Sunday, February 4, 2018

Maybe This is What They Called Everlasting?


Tulisan yang sepertinya akan panjang ini didedikasikan untuk Om-om kesayangan yang berhasil mencuri hati dan perhatianku lagi setelah enam tahun lamanya kutinggal hahaha. Please welcome, Om-om kesayangannya Eya sejak 2006, s u p e r  j u n i o r *drumrolls. Aah hahaha, akhirnya aku nulis tentang mereka juga di sini. Jadi, seperti yang kusebut di postingan INI, I used to be in kpop fandom back then, udah lamaaa jaman kuliah tahun 2006an. Jaman di mana yang suka kpop enggak sebanyak sekarang dan harus menghadapi segala hinaan sendirian hahaha curhat. Dan tentu saja, merekalah yang menyeretku ke jurang itu lalala...

Kalau boleh nostalgia sedikit, aku tuh pertama tahu Om-om ini tahun 2006 gara-gara lagu ‘U’ dan Siwon. Sebelumnya aku pernah nonton drama berjudul 18 VS 29 di mana Siwon berperan sebagai si pemeran utama pas mudanya (lupa namanya siapa). Jadi pas lihat MV ‘U’ tuh mataku langsung tertuju ke Siwon karena aku memang lagi naksir dia pas itu. Pertama kali lihat mereka, komentarku adalah “buset ini grup apaan banyak banget orangnya” hahaha (kalau kpop group sekarang mah udah banyak yaa yang membernya segambreng). Tentu saja aku mengalami masa-masa sulit menghafal nama mereka, jadi awal-awal tuh aku cuma hafal Siwon, Heechul dan Shindong aja hahaha. Baru setelah ikutan forum-forum (anak dulu mainannya di forum), sedikit-sedikit bisa hafal karena ketemu temen-temen yang kesukaannya beda-beda hehehe. Dari yang awal sukanya cuma sama Siwon, jadi sayang ke semua. Tapi tetap Siwon dan Kyuhyun yang paling spesial di hati aku hahaha.


Temen-temenku tahu banget lah gimana gilanya aku ke Suju dulu. My love for them was so big pokoknya. Tiap hari dengerin lagunya, nontoin MV dan variety show mereka diulang-ulang, internetan juga yang dilihat mereka, dari binder sampai kamar penuh tempelan muka mereka yang diprint sendiri, sampai bikin fanfic dan fanart segala hahaha. Sampai aku dikata-katain seisi kelas, dibilang norak lah, freak lah, apalah, sampai pernah berantem sama temen deket sendiri juga gara-gara mereka ngeledekin Suju terus. Oh sungguh indah masa remajaku hahahaha.

Tapi terus kenapa akhirnya ninggalin mereka? Hahaha sumpah aku pasti dihujat kalau aku bilang alasan ninggalin mereka karena ingin menjalani kehidupan sebagai orang dewasa yang normal buahahahaha.

Tapi memang tahun 2011-2012 itu nama mereka lagi melangit banget, fans mereka kayaknya terus bertambah dan aku di sisi lain justru merasa capek mengikuti segala update tentang mereka. Ditambah waktu itu aku juga baru masuk kerja, istilahnya lagi asik mengenal dan menikmati suasana baru lah yaa. Pelan-pelan aku mulai ninggalin mereka, kayak enggak sering-sering dengerin lagu mereka sampai nyopotin segala perintilan tentang mereka. Sempat pengin nonton pas mereka ke Indonesia buat SS4 waktu itu, tapi sebagai pegawai baru ya jelas aku lagi enggak punya uang banget lah. Gaji belum seberapa, tabungan belum punya, minta sama orang tua juga enggak mungkin hahaha. Jadi walaupun enggak masuk akal ini juga salah satu yang bikin aku mantap ninggalin dunia remajaku yang indah itu dan sekarang aku agak menyesal sih, aku sama sekali belum pernah lihat mereka secara langsung padahal mereka udah berkali-kali ke Indonesia hehehe.

And now... I have this sweet sweet sweet sweet reunion with these ‘Om-om’ berkat album terbaru mereka yang rilis November tahun 2017 kemarin, PLAY. Sejak ninggalin, aku udah hampir enggak pernah update tentang mereka, dengerin lagunya paling kalau pas kangen aja. Tapi entah kenapa pas denger kalau mereka mau comeback akhir tahun kemarin, aku langsung merasa kangeeen banget. Comeback mereka kali ini cukup menarik perhatianku dan aku excited, enggak sebiasa tahun-tahun setelah 2012. Daaan, pas MV pre-release mereka–One More Chance—muncul di Youtube, aku nonton kan sambil siap-siap mau berangkat kerja, tanpa ekspektasi apapun cuma tahu kalau lagu ini bikinannya Donghae. Dan pas nonton, tiba-tiba air mata ngalir gitu aja :((( kayak yang perasaan kangen selama enam tahun tumpah semua hahahaha. Kalau kata temenku, kayak CLBK ke cinta pertama yaa hahahaha.

Silahkan, barangkali ada yang mau ikutan nangis bareng aku nonton MV ini :p


Tapi yah, walaupun aku excited menyambut album ini, jujur aja awalnya aku agak ragu hahaha. Kenapa? Pertama, karena di album ini enggak ada Kyuhyun dan Ryeowook karena mereka lagi menjalani wajib militer. Secara kan vokalis utamanya Suju itu Yesung, Ryeowook dan Kyuhyun, jadi kalau mereka berdua enggak ada, gimana jadinya? Yesung kasihan banget dong? Tapi syukurlah, ketidakhadiran dua bocah itu enggak mengurangi kualitas lagu-lagu mereka. Vokal mereka udah jauh lebih berkembang sih, terutama aku kaget denger suara Shindong yang sumpah bagus banget, dia harusnya dapet lebih banyak lagi porsi nyanyi hehehe. Terus suaranya Donghae, Siwon, Hyukjae, Leeteuk dan Heechul juga udah makin bagus. Kedua, masalah-masalah yang mereka hadapi sebelum bahkan setelah album ini rilis yang bikin aku mikir “ini comeback mereka dikutuk apa gimana sih?”. Enggak mau bahas ah, entar aku nangis lagi hahaha. Tapi syukurlah lagi, album ini terbilang cukup sukses walaupun enggak sampai jadi chart nomor satu di music show yaa. Lagian sepenglihatanku, kayaknya Suju juga udah enggak terlalu mikirin chart atau award-awardan, yang penting mereka ngasih penampilan terbaik buat fans yang masih selalu mendukung mereka. Tsaaah.

Dan aku rekomendasikan banget album PLAY ini! Lagunya enak-enak semua, hampir semuanya aku sukaaa. Mulai dari One More Chance dan title song mereka, Black Suit itu enak banget. Terutama One More Chance yang sebenernya aku lebih suka judul awalnya Dont Leave Like the Rain ini beneran bagus banget nget nget nget dan aku belum bosan dengerin lagu ini setiap hari! Donghae nih memang lah hebat bangeeet deh bisa nyiptain lagu sebegini bagusnya. Selain itu favoritku adalah I Do, Good Day for a Good Day, Girlfriend dan Runaway. Walaupun memang awalnya terasa aneh dengerin lagu-lagu Suju tanpa ada suara melengkingnya Ryeowook. Kalau Kyuhyun sebelum wamil sempat rekaman dua lagu buat album ini, dan lagian kalau dengerin album pertama merek juga kan belum ada suara Kyuhyun hehehe.

Oh ya, selain sweet nostalgia, aku juga merasa sangat emosional gara-gara comeback mereka ini. Masa dari Oktober segala hal tentang mereka gampang banget bikin aku nangis cobaa hahaha. Terutama yang bikin aku banjir air mata tuh lihat fancam pas SS7 hari ketiga di Seoul di mana Om leader kita, Leeteuk bacain surat sebelum nyanyi I Do. Coba gimana enggak nangis, dia sebutin semua nama member Suju, tiga belas member termasuk Hangeng dan Kibum yang secara teknis udah enggak di Suju lagi, juga Sungmin dan Kangin yang memang enggak ikutan comeback ini huhuhu. Tenggelam sudah aku ke dalam lautan feels. Bhay!

Tapi beneran deh, aku bahagia banget bisa kembali ke pelukan Om-om ini hahaha. Kenapa yah, rasanya aku jadi lebih semangat aja, hidup aku jadi lebih berwarna lagi gitu setelah kemarin-kemarin dilanda kebosanan luar biasa akan segala hal. Mereka dulu yang nemenin masa remajaku, nemenin aku ngerjain tugas kuliah sampai skripsi, sampai mau masuk ruang sidang pun aku ditemenin sama mereka juga. Dan aku seenak jidat banget ninggalin pas mereka lagi berjaya banget huhuhu. But I promise, I wont leave like the rain ever again, boys. Kayaknya ini pengaruh nama fans mereka Everlasting Friends kali yaa, jadi yang udah terjerumus ke jurang mereka ya bakal selamanya ada di sana. Yang udah pergi sekian lama pun tetap akhirnya balik lagi hahaha.

Baiklah kita cukupkan saja ocehan enggak pentingku hari ini. Mohon dimaafkan apabila bahasa yang digunakan dalam postingan ini terdengar memuakkan ahaha. Have a good day everyone :)

bonus my favorite photo of them, masih bertiga belas | photo from my folder, I forgot where it came from, sorry :(

6 comments:

  1. Wow kak eya keren! Aku terharu bacanya huhuhu *salim*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu aku jadi maluu, makasih Endaah *pelukomdongek* lho

      Delete
  2. Halo mbak, terima kasih sudah sering main ke blog sayaaa :")))))))))))) *ceritanya superterharu karena merasa appreciated*

    Saya dulu juga suka sama SJ, tapi sebelumnya udah kebentur TVXQ dulu. Dari sana yaudah deh merembet ke SJ dan SHINee... bahkan sebenernya saya ngefans Arashi gara-gara dulu nggak terima lagu mereka ngalahin Tohoshinki di chart Oricon, terus browsing Arashi dengan motif, "Siapa sih bedebah-bedebah ini??? Sampai bisa ngalahin oppa-oppa kesayanganku???" EH LAH KOK MALAH KUALAT DAN KEJEBLOS JADI FANGIRL SAMPAI DETIK INI. BHAY.

    Oke salah fokus.

    Biarpun sayang sama semua member (termasuk Kibum sang siluman yang nggak ada info apa-apa langsung ngilang setelah Neorago), saya paling demen sama Kyuhyun huhuhu suaranya itu ngga quwat. Formasi SJ-M juga suka banget... sampai akhirnya tibalah pemberontakan negara api, eh, Hangeng yang bikin mengoyak-ngoyak nurani.

    Wah malah jadi curhat dan baper sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah aku dikomen blogger favorit :D

      Aku juga dulu awalnya suka TVXQ dulu tapi ga lama keburu langsung dimonopoli sendiri sama SJ hahaha. Ah iya Hangeng sungguh mengoyak hati ini huhuhuu.. Makasih Mbak Zi udah berbagi ceritanya, aku ikutan baper lagi baca ceritanyaa huhuhuu btw aku dulu J-pop sukanya sama kat-tun terus sama yamapi, gara-gara nonton nobuta wa produce, iya :D

      Delete
    2. Saya ngga usah dipanggil "mbak" juga gapapa selisihnya lumayan banyak kok jadi ngga enak hati :"))))))

      Delete