J-Corner Ep.1: Our Thought About J-pop Culture

Saturday, October 1, 2022


Setelah ngumumin buat ekspansi tema Doramatalk jadi lebih luas, akhirnya aku sama Hicha bisa nerbitin episode pertama J-corner yeay!! 🥳🥳

Apakah ada yang nungguin kita? *geer adalah nama tengahku*

Buat episode perdana J-corner ini, kita pengin ngasih tahu opini kita masing-masing tentang pop culture Jepang itu sendiri. Kebetulan sebagai yang selalu terpapar jejepangan sejak kecil, aku menikmati cukup banyak pop culture Jepang kayak manga (komik), dorama, anime, literature (novel), dan belakangan juga kejeblos di musiknya lebih dalam wkwk.

Tapi kalau sama wibu elit aku enggak dianggap wibu karena enggak nonton judul-judul anime yang dua tahunan terakhir ini viral wkwkwk.

Jadiii mulai dari mana nih enaknya?

★Manga and Anime★
Ini aku satuin karena kayak saling terhubung soalnya hahaha... Aku yakin sih yang segenerasi sama aku pasti pernah ngerasain yang namanya nonton anime di tivi-tivi lokal kan? Mungkin ada yang semakin lama jadi bosen, ada juga yang tetap suka. Bisa dibilang aku kenal anime dan manga pertama yaa dari si rakun kucing biru, Doraemon. Anime pertama sekaligus manga pertama yang aku kenal ya Doraemon.

Tapi orang suka melupakan kalau Doraemon tuh anime, bilangnya "ah itu mah kartun doang" padahal kartun ya sama anime juga, cuma pakai bahasa Jepang!! Orang Jepang nyebut kartun-kartun Disney juga anime wkwkwk.

Aku mungkin sempat sih punya fase di mana penginnya nonton anime doang. Tapi jujur, aku tuh gampang bosen sama anime hahaha. Mungkin karena aku main Twitter dan fans anime di Twitter tuh banyak yang berisik banget ke arah annoying (tolong saya jangan dimarahin) jadinya aku cepet bosen sama beberapa judul anime hahaha.

Contoh aja tahun lalu aku masih bahas betapa aku suka banget sama Attack on Titan, tapi setelah komiknya tamat dan mengundang sejuta kericuhan di sosial media, aku udah enggak ada minat lagi buat nerusin animenya hahaha. Bisa secepat kilat itu bosennya.

Beda sama manga (komik). Aku belum pernah bosen baca manga dari jaman kecil sampai segede ini. Hampir setiap hari juga masih baca manga buat nemenin perjalanan naik KRL dan masih suka koleksi komik fisik walaupun harga komik sekarang bikin ngelus dada.

Jadi kalau ditanyain, lebih suka manga atau anime yaa jelas aku lebih prefer manga wkwkwk. Kadang kalau kenalnya lewat manganya dulu, aku suka malas duluan buat nyobain animenya. Beda kalau kenal animenya duluan, aku malah suka penasaran sama manganya wkwk. Karena manga tuh sumber aslinya, dibikin dan diciptakan langsung sama mangakanya hehehe.

Orang-orang kadang suka ribut enggak terima kalau ada film atau drama live action dari anime atau manga, katanya jadi cringe lah, enggak sesuai lah, blablabla... Padahal kadang dari manga ke anime aja udah banyak yang berubah, fans manga jarang protes sampai ribut-ribut tuh 😝

Aku baca berbagai genre manga, enggak pilih-pilih even yang temanya problematik juga ada beberapa yang aku baca. Aku bisa suka banget sama manga shonen yang genrenya action gelut sana-sini tapi terus habis itu bisa craving for romance menye-menye ala manga shojo manga wkwkwk. Yang ceritanya penuh konflik bikin kepala mau meledak, sampai yang slice of life tanpa konflik berarti pun aku doyan.

Contoh manga yang aku sukain dari masa ke masa (urutan dari paling jadul):


Dan ini manga yang lagi aku ikutin sekarang (alias belum tamat bacanya):



★Dorama★
Punya panel sendiri di blog ini, kolab pula, pop culture dari Jepang yang juga sudah aku nikmatin dari kecil dan sampai sekarang belum bosen, apalagi kalau bukan dorama alias drama alias serial atau series. Mau sebut sinetron juga boleh karena artinya ya sama aja wkwkwk.

Aku udah nyobain berbagai drama dari Asia, kayak dari China, Taiwan, Korea, dan pernah juga nonton serial-serial dari Eropa dan Amerika, tapi yaa paling nyangkut di hati dan bikin balik lagi balik lagi masih dorama Jepang.

Kayak misalnya aku nonton 1 judul drama Korea, tapi habis itu yaa kayaknya baru beberapa tahun kemudian nonton drama dari negara itu lagi wkwk. Beda sama kalau dorama, sepanjang tahun bisa nonton belasan sampai puluhan judul.

Makanya nih, aku segitunya ngebelain dorama kalau ada yang ngejelekin.

Lah, memang ada yang ngejelekin dorama? BANYAK BROO 😌😌😌

Kalau pada mainan Twitter, coba aja cek-cek akun-akun menfess umum (baik yang bahas film maupun yang beneran umum/random) setiap sebulan sekali tuh SELALU ADA yang tiba-tiba ngirim tweet jelek-jelekin dorama wkwkwk. Dibanding-bandingin sama drama negara tetangganya lah, dibilang aktingnya pada kaku, dibilang sinematografinya jadul, bahkan yang paling aneh ada yang bilang model rambutnya enggak stylish (dan komennya pas buat film yang genrenya zombie apocalypse) 😌😌😌

Mau bilang udah biasa tapi kok ya tiap muncul beginian aku emosi 😂😂😂

Kayak... kalau memang semengganggu itu ya udah enggak usah ditonton bisa lho 😂 Aku dari yang semangat rekomendasiin dorama ke sana kemari akhirnya sadar, mungkin dorama memang bukan untuk semua orang 😂😂😂

Selain memang karena aksesnya yang terbatas, orang-orang yang enggak terbiasa nonton dorama mungkin enggak semudah itu attached sama ceritanya yang cenderung datar atau tone warna hangat. Aktor dan aktrisnya enggak se-visually pleasing buat kebanyakan orang kecuali yang memang udah sangat biasa dengan dorama atau konten Jepang yang bukan anime.

Inget aja satu hal, dorama dibuat oleh dan untuk warga Jepang. Pembuatnya enggak mikirin pasar luar negri, jadi mau protes kayak gimanapun selama penonton Jepang enggak ada yang protes yaa bakal tetap begitu aja mau sampai kapanpun 😝

Tapi justru karena itu kayaknya aku suka dorama. Aku suka tone hangatnya, ceritanya yang luar biasa beragam banget dari yang sederhana sampai yang bikin kepala mau meledak (sama aja kayak manga), penempatan ost dan theme song yang pas banget sama cerita, aku juga suka banget penampilan karakternya beneran dibuat sesuai dengan cerita.

Aku malah enggak terlalu suka kalau lihat aktor/aktris yang aktingnya masih dijaga banget, kayak enggak mau kelihatan jelek gitu jadi kebawa ke cara ngomong dan pembawaan aktingnya.

Jadi inget beberapa waktu lalu ada temen habis nonton dramanya Yokohama Ryusei (yang mana drama itu bikin aku sempat agak antipati malah sama doi huhu maaf yakk wkwk) terus minta rekomendasi dorama lain dengan embel-embel "tapi yang mainnya harus cakep yak" 🙃🙃

Bingung mau kasih rekomendasi. Tahu banget selera dia mah cowok-cowok Korea kan, jadi kayaknya dikasih cowok Jepang yang menurut aku lebih cakep dari cowok Korea pun bisa jadi buat dia malah jelek 😔 Terus aku bakal sakit hati kalau kesukaanku dibilang jelek (orangnya tega soalnya ngatain kesukaan orang lain jelek), akhirnya aku suruh nonton doramanya Yokohama Ryusei yang lain aja 😂

Masalah kecakepan aktor/aktris aja tuh bisa beda banget yaa antara satu orang dan yang lainnya, jadi yaa sama aja genre juga begitu. It's all about preferences 😌

Aku lagi jarang banget ngereview dorama di sini huhuhu tapi ini beberapa judul yang setahun belakangan ini aku suka banget:


Katanya secara poster pun, poster dorama dan film Jepang itu kurang menarik atau eye catching. Tapi aku mah suka-suka aja wkwkwk. Menurutku yaa sama aja kayak drama/film dari negara lain, ada yang desain posternya bagus, ada yang biasa aja, da yang bikin berkomentar "punya desainer grafis enggak sih?" wkwkwk.


★Music★
Ini agak beda, karena sebagai yang udah terjeblos jejepangan sejak kecil, sebenernya aku baru dua tahun belakangan ini beneran eksplor di musik Jepang.

Aku bukan orang yang harus hidup dengan musik, bukan penganut musik yang didengerin harus bagus dan elegan atau penganut musik bagus itu yang jarang disukain orang. Aku bisa dengerin musik apapun, jadi kalau di kantor atau lagi numpang mobil temen misalnya, aku yaa ngikut aja mereka mau dengerin apapun. Dangdut koplo sekalipun terserah aja.

Tapi yaa setelah mencoba eksplor musik Jepang, bukan cuma dengerin yang jadi ost dorama atau anime, aku makin terjeblos hahaha. Enak-enak dan beragam banget habisnya wkwk.

Sejauh ini aku paling banyak dengerin soloist. Aku suka Suda Masaki, Yonezu Kenshi, Aimyon, Hoshino Gen, belakangan ketambahan Matsushita Kouhei, Fujii Kaze dan Milet. Lima orang inipun tipe lagunya beda-beda dengan warna suara yang juga beda-beda.

Lagu-lagu mereka juga sering wara-wiri jadi ost dorama dan anime, yang paling gres mungkin Hoshino Gen dengan Kigeki-nya yang jadi ost ending Spy x Family.


Terus... yang followan sama aku di Instagram sama Twitter mungkin tahu seberapa akun lagi terhipnotis sama idol group yang namanya Snow Man wkwkwk.

Kenal Johnnys (agensi di mana Snow Man bernaung) yaa udah dari lama, tapi cuma sampai tahap nontonin dorama-doramanya anak Johnnys tanpa kepoin grupnya. Enggak tahu kenapa habis nonton Kieta Hatsukoi tiba-tiba pengin kepoin grupnya Meguro Ren yang meranin Ida Kousuke and the rest is a history 😌

Memang menghindari buat suka sama idol group karena yaa sebagai mantan Kpopers, kayak udah tahu bakal capek aja gitu suka sama idol group wkwkwk. Malesnya tuh karena dengan suka sama idol group kita jadi invest perasaan, karena entah kenapa beda rasanya sama cuma ngefans aktor atau penyanyi solo, enggak tahu kenapa beda tapi emang kerasa beneran beda.

Tapi agak beryukur juga ngefans lagi sama idol group di umur segini, dengan pemikiran dan pengalaman yang udah lebih dewasa, juga karena udah bisa nyisihin uang buat jajan album dan merchandise wkwkwk.


Sama seperti dorama, musik Jepang (terutama idolnya) tuh pasarnya juga masih untuk warga Jepang saja. Agensi mereka sih aware ya dengan fans internasional, tapi yaa enggak bikin mereka melirik pasar internasional juga wkwkwk. Kayaknya mereka udah sangat puas dengan pasar lokal. Padahal kalau mereka mau go internasional, aku yakin Jpop juga bisa gede banget sih, enggak kalah sama Kpop kalau menurutku.

Menurutku yaa, kalau ada yang enggak sependapat disimpen sendiri aja, aku enggak mau berantem wkwkwk.

Tapi dibandingkan dulu, Jpop sekarang udah jauh lebih terbuka sih. Sebagian besar artist udah menyediakan konten mereka di paltform-platform streaming yang ada, walaupun mungkin beberapa konten mereka masih region restricted atau cuma bisa diakses di web khusus masing-masing artist yang berbayar.

Platform streaming ini enggak khusus Spotify yaa... Aku tahu kalau musik itu mungkin paltform paling banyak dipakainya ya Spotify, jadi kayak kadang orang "ih pengin dengerin ini tapi enggak ada di Spotify". Tapi menurutku pribadi setelah hijrah ke YouTube Music, serius lebih enak pakai YouTube Music dibanding Spotify wkwk. Suaranya lebih jernis seriusan.

Dan terutama... fandom! Seriuuuss fandom Jpop dan dorama tuh beneran se-chill dan menyenangkan itu! Yang baru tertarik tuh berasa welcome banget dikasih tahu ini-itu sama yang udah pada senpai. Kalau ada ribut-ribut tuh palingan sama fans luar yang jelekin satu fandom artist tapi terus yang belain sekampung wkwkwk jadi kayak "jangan macem-macem lu sama fans jpop wkwkwk"

Aku tuh tipe orang yang bisa sebel sama satu artist karena fansnya barbar, kayak males aja gitu satu fandom sama pembuat ribut hahaha. Tapi untungnya jarang banget nemu yang kayak gitu di fandom jejepangan (kecuali anime).

🍀

Yak, kira-kira begitulah opiniku dan ocehan panjang lebarku tentang pop culture Jepang yang aku ikutin. Aku belum bahas soal literature karena ini ranahnya agak berat sih hahaha dan aku juga merasa belum cukup banyak eksplor di hal literature ini.

Dan kayaknya soal literature kayaknya penikmatnya juga lebih umum yaa? Kayak misal yang enggak ngikutin jejepangan pun banyak yang baca juga literature Jepang 🤔

Jangan lupa baca punya Hicha juga di sini 😆

Sampai ketemu di post berikutnya, kira-kira temen-temen nungguin kita bahas soal apa nih? Boleh banget kalau ada masukan yaa 💖

eya.

17 comments

  1. Aku baru tau kalau Spy x Family itu ada manga-nya. Kukira anime ori wkwk.

    Ihh... iya, banget, sungguh mengherankan sm orang2 yg suka ngejatuhin kesukaan orang lain. Di ranah publik pula! Kayak demi apa atuhlahh... huhuhu.

    Kayaknya pernah ada yg ngirim potongan interview produser (atau mangaka?) Jepang, mengenai fokus pasar mereka. Kayak yg jleb banget, mau dunia berkata apa, yg penting pasar lokal prioritasnya. Auk, ah, pride Nippon Cahaya Asianya masih nyisa banyak aja :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari manga Hichaa, manganya padahal lumayan terkenal juga tapi tentu saja baru banyak yan ngeh setelah dibikin animenya 😌

      Caper banget yaak, mudah-mudahan berkurang deh yang gitu-gitu, males juga di twitter marah-marah mulu sebulan sekali wkwkwk

      IYAAA WKWKWK kayaknya itu produser deh aku tadinya mau nyari buat di-attach ke sini tapi ga tau keywordnya 😂😂 dia kalo ga salah bilang "kita aware sama fans internasional, tapi bukan berarti kita dengerin mereka" wkwkwkwk jleb

      Delete
  2. wuhuuuu yang ditunggu-tunggu... 🤩 Akhirnya rilis juga..

    SpyXFamily 😍.. Aku belum pernah baca manganya, tpi pas nnton anime pertama kali langsung jatuh cinta sama kelucuan Anya.. ahah 🤣 Anyaaa So Cyuteee.. Animenya kocak asli. Ngakak akuuu padahal awal-awal smpet skeptis karena buka tipe penikmat anime model detektif.. Tapi yg ini bagusss..

    Aku tuh kerja mostly berhubungan sama orang Jepang juga.. Sensei dan atasanku kebanyakan dari Jepang. dan mereka Etos kerjanya sihh.. Yaa Ampunn.. Kadang kikuk sendiri semisal lagi pngen nakal dikit 🤣 Selain itu, aku paling penikmat anime meskipun nggak banyak. Karena yang aku ikutin dari dulu sampai sekarang itu cuma One Piece.

    Kalau lagu, sampai sekarang sih masih repeat lagunya AKB48 fortune cookies 😂 Oh sama lagu viral yg sedih itu mba Eya.. yg nyanyi band 7 tah (?) judulnya nggak tahu apa karena tulisannya bahasa jepang..

    btw, Pas mba eya singgung Wibu.. Entah kenapa aku langsung ingat temenku yg hobi banget manggil aku Wibu Bawang. ahahah 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw,, aku tuh paling penasaran soal Budaya bermasyarakat orang jepang dilingkup yang umum2 gtu.. hihi. Barangkali Mba Eya sama Mba Hicha pngen bahas.. heheh 😁

      Delete
    2. Anya memang lagi jadi karakter paling cutest 🥺🥺 memang bukan genre detektif siih justru menurutku dia lebih ke slice of life tapi dibumbui spy gitu, banyak bahasan parenting segala 😆

      Apa itu band 7 yaa aku ga tau Mas Bayu hahhaaha... lagu viral yang sedih apa yaa, memang ada lagu Jepang yang viral? 😂😂

      Sebel yaakk wkwkkw itu pasti manggilnya ikut-ikutan aja tuhh soalnya memang kayak ada stereotip wibu bau bawang itu 😤

      waduh kalo budaya bermasyarakat mungkin Hicha aja yang lebih paham Mas Bayu, aku paling taunya dari dorama aja 😂😂

      Delete
    3. Orenji (?) sih kata google judulnyaa.. ahahah 🤣
      wkwkwk. Iyaa kadang kesel sih, soalnya dikit2.. "Wibuuu Bawang" semisal kedapetan aku lagi dngerin lagu jepang. 🤣 Awalnya aku nggak tahu wibu bawang tuh apa.. ternyata karena yg jarang mandi.. wkwkwk 🤣 Padahal aku mandi sehari aja bisa smpe 3 kali.

      Delete
    4. Wkwkwkk tapi lagu Jepang yang judulnya Orenji banyak Mas Bayuu 😂😂 Biasa Mas Bayu orang awam suka gitu emang cuma tahu kata itu buat ngeledek soalnya wkwkwk cuekin aja, tapi aku juga suka kesel sih 😂😂 Mantap amat sehari mandi 3 kali 👏👏👏

      Delete
  3. NGAKAK BANGET BACANYA. xD Beberapa hal udah berjuta-juta kali kita omongin di DM, wkwkwkwk. *lebay* Thank you lho, Kak Eya, udah ngenalin aku ke dunia J-Pop. Walaupun masih dalam tahap nontonin kebobrokan mereka di varshow Youtube. xD

    Oh iya aku belum pernah cerita ya soal serialnya Micchi yang Kindaichi (what a rhyme). Baru nonton episode satu, ternyata kayak Detektif Conan ya garis besar ceritanya. Bedanya yang Kindaichi ini detektifnya anak SMA beneran, bukan lagi anak SMA di tubuh anak SD. Gemes banget nonton dedek Micchi, cakep, wkwkwk. *skip*

    Hal baru yang belum pernah aku denger dari Kak Eya sebelumnya adalah...ada yang ngatain poster dorama. Aku kayak...bro kok semuanya bikin u ga puas? xD Sebagai orang yang jarang terkagum-kagum dengan poster, aku ngerasa biasa aja lho sebenernya sama poster-poster tontonan ini. Kok ya ada aja kepikiran ngatain poster. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi udah milih oshi belum Endah? 😂😂

      Fun fact, dek Micchi dibilang terlalu cakep jadi Kindaichi kata orang-orang wkwkwk memang anaknya terlalu tampan, cocok meranin Mas Kulin versi Jepang 😂

      Yakaan emang suka ngadi-ngadi haters dorama ini semua diprotes wkwkwk. Padahal sama aja poster dari negara manapun (even poster film festival nominasi oscar pun) yang bagus banyak, yang jelek juga enggak sedikit 😌

      Delete
  4. Kak Eya, aku nungguin J-corner ini lhoo!! Akhirnya rilis juga 😆

    Jujur, di otakku juga kadang masih ngebedain Doraemon sebagai kartun bukan anime, padahal mah sama aja ya 🤣 tapi mungkin ini semua karena habit yang dibawa sejak kecil, karena dari dulu sebutnya "kartun" jadi sekalinya Doraemon disebut "anime" tuh rasanya kayak bukan ngomongin Doraemon yang sama 😂. Padahal mah sama aja yaa! Memang kocak otak ini wkwk

    Btw, apakah Kak Eya baca atau nonton Jujutsu Kaisen?

    Aku termasuk yang jarang baca manga dan nonton anime ketika sudah besar *halah, satu-satunya manga yang aku ikutin cuma Miiko aja tadinya. Nah, baru-baru ini mulai baca manga lain yaitu apalagi kalau bukan SpyxFamily 🤣 masih ngikutin on-goingnya juga di app karena sesuka ituuu. Sempat baca Demon Slayer juga karena nungguin animenya kelamaan, tapi aku nyerah karena menurutku kalau action-action lebih bagus nonton anime aja wkwk.

    Sedangkan untuk nonton anime juga baru-baru ini aja dan masih belum eksplor banyak~ aku baru nonton SpyxFamily, Demon Slayer, Jujutsu Kaisen sama beberapa Ghibli aja deh belakangan ini. Kalau untuk dorama, belum pernah nonton, cuma pernah intip dikit-dikit Alice in Borderland 😂. Karena memang aku anaknya jarang nonton, drakor juga termasuk jarang nonton~ kalau ada yang menarik baru aku tonton, tapi kalau 1 -2 bulan nggak ada yang menarik, aku bisa nggak nonton sama sekali 😂.

    Memang iyaa, kalau udah terpapar drakor, lihat dorama rasanya lain banget tapi aku ngerti karena memang stylenya kan seperti itu yakkk. Sama aja kok kayak lihat drakor vs series Barat. Kenapa juga sih masih ada yang suka banding-bandingin antara drakor dan dorama 😭 toh semua balik ke preferensi masing-masing yaaa, Kak, kalau nggak suka kan nggak usah ditonton daripada udah tahu nggak suka, maksa nonton dan hasilnya malah ngejatuhin 😭.

    Nah, kalau literature Jepang, aku lebih familiar nih!! hahaha ini semua berkat belakangan ini banyak literature Jepang yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia >.< kapan-kapan bahas literature Jepang favorit Kak Eya dan Kak Hicha dong >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. *nimbrung*

      Ikut voting ide nya Liaa untuk ngebahas literature favorit Jepang Kak Eya dan Kak Hicha...atau siapa penulis Jepang yg pengin kk baca karyanya👀😁

      Delete
    2. Iyaa Lii sama aja wkwk semua kartun di Jepang yaa disebutnya anime soalnya 😂 cuma mungkin banyak yang ga ngeh soal itu siih 😂

      Enggak Lii cuma pernah nyoba baca tapi sepertinya aku kurang tertarik untuk melanjutkan jadi yaah ga dilanjut bacanya 😅

      Dan Spy x Family cour 2 akhirnya udah mulai yaaa akhirnya kita bisa lihat Bond versi bergerak 🥺🥺 ga sabar episode yang Bond ngerusakin penguinnya Anya 😂 Demon Slayer tuh aku belum nyoba konsumsi baik manga maupun anime (entah kenapa belum diarahkan ke sana wkwk) tapi aku salut sama mangakanya karena berani menamatkan manganya di tengah kepopulerannya, biasanya kalo lagi populer tuh suka dipanjang-panjangin ini dia berani ambil keputusan untuk tamat sesuai dengan rencananya sih keren 👏👏

      Yes bener sama aja kayak drakor vs series barat, pasti beda kan karena budayanya juga beda, bahasa dan apa yang sedang trend di negaranya beda. Makanya suka sebel kenapa cuma dorama yang suka kena mentang-mentang paling ga populer wkwkwk...

      Okaayy terima kasih Lia (dan Reka) kita tampung idenya buat bahas literature Jepang nanti yaaa 💖💖

      Delete
  5. akhirnyaaa rilis juga yak

    fase aku terpaling-paling-paling fanatik sama hal hal yang berbau jepang kayaknya waktu SD, SMP mungkin, SD udah kenal pasti sama si doraemon , bahkan sampe sekarang masih sukak, conan apalagi, trus dulu tuh pas lagi heboh hebohnya sailor moon, sampe aku punya baju yang ada listriknya, karena bajunya bisa nyala wkwkwkw. Astagahh pas nulis ini, kok malah kepikiran mau nyari bajuku waktu SD itu ya. Bisa bisanya dulu punya kaos sailormoon terus kalau ga salah dibagian ikatan rambutnya ada lampu menyala, zaman segitu udah secanggih itu kaos hahaha

    spy x family lupa lupa ingat, hiks kayak ga asing aja sama judulnya. Tapi udah lupa yang mana
    kalau one piece masih familiar juga ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju yang ada listriknya itu yang nyala bukan sih Mba Ainun? wkwkwk aku juga punya tuuh yang sailor moon, dragon balls, sampai siluman ular putih hahahhaa ketauan yah umur kita berapa 😂😂😂 itu aku inget kalo ga salah ada semacam dinamo(?) supaya lampunya bisa nyala, aku malah jadi kepikiran dulu pas dicuci gimana yaa, soalnya dipakai berkali-kali kaan 😂😂

      Spy x Family ini sekarang lagi populer-populernya Mba, mungkin ga sengaja lewat di Instagram atau sosmed lainnya pas lagi scrolling mbaa 😆

      Delete
  6. Aku adalah “korban” kebucinan dorama jepang berkat Kak Eya dan Kak Hicha, wkwkkk. Tapi dari dulu emg udah suka sama jepang sih—mulai dari manga dan anime nya. Justru yg baru kenal itu popcultnya korea waktu aku SMP. Tapi tapi kena pelet lagi popcultnya Jepang baru belakangan ini🤣. Pengaruh Kak Eya dan Kak Hicha luar biasa buatku wkkk.

    Hahahaha soal banyaknya org yg ngejelekin dorama...itu dulu pernah terjadi waktu drama korea blm banyak yg suka Kak-dibilang cowoknya kayak banci lah, cowo masa gampang nangislah, aktingnya kurang ini itu. Tinggal nunggu waktu aja sih apakah “karma” akan mendatangi oknum yg mengejek dorama *?* tp apa susahnya ya tinggal nikmatin aja, kalo gak suka dan gak cocok tinggalin gak usah banyak cing cong 🙄. Kenapa kudu di viralin lewat medsos ? (ngomel sendiri)

    Anw, Kak mau tanya dooong. Oshi pertama Kak Eya siapa? Kayak first crushnya gituu...👀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahhaa dapat testimoni dari Reka 👏👏

      Iya lho apalagi sampai dibawa ke base umum, malah yang terakhir itu yang aku kesel banget sampai ga tau mau komentar apa, dia nanya kenapa dorama ke populer tapi ke fans drakor, aku sungguh ga paham jadi ketawain aja liat sendernya dirujak fans dorama 😂😂 aku juga kurang cocok sama drakor karena berbagai alasan tapi yaa ga mau cari ribut juga sama fansnya kan, mending kita fokus ke yang kita suka aja ga siih? wkwkwk

      Waah oshi pertamaku ini kayaknya (kayaknya yaa karena agak blur juga 😂) itu antara Takizawa Hideaki atau Sorimachi Takashi 🥺

      Delete
  7. Hahahahah ngakak bacanya.. ini kayaknya curahan hati terdalam ya mbaaa 😂.

    Aku tuh sama kayak mba eya soal manga dan anime. Lebih suka manga nya drpd yg sudah dianimekan . Mungkin Krn aku suka baca yaaa, jadi bukunya lebih menarik drpd film. . Cuma tau rose of versailes dr yg mba tulis di atas 🤣. Kayaknya dulu fav manga ku itu candy, pansy, topeng kaca, princess army, dragon ball. Itu yg fav yaaa. Walopun msh sakit Ama topeng kaca Krn berani2nya ending ga diselesaikan 😂😂.

    Aku suka heran Ama fans yg sampe segitunya ngebelain idola. JD mikir aja, aku kok ga bisa gitu Ama idolaku Yaa 🤣. Secinta2nya Ama aktor/penyanyi, tapi ga sampe maksa utk beli semua CD, souvenir atau datang ke konsernya juga sih. Apa aku berarti kurang ngefans 😅?

    Udh lama ga nonton dorama, soalnya belum Nemu lagi yg ttg kuliner mba 😄. Aku sukanya tema begitu sih. Yg bikin kangen Jepang bangettt.

    Eh yg ttg yt music , aku sampe download dulu aplikasinya mba, mau cek apa bener bgsan itu dr Spotify. Dan ternyata beneeeeeeeer wkwkwkwjwk. Aku mau cancel member Spotify ku ah. Dan seneng, lagu2 dr zaman aku SMP - SMA adaaa dooong, padahal di spotify ga ada 🤣🤣🤣❤️. Ok fix ga mau Spotify lagi 😄

    ReplyDelete