Friday, March 30, 2018

Unnatural, a Touching and Heart Warming Investigation Drama

picture from asianwiki

Sebagai penikmat segala macam genre drama/film (kecuali horror dan thriller), salah satu genre yang paling aku suka adalah crime atau investigation drama atau bahasa simpelnya drama detektif-detektifan haha. Entah sejak kapan aku suka banget nonton drama bergenre ini, terutama yang berasal dari Jepang. Mungkin kebawa karena dari kecil aku suka baca Detektif Conan? Bisa jadi. Atau kebetulan crime drama yang selama ini kutonton memang bagus-bagus? Ini lebih oke sih, alasannya hehehe. Apa ya, aku tuh suka banget kalau diajak tegang setiap nonton serial hahaha. Dan biasanya aku bakalan senang dan makin terpacu adrenalin kalau ternyata tebakanku malah salah. Kenapa? Itu berarti alur ceritanya enggak ketebak kan, seenggaknya sama orang yang otaknya suka absurd kayak aku hahaha. 

Nah bulan ini aku baru ketemu satu drama yang menurutku baguuuusss banget banget banget. Bahkan aku udah nobatin drama ini sebagai drama terbaik yang aku tonton tahun ini, so far sih karena kan ini masih bulan ketiga hahaha. Sebuah drama dari Jepang berjudul Unnatural. Dan ini pertama kalinya aku nonton crime drama yang fokus di tim forensik and I’m so in love with this drama dan segala detail yang ada di dalamnya. 

Menceritakan Misumi Mikoto (yang diperankan oleh mbak idolaku, Ishihara Satomi), seorang ahli patologi yang bekerja di UDI (Unnatural Death Investigation) Lab. Tentu saja Mikoto enggak bekerja sendirian di UDI ini, ada rekan-rekan kerjanya Mikoto yang enggak boleh kelewat disebut dong, Nakado Kei (Iura Arata) si judes yang udah jauh lebih senior dari Mikoto, Shoji Yuko (Ichikawa Mikako) yang jadi partner kerja sekaligus partner lawaknya Mikoto, si anak magang Kube Rokuro (Kubota Masataka), dan si Pak Direktur UDI Lab Kamikura Yasuo (Matsushige Yutaka). Pekerjaan mereka adalah menginvestigasi kematian-kematian yang dianggap enggak natural alias kematian yang enggak wajar mungkin ya? Dan yang mereka kerjakan tuh bukan cuma sebatas membedah mayat dan mencari tahu penyebab kematiannya aja, mereka kadang ikutan jadi detektif buat nyari apa yang terjadi di balik kematian orang-orang ini. 

Episode pertamanya sendiri udah bikin wow karena ceritanya yang cukup enggak ketebak. Tadinya mikir begini, udah ketemu jalannya begini eh ternyata sebenarnya begitu hahaha ini ngomong apaan sih gue? Di episode pertama ini, mereka menginvestigasi kematian seorang pemuda yang tadinya diduga sebagai serangan jantung. Tapi keluarganya meminta UDI untuk memeriksa lagi apa penyebab anak mereka meninggal karena mereka enggak yakin anaknya meninggal karena serangan jantung. Apakah dia dibunuh atau keracunan makanan, itu yang harus dicari tahu lagi oleh tim UDI Lab.

picture from asianwiki

Seperti kebanyakan investigation drama lainnya sih, kita bakal ketemu kasus yang berbeda di tiap episode dengan cara penyelesaian yang berbeda juga tentunya, dan ada satu kasus utama yang bakal dibahas terus dan menjadi misteri untuk dipecahkan sampai ke episode terakhir. Dan yang paling aku suka dari Unnatural ini adalah setiap kasusnya selalu punya twist yang menarik dan enggak ketebak, dan penyelesainnya sungguh heart warming. Jarang-jarang kan ketemu drama genre begini yang setiap episodenya selalu bikin terharu bahkan sampai nangis. Dan kita juga bakal dapat banyak info-info menarik seputar zat-zat beracun, seputar tubuh manusia, penyebab kematian dan sebagainya.

Atau kalau enggak terlalu suka drama investigasi yang terlalu serius, di drama ini banyak ketawanya juga kok. Duet Mikoto dan Shoji sih, yang paling banyak bikin ketawa karena mereka suka nyelipin dark jokes sepanjang kerja hahaha. Rokuro sampai bilang, bisa-bisanya mereka ketawa-ketiwi sehabis membedah mayat.

Karakter favoritku di sini tentu saja si pemeran utama, Misumi Mikoto. Aku nonton drama ini karena memang aku selalu suka sama aktingnya Ishihara Satomi sih, dan lagi-lagi dia enggak mengecewakan, malah aktingnya di sini keren banget! Mikoto ini saking giatnya kerja, dia sampai enggak memperhatikan hal lainnya. Di episode pertama dia diceritakan punya pacar dan udah bersama selama dua tahun, dan pacarnya ini berniat melamar dia. Tapi karena Mikoto harus menyelesaikan penyelidikan dan segala macam, dia datang terlambat waktu janjian sama pacarnya ini. Dan pacarnya pun mempertanyakan apakah Mikoto harus selalu memprioritaskan pekerjaannya dibanding kehidupan pribadinya? Dari sinilah Mikoto bertanya-tanya apakah dia siap meninggalkan pekerjaan dan lebih fokus sama kehidupan pribadinya? Oh ya, latar belakang hidupnya Mikoto ini juga sebenernya enggak biasa. Nonton sendiri aja deh yaa, daripada spoiler hahaha. 

Terus kita punya Nakado Kei, si jenius yang sangat socially awkward dan super jutek ini punya background cerita yang menarik juga. Masa lalunya bisa dibilang sangat menyedihkan dan ceritanya dia ini yang bikin aku emosional parah. Delapan tahun yang lalu, dia harus menginvestigasi mayat seorang wanita tidak dikenal yang setelah dilihat ternyata adalah pacarnya sendiri. Part inilah yang bikin aku langsung respek banget sama seorang Nakado Kei. Padahal tadinya aku sempat yang “apa sih jutek banget si bapak ini” tapi yaa gimana bayangin perasaan Nakado investigasi mayat pacarnya sendiri coba??

Dan yang enggak kalah menarik lagi, kita punya Kube Rokuro si anak magang yang sangat menggemaskan hahaha. Aku jarang merhatiin Kubota Masataka sebelumnya karena peran-peran dia biasanya enggak begitu menarik perhatianku. Tapi di siniiii huhu he got my heart hahaha. Karakter Rokuro yang masih junior dan sering jadi bahan ledekan Mikoto dan Shoji itu gemesin banget. Tapi dibalik keimutannya, dia juga cerdas lho. Rokuro dan ide-idenya atau kadang pikiran melanturnya sangat membantu dalam tiap investigasi. Rokuro juga giat dan total banget kerjanya walaupun statusnya dia di UDI cuma karyawan magang. Dan selain magang di UDI, Rokuro juga menjadi penulis freelance di Weekly Journal, walaupun tanpa diketahui rekan-rekannya di UDI. 

our three lead characters: Kube Rokuro, Misumi Mikoto and Nakado Kei | picture from asianwiki

Rokuro, Mikoto and Shoji | picture from asianwiki

Oh ya, bukan cuma mereka bertiga kok karakter yang menarik di drama ini, Shoji dan Pak Direktur UDI juga menyenangkan walaupun mereka enggak dibahas sebanyak Mikoto, Nakado dan Rokuro. Sebenernya semua karakter utama di drama ini (anggota tim UDI) menarik dan loveable, dan mereka tentu saja punya peranan penting dalam setiap episodenya. Dan chemistry mereka tuh bener-bener ah, dapet bangeet satu sama lainnya. Dan bukan cuma anggota UDI aja, peran-peran pembantu di drama ini pun menyenangkan dan loveable. Misalnya ibu dan adiknya Mikoto, terus Kibayashi si tukang angkut jenazah, dan Detektif Mori (yang kadang ngeselin) juga menyenangkan. Jagoan banget penulisnya bikin karakter-karakter yang mudah disayang ini hehehe.

Dan enggak melulu tentang kriminal, drama ini juga mengangkat tema keluarga. Seperti misalnya keluarganya Mikoto, ibu dan adiknya yang sangat suportif dan enggak jarang membantu Mikoto dalam penyelidikan. Juga ada cerita antara Rokuro dan ayahnya yang mengharuskan banget anaknya untuk jadi dokter karena seluruh keluarga mereka adalah dokter. Padahal Rokuro sendiri masih ragu dia beneran ingin jadi dokter atau hanya untuk memenuhi keinginan ayahnya.

Kalau ditanya episode terfavorit, mungkin episode 4 yaa? Di mana mereka mencari tahu kebenaran dibalik kematian seorang pegawai dari toko kue yang sedang populer-populernya di Jepang. Ini cerita paling heart breaking, mengharukan sekaligus menghangatkan hati menurutku. Tapi dua episode terakhir adalah episode paling mengaduk-aduk emosi, di mana kita udah sampai di pembahasan kasus utama itu. Sampai rasanya aku mau masuk ke dalam drama buat bantuin mereka ngebunuh si penjahatnya hahaha. Tapi tetap, drama ini mengakhiri segalanya dengan manis dan hangat. Eh, ini spoiler enggak ya?

You all should watch this drama, terutama kalau kalian memang suka drama-drama genre investigasi. Tenang aja, adegan pembedahan mayatnya enggak vulgar kok. Dan segala detailnya enggak bikin pusing karena ya itu tadi, mereka suka menyelipkan jokes-jokes di tengah segala keseriusan investigasi. Cobain deh nonton, mungkin bakalan suka juga hehehe.

Selamat nonton buat yang mau nonton yaa :D

all UDI Lab Team | picture from Unnatural drama instagram


2 comments:

  1. Masa ya mbaaak saya baca review ini sambil bergumam nyanyi sendiri, "Yume naraba dorehodo yokatta deshou.."

    Wqwqwq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutin "imada ni anata no koto wo yume ni miru" :))) duh, nagih banget memang Lemon ini :D

      Delete