin ke atas melewati bantal soalnya nggak betah kalau langsung ditiban gitu aja, suka ngerasa gerah dan gatel 🤣. Teruss kalau tidur harus selalu ada selimut wkwkwk. Meskipun tempatnya panas, tapi kalau bisa tuh ada yang nutupin bagian kaki karena dengan begini rasanya jadi lebih nyaman saat tidur 🙈
    Terus aku juga tim tuang sereal dulu dong baru susu wkwkwk, sama tim tuang bumbu indomie di awal sebelum dituang mienyaa. Kalau Kak Eya tim yang mana dalam hal bumbu indomie? 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Li... aku tim bumbunya di awal.. aku heran kalau ada orang yg mienya dlu terus baru bumbunya.. emang bumbunya tercampur secara merata ya. Wkkwk

      Delete
    2. Makasiih Liaa 💖 Kadang memang kalau kebiasaan yang kecil gini kitanya sendiri susah menyadari yaa, kadang orang-orang sekitar yang nyadar malah 😆 Aku ngerti maksudnya hahaha waktu rambut aku panjang juga gitu Lii, karena kalau tidur rambut masih nempel ke leher itu berasa gerahnya yaa 😂 Ya ampun yang bagian selimut harus nutupin kaki itu sama bangeeet aku jugaa mau cuaca lagi panas juga, kaki harus tetap diselimutin 😂

      Yang indomie sekalian menjawab komen Mas Bayu: Aku tim mie dulu baru bumbu kalau bikin mie goreng wkwkwk tolong jangan heran 😂😂 Kalau mie rebus, bumbunya dulu ditambah air, baru mienya dimasukin setelah matang 😂

      Delete
  6. Wahhh judul tulisan yang mantep Mba Eya.. 😁 dan aku pas baca bagian mulut dimiring²in itu nggak sadar malah aku praktekkin.. hahah 🤣

    Lohhh. Toss dlu mba. Aku juga kalau ketawa suka mukul². Mukul orang di sebelahnya malah..

    Akhir² ini. Brian temanku juga lagi sring nginep disini. Mungkin karena kita sama2 sendirian jadi daripada sendirian mending berduaan.. *lohhh 🤣🤣

    Aku perhatiin dia juga punya kebiasaan sperti tidur nggak pernah pakai bantal. Setiap dikasih bantal. Itu pasti ditaruh di kaki mba.. 🤣🤣
    Terus kalau tidur senangnya headsetan dngerin lagu²nya mozart. Kadang kalau lagi on speaker suka bikin ngeri sndiri.. wkwk 😅😅 malem2 yg diputer aransemennya alice.

    Kalau aku. Hhmmm. Apa ya.... 🤣🤣 bingungg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa makasih Mas Bayu 😆 Hahahaa praktekinnya sambil liat kaca ga? Pasti aneh deeh wkwkwk

      Ini yang bahaya iniii mukul orang sebelah wkwkwk 🙈 Kasihan Brian semoga dia ga kapok yaa berduaan sama Mas Bayu *lhoo 😂😂 Berarti kayaknya Mas Andrew sama Mas Toni juga sering jadi korban pukul yaa?

      Hah gimana? Jadi bantalnya buat gulingan yaa? WKwkwk kok bisa ada orang tidur ga pakai bantal?? Aku bantal minimal dua kalau masih datar rasanya suka engap malem-malem 😂 Astagaa aku belum pernah kenal orang yang dengerin Mozart lhoo jadi ini amazing banget wkwkwkwk

      Delete
  7. Eyaaa, topiknya seru dan lucuk banget nih 😆 kayaknya kalau soal habit kecil kita gini harus nanya orang terdekat yaa. Karena kita sendiri suka nggak sadar melakukannya.

    Kalau kata suamiku tuh, aku kalau minum apa pun pasti nggak pernah habis sampai tetes terakhir, selalu aja ada sisa dikit di bawah. Seringnya ini minuman dingin gitu. Dan ini nggak cuma suami aja yang notice, emang kebiasaan lama aku yang selalu diresahkan papa mamaku, wkwkwk. Oh ya, pas kemarin ini di Bali 3 bulan, mamaku ngoceh karena aku suka ngambil barang di dapur nggak dikembalikan lagi ke tempatnya. Suer aku nggak sadar, mamaku saking gemesnya peengen difoto sebagai bukti 🤣

    ReplyDelete
  8. Kebiasaan pantat di teplok2 pas mau tidur, itu anakku banget mbaaaa 🤣. Harus diplok-plok baru bisa tidur. Aku kuatir juga jadinya, kalo udah gede bisa plok2 sendiri ga ya dia 😅.

    Aku sendiri kebiasaannya milin rambut kalo mau tidur. ATO kalo sedang santai di rumah. Biasa suka ga sadar sih.

    Aku masih mendingan milin rambut sendiri, nah kalo adekku yg kedua, kebiasaan pas kecil dia milinin rambut babysitter. Jadi lamaaaa tuh dia bisa adaptasi :p. Kalo sekarang sih kayaknya udh ga.

    Pegang2 kuping, aku dulu sempet jadi habit, tapi pas pake jilbab waktu kerja, jadi ga lagi sih.

    Kalo soal makanan, misalnya bubur ayam nih, aku ga akan aduk, trus taburan topping harus merata termasuk sambel. Jadi pas disuap, bisa berasa semua 😄. Dan bubur aku selalu makan dari pinggir. 😁

    ReplyDelete