Friday, December 23, 2016

Cerita Dari Festival Pembaca Indonesia 2016

Telat enggak yaa baru bikin event report sekarang :p


Di bulan Desember, ada event yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pembaca atau pecinta buku di Indonesia. Namanya Festival Pembaca Indonesia, yang lebih sering disebut IRF (Indonesian Reader Festival). Ini adalah event tahunannya Goodreads Indonesia. Tahun ini tahun ketujuh event berlangsung, tapi aku baru pertama kali datang kesana, kemana aja selama ini? Hahaha. Tahun lalu telat tahunya, udah hari H baru tahu ada event ini, mana masih di Bandung jadi enggak bisa nekad dateng. Tahun-tahun sebelumnya kayaknya aku terlalu kudet buat tahu tentang event ini hahaha. Yah better late than never kan yah :D

Karena event-nya berdekatan dengan tanggal merah Maulid Nabi, jadi kesempatan banget bisa sekalian pulang ke Bogor dong, enggak perlu PP Bandung-Jakarta seperti niat awal hehe. Tempatnya juga mudah dijangkau yaitu di Museum Nasional alias Museum Gajah. Aku datang cuma di hari kedua karena hari Sabtu-nya aku baru berangkat dari Bandung. Jadi hari Minggu pagi aku berangkat dari Stasiun Bojong Gede dan turun di Stasiun Juanda, dilanjut nge-Gojek deh ke museum. Oh ya, acara ini enggak dipungut biaya masuk, kita cuma perlu bayar tiket masuk museum seharga Rp.5000 saja. Jangan lupa ambil buku acara biar enggak blank :')

Jangan lupa bawa bekal buku untuk ikutan book swap, book blind date atau book war :D Dan jangan lupa juga bawa bekal air minum biar enggak dehidrasi :D

Aku sampai disana udah agak siang (perjalanan jauh yee bok) dan lokasi udah ramai banget. Begitu masuk, langsung disambut sama meja yang penuh deretan buku-buku untuk event book swap, book war, juga buku-buku yang sudah terbungkus rapi dan diberi clue untuk book blind date. Kita boleh bawa apapun buku-buku lama kita (asal bukan komik, majalah dan buku pelajaran) untuk ditukar dengan buku-buku yang sudah disediakan. Asik banget kan? Oh ya, selain book swap di meja utama itu, beberapa booth juga nyiapin buku-buku untuk di swap.

Aku sendiri enggak nyiapin banyak buku untuk IRF ini karena yah, berat yaa bok bawa-bawa buku sebanyak gambreng dari Bandung huhu. Tapi setelah lihat gimana ramainya dan teman-teman lain yang sharing hasil book swap-nya, kayaknya kalau tahun depan kesini lagi harus bawa lebih banyak buku untuk di-swap deh hehehe.


tukar-menukar buku di meja yang sudah disediakan untuk book swap
booth Goodreads Indonesia, Pameran Koleksi Buku

Di booth Goodreads Indonesia nih yang asik juga, karena kita bisa lihat pameran buku-buku koleksi pribadi para penulis. Kebanyakan yang ada disini adalah buku-buku yang belum kubaca, sebagian malah enggak aku kenal judulnya. Tandanya harus memperkaya bacaan yaah ini. Karena cukup ramai, aku cuma sempat foto sedikit. Dan dapat foto buku-buku koleksinya Kak Morra Quatro, penulis Indonesia favoritku :D Sayang banget Kak Morra datangnya hari Sabtu, jadi enggak sempat ketemu deh :(

Terus aku sempat ngobrol-ngobrol sama Mas Jason dari ICC Publisher (yang booth-nya kece abis tapi lupa kufoto hiks) tentang fairy tale. Seperti misalnya fairy tale yang banyak dikenal orang sekarang itu cerita sebenarnya cukup berbeda. Contohnya Cinderella yang menurut cerita lama, dia bukannya memakai sepatu kaca melainkan sepatu kulit tupai. Tapi karena pengucapan sepatu kaca dan sepatu kulit tupai dalam bahasa aslinya terdengar mirip, jadi banyak yang mengartikan sebagai sepatu kaca karena kesannya juga lebih magical. Di booth itu juga dipamerkan buku-buku dongeng koleksi pribadi penulis Gina Gabrielle. Aaah buku-buku dongengnya sumpah bikin mupeng! Terutama koleksi Winnie The Pooh-nya, karena aku sukaaaa banget sama Winnie The Pooh dari kecil sampai sekarang! :D

Bumi Manusia versi Bahasa Inggris, salah satu buku yang udah masuk wishlist panjang a must read
Koleksi Buku Eka Kurniawan, Morra Quatro, Lala Bohang
buku dongeng koleksi Kak Gina yang dipajang di booth ICC Publisher
koleksi Winnie the Pooh yang minta banget diculik ><

Booth-nya Buku itu Candu juga enggak kalah menarik! Apalagi booth-nya dinobatkan sebagai booth terunik. Lagi-lagi enggak dapet banyak foto karena ramai. Tapi aku suka banget nih lihat lembaran-lembaran surat kabar vintage ini. Pengin bacain satu-satu tapi enggak mungkin banget kan, bisa-bisa seharian habis disitu doang hehehe.
sedih eggak dapet foto bagus :(


Selain tukar-menukar buku dan lihat-lihat koleksi buku milik penulis, ada beberapa booth yang ngadain games juga dengan hadiah-hadiah menarik tentunya. Aku ikutan games di PNFI (Penggemar Novel Fantasi Indonesia) dan berhasil dapat buku lama setelah menjawab benar tiga dari empat pertanyaan dan 'membebaskan naga' huhuhu. Seru sih walaupun aku sempat malu banget pas disuruh nyanyi lagu daerah sebagai syarat membebaskan naga hahaha. Please, yang terpaksa denger aku nyanyi waktu itu, maaf yaa, demi dapat buku nih hehehe. Terus aku juga main game di booth-nya Noura books dan berhasil dapet buku juga karena menjawab benar empat pertanyaan seputar Percy Jackson dan Heroes of Olympus. Mbak-nya enggak tahu yaa aku baru khatam kedua series itu, jadi masih hafal banget hehehe.

Terus games terakhir yang aku ikutin tuh games Hermione di booth-nya Indo Harry Potter. Gamesnya seputar trivia dari Harry Potter dan buku-buku J.K. Rowling lainnya. Kita adu cepat mengetik jawabannya di hape terus buruan ngangkat hapenya biar ditunjuk sama para Prefect. Sedihnya aku jarang ke-notice, cuma dua kali dan itupun jawabanku typo! Eerrgghh sebel banget! Aku memang enggak jago-jago amat ngetik cepat, kalau chat juga suka banyak typonya (malah curhat). Yah tapi enggak apa-apa sih, yang penting kan seru-seruan pas ngejawabnya :D

karya-karya J.K. Rowling yang diterbitkan tahun 2016, dipajang di booth Indo Harry Potter
Foto bareng setelah game Hermione | photo from +Goodreads Indonesia 

Oh ya, di IRF ini juga akhirnya aku ketemuan sama Hana, teman Goodreads yang juga suka saling komen-komenan di blog :D ditemani juga sama Regina yang baru kenal hari itu juga. Biasanya aku suka awkward kalau jalan sama orang yang baru kenal, tapi karena kita punya hobi sama dan sama-sama dateng sendirian kesini jadi asik-asik aja.

Foto bertiga bareng Hana dan Regina. Minta tolong difotoin tapi hasilnya blur :(
| photo from Hana's phone, edited by me biar enggak terlalu kelihatan blurnya
From Regina's phone

Satu jam sebelum acara selesai, diadakan pengumuman untuk Anugerah Pembaca Indonesia 2016 yang votingnya sudah dilakukan selama beberapa bulan sebelum acara, lewat Goodreads. Nominasinya sendiri ada Sampul Buku Favorit dengan kategori buku fiksi, buku nonfiksi, buku puisi dan komik/novel grafis favorit, lalu ada Buku dan Penulis Favorit dengan kategori fiksi, nonfiksi, buku puisi dan komik/novel grafis. Di sela-sela pembacaan pemenang, kita dihibur sama Dalam Jenggala x S.W.U.N yang membacakan prosa Teman Sepuluh Tahun diiringi musik. Kereeen deh, aku sukaa. Sayangnya karena duduk di belakang, jadi enggak dapat foto yang bagus.

Dalam Jenggala x S.W.U.N membacakan salah satu prosa Teman Sepuluh Tahun
btw suka banget sama topeng rubahnya (atau serigala?)

Teruuuss... aku dapet kejutan banget disini! (padahal kejutannya bukan buat aku aja, tapi geer banget anaknya hehehe). Ada Ibu Suri Dewi Lestari dataaang di sore hari menjelang acara berakhir. Huhu, selama ini kalau Mbak Dewi ngadain workshop di Bandung atau Jakarta enggak pernah bisa dateng, eh malah ketemu disini, rasanya bahagiaaaa banget. Mbak Dewi dateng sama suaminya, Mas Reza Gunawan. Aku malah ngeuh Mbak Dewi dateng gara-gara lihat Mas Rezanya duluan. Btw, bukunya Mbak Dewi yang Inteligensi Embun Pagi berhasil memenangkan Buku Fiksi Terfavorit. Mungkin ini kode buat aku segera namatin series Supernova hehehe.

Penyerahan award untuk Buku Fiksi Favorit yeay :D
nunggu sampai acara bener-bener beres demi foto bareng Ibu Suri :D

Dan, pengalaman pertama dateng ke IRF... senang senang senang! :D Aku merasa ada di habitatku yang sesungguhnya, di tengah-tengah orang-orang yang cinta buku juga. Rasanya menyenangkan tahu kalau ternyata masih banyak lho orang yang cinta buku dan mau datang ke event-event seperti ini. Apalagi ketemu temen-temen baru yang punya hobi sama, ah menyenangkan sekali! Terutama yaa karena berhasil foto bareng Ibu Suri, lengkap bahagianya deh! Dipastikan tahun depan dateng lagi kalau sehat :D

Bonus: hasil book swap, games, dan jajan di IRF 2016


Love,
Eya

8 comments:

  1. Saya lebih parah mba, baru tau event ini sekarang dari post ini. Padahal punya akun Goodreads 😥
    Tahun depan harus ikut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Follow @bacaituseru di twitter aja mbak, biar tahu info-infonya :D

      Delete
  2. Ikutan IRF tuh bikin kecanduan. Aku sampai sudah 4 kali ikutan, 2 hari berturut-turut nongkrong di sana seharian, dari pagi, pas acara belum mulai sampai sore, pas acara selesai baru pulang. Tahun ini berhasil dapat 40 buku hasil book swap, book war, blind book, games n kuis. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woow bisa dapet sampai 40. Kayaknya memang kudu bekal banyak yaah bukunya (pemula banget) thanks sudah mampir :)

      Delete
  3. Wuaaaa aku ke sana 2 hari (mostly ngedeprok di booth Indo Harry Potter), terus ketemu Hana juga!
    Acaranya seru ya kemaren, bertabur bintang pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah mungkin kita ketemu ya Mbak tapi tidak menyadari hehehe. Iya seru banget apalagi pas terakhir-terakhir :D

      Delete
  4. Pantengin aja socmed @bacaituseru dan FB Fab Pagenya. Biasanya mulai bulan Juni-Juli suka buka openrec buat jadi volunteer di IRF :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...