Friday, June 24, 2016

Secret (2007, Taiwanese Movie)


Even if we'll never see each other again
Even if you forget me
I just want to tell you a secret
I love you

Ye Xiang Lun (Jay Chou) adalah murid baru di sekolah tempat ayahnya mengajar. Dia mengambil jurusan piano. Di hari pertamanya bersekolah, dia berkeliling ke ruangan piano yang berada di gedung lama sekolah yang konon sudah berdiri selama seratus tahun dan akan dihancurkan saat hari kelulusan nanti. Disana, dia mendengar permainan piano yang indah dan belum pernah didengar sebelumnya. Dimainkan oleh seorang murid perempuan yang kemudian dia ketahui satu kelas dengannya, Lu Xiao Yu (Kwai Lun Mei).

Saat kelas berakhir, Xiang Lun yang penasaran pun mengikuti Xiao Yu keluar kelas. Ternyata Xiao Yu adalah anak perempuan yang ceria dan agak iseng. Xiang Lun akhirnya mengantar Xiao Yu pulang dengan sepedanya hari itu. Setelah sering menghabiskan waktu bersama-sama, mereka pun jadi semakin dekat. Tapi mungkin Xiang Lun menyadari kalau Xiao Yu agak misterius. Dia sering tidak mengikuti kelas dengan alasan latihan piano, kadang menghilang sampai berhari-hari. Suatu saat dia tidak muncul selama lima belas hari, dan selama itu pula Xiang Lun membawakannya apel yang akhirnya tidak satupun dimakan.

Lama-kelamaan mereka mulai menyadari kalau mereka saling menyukai. Tapi sialnya, terjadi kesalahpahaman saat Xiang Lun tidak sengaja mencium murid perempuan lain. Dengan mata terpejam, dia mengira yang diciumnya adalah Xiao Yu. Sejak hari itu, Xiao Yu tidak pernah muncul lagi di sekolah. Xiang Lun mencari-carinya, sampai menunggu lama di depan rumahnya. Tapi yang dia temui hanya Ibu Xiao Yu yang mengatakan kalau putrinya sudah putus sekolah, tidak mau datang lagi ke sekolah. Dengan perasaan kecewa, Xiang Lun membawa sepedanya meninggalkan rumah Xiao Yu.




Hhh...

Oke, aku tahu ini film udah lama banget. Aku juga tahu udah pasti telat banget karena aku baru nonton hari Minggu kemarin. Butuh tontonan buat nemenin sahur, aku iseng aja cari-cari film drama yang bagus. Kebetulan mood-nya lagi pengin nonton film Asia, tadinya mau cari film Jepang eh malah nemu film ini! Terus aku inget dulu memang mau nonton ini tapi nyari DVD-nya kok ya enggak dapet-dapet. Kurang usaha juga sih soalnya cuma nyari di toko DVD deket kostan. Dan aku juga baru sadar kalau belum pernah sekalipun lihat trailer ataupun review tentang film ini. Jadi pas nonton bener-bener enggak ada bayangan ceritanya bakal ngarah kemana.

Tapi aku punya firasat buruk dari awal film ini dimulai. Jeng jeng...

Ide cerita film ini sebenernya sederhana yah, tentang anak sekolahan yang saling jatuh cinta. Cuma jalan ceritanya ini yang enggak ketebak sama aku. Plot twist-nya sukses bikin aku tercengang-cengang. Dan untung nontonnya masih di jam sahur, jadi enggak batalin puasa gara-gara mewek deh. Iya, ini film bikin mewek, firasat buruk aku makes sense banget kan?

Tokoh utama di cerita ini cuma berputar antara Xiang Lun dan Xiao Yu. Kebayakan menceritakan waktu-waktu yang mereka habiskan berdua. Aku suka gimana mereka suka saling meledek atau bercandain satu sama lain. Chemistry-nya kuat. Dan mereka sama-sama jago main piano. Adegan favorit aku waktu Xiang Lun ngajak Xiao Yu ke toko musik (atau toko sewa CD yah) dan berbagi lagu kesukaannya. Aku juga suka adegan waktu Xiang Lun battle piano sama seorang murid yang katanya master piano di sekolah mereka. Secara ini Jay Chou yaah, yang memang jago banget main pianonya. Duh, melting deh gue :p




Waktu SMA dulu aku suka banget sama Jay Chou sama Alan Luo juga, penting dijelaskan :p. Lagu-lagu yang dia bikin bagus-bagus walaupun aku enggak ngerti lagunya ngomongin apa. Dia kalau bikin video klip juga entah kenapa menyayat hati banget. Nah, di film Secret ini, Jay Chou sendiri yang nge-direct sekaligus jadi screen writer, komposer dan pemeran utama. Kan gila kan? Bikin video klip menyayat hati, bikin film juga menguras air mata! Hebat banget sih, Jay?

Ending film ini tadinya bikin aku agak bingung. Tapi setelah itu aku googling tentang film ini dan menemukan jawaban yang memuaskan tentang endingnya. Akhirnya aku bisa bilang kalau aku puas dengan ending film ini.

Buat yang lagi nyari drama yang menyayat hati, film ini cocok banget. Atau ada yang udah pernah nonton juga?

all pictures credit to google

Love,
Eya

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...